Spagheti/Fetucini, saus dan bumbunya Bolognese, Aglio e Olio, Carbonara, Alfredo dan kehalalannya

307 Views

Salah satu kuliner bule yang terkenal adalah pasta yang terbuat dari olahan gandum yaitu tepung terigu dan telur. Kuliner ini aslinya berasal dari negara Italia kemudian menyebar ke seluruh dunia

Pasta yang memiliki nama antara lain spagheti dan fettucinne/fetucini.

Pasta ini dibuat dengan saus yang terkenal dan biasanya tersemat pada namanya, seperti Bolognese, Aglio e Olio, Carbonara dan Alfredo.

Spagheti yang disukai emak-emak tropis adalah spagheti yang berukuran lurus dan panjang seperti lidi, yang bila direbus penampakannya persis mie.

Ane ingat pertama kali tinggal di Austria dan pengen banget mie, di laci dapur terdapat bermacam-macam bentuk bahan kering yang belakang ane ketahui bernama pasta, ada yang berbentuk kupu-kupu, spiral hingga lurus panjang. Ane pilih yang lurus panjang yang ane baca spagheti. Ini dia yang ane cari. Mantap ane bikin mie ala Indonesia. Ada bawang goreng, cabe, kol, seledri hingga udang dengan bumbu bawang putih, bawang merah dan lada bubuk 🙂

Ok lanjut lagi kita ke kuliner khas Benua Biru ini ya..

Beragam spagheti yang biasa kita jumpai dalam kuliner Italia yang dijajakan di restoran dan kafe terkenal antara lain adalah Spagheti Bolognese, Spagheti Carbonara dan Spagheti Aglio e Olio

Untuk Fetucini, yang terkenal adalah Fetucini Alfredo dan Fetucini Carbonara. Ukuran fetucini sedikit lebar dan pipih dibanding spagheti yang lurus dan kurus

Kali ini ane menampilkan kuliner bule ini lengkap beserta bumbu/saus dan sejarahnya, juga kehalalannya. Untuk umat Islam ini penting banget ya.. apalagi yang tinggal di negara minoritas muslim seperti kita di Austria.

Meskipun kelihatannya hanya spagheti yang notabene adalah mie juga, beragam jenis bahan dan bumbunya ada yang berasal dari bahan-bahan yang ga halal. Di antaranya adalah daging dari hewan berkaki empat (tahu kan yang ane maksud ya pemirsa). Kemudian keju yang meskipun berasal dari susu domba tapi terkadang tak luput dioles ma lemak ’ono‘. Begitu juga penambahan anggur (wine)

Bagaimana mensiasatinya agar kita tetap aman menikmatinya? Caranya adalah dengan memilih spagheti yang bebas dari bahan dan bumbu yang ga halal, seperti Spagheti Aglio o Olio. Cara terbaik tentu saja dengan membuat sendiri ya pemirsa😊

Nah di sini juga ane tampilkan cara membuat yang praktis dan tentunya halal sesuai dengan lidah orang Indonesia

Bahan saus dan bumbu yang tersaji cukup untuk membuat 4 macam saus antara lain bawang putih, bawang bombay, merica, garam, cabe bubuk, butter/mentega, krim/susu dan daging sapi cincang

Yuk langsung aja pemirsa kita telusuri bersama-sama

Spagheti Bolognese

Spagheti Bolognese adalah masakan Italia yang berupa spagheti dengan menggunakan saus Bolognese. Saus ini merupakan salah satu yang terkenal hingga ke manca negara dengan kombinasi spagheti.

Saus ini mudah kita jumpai di supermarket dan toko makanan. Membuatnya pun tidak sulit, mudah dikenal dengan teksturnya yang lembut perpaduan daging cincang dan tomat berwarna merah menyala

Saus Bolognese

Ditilik dari bahan utamanya, saus Bolognese adalah saus berbasis daging. Ya benar.. Begitu juga dengan namanya Bolognese. Ini adalah saus dalam masakan Italia, khas kota Bologna, Italia Utara

Saus Bolognese biasa juga disebut Ragu alla bolognese dalam bahasa Prancis. Saus ini terutama dikombinasikan dengan pasta, antara lain spagheti.

