Mante, sejenis pangsit Turki dengan kuah yogurt dan saos tomat/cabe

815 Views

Makanan yang satu ini lumayan populer di negara-negara Timur Tengah, negara-negara di Asia Tengah, Turki, Uygur, bekas Uni Soviet hingga Balkan. Namanya pun hampir mirip satu sama lain. Siapakah dia? Dialah manti.

Hmm.. pasti ga begitu familiar di telinga warga tropis Indonesia ya.. Tapi kalau pangsit? Ya.. hampir rata-rata mengetahuinya. Manti memang pangsit adanya

Kalo di tanah air tercinta pangsit biasa digoreng, di negara-negara yang populer dengan sebutan manti ini lain lagi. Ada yang dikukus, direbus hingga berkuah yogurt dan saos tomat dan cabe atau paprika. Pernahkah pemirsa mencicipinya atau malah memasaknya dengan gaya ini?

Kalo ane baru tau ada pangsit model begini sejak berada di Benua Biru 🙂

Saat itu ane dan suami belanja kebutuhan sehari-hari dan mampir ke toko Turki. Di toko inilah ane jumpa manti yang ane kira pangsit emak-emak tropis. Wah senengnya bukan main. Ya dong. Kan nemu harta karun 😀 Kebayang seperti pangsit di kampung halaman yang berisi abon atau ebi tumbuk berbumbu yang garing-garing manjah kalo dimakan 🙂 Eh tapi kok ini bukan yang dah digoreng ya.. melainkan dalam bentuk kering dan masih mentah. Seperti keripik atau kerupuk jadinya, harus dimasak dulu dengan cara digoreng ma minyak panas

Ternyata ya pemirsa setelah dicari infonya.. ini adalah manti, pangsitnya orang Turki yang harus dimasak terlebih dahulu dengan cara direbus atau dikukus. Makannya juga ga pake kuah rebusannya ya.. tetapi dengan yogurt dan saos tomat atau cabe.  Apa rasanya nih? Antik bagi yang baru mencicipinya seperti ane 🙂 Tapi kalo suami karena emang dah bawaan lahir makanannya bule yogurt dkk, rasanya pasti enak dan nikmat ya 🙂

Penasaran kan dengan si manti ini?

Yuk pemirsa mari kita eksplor bersama-sama 🙂

Manti

Manti adakah sejenis pangsit yang populer di negara-negara antara lain Timur Tengah, bekas Uni Soviet, Turki, Asia Tengah serta Balkan. Negara tetangga Austria pun di Eropa Tengah yaitu Italia, memiliki kuliner yang persis seperti pangsit ini, tetapi dengan nama yang berbeda.

Manti biasanya terdiri dari campuran daging giling berbumbu, atau cukup garam aja kalo mau praktisnya 😊Daging giling ini terbungkus dalam pangsit yang kering atau dalam keadaan segar. Bentuknya beraneka macam tergantung letak geografisnya, ada bentuk kotak keranjang hingga bulan sabit. Ada yang polos atau pun berenda-renda pinggirnya seperti pangsit kering tanah air tercinta Indonesia

Sejarah manti

Asal manti agak tidak pasti. Tapi secara umum, ada kesepakatan bahwa resep manti isi daging ini dibawa ke seluruh Asia Tengah di sepanjang Jalur Sutra ke Anatolia oleh orang Turki dan Mongol.

Penunggang berkuda Turki dan Mongol yang sedang bepergian wajib membawa mante beku atau kering yang dapat cepat direbus di atas api unggun

Orang-orang berbahasa Turki seperti Tatar yang bermigrasi membawa pangsit bersama mereka ke Anatolia, dimana pangsit ini berkembang menjadi mante Turki. Ketika Tatar menetap di wilayah Kayseri di Turki modern, daerah itu terkenal dengan mantenya

Nama

Negara-negara yang mengklaim memiliki kuliner manti ini ternyata memiliki nama yang hampir sama lho berkenaan dengan penganan isi daging giling ini. Seperti Turki, disapa mante (e dibaca seperti e pada emas).

Untuk negara Kazakh manti disapa mänti, Uzbek manti, monti, Tatar mantu, untuk Persia dan Arab manta, Uygur dengan manta atau monta

Wow.. lumayan banyak juga ya negara yang mengklaim memiliki kuliner ini. Tapi di sini ane hanya akan membahas manti dari negara Turki aja ya.. Karena ane kenal pertama kali kan dengan mantinya Turki 🙂 Selanjutnya ane tulis manti dengan mante

Ok kita lanjut lagi

Mante Turki

Di Turki penganan yang bisa untuk sarapan atau makanan utama atau hanya cemilan aja ini bisa ditemui dimana saja. Mau yang segar bisa makan di restoran yang menyediakannya, mau yang segar dan kering tapi pengen masak di rumah tinggal beli di toko kelontong dan supermarket.

Ga hanya di negaranya, pangsit ala Turki ini pun bisa dijumpai di negara Eropa lho.. termasuk di Austria. Kita bisa menjumpainya di toko Turki.

