Mengenal daun salam/bay leaf, dari daun salam Indonesia hingga daun salam bule lorbeerblätter

463 Views

Daun salam adalah daun rempah yang populer di Indonesia. Daun ini biasa digunakan dalam kuliner tanah air tercinta

Daun salam merupakan salah satu daun yang digunakan sebagai bumbu rempah di antara daun populer Indonesia lainnya, seperti daun jeruk purut dan daun kunyit. Sama seperti umumnya daun rempah, daun salam turut dimasukkan selama memasak suatu masakan tetapi tentunya tidak untuk turut dimakan juga ya 😊

Daun salam memang tidak dipisahkan dari emak-emak di dunia perdapuran, begitu juga dengan ane di negara bule Austria. Makanya ane boyong serta daun salam ke bumi belahan utara Eropa ini

Hmm.. memangnya tidak ada daun salam di Austria sehingga bela-belain boyong dedaunan ini? Atau bule memiliki daun salam tersendiri? Apakah namanya daun salam juga? Apakah daun salam hanya identik dengan daun rempah Nusantara?

Ternyata di negara bule ada juga lho daun salam.. Nama daun salam versi bule ini juga kalo diterjemahkan ke bahasa Indonesia tetap daun salam. Lha kok bisa?

Ini sempat membuat bingung ane manakala daun salam ane habis dan ane harus memasak dengan menggunakan daun salam. Hunting daun salam ke beberapa supermarket bule termasuk toko Turki, didapatlah daun dengan beragam nama, ada nama bay leaf, laurel leaf dan lorberblatter. Apakah nama-nama ini merupakan satu benda ya? Tapi saat ane amati bentuk daunnya kok ga ada mirip-miripnya sih. Emak-emak tropis kan jadi bingung nih..

Aaaih.. alhamdulillah ga menunggu tujuh purmana kebingungan ane ya😊

Ternyata ya pemirsa.. daun salam adalah sebutan untuk daun rempah di berbagai negara. Tidak terbatas pada daun salam yang kita kenal di Indonesia. Dalam dunia internasional, daun salam dikenal dengan nama bay leaf. Jadi segala daun salam namanya bay leaf. Dengan demikian, kalo mau cari daun salam, dialah bay leaf. Tapi kalo mau spesifik, amati dulu kemasannya yang ada foto cantik daun salam ini. Apakah daun salam Indonesia atau versi bule?

Di supermarket bule, daun salam dihargai bervariasi, sebungkusnya berisi beberapa lembar mulai dari 0,99 Euro hingga 1,99 Euro atau sekitar Rp. 16.00 hingga Rp.33.000

Daun salam merupakan daun rempah yang berasal dari beragam jenis pohon, seperti daun salam Indonesia dari jenis pohon Syzygium polyanthum atau bay laurel dari jenis pohon Laurel nobilis. Dari genus, beragam daun salam ada yang berasal dari genus Syzigium atau Eugenia dan genus Laurel. Dalam keluarga pun mereka terdapat perbedaan, seperti dari keluarga Myrtaceae atau Lauraceae

Cara penggunaannya pun beragam lho.. ada yang setelah dimasukkan bersama-sama saat memasak kemudian harus diangkat sebelum disajikan seperti daun salam bule laurel hingga tidak perlu diangkat dan dibiarkan terletak manja bersama masakan yang telah jadi seperti daun salam Indonesia

Daun salam setelah diikutsertakan dalam masakan harus segera diangkat ini berasal dari beberapa daun salam dalam keluarga Lauraceae, Jadi saat dihidangkan bebas dari daun salam. Kenapa ya? Apa karena nilai estetika atau ada maksud lain?

Selain itu, ga hanya daun salam utuh yang dimasukkan lho, ada berupa serpihan, bubuk hingga harus dimasukkan ke kain kasa atau seperti kantong teh. Kenapa lagi ini? 🙂

Untuk menuntaskan rasa pengen tahu, yuk pemirsa bersama-sama kita eksplor luar dalam tentang daun salam 🙂

Ane ulang lagi pengertian daun salam biar lebih afdol ya..

Daun salam

Daun salam adalah daun aromatik yang biasa digunakan dalam memasak. Digunakan utuh atau dalam bentuk kering dan digiling

Jenis-jenis daun salam

Spesies tanaman dengan daun aromatik ada di seluruh flora. Banyak dari mereka disebut laurel, meskipun mereka hampir tidak menunjukkan rasa yang mirip dengan laurel asli. Ini termasuk daun salam Indonesia yang disebut juga laurel Indonesia atau daun salam India dengan nama laurel India dkk.

