Asam sitrat/sitrun, arti, sejarah, pembuatan serta penggunaannya dalam industri hingga rumah tangga

256 Views

Asam yang satu ini lumayan lekat dalam kehidupan sehari-hari, meski ga selekat dan selegit gula dan garam. Di Indonesia dikenal dengan nama sitrun, di negara berbahasa Jerman seperti Austria dikenal dengan nama Zitronen Saüre

Ya.. dialah citric acid atau asam sitrat. Masyarakat biasa mengenalnya dengan bubuk berwarna putih yang dikemas dalam bungkus kertas seperti amplop mungil atau plastik atau botol

Asam sitrat memiliki banyak fungsi. Kalo kemasannya ada gambar buah-buahan, dipastikan asam sitrat ini untuk es buah atau koktail ya. Tujuannya selain menambah nikmat dan kesegaran koktail juga biar koktail awet. Untuk keperluan industri lain lagi kemasannya, ga cukup dengan bungkus mungil 😊

Emak-emak rumah tangga hafal ini, sehafal bahan-bahan keperluan dapur lainnya seperti baking soda, baking kue dkk. Begitu juga pemirsa kan.. Atau pemirsa malah belum tahu akan kehadirannnya.. atau sama seperti ane yang baru ngeh dengan asam sitrat belum lama ini juga?

Dulunya jaman masih imut pernah sekilas tau ma sitrun, saat bertamu ke rumah tetangga dan disuguhi es buah. Saat mengkonsumsinya kok enak dan berasa segar banget ya.. seperti rasa minuman kemasan. Ternyata salah satu rahasianya adalah ditambah dengan sitrun.

Terus laporan ke emak, kayaknya es buah enak ditambah sitrun deh. Tapi emak bilang dah ada nanas dkk, dah asam dan segar tuh. Emak ane mah gitu. Micin aja ga pakai, apalagi sitrun 😊

Nah ada lagi yang sangat diminati dari sitrun ini selain sebagai tambahan makanan dan minuman, apalagi kalo bukan manfaatnya dalam meringankan pekerjaan emak-emak rumah tangga 😊 Sitrun digunakan sebagai pembersih alami seperti untuk membersihkan rumah, dari kamar mandi, peralatan rumah tangga seperti panci dan kuali dekil hingga selimut, seprei dan karpet

Khasiatnya ampuh membuat emak-emak bahagia karena rumah dan seisinya yang kinclong. Wow.. seru kan..

Bagaimana sitrun ini bisa melakukannya? Apa yang menyebabkannya begitu ampuh dalam dunia bersih-bersih ini ya? Apalagi manfaatnya selain digunakan dalam dunia kebersihan ini dan menambah nikmat koktail?

Sebenarnya sitrun itu apa sih ya? Ditilik dari namanya asam sitrat atau sitrun, berkaitan dengan asam dan sitrun atau lemon ga sih.

Terbuat dari apa sih dia?

Tahukah pemirsa kalo sitrun merupakan salah satu zat yang dihasilkan melalui fermentasi yaitu dengan bantuan mahluk hidup seperti juga hasil fermentasi lainnya seperti kecap, tempe dkk? Wow.. benarkah? Bagaimana sejarahnya?

Menarik sekali ya mencari tahu seluk beluk sitrun ini. Pada episode yang telah berlalu ane pernah menyinggung tentang asam sitrat ini, meski hanya sekilas. Nah kali ini kesempatan kita mengenal lebih dalam ya 😊

Yuk pemirsa mari kita eksplor bersama-sama sitrun alias asam sitrat ini

Asam sitrat

Asam sitrat memiliki nama IUPAC sistematis yaitu 2-Asam hidroksipropana-1,2,3-trikarboksilat

Asam sitrat merupakan asam organik lemah yang ditemukan secara alami pada daun dan buah tumbuhan genus Citrus (jeruk-jerukan). Senyawa ini merupakan bahan pengawet yang baik dan alami, selain digunakan sebagai penambah rasa asam pada makanan dan minuman ringan

Dalam biokimia, asam sitrat dikenal sebagai senyawa perantara dalam siklus asam sitrat yang terjadi dalam mitokondria, yang penting dalam metabolisme mahluk hidup. Zat ini juga dapat digunakan sebagai zat pembersih yang ramah lingkungan dan sebagai antioksidan

Asam sitrat terdapat dalam berbagai jenis buah dan sayuran, namun ditemukan dalam konsentrasi tinggi yang dapat mencapai 8% bobot kering pada jeruk lemon dan limau (misalnya jeruk nipis dan jeruk purut)

Makanya asam sitrat biasa juga disapa sitrun ya.. karena kandungannya dalam jeruk nipis atau sitrun atau lemon ini 😊

Sifat kimia dan sifat fisika

Keasaman asam sitrat didapatkan dari 3 gugus karboksil COOH yang dapat melepas proton dalam larutan. Jika hal ini terjadi ion ynag dihasilkan adalah ion sitrat. Sitrat sangat baik digunakan dalam larutan penyangga untuk mengendalikan pH larutan. Ion sitrat dapat bereaksi dengan banyak ion logam membentuk garam sitrat. Asam sitrat juga dapat mengikat ion-ion logam dengan pengkelatan, sehingga digunakan sebagai pengawet dan penghilang kesadahan air

