Macunu, pasta/permen herbal Turki, permen sultan dengan 41 macam bahan rempah dan madu

522 Views

Manisa Mesir Macunu adalah pasta atau permen herbal yang berasal dari Manisa, Turki. Pasta yang dibungkus kecil-kecil seukuran permen ini adalah permen herbalnya Turki, yang terdiri dari banyak sekali rempah hingga 41 jenis. Wow banyak sekali ya.. Rempah-rempah yang berbeda ini berasal dari tanaman obat atau herbal dan madu.

Permen ini ga dominan di daerah asalnya saja, tapi sudah menyebar seantero Turki sejak berabad-abad yang lampau. Wow.. seru sekali ya

Saking terkenalnya, ada kegiatan membagikan permen macunu (dibaca majun) yang sudah menjadi tradisi di Turki setiap tahun pada musim semi

Ane sendiri baru tau ada permen sultan begitu fantastis begini sejak liburan ke Turki awal musim gugur kemarin. Kenapa ane bilang permen sultan dan fantastis? Tau kan sultan? Emak-emak now kalo bilang sultan itu artinya wah 🙂 Memang benar sih.. Karena permen ini sangat istimewa yang terdiri dari 41 macam bahan. Permen mana sejagat raya ini yang bisa menandinginya?

Permen ini diyakini warga Turki sebagai permen herbal yang ga sekedar dinikmati manisnya saja, tapi lebih dari itu kandungan di dalamnya sangat baik untuk kesehatan. Apalagi musim corona, warga menikmatinya sekaligus mendapat manfaatnya untuk memperkuat sustem imun agar ga mudah terserang penyakit

Ane dan suami juga turut mencicipi permen ini. Suami yang heboh banget mencicipi permen ini setiap hari. Lha kalo setiap hari bukan lagi mencicipi namanya ya haha..

Permen ini banyak dijual sepenjuru negeri. Untuk kota asalnya sendiri yaitu Manisa, permen macunu dikemas dalam kotak seukuran 195 g dengan nama Manisa Mesir Macunu. Ga perlu menunggu hingga musim semi ya saat permen ini dibagikan gratis, cukup beli di toko suvenir, supermarket dan toko lainnya 🙂 Kita juga beli, sekalian dibawa ke Austria sebagai oleh-oleh dan cemilan menyehatkan di kala senggang

Bagaimana sejarahnya permen ini begitu terkenal sehingga menjadi tradisi setiap tahunnya? Permen herbal seperti apakah macunu ini? Apa kandungan yang ada di dalamnya yang membuatnya begitu diminati penikmat permen? Apa sih rasanya?

Hmm .. menarik untuk disimak ya pemirsa😊 Yuk mari sama-sama kita eksplor si macunu

Sejarah

Penemuan permen dimulai pada paruh pertama abad ke-16 di kota Manisa

Hafisa, istri Sultan Utsmaniyah Yavuz Sultan Selim dan ibu Suleyman Agung, jatuh sakit selama tinggal  di kota Manisa, Turki barat. Sultan kemudian menugaskan dokter terkenal Merkez Efendi untuk menemukan sebuah obat untuk penyakit istrinya. Dokter mencampur pasta (macun Turki) yang terbuat dari jamu dan madu dan mengirimkannya ke istri Sultan, kemudian beliau sembuh. Akhirnya diputuskan bahwa setiap pasien harus menerima pasta tersebut. Untuk memastikan peredarannya,  ramuan madu kental dibungkus dengan kertas dan berbentuk permen ini dilempar dari kubah masjid agar orang bisa menangkapnya dalam kemasan kecil.

Sejak itulah menjadi tradisi untuk mendistribusikan  pasta mesir kepada penduduk di awal musim semi. Selama festival ini, berbagai kegiatan, seperti tarian dan parade berlangsung.