Daun salam berasal dari berbagai jenis tumbuhan. Berikut beberapa di antaranya:

Bay laurel

ini adalah daun salam yang asli. yang disebut Bay laurel

Bay laurel adalah daun salam yang berasal dari jenis tanaman Laurus nobilis dalam kelaurga Lauraceae. Dalam bahasa Jerman daun salam bay laurel ini adalah Lorbeerblätter

Daun salam segar atau kering digunakan dalam masakan karena aroma dan rasanya yang khas. Daunnya harus dibuang dari masakan yang dimasak sebelum dimakan

Daunnya sering digunakan untuk membumbui sup, semur, rebusan dan pate di banyak negara. Daun segar sangat lembut dan tidak berkembang sempurna sampai beberapa minggu setelah dipetik dan dikeringkan

California bay leaf

Disebut juga laurel California

Daun salam ini berasal dari jenis tanaman Umbellularia californica, masih dalam keluarga Lauraceae

Daun salam ini juga dikenal dnegan nama Oregon myrtle dan pepperwood dan mirip dengan Mediterania bay laurel, tetapi memiliki rasa yang lebih kuat

Daun salam India

Disebut juga laurel India

Dikenal dengan nama Malabathrum, daun salam ini berasal dari jenis tanaman Cinnamomum tamala dalam keluarga Lauraceae

Daun salam ini berbeda dengan daun salam yang lebih pendek dan berwarna hijau muda dengan satu urat besar di sepanjang daun

Daun salam India berukuran dua kali lebih panjang dan lebih lebar, biasanya berwarna hijau zaitun dan memiliki tiga urat di sepanjang daun

Secara kultivasi, daun salam India cukup berbeda, memiliki aroma dan rasa yang mirip dengan kulit kayu manis (cassia) tetapi lebih lembut

Daun salam Indonesia

Disebut juga Laurel Indonesia atau bahasa Jermannya Indonesisches lorbeerblätter

Daun salam asli tanah air tercinta ini di dunia internasional dikenal dengan nama Indonesian bay leaf

Daun salam ini berasal dari jenis tanaman Syzygium polyanthum dalam keluarga Myrtaceae

Daun salam kebanggaan Indonesia memiliki banyak fungsi, dari kuliner aja hampir mendominasi semuanya, dari masakan daging, ayam, ikan, sayur-sayuran hingga nasi

Daun salam India Barat

Disebut juga laurel India Barat

Daun ini berasal dari pohon teluk India barat dari jenis Pimenta racemosa dalam keluarga Myrtaceae

Biasa digunakan dalam kuliner terutama kuliner Karibia, juga untuk menghasilkan cologne yang disebut Rum bay

Daun salam Meksiko

Disebut juga dengan laurel Meksiko

Daun ini berasal dari jenis tanaman Litsea glaucescens dalam keluarga Lauraceae

Konstituen kimia

Secara umum daun salam mengandung sekitar 1,3% minyak atsiri (ol. Lauri folii), terdiri dari 45% kayu putih, 12% terpene lainnya, 8-12% terpinil asetat, 3-4% seskuiterpen, 3% metil ugenol dan alfa- dan ß- lainnya, pinenes, phellandrene, linalool, geraniol, terpineol dan juga asam laurat

Rasa dan aroma

Jika dimakan utuh, daun salam memiliki rasa yang pedas dan tajam, rasa pahit. Seperti banyak bumu dan perasa lainnya, aroma daun salam lebih terlihat dari rasanya. Saat dikeringkan, aromanya seperti herbal, sedikit bermotif bunga dan agak mirip dengan oregano dan timi.

Myrcene, yang merupakan salah satu komponen dari banyak minyak esensial yang digunakan dalam wewangian, dapat diekstraksi dari daun salam

Daun salam juga mengandung eugenol

Kegunaan

Umumnya daun salam dimanfaatkan dalam dunia kuliner karena merupakan daun rempah. Aroma daun salam cocok untuk sup, semur, hidangan daging, ikan juga untuk membumbui acar ketimun dan ikan haring, untuk jeli dan membumbui cuka juga. Siapa nyana sejak jaman dahulu kala pun daun salam telah digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat herbal yang terbukti khasiatnya. Tidak hanya itu saja, berkat kandungan yang terdapat dalam daun salam ini, mereka digunakan untuk mengusir serangga dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya yuk kita simak ulasan di bawah ini 🙂

Kuliner

Dalam kuliner India, daun salam (laurel) sering digunakan dalam hidangan nasi seperti biryani

Daun salam digunakan sebagai penyedap oleh orang Yunani kuno. Daun salam merupakan perlengkapan dalam memasak banyak kuliner Eropa terutama Mediterania dan di Amerika. Digunakan dalam sup, semur, daging, makanan laut, hidangan sayuran dan saus

Hidangan Italia klasik  menggunakan daun salam sebagai bumbu rempahnya. Begitu juga  dengan hidangan Perancis. Daun salam merupakan bagian dari buket garni dalam masakan Perancis. Daunnya dibuang sebelum disajikan

Dalam masakan di kepulauan Karibia, daun salam digunakan dalam pembuatan ayam brengsek. Daun salam direndam dan diletakkan di sisi panggangan yang dingin. Stik pinento diletakkan di atas daun dan ayam diletakkan di atas dan diasap. Daunnya juga ditambahkan utuh ke sup, semur dan hidangan Karibia lainnya.

