Lagenaria siceraria, labu hias/ labu air/ labu botol bercangkang keras untuk hiasan dan perkakas

882 Views

Emak mertua hobi banget bertanam. Segala ditanam di halaman rumahnya, dari tanaman sayuran, tanaman buah hingga tanaman hias berbunga. Ga pake aturan dan komando, pokoknya numplek jadi satu. Kadang-kadang disela-sela tanaman cabe yang berbuah cabe nongol mawar. Lah kok bisa? Setelah diselidiki eh ternyata di tengah-tengahnya tumbuh tanaman mawar yang sedang berbunga. Persis hobi emak ane di kampung halaman 😊

Bedanya emak ane kalo nanam sesuatu seperti sayuran memang benar-benar dikonsumsi. Kalo emak mertua asyik menikmati keindahannya hingga tanamannya beranak pinak dan berbuah beraneka warna tanpa disentuh apalagi dipetik.. Iiih gemes ane.. paling suka colek tanaman emak mertua. Maklum ya orang kampung 😀 Sampai-sampai emak mertua tahu kelakuan ane yang suka colek tanamannya sekalian berselfi ria.

Juga tahu ane doyan pedas dan akhirnya memberikan seluruh cabe beraneka bentuk dari bulat mini hingga segede remot kontrol dan rasa dari pedas mengggigit hingga pedas segigit pada ane haha..

Pada edisi yang lalu ane dah kasih tau tanaman emak mertua yaitu pare bule yang berwarna putih tergantung manis di pohonnya tanpa disayur, nah kali ini ada lagi yang unik. Dibikin sayuran ga bisa, dibikin minuman kayak blewah ga bisa juga.. aneh deh. Siapa dia? Dia adalah labu

Banyak banget di halaman rumah emak mertua tergantung labu pada atap bolong-bolong seperti jaring hingga seperti kamar pengantin 😊Ane yang naik pangkat menjadi emak-emak yang sebelumnya jomblo yang berasal dari area tropis ini tumbuh naluri chefnya.. pengen numis labu atau sayur bening labu, masakan khas Nusantara

Tapi emak mertua bilang ga bisa. Lho kenapa.. ane baca referensi mbah google bisa kok. Ini kan labu air. Hmm ga percaya nih mantu kalo ga dibuktikan

Ane ketuk-ketuk buahnya. Waduh mantul banget. Suaranya garing lagi. Bukan labu air kali ya.. Ane mulai luntur kepercayaan ma nih labu

Sebenarnya identitasnya apa sih ya?

Ane cari info lagi sebanyak-banyaknya. Ada yang bilang labu air, labu hias, labu kendi, labu botol, labu kundur hingga gourd pumpkin. Waduh banyak banget namanya ya. Tapi ga ada satu pun yang nyangkut dengan jati diri labu yang persis seperti perawakan labu yang panjang dengan leher jenjang dan perut buncit ini

Kalo labu air, seperti kebanyakan orang Indonesia biasanya dibikin sayur dan isi buahnya putih berair alias juicy ya.. Kalo labu hias.. labu yang bulat kuning seperti bule bikin untuk boneka Hallowen juga nyambung disebut labu hias juga, kalo labu kendi bisa juga.. tapi lehernya ga sepanjang dan sejenjang leher labu emak mertua, kalo labu botol ternyata ada lusinan jenis namun yang umum ada 3 jenis, kalo lubu kundur ga juga ya.. apalagi gourd pumpkin yang setelah ane cek ricek ternyata ini adalah istilah bule untuk labu kuning

Bagaimana menurut pemirsa? 😊Akhirnya ane mendapatkan jawabannya bahwa labu emak mertua ini adalah labu air atau labu hias yang diperkuat dengan jawaban emak mertua sendiri saat ane tanya. Kok bisa?

Untuk lebih jelasnya yuk pemirsa kita eksplor bersama-sama 😊

Kita mulai dari data diri terlebih dahulu ya..

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Cucurbitales
Keluarga : Cucurbitaceae
Genus : Lagenaria
Spesies : L. siceraria
Nama binomial : Lagenaria siceraria
Sinonim
Lagenaria leucantha
Cucurbita leucantha
C. siceraria
C. longa
C. lagenaria

Labu air atau labu sayur (Lagenaria siceraria) adalah sejenis labu yang buah mudanya dapat disayur dan buah tuanya dijadikan hiasan hingga perkakas seperti wadah air minum, centong air, tabung, asbak hingga kantung hias

Tumbuhan ini diketahui sebagai salah satu tanaman budidaya tertua, tetapi ditanam bukan untuk bahan pangan melainkan untuk dijadikan alat rumah tangga

Pemerian

Labu air merupakan tanaman herba semusim yang tumbuh menjalar, memiliki batang yang berbentuk persegi dengan alat pembelit. Daunnya tunggal bertangkai silindris, permukaan kasar dan berwarna hijau

Bunga berumah satu di ketiak daun, berwarna kuning kehijauan, memiliki 5 mahkota, 5 benang sari dan 3 putik.

