Aneka kacang favorit khas Turki, dari kenari, almond, hazel hingga pistachio

775 Views

Turki adalah negara yang kaya akan produk alamnya, dari sayur-sayuran hingga buah-buahan. Jarang negara ini impor bahan makanan begini, yang ada malah ekspor keluar negeri. Ga heran kalo kemari para turis senengnya bukan main karena dimanjakan produk alam yang berlimpah lagi murah meriah ini ­čśŐ

Turki surga buah dan sayur. Kita bisa dapatkan dimari harga sekillo anggur ga nyampe 10 ribu kalo dirupiahin atau kentang sekilo bahkan hanya 5 ribu ­čÖé

Dari produk alam ini, di antaranya adalah aneka kacang, dari kacang pistachio, hazelnut hingga almond. Perpaduan kacang Asia dan Eropa numplek jadi satu dimari.

Sama seperti Eropa dong.. Eropa kan banyak juga kacang ya, seperti negara tempat ane menetap Austria. Di negara 4 musim ini beragam kacang hadir yang kalo di Indonesia harganya mahal dan jarang djumpa, di sini mudah ditemui seperti hazelnut. Aaah iya bener juga..

Tetapi meski Austria punya segala kacang, ga semuanya produk asli dari negeri sendiri. Contohnya kacang pistachio yang diklaim penggemar kacang sebagai kacang paling lezat. Kacang kejepit dengan cangkang sedikit terbuka ini diketahui bukanlah produk asli negara Austria.┬á Nah beda ma Turki yang asli produk sendiri, bahkan kebunnya berhektar-hektar ­čśŐBelum lagi kebun kacang lainnya. Apalagi saat musim panen.. wah seru nian ­čÖé

Dengan keberlimpahan kacang-kacangan ini, ga heran menjadikan produk ini cemilan khas Turki teman minum teh. Produk ini juga bisa dijadikan oleh-oleh para turis untuk sanak saudara dan handai taulan yang cerewet ga suka cemilan Turki yang serba manis menggigit seperti baklava dan lokum ­čśŐ

Lumayan kan. Ga perlu menunggu makan kacang pistacihio yang berlimpah hanya saat musim lebaran seperti di kampung halaman dan terutamaIndonesia. Di Turki kita bisa menikmati aneka kacang ini sepanajng tahun. Begitu juga kacang almond dan hazelnut (nut : kacang) yang super mahal bisa kita temui setiap saat di setiap kudapan yang berlimpah, dari es krim hingga lokum

Tapi untuk menikmatinya harus dengan syarat nih.. pemirsa tidak memiliki riwayat alergi dengan kacang.

Dimana kita bisa menjumpai kacang-kacang ini? Tentu saja di pasar ya ­čÖé Tapi kalo ga mau jauh-jauh di pasar, di Turki bisa kita jumpai kacang-kacang ini dimana saja, dari yang dijajakan dan dijual di pinggir jalan, di pinggir toko hingga supermarket dan toko suvenir

Kacang-kacang ini ada diletakkan pada tempat khusus dengan ruang kaca atau hanya di kotak terbuka dan aneka kacang terpampang jelas tanpa penutup. Untuk yang model begini, pastikan kacang-kacangnya dalam keadaan terlindungi dan lingkungan sekitarnya juga ga banyak polusi atau udara beterbangan ya.. Maklum kacang kan rentan dengan alfatoksin ­čÖé

Atau untuk amannya, beli kacang yang sudak dalam bentuk kemasan atau dibungkus plastik bening ­čÖé

Btw kacang apa aja sih yang jadi trade mark di Turki yang disukai ga hanya kalangan pencinta kacang di tanah air juga manca negara? Yuk pemirsa mari kita eksplor bersama-sama

Kacang almond

Kacang ini disapa badem dalam bahasa Turkinya, ga beda jauh dengan bahasa Indonesia badam ­čÖé Tapi orang kita lebih mengenalnya dengan nama kacang almond ya, mengikuti bahasa bule yang emang dah mendunia. Kalo orang Jerman dan Austria menyapanya mandeln

Kacang ini berasal dari pohon Prunus dulcis yang masih saudara persik dalam keluarga Rosaceae, genus Prunus dan subgenus Amygdalus. Bedanya kalo lapisan persik manis dan kenyal yang berupa daging buahnya, kalo almond dilapisi kulit dan isi biji ­čÖé

Kacang almond kaya akan nutrisi. Makanya kacang ini sangat enak dan lezat serta baik untuk kesehatan

Kacang almond menjadi cemilan favorit warga Turki. Dibikin apa aja enak, dari dipanggang aja hingga dijadikan hiasan pada cake, kue dan cemilan seperti lokum

Kacang pistachio

Kacang berwarna hijau ini disapa antep fistik dalam bahasa Turki, kalo bule menyapanya Pistachio atau Pistazien kalo di Austria. Kalo emak-emak tropis dan terutama orang Indoenseia suka menyapanya kacang Arab, tapi bukan mengacu pada kacang Arab yang sebenar-benarnya yaitu kacang yang berwarna putih krem kecil mungil ya. Mungkin karena sering dijadikan oleh-oleh sepulang haji/ umrah, maka kacang pistachio ditasbihkan sebagai kacang Arab ­čÖé

Ok lanjut lagi kita

Kacang psitachio berasal dari keluarga Anardiaceae dari genus Pistacia dan jenis Pistacia vera. Setelah ditelusuri ternyata masih sodaraan ma kacang mete yang banyak tumbuh di Indonesia ­čÖé Tapi kenapa ga ada tumbuh pohon pistachio ya?

