Keindahan pemandangan alam Südtirol/ Tirol Selatan, Italia

1.009 Views

Tirol adalah wilayah yang terletak di Pegunungan Alpen yang dimiliki oleh 2 negara, Austria dan Italia.

Wilayah Tirol ini terdiri dari Tirol Utara/ Nordtirol yang merupakan bagian utama dan menjadi negara bagian/ provinsi Tirol dengan ibukota Innsbruck dan Tirol Timur/ Osttirol dengan distrik satu-satunya yaitu Lienz. Kedua Tirol ini masuk ke dalam wilayah negara Austria. Sedangkan Tirol selatan/ Südtirol dan Trentino/ Welschtirol adalah wilayah Tirol di negara Italia

Setelah sebelumnya kita jalan-jalan ke Tirol Timur, selanjutnya kita menuju Italia. Sekalian aja ya.. dekat juga kok tinggal nyebrang.  Hanya sejam bermobil.. Sayang kan udah dekat ga melancong ke negara piza ini 😊

Awalnya ane kira suami bercanda bilang kita mau ke Italia. Ane pikir Italia itu jauh seperti yang selama ini suami bilang.. paling ga 8 jam bermobil dari rumah kita di provinsi Oberösterreich, Austria. Ane malah sempat ganti baju rumah setelah kita dalam perjalanan ke atas bukit di pegunungan Alpen. Ealah kok ganti baju.. kita mau ke Italia ini.. kata suami lagi

Ane jadi urung ganti baju. Ane itu ya kadang sulit bedain suami bercanda atau serius. Karena dua-duanya dsertai senyuman. Sedangkan ane itu kalo bawaan serius ga ada senyum-senyumnya sama sekali 😀

Ok.. akhirnya fix kita ke Italia. Ini adalah yang pertama selama hidup ane melancong ke Italia. Pernah sih Italia ada di daftar liburan kala itu.. tapi belum kesampaian suami membawa ane  ke Gardaland. Apalagi ada corona.. makin urung deh ke sana

Tapi kita kali ini ga ke Gardaland. Italia yang kita tuju masih di wilayah Tirol, yaitu Tirol Selatan atau Südtirol bahasa Jermannya

Austria di Tirol Utara dan Tirol Timur memang berdekatan dan berbatasan dengan Tirol Selatan di Italia. Nah karena kita berada di kota Lienz di Tirol Timur, maka kita dari kota Lienz ini menuju ke Tirol Selatan

Kita kenalan lagi yuk ma Tirol Selatan ini

Dah tau kan sebelumnya kalo Tirol Selatan ini berikut Trentino adalah bagian dari wilayah Tirol yang luas.. dari Tirol Utara hingga Tirol Timur dan kemudian mereka dipisah karena kekalahan Austria-Hungaria dari kerajaan Italia pada tahun 1919?

Nah.. dalam artian yang luas, Tirol Selatan digunakan untuk menggambarkan semua daerah Tirol di selatan Pegunungan Alpen utama, yang selanjutnya dibagi lagi menjadi Tirol Jerman Selatan dan Tirol Selatan Welsch/Welschtirol berdasarkan mayoritas linguistik/bahasa. Setelah aneksasi bagian selatan Tirol oleh Italia, terjadi perubahan makna pada tahun 1920-an, dimana Tirol Selatan menjadi sinonim untuk ‘Provinsi Bolzano‘ yang sebagan besar dihuni ‘negara-negara‘ berbahasa Jerman

Tirol Selatan seluruhnya berada di Pegunungan Alpen. Berada di paling utara Italia dengan total luas 7.400 km dan menjadi salah satu provinsi terbesar di Italia. Tirol Selatan dilintasi ke arah utara -selatan oleh rute transit penting Brenner, ynag menghubungkan Jerman dan Austria dengan Italia utara.