Di tempat asalnya Bologna, saus disajikan dengan pasta/mie telur, lebih disukai tagliatele, begitu juga lagsana. Tagliatele atau tagliete adalah varian dari pasta/mie pita, dianggap sebagai pasta klasik dari wilayah Emilia Romagna, Italia. Tagliete adalah mie individu berbentuk pita pipih panjang mirip fettucinne, tetapi agak lebih lebar sekitar 5-10 mm.

Di luar negara Italia, saus Bologna mendunia sebagai kombinasi dari spagheti Bolognese

Komposisi

Bahan utama saus Bolognese adalah daging cincang, bawang (bawang bombay dan bawang putih) dan tomat

Saus Bolognese terbuat dari daging cincang dari daging sapi, cincangan halus bawang, wortel, tomat atau bubur/pasta tomat, sedikit air, kaldu, garam dan lada/merica.

Saus daging bisa dimasak beberapa jam dengan suhu rendah yang akhirnya menjadi kental. Untuk melunakkan keasaman tomat, bisa ditambahkan susu atau krim di bagian akhir

Dalam resep aslinya, selain daging sapi juga campuran daging sapi, daging dari hewan berkaki empat yang ga halal untuk muslim (tau kan pemirsa..). Begitu juga pancetta, daging bagian perut yang diasinkan. Pada beberapa resep, digunakan juga hati ayam dalam campuran daging. Anggur juga ditambahkan dalam kuliner ini

Untuk muslim, tentu saja daging yang tidak halal begitu juga anggur wajib diskip ya

Bumbu instan saus Bolognese mudah kita jumpai di supermarket-supermarket bule seluruh Austria. Tapi ambil amannya, ane bikin aja, mudah dan praktis kok 😊

Sejarah

Ragu berasal dari kata Prancis ragout, yang diadopsi di wilayah Emilia Romagna pada masa Renaisans, awalnya sebagai nama untuk sup. Sejak abad ke-19, yang diproduksi atas dasar daging cincang adalah Ragu sebuah lauk dengan pasta. Biasanya sebelum dicampur dengan pasta

Pendaftaran resmi untuk resep klasik Ragu alla bolognese dilakukan pada Oktober 1982 oleh Accademia Italiana della Cucina

Cara membuat spagheti bolognese

Cara memasaknya mudah ya..

Pertama-tama siapkan bahannya yang terdiri dari spagheti, daging cincang, tomat atau pasta tomat, bumbu kaldu, garam dan merica, sedikit air serta variasi seperti cincangan bawang bombay (bawang putih juga ane tambahkan karena menambah rasa kezat) dan wortel, kemudian susu atau krim (opsi)

Spagheti direbus dalam air mendidih sekitar 10 menit hingga matang, kemudian tiriskan

Tumis cincangan bawang dan wortel dengan sedikit minyak, tambahkan daging cincang. Beberapa saat tambahkan tomat atau pasta tomat, kaldu, lada bubuk dan sedkit air. Masak hingga lunak. Susu dan krim bisa ditambahkan terakhir dan masak sebentar.

Terciptalah bumbu bolognese atau saus yang enak dan lezat ya pemirsa 😊

Terakhir saus diletakkan ditengah-tengah spagheti yang ditata pada sebuah piring makan lebar

Spagheti Aglio e Olio

Spagheti Aglio e Olie dalam bahasa Italia memiliki arti Spagheti dengan bawang putih dan minyak. Sesuai dengan namanya, spagheti ini memang dibuat dengan bahan dasar bawang putih dan minyak.

Asal

Kuliner ini merupakan pasta tradisional dari Naples. Naples atau Napoli berasal dari bahasa Yunani Nea Polis yang berarti kota Baru adalah kota ketiga terbesar setelah Roma dan Milan, dengan ibukota region Campania. Kota Napoli juga terkenal sebagai tempat asal piza dan es krim neopolitano

Jadi tepatnya spagheti Aglio e Olio berasal dari Campania, ibukota region Napoli dan juga Calabria, sebuah region yang berbatasan dengan Campania di sebelah utara

Komposisi

Bahan utama bumbu Aglio Olio adalah bawang putih, minyak zaitun dan garam

Variasi spagheti ini adalah Spagheti aglio dan spagheti olio e peperocino, dengan tambahan cabe