Masakan Thailand dan Laos menggunakan daun salam yang dalam beberapa hidangannya dipengaruhi kuliner Arab terutama kari massaman

Dari Indonesia, daun salam khas Indonesia ini digunakan dalam berbagai kuliner  daging, ayam, ikan, sayur hingga nasi. Dari daging ada semur, rendang, asem pedas, pindang tulang dkk, dari kuliner ayam ada soto, opor dkk, dari ikan ada pepes, pindang, asem pedas, dari sayur-sayuran ada sayur asem, sayur lodeh, gulai daun ubi, rebung hingga nasi ada nasi uduk, nasi kuning hingga nasi lemak.

Wow.. daun salam Indonesia juaranya deh 😊

Ane boyong banyak saat mudik dan daunnya awet bertahun-tahun asal penyimpanannya benar. Alhamdulillah membantu sekali saat memasak

Nah kalo persediaan daun salam kita habis seperti emak-emak tropis yang hidup di Eropa.. gimana solusinya? Apakah daun salam bule bisa digunakan untuk kuliner Indonesia?

Karena penasaran, ane coba bereksperimen, ternyata ok juga lho pemirsa. Daunnya saat disobek sangat beraroma khas herbal yang segar dan menyenangkan.. apalagi dijadikan bumbu rempah ya 🙂 MasyaAllah alhamdulillah

Cara penggunaan

Daun salam bisa dihancurkan atau ditumbuk sebelum dimasak. Tujuan daun salam yang dihancurkan adalah untuk memberikan lebih banyak keharuman daripada daun utuh. Akan tetapi lebih sulit dihilangkan. Oleh karena itu daun salam model begini sering digunakan dalam kantong kain kasa atau pembuat teh.

Daun salam bisa diganti dengan daun utuh, dan tidak perlu dihilangkan, tetapi daunnya harus yang jauh lebih kuat, seperti daun salam Indonesia Syzygium polyathum

Daun salam asli Indonesia ini cukup dimasukkan bersama-sama masakan dan tidak perlu diangkat saat dihidangkan. Daun salam yang digunakan bisa yang segar atau yang dikeringkan, yang utuh hingga disobek-sobek dulu sebelum dimasukkan dalam masakan biar aromanya dan khasiatnya lebih keluar.

Keamanan

Daun salam segera diangkat karena diduga bisa menyebabkan keracunan. Hal ini tidak benar ya pemirsa.. Daun salam bisa dimakan tanpa efek toksik/racun. Namun mereka tetap kaku dan tidak enak bahkan setelah dimasak dengan matang dan jika ditelan utuh atau dalam potongan besar dapat menyebabkan tersedak dan menimbulkan resiko merusak saluran pencernaan

Oleh karena itu meski daun salam kerap digunakan utuh,  harus diangkat karena bisa juga menjadi abrasif di saluran pencernaan

Nah itulah beberapa tujuan cara menggunakan daun salam yang bukan tanpa sebab ya 🙂

Kegunaan lainnya

Pengusir serangga

Daun salam yang digunakan tersebar di dapur untuk mengusir ngengat makan, lalat, kecoak, tikus dan gegat

Daun salam digunakan oleh ahli entomologi. Daun salam ampuh membuat stoples tidak pecah. Jadi selain mengusir serangga, stoples pun kuat. Caranya dengan memasukkan daun salam yang muda segar dan hancur ke dalam stoples di bawah lapisan kertas. Uap yang dikeluarkan membunuh serangga secara perlahan

Pengobatan herbal

Daun salam sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan herbal untuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare, kecacingan, radang lambung, begitu juga dalam menurunkan tekanan darah dan gula darah, mengurangi nyeri dari berbagai sebab seperti terbentur atau nyeri sendi karena rematik, asam urat dan lainnya

Peraturan makanan dan obat Kanada

Negara bule yaitu kanada menggunakan aturan dalam penggunaan daun salam lho.. jadi ga asal ya.. Hmm.. beruntungnya daun salam kita orang Indonesia yang ga pilih-pilih, yang penting bersih aja ya pemirsa 🙂

Nah berikut aturan daun salam bule dalam makanan dan obat

Daun salam mengandung tidak lebih dari 4,5% total bahan abu dengan maksimal 0,5% di antaranya tidak laut dalam asam klorida

Untuk dianggap kering, daun salam harus mengandung 7% kelembaban atau kurang

Kandungan minyak tidak kurang dari 1 mm per 100 gram bumbu

Nah, demikianlah pemirsa edisi kali ini mengenai daun salam luar dalam. Semoga bermanfaat

Sampai jumpa lagi

Bir cevap yazın