Kota besar terdekat adalah Munich, Jerman sekitar 180 km utara Bolzano yang merupakan ibukota dari Tirol Selatan dan Milan sekitar 200 km barat daya

Tirol Selatan terletak di perbatasan Italia-Austria dan Italia-Swiss

Di utara dan Timur, bertemu dengan negara bagian Tirol, Austria yaitu Tirol Utara dan Tirol Timur dan di sebagian kecil Salzburg. Di barat dengan kanton Swiss di Graubünden. Di Italia terletak di barat daya provinsi Lombardia Sondrio. Di selatan Trentino dan di tenggara ke Venerto milik provinsi dikelilingi Belluno

Bagaimana dengan iklim di wilayah ini? Seperti wilayah Tirol, wilayah Südtirol pun tak luput dengan iklim pegunungannya yang sejuk dingin-dingin manja seperti musim semi. Ga ada aura kepanasan kalo dimari mah. Itu kata ane 🙂 Tapi memang benar adanya. Saat musim panas, paling tinggi itu 28°C dan dingin ga lebih dari -10°C

Di Südtirol terdapat iklim kontinental dengan fluktuasi musiman yang mencolok, yang pada ketinggian yang lebih  rendah relatif ringan. Karena lokasinya dalam pegunungan Alpen, maka terlindung dari pegunungan, yang sampai batas tertentu terlindungi dari arus dingin utara dan massa udara lembab dari wilayah Mediterania

Harap diketahui, Italia kebanyakan beriklim Mediterania yang yang panas membara karena berada di dekat lautan wilayah Mediterania. Wilayah Tirol ini pengecualian  yang dingin dan bersalju karena berada di Pegunungan Alpen

Perjalanan kita dari kota Lienz di Osttirol ke Südtirol didominasi dengan perbukitan dan pegunungan di sisi kiri dan kanan jalan. Pegunungan yang menjulang tinggi menjadi ikon di wilayah Tirol

Puncak tertinggi di wilayah Tirol ada di Italia yaitu di Südtirol yang sedang kita datangi ini. Sedangkan yang berada di Austria ada di Osttirol atau Tirol Timur yang juga telah kita datangi. Perinciannya adalah sebagai berikut :

Puncak tertinggi di wilayah Tirol adalah Ortier yaitu 3.902 meter yang berada di Tirol Selatan, Gran Zebru atau Königspitze dengan tinggi 3.798 meter yang juga berada di Tirol Selatan, Grossglockner dengan tinggi  3.774 meter di Tirol Timur dan Wildspitze setinggi 3.744 meter di Tirol Utara

Perjalanan ke Tirol Selatan ini sangat menyenangkan meski singkat hanya sejam 😊 Sama seperti perjalanan sebelumnya saat menuju Tirol Utara, perjalanan ini pun diliputi dengan pemandangan alam yang indah. Sangat cocok untuk pecinta keindahan seperti ane ini

Nampak rumah-rumah penduduk dan bangunan yang berada di lembah hingga atas bukit terlihat kecil mungil dibandingkan dengan daratan yang tinggi menjulang, pepohonan tinggi besar dan kurus tinggi berwarna hijau dan berwarna-warni efek musim gugur, serta rerumputan di padang luas terbentang

Terkadang nampak rombongan hewan ternak dengan segala aktivitasnya dibiarkan bebas tanpa penjaga, mengunyah rumput atau hanya duduk santai sembari menikmati sinar matahari.

Hewan ternak merupakan salah satu andalan wilayah Tirol di Pegunungan Alpen, termasuk Tirol Selatan ini. Susu sapi dan olahannya seperti keju menjadi komoditi andalan produk Alpen yang mashyur di Benua Eropa

Hutan-hutan masih asri. Nampak jelas batasan antara rombongan pepohonan yang berupa hutan ynag dilindungi dengan area sekitarnya yang menjadi perkebunan aneka sayur dan palawija. Saat musim gugur hanya menyisakan batangnya saja. Atau perkebunan yang telah kosong dan dibajak tanahnya untuk persiapan penanaman selanjutnya