Kacang ini menjadi favorit di Turki, bahkan seluruh dunia. Ini karena kacangnya super enak dan lezat. Tapi sayangnya habitat kacang dengan selaput coklat yang nempel padanya diujung ini ga mendunia. Habitat aslinya adalah di Timur Tengah di daerah kering, terutama negara Iran, Turmeknistan dan Azerbaijan barat

Alhamdulillah di Turki juga bisa tumbuh ya.. Dengan adanya produk lokal ini maka kacang pistachio mudah dijumpai di negeri k├Âfte ini dan tentunya harganya ga semelambung harga di luar negeri ­čÖé

Ga hanya super enak dan lezat, kacang ini juga bermanfaat untuk kesehatan.

Kacang hazel

Kacang hazel atau hazelnut atau findik bahasa Turkinya adalah salah satu kacang yang mendominasi di Turki. Ga hanya kacangnya, pohonnya pun ada dimana-mana. Ga terhitung yang memiliki kebun kacang hazel ini. Ga heran kalo Turki menjadi produsen terbesar kacang hazel seluruh dunia. Wow.. mantap ya

Hazelnut berasal dari pohon genus Corylus dan spesies Corylus avellana

Kacang hazel banyak dimanfaatkan dalam bidang kuliner karena kelezatannya, dari dipanggang, dibikin selai, susu hingga hiasan berbagai cemilan seperti cake, coklat, lokum hingga es krim. Kacang hazel juga merupakan salah satu kacang yang bisa dimakan secara langsung/ mentah tanpa pengolahan apapun

Untuk tubuh, kacang hazel banyak sekali manfaatnya. Baik untuk kesehatan jantung, otak, menurunkan kadar gula darah hingga mencegah kanker

Chickpeas

Kacang ini dikenal dengan nama kacang Arab, di luar negeri namanya Chickpeas sedangkan di Turki disapa nohut atau leblebi

Kacang Arab berasal dari pohon keluarga Fabaceae, genus Cicer dan spesies Cicer arietinum. Ditilik namanya, kacang ini memang banyak tumbuh dan dibudidayakan di negara-negara Arab di Timur Tengah dari sejak 7.500 tahun yang lalu. Wow..

Kacangnya berbentuk kecil mungil dan berwarna kekuningan krem coklat hingga putih. Kalo di Indonesia, kacang ini khas oleh-oleh umrah/ haji, setali ma kacang pistachio

Rasanya lumayan enak dan empuk hingga banyak dijadikan cemilan yang mengasyikkan, dari digoreng saja, dipanggang, dibalur gula bahkan tepung. Kacang ini juga sering ditambahkan dalam salad sayur selain jagung manis pipil dan kacang polong hijau

Kacang Arab merupakan salah satu cemilan yang paling banyak variasinya di Turki dan favorit teman minum teh

Kacang kenari

Orang Indonesia bilangnya kacang kenari, kalo di Turki kacang ini disapa ceviz

Kacang ini juga mendominasi di Turki. Kacang ini mudah dikenali dengan cangkangnya yang besar melebih ukuran kacang-kacang favorit lainnya. Bentuknya juga unik, ga seperti kacang lain umumnya yang bulat dan pipih. Kacang kenari saat dibuka menampakkan wujudnya yang bergelombang

Tidak seperti kebanyakan kacang lainnya juga yang kadangkala dijual dalam porsi banyak dan terbuka diletakkan di kotak besar, kacang kenari biasanya tetap dalam cangkangnya. Ini karena kacang kenari tidak tahan lama dan mudah melempam (hilang krenyesnya)

Tapi jnagan kuatir bagi pemirsa yang ga bisa membuka cangkangnya apalagi yang baru pertama kali melihatnya pasti bingung gimana cara membukanya ya ­čÖé di Turki tersedia kacang kenari yang sudah dibuka cangkangnya dan dikemas menarik dengan beragam variasi, dibalur gula hingga tepung. Dan rasanya tentu saja mengguggah selera dan dijamin tetap krenyes

Kacang kenari berasal dari pohon keluarga Juglandaceae dan genus Juglans dengan banyak kultivar. Dari banyak kultivar ini, beberapa menghasilkan kacang kenari secara komersial.

Pohon ini lumayan keberadaannya di Turki. Saat musimnya, kacang kenari berlimpah dengan harga yang ga gemerlap alias bersahabat ­čÖé

Kacang kenari sangat enak karena kandungan nutrisinya yang tinggi, di samping baik untuk kesehatan. Ada anggapan kacang kenari baik untuk fungsi otak, dilihat dari bentuknya ynag mirip dengan organ manusia yang sangat vital ini. Tapi ternyata kacang kenari memang baik untuk kesehatan otak lho. MasyaAllah Alhamdulillah

Nah demikianlah pemirsa beberapa kacang yang populer di Turki dan sangat berlimpah, menjadi salah satu cemilan yang paling favorit dan teman minum teh. Di samping kacang tersebut, terdapat kuaci, kacang tanah, kacang mete hingga biji labu yang bisa menjadi pilihan

Rocommanded banget nih buat pemirsa ­čÖé

Bir cevap yaz─▒n