Zierafpel, bunga apel hias yang menceriakan musim semi di Austria

111 Views

Tanaman ini sangat indah hingga memikat hati dan jiwa saat memandangnya. Ini dikarenakan bunga-bunganya mekar di musim semi yang memenuhi seluruh bodinya, dari warna putih hingga merah mencolok ­čśŐ

Apakah mereka sakura atau cherry blossom? Dulunya saat pertama kali di Austria, hanya itu yang ada di benak ane. Sakura.. Wow

Ternyata ane ga salah juga.. karena memang tanaman ini saudaranya sakura dan mereka satu keluarga besar mawar-mawaran atau Rosaceae.

Sebenarnya bunga dari tanaman ini begitu sederhana seperti kebanyakan bunga lainnya, berkelopak lima dan ada beberapa putik sari lseperti jarum di tengahnya. Nah yang membuatnya menjadi menarik adalah jumlah mereka yang penuh bergerombol di seluruh dahan. Kalo dah begitu, hanya bunga-bunga saja yang terlihat, sehingga pencinta keindahan bahkan pencinta gemes bahagia dibuatnya­čśŐ

Dialah yang bule Austria bilang tanaman Zierapfel atau apel hias dengan bunga-bunganya yang cantik, yang tebar pesona di musim semi. Di tempat ane dan suami tinggal, zierapfpel mulai mekar bulan April hingga Mei. Kalo cuaca ga bersahabat, mekarnya agak terhambat. Tapi ga terlalu lama kok, paling 2-3 minggu saja

Ane biasanya menunggu saat-saat mereka mekar. Ada kebahagiaan tersendiri memandang dan menikmati setiap inci keindahannya ­čśŐ Awal kenal mereka, saat ke taman di belakang kantor gemeinde- suatu pemerintahan terkecil di Austria yang memiliki penduduk ga sampai 2000 jiwa- kalo di Indonesia mirip ma kantor kelurahan ya..

Setidaknya ada 3 pohon yang menghuni taman ini. Zierapple memang cocok menjadi penghuni taman. Di halaman rumah juga bisa, bahkan yang hanya memiiliki sepetak tanah pun zierapfel tetap tumbuh cantik dan indah dipandang mata. Jangan kuatir pohonnya akan menutupi rumah saking tinggi dan lebatnya ya, karena mereka tidak tumbuh lebih tinggi dari 5 hingga 7 meter

Btw dilihat dari namanya, Zierapfel bersinggungan ma apel, dimana kata apfel berasal dari bahasa Jerman yang artinya kalo diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah apel. Nah apakah zierapfel sama dengan apel yang biasa dikonsumsi ya.. baik tanamannya maupun buahnya? Apakah tanamannya merupakan semak atau pohon- tapi kalo pohon kok ga pernah lihat yang tinggi menjulang? Bagaimana bentuk buahnya, apakah sama seperti apel atau hanya namanya saja apel hias? Besar atau kecilkah.. kemudian rasanya gimana sih.. manis apa ga atau ada rasa lain? Apakah kita umat manusia bisa mengkonsumsinya?

Wow.. banyak yang ingin diketahui ya.. Kita langsung eksplor aja yuk pemirsa ­čśŐ

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan    Plantae
Ordo            Rosales
Keluarga     Rosaceae
Upafamili   Maloideae
Genus          Malus

Zierapfel adalah tanaman hias keluarga Rosaceae atau mawar-mawaran dan masuk dalam marga atau genus Malus. Dalam bahasa Inggris, zierapfel disebut sebagai Crabapple atau apel kepiting. Jadi kalo dibilang Zierapfel adalah Crabapple atau apel hias atau apel kepiting semuanya betul ya pemirsa ­čÖé

Deskripsi

Pohon

Zierapfel merupakan pohon tumbuhan peluruh kecil atau perdu.

Berbeda dengan apel komersial-yang buahnya biasa dikonsumsi umat manusia-bodi zierapfel dikategorikan tanaman semak atau perdu, bukan pohon sesungguhnya. Ini karena bodinya yang tidak menjulang tinggi layaknya pohon. Umumnya tinggi tanaman apel hias hanya berkisar 2 hingga 4 meter saja, meski ada juga varietas yang memiliki tinggi lebih dari itu bahkan seperti pohon adanya

Bunga

Saat musim semi, tanaman ini akan dipenuhi dengan bunga-bunga kecil penuh yang bergerombol di sepanjang dahannya, sangat mempesona. Ini merupakan salah satu daya tarik terbesar mereka dibudidaya dan tumbuh anggun di taman-taman hingga di halaman rumah. Bunga-bunganya yang terkenal adalah berwarna merah muda menyala, ada juga merah muda lembut hingga putih

Daun

Selain itu, zierapfel memiliki daun yang juga mempesona. Beberapa varietas memiliki daun yang berwarna merah perunggu seperti Malus Scarlet hingga coklat tembaga, terkadang berkilau indah. Klop dengan bunga-bunganya yang berwarna merah muda menyala. Saat bunga-bunganya bermekaran, dedaunan yang berwarna eksotik ini hanya sedkit menyembul malu-malu karena terdesak dengan bunga-bunganya, namun malah semakin menggoda. Jangan salahkan ane kemudian menggapai dan menyentuhnya ­čÖé