Bisakah mante digoreng seperti layaknya kerupuk atau keripik seperti kebiasaan orang Indonesia? Oh bisa juga. Tapi filosofi merebus mante ini ada kisahnya tersendiri lho.. Sama seperti mante dari berbagai negara yang memiliki sejarah kelahirannya tersendiri

Sebelumnya sudah dikisahkan sejarah mante ya.. Dimana saat itu pengembara dari Turki setiap mengadakan perjalanan jauh ga lupa membawa mante beku atau kering. Mante ini menjadi menu penting dan wajib dibawa dalam perjalanan karena praktis yang tidak perlu banyak bahan dan peralatan untuk memasaknya. Cukup direbus dalam air mendidih dengan api unggun selama beberapa menit, mante pun siap dikonsumsi

Persis seperti cara memasak di jaman modern ini yang dilakukan turun temurun sejak kelahirannya di negara köfte ini 🙂 Ini adalah cara memasak pada mante yang telah diawetkan atau kering.

Ga hanya cara memasak, ukuran mante pun ada filosofinya lho 🙂

Ukuran mante

Ukuran mante Turki lumayan kecil mungil pemirsa.. hanya seukuran 2 cm panjang atau tingginya 😊Begitu juga modelnya yang berbentuk seperti kerang hingga bulan sabit

Ukuran mante sangat sarat makna terutama jenis mante yang terkenal di Turki yaitu Kayseri manti, yang berasal dari Kayseri, suatu kota di Anatolia Turki.

Di Kayseri, ketika calon suami istri akan bertunangan, ibu pengantin laki-laki akan mengunjungi rumah mempelai wanita dan dalam kunjungannya ini mempelai wanita harus mempersiapkan mante untuk calon ibu mertua. Semakin kecil mantenya, calon mantu dipercaya terampil bekerja di dapur  (pinter masak maksudnya) 🙂

Secara tradisional, mante yang disiapkan untuk calon ibu mertua sebaiknya berukuran sangat kecil sehingga 40 mante bisa dimasukkan dalam satu sendok. Wah.. kebayang ga tuh pemirsaah bikinnya 🙂

Ane bikin pangsit yang seukuran jari kelingking aja lumayan pegel, apalagi sekecl itu ya.. Nyerah deh 🙂 Tapi memang ada ya mante yang ukurannya super mungil, terutama yang kita beli pada produk homemade

Nah sekarang kita cari tau yuk bagaimana cara membuat mante kering begini atau mante yang segar yang langsung dikonsumsi? Apa-apa saja bahan yang dibutuhkan?

Mari kita eksplor lagi

Cara membuat

Caranya gampang-gampang susah pemirsa.. Karena ukurannya yang kecil mungil, lumayan butuh waktu dan kesabaran ekstra biar hasilnya cantik 🙂 Pernah bikin pangsit kan.. atau bantu-bantu emak di dapur bikin pangsit? Nah seperti itulah caranya 🙂

Untuk bahan pangsit terdiri dari tepung terigu, telur dan susu. Untuk isiannya terdiri dari daging giling, umumnya adalah daging sapi. Untuk penyajiannya, mante yang telah direbus dicucurkan yogurt cair dan saos tomat atau paprika atau cabe 🙂

Pertama-tama kita buat pangsitnya ya.. Pangsit Turki dibuat dari adonan yang terdiri dari tepung terigu/ gandum, telur dan susu dengan isian daging giling. Tepung terigu, telur dan susu dicampur kemudian diulen hingga kalis. Selanjutnya adonan dapat didiamkan beberapa saat hingga beberapa jam. Kemudian adonan dibagi beberapa bagian dan digiling tipis-tipis dengan ketebalan 1 mm

Nah sekarang tinggal pilih nih mau model yang seperti apa. Keranjang atau bulan sabit pangsitnya 🙂 Kalo yang praktisnya cukup bulan sabit aja ya yang dicetak dengan tutup botol ukuran diameter 2-3 cm. Setelah terbentuk bulatan, letakkan di tengah-tengahnya daging giling. Kemudian tutup rapat agar ga menganga saat direbus 🙂

Nah adonan ynag sidah menjadi pangsit atau mante ini siap dimasak dalam keadaan segar. Atau kalo bikinnya lumayan banyak dan ga habis dalam sekali makan, mante bisa diawetkan dengan cara dikeringkan dan dimasak di lain waktu. bagaimana caranya?

Pertama-tama adonan yang telah diisi daging giling dan berbentuk pangsit, letakkan dalam piring dengan jaga jarak ya pemirsa.. Kemudian masukkan dalam freezer. Saat adonan tidak lagi lembut alias kokoh, keluarkan dari freezer dan masukkan dalam plastik bersleting kedap udara. Selanjutnya dimasukkan dalam freezer kembali. Dijamin mantenya ga berpelukan dan lengket tetapi tetap terpisah 🙂

Mante bisa digunakan berkali-kali dan tahan lama

Nah itu dia pemirsa cara membuat mante yang sedehana. Kalo ga mau repot, mante siap jadi tersedia di supermarket. Kita tinggal hanya memasaknya

Mante ga hanya ada di negara asalnya Turki lho.. di negara-negara Eropa juga mudah dijumpai. Namanya aja cemilan populer ya 🙂

Dimana kita menjumpainya? Paling mudah adalah di toko Turki, yang tersebar di setiap kota di Eropa.. termasuk di Austria. Harganya ga bikin kantong jebol, murah meriah dan pastinya puas ya.. Setengah kilo dihargai 1,79 Euro hingga 1,99 Euro, setara dengan Rp.30.00 hingga Rp. 34.000

Nah demikianlah pemirsa edisi kali ini mengenai mante dan mante Turki, sejenis pangsit yang disajikan dengan kuah yogurt dan saos tomat dan cabe atau paprika

Semoga bermanfaat

Bir cevap yazın