Biji buah banyak, bentuk pipih, lonjong dan berwarna putih hingga coklat

Bentuk buahnya bervariasi, mulai dari membulat hingga lonjong memanjang berwarna hijau tua sedikit belang putih, hijau kekuningan hingga putih kehijauan pucat sampai abu samar-samar dengan kulit yang bertekstur keras

Karena bentuknya, peralatan laboratorium yang berbentuk menyerupai buah labu air juga dinamakan labu, seperti labu ukur dan labu erlenmeyer

Labu leher jenjang bercangkang keras

Nah labu yang baru pertama kali ane lihat seumur hidup ini adalah labu air yang tidak untuk dikonsumsi melainkan untuk dijadikan hiasan seperti aksesoris ruang tamu, perkakas rumah tangga termasuk asbak

Ini karena isi dalamnya yaitu daging buah yang berwarna putih seperti spon atau gumpalan kapas sangat minim dan dipenuhi bijinya yang keras berwarna coklat. Pun saat masih muda ga ada isi yang dapat diharapkan 😊

Jadi labu ini orisinil labu air hias yang berjenis Cucurbita lagenaria

Cangkangnya sekeras batu hingga pisaupun ga mempan dan mantul tanpa kesan. Emak mertua perlu gergaji besi untuk membuka buahnya dan menunjukkan isinya kepada menantunya yang penasaran ini 😀

Jadi ya pemirsa.. emak mertua menanam labu ini sebagai tanaman hias untuk keindahan aja. Adem kan lihat halaman rumah bertaburkan labu-labu yang bergantungan bak hiasan ruangan di jalan menuju pelaminan.. 😊

Lumayan juga labunya banyak banget saat dipanen. Kalo dah sebanyak ini emak mertua ngasih ke siapa aja yang mau. Biasanya memang untuk dibikin hiasan atau aksesoris

Nah sekarang yuk kita bahas lagi kenapa labu ini banyak banget aliasnya

Labu air

Seperti yang telah ane jelaskan di atas, labu air dapat dikonsumsi saat masih muda. Tapi pada kebanyakan masyarakat Indonesia, labu air identik dengan labu yang kulitnya ga terlalu keras sehingga dengan pisaupun bisa dikupas. Biasanya labu air ini disayur bening yang sangat baik untuk meningkatkan kebugaran karena kesegaran air sayur labunya

Ini juga benar ya.. karena labu air memiliki banyak variasi

Labu botol

Yang paling sering disebutkan adalah bahwa labu ini adalah labu botol. Bener juga karena bentuknya seperti botol. Meski bentuk botolpun banyak model 😊

Labu botol tersedia dalam lusinan jenis, tiap jenis memiliki bentuk, warna dan ukuran uniknya sendiri. Labu botol secara umum terdiri dari 3 jenis yaitu labu botol hiasan (cucurbita), labu botol perkakas (lagenaria) dan labu botol spons sayuran (luffa)

Nah yang benar ini adalah labu botol dari genus Lagenaria

Bagaimana dengan labu botol luffa gourd? Ini adalah labu yang bentuknya persis botol yang lurus panjang. Ternyata labu botol luffa gourd yang juga masuk dalam keluarga labu Cucurbitaceae dan bergenus luffa ini memiliki bebeapa spesies atau jenis. Yang familiar dan dikenal awam antara lain jenis L. acutangula atau yang biasa disebut gambas atau oyong

Gourd pumpkin

Ada yang mengatakan ini adalah gourd pumpkin..

Hmm.. ga salah juga sih tapi kurang tepat

Apa bedanya dengan labu yang disebut squash atau waluh atau labu kuning yang isinya berwarna kuning yang biasa dikonsumsi yang biasa juga disebut Gourd pumpkin?

Pada dasarnya mereka sama-sama keluarga labu yaitu Cucurbitaceae, hanya lain marga atau genus dan otomatis lain spesies atau jenis juga. Labu yang biasa dikonsumsi untuk dijadikan penganan ini adalah labu dari marga Cucurbita dan beragam jenis dan bentuk di antaranya dari Cucurbita pepo

Labu kundur atau beligo

Nah kalo labu kundur ini yang gimana lagi ya.. Ini juga bikin ane bingung awalnya. Ternyata labu kundur ini juga masih satu keluarga lho yaitu Cucurbitaceae.. tapi beda tribus, marga atau genus termasuk spesies atau jenis.

Labu kundur yang disebut dengan beligo ini berasal dari tribus Benincaseae, marga Benincasa dan spesies Beninicasa hispida, COGIN, 1881 dengan sinonim Cucurbita hispida.

Tapi kok bisa ya labu kundur ini diterjemahkan ke bahasa Inggris menjadi Gourd pumpkin? Hmm.. yang sebenarnya labu kundur ini wax gourd, karena saat matang kulitnya yang berbulu hilang dengan adanya lapisan lilin hingga bernama labu berlilin.

Labu kundur disebut juga dengan beligo dan sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia terutama di pulau Jawa. Beligo juga disebut sebagai winter melon

Bagaimana labu air disandingkan dengan labu kundur alias beligo ini?

Meskipun bedanya banyak banget dari tribus, marga apalagi jenis-dibanding labu kuning yang hanya genus dan jenis- antara labu air dan beligo dikatakan masih berkerabat dekat. Ini dikarenakan rasanya yang bermiripan, disamping bentuknya yang membulat dan lonjong dengan warna kulit hijau dan daging yang putih

Nah demikianlah pemirsa edisi kali ini mengenai labu hias, labu air atau labu botol bercangkang keras seperti batu untuk hiasan dan perkakas

Semoga bermanfaat

Sampai jumpa lagi

Bir cevap yazın