Cara bikin teh orang Turki yang hobi ngeteh

717 Views

Orang Turki hobi banget ngeteh (minum teh). Sehari ga ngeteh teh berasa ga afdol. Seperti minum obat lho.. tiga kali sehari bahkan lebih.  Ini memang sudah warisan turun temurun dari jaman dulu termasuk jaman kesultanan Utsmaniyah. Bahkan hobi orang Turki ini telah menjadi hal yang populer di seluruh dunia. Belum orang Turki namanya kalo belum ngeteh. Samalah seperti orang Indonesia ya dan mungkin seantero jagat raya 😊 Tapi kali ini ane bahas khusus ngetehnya orang Turki di Turki

Hobi ngeteh ini juga didukung dengan banyaknya kebun teh asli Turki dan produk-produk teh made in Turki. Tinggal pilih mau yang mana, teh hitam, teh alam, teh dengan aroma jeruk bergamot dan banyak lagi. Untuk teh buah tangan pun tersedia, yang terkenal antara lain teh Rize, suatu daerah dengan pemandangan alam yang luar biasa indah 🙂

Harganya beragam. Tapi jangan kuatir, ga bikin kantong jebol kok

Ok lanjut lagi ya

Hobi ngeteh mereka ini ga hanya di rumah aja. Tapi dimana-mana, dari warung kecil, warung pinggir jalan, cafe hingga restoran. BIasanya mereka minum teh sambil berjumpa dengan sanak keluarga dan handai taulan atau antar teman. Sambil ngeteh bersantai dan ngobrol ngalor ngidul

Pemirsa yang telah mengunjungi negara köfte ini pasti tau ya kebiasaan warga Turki ini. Atau bahkan pemirsa sendiri yang mencicipi teh Turki yang khas 😊Termasuk ane saat santai sejenak bersama suami di cafe sekitar taman sehabis jalan-jalan menelusuri pusat kota

Karena ane ga hobi ngeteh tapi penasaran dengan tehnya (cay) orang Turki yang katanya terkenal hingga ke seluruh dunia, ane pun mencicipinya meski sedikit aja. Itupun sering ga habisnya daripada habis. Padahal hanya segelas mungil lho..

 

Teh orang Turki khas banget. Mereka bikinnya kental (baca: gelap). Ini memang teh yang sebenar-benarnya. Ga seperti versi ane kalo bikin yang coklat halus bening haha..

Tentunya kalo gelap begitu lumayan pahit ya kalo ga dikasih gula. Bagi yang biasa ngeteh mungkin menikmati aja dan ini pas mantapnya 🙂 Nah kalo minum teh Turki memang jarang dikasih gula secara langsung yang mana kita tinggal meminumnya ga perlu repot menyendok gula.

Tapi di Turki, hanya teh aja. Kiat cukup disediakan toples kaca bening berisi gula yang berbentuk kubus. Bukan gula pasir seperti kebanyakan di negara tropis Indonesia ya. Atau biasa juga diletakkan di pinggir alas gelasnya dan kita yang mencemplung dan mengaduk gula kubus itu ke minuman teh kita 🙂

Nah sekarang bagaimana cara membuat teh Turki yang nikmat?

Kalo di Indonesia, kita cukup menyeduh kantong teh ke air mendidih ya.. Tapi orang Turki ga cukup cara begitu yang praktis seperti kita. Mereka bahkan memiliki teko bukan sembarang teko tapi teko tersendiri yang bertingkat dua untuk membuat teh. Wah.. bagaimana ceritanya nih? 🙂

Ternyata, cara bikin teh orang Turki termasuk praktis juga.. hanya jika baru pertama kali melihatnya memang terasa ribet 🙂

Jadi bagaimana dong caranya membuat teh Turki yang dengan cara ini didapatkan teh yang luar biasa nikmat khas Turki? 🙂 Ini dia

Pertama-tama pada teko pertama isi dengan air. Pada teko kedua yang terletak di atas teko pertama dikasih sekantong teh

Nyalakan kompor dan naikkan teko bertingkat tersebut. Biarkan hingga airnya mendidih

Saat benar-benar telah terasa mendidih, angkat kemudian kucurkan ke teko kedua yang berisi kantong teh

Biarkan hingga teh terseduh sempurna

Kemudian sajikan dengan gelas mungil khas Turki.

Letakkan 2-3 gula kubus di sisi alas gelas/ tatakan. jangan lupa ini ya.. kecuali kalo peminum teh pengen diet 🙂

Nah mudah bukan? Mau mengikuti cara negara Eurasia ini? Jnagan lupa siapkan teko spesialnya ya..

Nah demikianlah pemirsa edisi kali ini mengenai hobi ngeteh orang Turki dan cara bikin tehnya.

Semoga bermanfaat

Bir cevap yazın