Buah

Nah bagaimana dengan buahnya? Namanya juga apel, pasti buahnya pun buah apel ya pemirsa ­čśŐ Baik bentuk hingga warnanya. Hanya saja buahnya tidak seperti buah yang biasa dikonsumsi, buah apel hias mungil-mungil. Warna buah apel ini biasanya merah menyala kalo sudah matang, persis warna bunganya. Ada juga yang merah hitam hingga violet. Bahkan ada varetas yang menghasilkan warna kuning lho.. seperti Butterball

Buahnya bisa dimakan dan aman meski ga seenak apel biasa. Ini karena kandungan asamnya yang sangat tinggi, kelat pula.. Ga semua orang memiliki selera asam yang sama. Tapi kalo masih berminat, buahnya direbus dulu ya, dijadikan selai.

Di Eropa, buah-buahnya juga digunakan untuk membuat minuman keras

Kapan apel hias ini berbuah? Segera setelah berbunga dengan puncaknya adalah saat musim panas

Penggunaan

Zierapfel dibudidaya karena banyaknya kekhasan dan keindahan yang ada pada dirinya, dari bunganya, daunnya hingga buahnya. Zierapfel didibudidayakan sebagai semak hias, pagar berbunga, semak taman atau pohon kecil dengan bunga musim semi yang sangat kaya dan dekorasi buah yang mencolok

Karena kekhasan nya inilah, zierapfel biasa dibudidayakan warga antara lain untuk mempercantik halaman rumah, dari semak hias hingga pagar berbunga. Di balkon rumah pun ok.. ditanam pada baskom atau pot besar┬á atau diletakkan di teras juga mumpuni ­čÖé

Sebagai teralis atau pagar berbunga, mereka mudah ditekuk atau dipotong dan dibentuk. Mereka juga bercabang banyak. Klop jadinya.  Bahkan ada varietas bernama Red Jade yang tumbuh sedkit menggantung lho.. kesannya seperti payung

Di taman-taman pun zieapfel menjadi pilihan sebagai penghuni favorit karena bodinya yang tidak begitu tinggi namun sangat mencolok dengan bunga-bunganya

Nah kalo di taman ada kolam atau air sungai dan mata air, bentuknya yang mengalir ditambah buah-buah ceri merahnya terlihat indah di perairan ini

Beberapa keindahan yang ada pada Zierapfel sudah disebutkan, dari bunga-bunganya yang bermekaran di musim semi, daunnya yang berwarna coklat hingga buah-buah mungilnya

Keindahan selanjutnya adalah saat musim berganti. Di musim panas Zierapfel menjadi tanaman biasa, dimana daun-daunnya yang mendominasi. Meski demikian, buah-buahnya yang menjelma dari semula bunga-bunga yang menawan sangat artistik memenuhi bodinya

Di musim gugur, daun-daun zierafpel berubah warna menjadi oranye, kemerahan hingga merah, berbeda dengan sejawatnya tanaman semak yang juga menghasilkan bunga-bunga indah seperti lilac dan forsythia, yang pesonanya hanya saat berbunga

Ini menjadi nilai plus bagi zierapfel kenapa menghuni lanskap taman. Zierapfel mewarnai tidak saja musim semi, tapi musim lainnya.. bahkan di musim dingin lho dimana buah-buahnya yang mungil tetap awet dari merah merona berjuntai pada dahannya yang kering kerontang, tapi begitu artistik saat salju singgah. Seperti kue tart berlapis krim putih dihiasi buah ceri ­čśŐ

Buah-buahnya juga berguna sebagai suguhan musim dingin untuk spesies burung yang lebih suka makan makanan lunak

Zierafpel atau pohon apel hias serasi selaras dengan mawar liar, median kerdil dan semak mutiara cinta .. Walah ­čÖé

Varietas

Ada ratusan varietas zierapfel, berbeda dalam pertumbuhannya dengan buah ceri merah hingga kuning

Zierapfel memiliki varietas yang terkenal dan disukai pencinta keindahan, seperti Malus Scarlet, Rudolph, Coconella, Profusion, Butterball dan Red Jade. Wow.. keren nama-namanya ya ­čÖé

Malus Scarlet dan Rudolfo sangat bergairah dengan bunga-bunganya yang merah menyala.
Coconela dan Profusion dengan bunga-bunga warna pinknya, meningatkan akan awan muda di bulan April
Butterball menghasilkan buah berwarna kuning di musim gugur.
Red Jade merupakan varietas yang berbeda dan unik, dimana tumbuh sedikit menggantung seperti payung

Bagaimana pemirsa.. Berminat memeliharanya dan menjadikannya lanskap taman? Recommanded banget nih

Ok deh pemirsa. Sekian dulu edisi kali ini mengenai Zieapfel, bunga-bunga apel hias yang menceriakan musim semi di Austria.

Sampai jumpa lagi

Bir cevap yaz─▒n