Untuk meperingati kesembuhan istri sultan, mesir macunu masih didistribusikan  ke masyarakat hingga saat ini

Di kotak kemasan macun tertera penjelasan sejarah ini dalam 3 bahasa, Turki itu sendiri, Inggris dan Jerman. Wow.. seru ya

Bahan macunu

Macunu hari ini terdiri dari bahan-bahan antara lain sebagai berikut

Jahe, zedoary, cream of tartar (cremor tartar), kismis, kebabiye, lengkuas, kelapa, adas manis, semua bumbu, hiyesambe, damar, zagfran, üdül kahr,  akar Cina (dari sarsaparila Cina), mustard, eksir, cengkeh, nila, ekstrak licorice, theriac, kuning myrobolan, adas, jinten, kunyit, kayu manis, lada hitam, minyak jintan hitam, darifülful, rhubarb, asam sitrat, kapulaga, samli, vanila, gula, buah anggur terkonsentrasi, hindistan cicegi, kulit lemon, galanda, tekemercini tohumu dan kulit jeruk

Tak lupa madu sebagai bahan wajib. Tujuannya selain untuk rasa manis juga untuk mengawetkan pasta/ permen

Pembuatan macunu

Bagaimana cara pembuatan pasta macun?

Terlebih dahulu siapkan bahan-bahannya ynag terdiri dari 41 macam rempah, biji-bijian, akar dan resin. Rempah-rempah ini ga hanya asli Mediterania dan Timur Tengah saja, tapi dari negara tropis yang sangat kita kenal pun ada seperti jahe. Kemudian campuran dari beragam rempah-rempah ini diaduk dengan madu sehingga terbentuk pasta berwarna gelap yang lengket.

Untuk praktisnya, adonan selanjutnya dibungkus kecil-kecil

Macunu juga sering dijajakan di pinggir jalan sebagai street food atau makanan jalanan. Nah kalo yang ini biasanya adonan diletakkan pada wadah lebar. Saat mau dimakan, biasanya tukang macunu yang disebut macuncu menyendok dengan menggunakan macuncu mablagi atau macunkes, yang berbentuk seperti obeng. Macun disendok kemudian dibungkus dengan sebatang tongkat kecil. Biar berasa asem-asem manis segar, bisa dioles dengan lemon 🙂

Rasa

Nah ini dia.. bagaimana rasa permen yang terbuat dari 41 macam bahan yang terdiri dari rempah-rempah, tanaman obat/ herbal hingga madu ini? Rasanya menurut ane cukup  enak dan eksotis, perpaduan antara manis dan pedas, tapi bukan pedas cabe ya 🙂 Aromanya wangi khas rempah

Cara makan

Makannya juga dengan teknik lho pemirsa.. jangan asal kunyah aja atau digigit-gigit layaknya permen kristal. Kenapa? Karena permen yang berwarna coklat ini bisa lengket dan perlu tenaga gigi dan kawan-kawan untuk melepaskannya 😊 Yang pernah makan permen macunu pasti tau deh sensasinya 😀

Jadi gimana dong. Hmm.. cukup dikulum aja ya. Jangan kuatir.. macunu ga lama kok berada di mulut kita karena akan meleleh oleh kegiatan dalam mulut kita

Kegunaan

Seperti telah ane singgung sebelumnya, macunu adalah pasta atau permen yang dibuat dari 41 bahan dari berbagai rempah, herbal juga madu, sejak jaman dahulu bahkan jaman kuno telah digunakan sebagai obat. Konon macunu memiliki efek terapeutik dan menenangkan jiwa.

Malah warga masa kini tak ragu menjadikannya permen kesehatan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh hingga mudah menangkal berbagai serangan radikal bebas penyebab penyakit. Apalagi musim corona begini

Nah demikianlah pemirsa edisi kali ini mengenai macunu, pasta atau permen sultan, permen Turki dengan 41 macam bahan rempah dan madu

Semoga bermanfaat

Sampai jumpa lagi

Bir cevap yazın