Jadi jelas ya sekarang mengapa sitrun digunakan sebagai pengawet dan penghilang kesadahan air

Pada suhu kamar, asam sitrat berbentuk serbuk kristal berwarna putih. Serbuk kristal tersebut dapat berbentuk anhidrat (bebas air) atau berbentuk monohidrat yang mengandung satu meolekul air untuk setiap molekul asam sitrat

Bentuk anhidrat asam sitrat mengkristal dalam air panas, sedangkan bentuk monohidtrat didapatkan dari kristralisasi asam sitrat dalam air dingin. Bentuk monohidrat dapat diubah menjadi bentuk anhidrat dengan pemanasan di atas 74°C

Secara kimia, asam sitrat bersifat seperti asam karboksilat lainnya. Jika dipanaskan di atas 175°C, asam sitrat terurai dengan melepaskan karbondioksida dan air

Sejarah

Asam sitrat diyakini ditemukan oleh kimiawan Arab-Yemen yang hidup pada abad ke-8, Jabir Ibn Hayyan

Pada jaman Pertengahan, para ilmuwan Eropa membahas sifat asam sari buah lemon dan limau, yang tercatat dalam ensiklopedia Speculum Majus (Cermin Agung) dari abad ke-13 yang dikumpulkan oleh Vincent dari Beauvais.

Asam sitrat pertama kali diisolasi pada tahun 1747 oleh kimiawan Swedia, Carl Wilhelm Scheele, yang mengkristalkannya dari sari buah lemon.

Pembuatan asam sitrat skala industri dimulai pada tahun 1890, terutama mengandalkan produksi jeruk dari Italia

Pada tahun 1893, C. Wehmer menemukan bahwa kapang Penicillium dapat menghasilkan asam sitrat dari gula. Namun pembuatan asam sitrat dan dengan mikroba secara industri tidak menjadi penting hingga Perang Dunia I mengganggu ekspor jeruk Italia

Pada tahun 1917, kimiawan pangan Amerika, James Currie menemukan bahwa galur tertentu kapang Aspergillus niger dapat menghasilkan asam sitrat secara efisien.

Perusahaan kimia Pfizer memulai produksi asam sitrat skala industri dengan cara tersebut 2 tahun kemudian diikuti oleh Citrique Belge pada tahun 1929

Pada tahun 1977, hak paten diberikan kepada Lever Brothers untuk sintesis kimia asam sitrat yang dimulai dari garam kalsium aconitic atau isocitrate/alloisocitrate dalam kondisi tekanan tinggi

Nah demikianlah pemirsa sejarah pembuatan asam sitrat. Selanjutnya bagaimana membuat asam sitrat ini?

Pembuatan

Dalam proses produksi asam sitrat yang sampai saat ini lazim digunakan, biakan kapang Aspergillus niger diberi sukrosa agar membentuk asam sitrat. Setelah kapang disaring dari larutan yang dihasilkan, asam sitrat diisolasi dengan cara mengendapkannya dengan kalsium hidroksida membentuk garam kalium sitrat. Asam sitrat diregenerasikan dari kalsium sitrat dengan penambahan asam sulfat

Cara lain pengisolasian asam sitrat dari hasil fermentasi adalah dengan ekstraksi menggunakan larutan hidrokarbon senyawa biasa organik triaurilamina yang diikuti dengan re-ekstraksi dari larutan organik tersebut dengan air

Kegunaan

Tadi sudah disinggung ya penggunaan asam sitrat atau sitrun sebagai penyedap rasa pada es buah atau koktail yang membuat koktail ini lebih nikmat dan segar. Selain itu apa saja kegunaannya?

Asam sitrat memiliki banyak kegunaan, di antaranya pada makanan dan minuman termasuk permen, agen pembersih dan pengkelat, pada kosmetik, farmasi, suplemen makanan dan makanan serta penggunaan lainnya

Makanan dan minuman

Penggunaan utama asam sitrat saat ini adalah sebagai zat pemberi cita rasa atau penyedap rasa dan pengawet makanan dan minuman, terutama minuman ringan dan permen.

Kode asam sitrat sebagai zat aditif makanan (E number) adalah E330. Garam sitrat dengan berbagai jenis logam digunakan untuk menyediakan logam tersebut (sebagai bentuk biologis) dalam banyak suplemen makanan.

Asam sitrat dapat ditambahkan pada es krim sebagai agen pengemulsi yaitu menjaga terpisahnya gelembung-gelembung lemak, pada karamel untuk mencegah kristalisasi sukrosa

Dalam resep makanan, asam sitrat dapat digunakan sebagai pengganti sari jeruk atau lemon segar

Agen pembersih dan pengkelat

Sifat asam sitrat sebagai larutan penyangga digunakan sebagai pengendali pH dalam larutan pembersih dalam rumah tangga dan obat-obatan

Kemampuan asam sitrat untuk mengkelat logam menjadikannya berguna sebagai bahan sabun dan deterjen. Dengan mengkelat logam pada air sadah, asam sitrat memungkinkan sabun dan deterjen membentuk busa dan berfungsi dengan baik tanpa penambahan zat penghilang kesadahan.