Wilayah Südtirol sebagian besar adalah pedesaan dan menjadi salah satu area yang terkaya di Italia bahkan Uni Eropa

Selain rumah penduduk dan berbagai bangunan dari atas bukit hingga lembah yang bisa disaksikan dari kendaraan yang dikemudikan suami, terdapat hotel dan restoran di tepi jalan yang mudah dijangkau, yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang kerap jalan-jalan dan liburan atau hanya melancong kemari. Area ini memang strategis karena berada dilintas negara Austria dan Italia

Jangan kuatir terkendala bahasa. Warga Südtirol menguasai setidaknya 4 bahasa, Jerman, Italia, Laden dan Inggris. Bahasa Jerman bukanlah bahasa yang asing bagi warga Südtirol ini. Harap maklum, nenek moyang mereka adalah Austria yang berbahasa Jerman. Sebelum milik Italia, Südtirol adalah milik Austria

Sempat ada pengItalisasi di wilayah Tirol ini pada jaman fasis yang rasis. Warga tidak boleh menggunakan bahasa Jerman dan atribut apapun yang berkenaan dengan Austria. Yang ga setuju silakan cabut dari wilayah Tirol ini. Duh.. Tapi itu dulu ya

Saat dalam perjalanan dan kita singgah di restoran untuk mengisi energi, kita memesan piza. Suami berkomunikasi dengan pegawai restoran dengan bahasa Jerman.

Apa rasanya piza Italia? Ternyata sama saja ya dengan piza yang ada di Austria.. ga ada spesialnya. Itu menurut ane.. ga tau kalo pemirsa 😊

Lanjut lagi perjalanan kita. Südtirol benar-benar indah pemirsa..

Jangan ditanya bagaimana rasanya melihat pemandangan alam ini.. Bahagia tak terkira menikmati parade keindahan 😊

Kita juga bertemu dengan tanda petunjuk di tepi jalan kalo kita memasuki Drei zinnen. Wah apa ini? Ane kira ini adalah 3 puncak gunung yang mashyur di Südtirol. Ternyata memang benar pemirsa. Drei Zinnen menjadi salah satu puncak yang tertinggi meski bukan yang tertinggi, yaitu 2.999 meter.

Drei Zinnen yang dalam bahasa Italianya Tre Cime di Lavaredo adalah pegunungan yang terkenal sebagai pusat pendakian Alpen. Pegunungan mencolok berada di Sesto Dolomites di perbatasan antara provinsi Italia Belluno di selatan dan Tirol selatan di utara

Eh selain itu, Drei Zinnen juga merupakan nama perusahaan susu yang telah lama berdiri sejak tahun 1882 lho. Wow.. dah lama banget ya.. Perusahaan ini memiliki 180 anggota dari daerah tersebut yang memelihara sekitar 2.500 sapi perah. Susu dikirim setiap hari rata-rata 30 ribu liter yang dikumpulkan dari peternakan pegunungan. Area penggembalaan hewan membentang di padang rumput dengan ketinggian 1.000 hingga 1.500 meter, dengan panorama yang menakjubkan dari Danau Braies hingga Drei Zinnen ini

Nah jangan heran kalo sepanjang jalan kadangkala bertemu dengan para hewan ternak ini 😊

Ga hanya sepanajng perjalanan hanya pedesaan aja yang kita lihat ya.. kita pun memasuki area perkotaan ditandai dengan banyaknya bangunan tinggi besar dan pemukiman penduduk.

Perkotaan di sini meski tak seramai kota metropolitan, lumayan indah.

Apalagi saat berada di perumahan di atas bukit, sejauh mata memandang nampak pemandangan indah dengan lagi-lagi pegunungan yang menjulang tinggi dan salju abadinya

Pepohonan berwarna-warni efek musim gugur, hutan dan rerumputan yang bertabur salju meski belum musim dingin. Wow.. indahnya

Alhamdulillah kesampaian juga ke Italia.. ke wilayah Tirolnya yang indah

Bir cevap yazın