Nah bagi emak-emak tropis, spagheti ini sudah pasti cocok di lidah karena sesuai dengan selera Indonesia yang suka cabe, apalagi yang pedas dan tambahan lada hitam bubuk, komplit deh enaknya 😊 Kalo spagheti model begini yang ane bikin, biar semakin nikmat dan bercita rasa Indonesia ane tambahkan udang atau daging sapi cincang

Selain bumbu dasar, kuliner ini juga kadangkala dibuat dengan tambahan bubuk cabe. Peterseli yang dipotong-potong juga ditambahkan sebagai garnis bersama keju permesan atau pecorino, meskipun menurut resep aslinya, keju sebaiknya tidak ditambahkan. Iya juga.. ntar namanya bukan Spagheti Aglio e Olio lagi dong.. tapi spagheti carbonara 😊

Bagaimana cara membuat spagheti Aglio e Olio ini?

Yuk pemirsa kita cek bersama-sama

Cara memasak

Cara memasaknya mudah ya..

Pertama-tama siapkan bahannya yang terdiri dari spagheti, bawang putih, garam, minyak zaitun serta variasi seperti cabe, lada hitam dan udang (favorit ane)

Spagheti direbus dalam air mendidih sekitar 10 menit hingga matang, kemudian tiriskan

Tumis bawang putih cincang atau cacah dengan sedikit minyak zaitun sampai harum, tambahkan udang, garam dan lada

Kemudian tambahkan spagheti dan aduk hingga tercampur merata

Terakhir garnis dengan potongan peterseli

Fetucini Alfredo

Aslinya, hidangan ini menggunakan pasta dari jenis fettucinne/fetucini. Akan tetapi karena spagheti merupakan bagian dari pasta dan sejenis pasta juga, maka saus Alfredo juga bisa digunakan pada spagheti

Saus Alfredo biasa digunakan pada hidangan pasta yaitu fetucini. Saus Alferdo terbuat dari mentega/butter dan keju parmesan (Parmigiano-Reggiano). Dalam bahasa Italia, hidangan ini bernama pasta al burro e parmigiano

Hidangan tradisional terkait adalah milik Amerika Serikat, dimana bahan-bahan yang ditambahkan adalah bumbu seperti bawang putih, sayuran seperti brokoli, peterseli dan krim serta udang, ayam atau kalkun

Komposisi

Bahan asli saus Alfredo cukup simpel, hanya butter dan keju permesan. Untuk lengkapnya dan menambah lezat hidangan, bisa menggunakan variasi dari negara AS, yaitu dengan bawang putih dan krim. Bagi kita warga tropis, lada hitam ditambahkan biar rasanya semakin pas dan mantul 😊

Sejarah

Hidangan ini berasal dari daerah Lazio, Italia

Penyajian fettucinne dengan mentega dan keju pertama kali disebutkan dalam resep maccaroni romaneschi (pasta Romawi) pada abad ke-15 oleh Martino da Como, juru msak Italia utara yang aktif memasak pasta dalam kaldu atau air dan menambahkan mentega, keju yang enak (jenisnya tidak ditentukan) dan rempah-rempah manis

Fettucinne modern ditemukan oleh Alfredo hingga hidangan ini terkenal dengan nama Fettuccine Alfredo

Adapun nama hidangan ini diambil sesuai dengan nama penemunya Alfredo di Lelio (1882-1959), yang menghidangkan hidangan tersebut di tempat makannya di Roma, Italia pada awal sampai pertengahan abad ke-20

Hidangan ini kemudian menyebar hingga ke manca negara, terutama di Amerika Serikat. Hidangan ini diterima di negara Paman Sam dengan tambahan bumbu dan variasi yang lebih menantang

Hidangan ini sangat populer di luar negeri dan ada dimana-mana di restoran bergaya Italia, meski di Italia sendiri hidangan ini cukup disebut Fettuccine al burro

Di Indonesia, hidangan ini kalah populer dibanding Bolognese dan Aglio e Olio

Cara memasak

Cara memasak menurut resep asli sangat mudah.