Begitu juga asam sitrat digunakan untuk memulihkan bahan penukar ion yang digunakan pada alat penghilang kesadahan dengan menghilangkan ion-ion logam yang terakumulasi pada bahan penukar ion tersebut sebagai kompleks sitrat

Ga heran kemampuan asam sitrat ini dimanfaatkan untuk membersihkan selimut, handuk, seprei hingga karpet. Asam sitrat merupakan bahan aktif pada beberapa larutan pembersih kamar mandi. Jadi bisa digunakan sebagai pembersih kamar mandi pemirsa, termasuk bak kamar mandi, wastafel, lantai dan dinding kamar mandi hingga WC

Begitu juga peralatan rumah tangga dan dapur, seperti panci dan kuali gosong

Bagaimana cara menggunakan asam sitrat ini? Ternyata ga sulit ya pemirsa

Membersihkan kamar mandi

Ada beberapa bagian dari kamar mandi yang bisa dibersihkan, dari lantai kamar mandi, dinding kamar mandi hingga bak mandi

Lantai kamar mandi

Taburkan asam sitrat secukupnya ke lantai kamar mandi. Kemudian diamkan selama 3-5 jam. Selanjutnya disiram dengan air. Untuk lebih meyakinkan bisa disikat dengan pembersih lantai seperti sunlight. Kamar mandi cukup dibersihkan dengan asam sitrun ini sekali seminggu

Dinding kamar mandi

Taruh asam sitrat secukupnya ke dalam ember kemudian tambahkan air dan aduk rata. Siram ke dinding selanjutnya diamkan hingga mengering. Dinding kamar mandi menjadi bersih berseri. Atau untuk meyakinkan, gunakan lap. Celup lap ke dalam ember yang berisi air dan asam sitrun kemudian peras perlahan, selanjutnya lapkan ke dinding kamar mandi

Bak mandi

Masukkan asam sitrat secukupnya ke dalam bak mandi yang diisi air. Kemudian aduk rata dan diamkan 2-3 jam. Buang airnya, selanjutnya bersihkan lagi dengan membilas bak mandi dengan air bersih

Membersihkan kloset WC

Tabur secukupnya asam sitrat kemudian diamkan selama 2 jam. Selanjutnya pencet flush atau siram dengan air kalo WCnya model konvensional

Membersihkan selimut, seprei, handuk

Rendam dengan asam sitrat dan deterjen, diamkan selama 2 jam kemudian masuk ke mesi cuci

Membersihkan peralatan rumah tangga

Pantat panci dan wajan yang gosong taburkan dengan asam sitrat kemudian diamkan selama satu jam. Gosok dengan spon, tambahkan cairan cuci piring seperti sunlight, gosok lagi. Setelah dirasa bersih, bilas dengan air

Kosmetik, farmasi suplemen makanan dan makanan

Asam sitrat digunakan sebagai acidulant dalam krim, gel dan cairan

Digunakan dalam makanan dan suplemen makanan yang diklasifikasikan dalam membantu proses untuk efek teknis sepertiacidulent, chelator.

Asam sitrat digunakan sebagai salah satu bahan aktif dalam produksi jaringan wajah dengan sifat antivirus

Penggunaan lainnya

Asam sitrat digunakan sebagai alternatif tidak berbau dari cuka putih untuk pewarnaan rumah dengan pewarna asam

Asam sitrat digunakan di dalam industri bioteknologi dan obat-obatan untuk melapisi (passivate) pipa mesin dalam proses kemurnian tinggi sebagai ganti asam nitrat. Ini karena asam nitrat dapat menjadi zat berbahaya setelah digunakan untuk keperluan tersebut, sedangkan asam sitrat tidak.

Keamanan

Asam sitrat dikategorikan aman digunakan pada makanan oleh semua Badan Pengawasan Makanan nasional dan internasional. Meski demikian, asam sitrat dapat menyebabkan korosi pada gigi jika dikonsumsi secara berlebihan

Asam sitrat secara alami terdapat pada semua jenis mahluk hidup dan kelebihan asam sitrat dengan mudah dimetabolisme dan dihilangkan dari tubuh

Paparan terhadap asam sitrat kering ataupun larutan asam sitrat pekat dapat menyebabkan iritasi kulit dan mata. Pemakaian alat pelindung seperti sarung tangan atau kacamata perlu dilakukan saat menangani bahan-bahan tesebut. Termasuk saat membersihkan rumah ya.. dari membersihkan kamar mandi dkk, peralatan rumah tangga panci dkk serta selimut, karpet dkk

Demikianlah pemirsa edisi kali ini mengenai asam sitrat alias sitrun, dari apa itu asam sitrat, sejarah,pembuatan serta manfaatnya yang banyak dari rumah tangga, makanan dan minuman hingga industri

Semoga bermanfaat

Sampai jumpa lagi

Bir cevap yazın