Mentega dilelehkan, masukkan keju permesan hingga meleleh dan segera fettucinne segar dimasukkan dan diaduk merata hingga saus meresap

Untuk resep yang bervariasi, caranya adalah sebagai berikut

Pertama-tama siapkan bahannya yang terdiri dari bahan utama pasta yaitu fettucinne atau spagheti dan keju parmesan, kemudian bumbu bawang putih, garam dan lada hitam serta variasi sayuran brokoli dan udang (favorit ane) atau ayam/kalkun

Fettucinne/Spagheti direbus dalam air mendidih sekitar 10 menit hingga matang, kemudian tiriskan

Tumis bawang putih cincang atau cacah dalam mentega sampai harum, tambahkan udang, garam dan lada, krim dan keju permesan. Aduk hingga keju permesan meleleh

Kemudian tambahkan fettucine/spagheti dan aduk hingga tercampur merata dan meresap sempurna

Spagheti Carbonara

Spagheti carbonara adalah masakan Italia yang berupa spagheti yang dimasak dengan saus telur, keju dan daging.

Spagheti carbonara berasal dari daerah Lazio, Roma Italia

Komposisi

Bahan utama kuliner ini adalah pasta (spagheti), telur, keju dan daging

Bumbu yang digunakan biasanya bawang putih, lada hitam dan garam

Dalam resep aslinya, dagingnya berasal dari hewan berkaki empat yang ga halal untuk muslim, yaitu berupa pancetta, yang berasal dari daging perut asin berbumbu yang digulung kencang seperti sosis atau guanciale yang berasal dari daging pipi yang diasinkan.

Daging bisa diskip atau menggunakan daging yang halal, seperti daging sapi yaitu irisan tipis daging

Begitu juga keju, harus berhati-hati untuk umat Islam. Biar dikata menggunakan susu domba, tapi dalam pembuatannya kadang-kadang digunakan lemak dari hewan berkaki empat yang ga halal. Untuk keju, dalam resep utamanya adalah menggunakan keju domba yang disebut dengan pecorino.

Pecorino adalah sebutan untuk semua jenis keju bertekstur keras dari susu domba ynag berasal dari Italia. Pecorino memiliki banyak jenis yang berasal dari daerah tertentu di Italia dan dibuat dari susu domba jenis tertentu. Keju ini berbentuk bundar seperti drum. Kulitnya bervariasi dalam warna, tergantung pada lama pematangan keju tersebut. Kadangkala keju ini diberi lapisan pelindung dari minyak b2 ataupun minyak biasa. Bagian dalam dari keju ini berwarna putih hingga kuning pucat dengan lubang lubang atau ’mata‘ yang berukuran kecil

Jadi untuk keju, pilihlah keju yang halal. Bisa beli di toko Turki atau yang berlabel halal. Maklum ya pemirsa.. namanya juga tinggal di negara bule..

Variasi kuliner ini adalah kacang polong, jamur, sayur dan krim. Penambahan krim untuk kuliner carbonara ini dikatakan sebagai salah kaprah. Akan tetapi penambahan yang dimaksudkan sebagai variasi seperti variasi lainnya jamur dkk, bukan sebagai bahan utama adalah sah-sah saja

Cara memasak

Cara memasaknya mudah ya..

Pertama-tama siapkan bahannya yang terdiri dari spagheti, keju, telur dan daging serta variasi seperti sayur, jamur atau krim. Bumbuh juga bisa disiapkan yaitu bawang putih cacah, lada hitam dan garam

Spagheti direbus dalam air mendidih sekitar 10 menit hingga matang, kemudian tiriskan

Telur dikocok dalm mangkuk, masukkan potongan keju kemudian kocok lepas. Selanjutnya ditumis dengan sedikit minyak- (yang sebelumnya ditumis terlebih dahulu bumbu bawang putih cacah)- tambahkan irisan daging dan variasi lainnya yang disuka, sayur atau jamur hingga krim.

Terciptalah bumbu carbonara atau saus yang enak dan lezat

Terakhir masukkan spagheti dan aduk hingga merata

 

Atau saus diletakkan ditengah-tengah spagheti yang ditata pada sebuah piring makan lebar

Nah demikianlah pemirsa edisi kali ini mengenai kuliner bule yang terkenal spagheti dan fetucini dengan bumbu dan sausnya antara lain Bolognese, Aglio e Olio, Alfredo dan Carbonara, komposisi, sejarah, kehalalannya hingga cara membuatnya

Semoga bermanfaat

Sampai jumpa lagi

Bir cevap yazın