Yeni Foca, resor kecil di Turki dengan pantai indahnya yang kalem hingga ekstrim

234 Views

Turki adalah negara yang indah, dengan area pegunungannya yang tinggi menjulang hingga lautannya dengan pantainya yang beragam

Banyak wisatawan yang kerkunjung ke negara bekas Kesultanan Utsmaniyah /Ottoman yang berjaya di masa lampau ini. Daerah laut yang terkenal dikunjungi antara lain Izmir dan Antalya

Yenifoca adalah salah satu area di tepi laut

Yenifoca yang berarti Foca baru (Yeni dari bahasa Turki yang berarti baru) adalah pinggiran Foca, di provinsi Izmir, Turki. Yenifoca berada di wilayah Aegea dengan populasi lebih dari 3 ribu jiwa

Kota Yenifoca terletak sekitar 80 km utara di barat laut pusat kota Izmir dan berjarak 20 km dari Foca. Yenifoca dan pusat distrik memiliki akar yang sama, dimana Foca sendiri sering disebut sebagai Eskifoca yang berarti Foca lama (Eski dari bahasa Turki yang berarti lama)

Yenifoca adalah resor kecil yang terletak di sekitar pelabuhan dengan sejumlah besar rumah tua bergaya Ottoman atau Yunani yang memenuhi jalan-jalan belakangnya. Dalam beberapa tahun kota kecil ini menjadi sangat populer di kalangan mereka yang mencari rumah kedua, terutama dari pusat provinsi Izmir dan bisnis agen perumahan berkembang pesat

Banyak turis juga kemari, baik lokal maupun mancanegara

Ga heran ya.. karena pemandangan alamnya sangat indah. Pantainya landai, lautnya biru jernih dan ombaknya tenang sayup-sayup riak manjah. Banyak kapal berlabuh. Dari kapal nelayan hingga kapal barang. Dari kejauhan nampak bukit yang menjulang tinggi dengan bendera bulan sabit merah berkibar gagah.

Seperti layaknya suasana pantai, banyak yang berenang atau sekedar bermain-main dengan riak ombak di pinggir pantai. Ada yang hanya duduk manis sambil makan cemilan.

Kita kemari pertama kali 3 tahun yang lalu. Jauh-jauh kemari dari Austria untuk berburu seafood 😊Ikan-ikannya masih segar yang langsung didapat dari nelayan yang baru turun dari laut, mengingatkan ane akan kampung halaman. Jarang-jarang lho wilayah Turki begini. Meski Turki memiliki wilayah laut, penduduk jarang makan ikan, tetap setia and the number one is stil kebab dan kawan-kawan 😊

Nah kali ini kita kemari lagi. Niatnya sih pengan berenang. Tapi alamak ramai amat orang ya.. Padahal dulunya ga seramai ini. Orang-orang bagai menemukan oase di padang pasir, belingsatan pada berenang. Mungkin karena musim panas ya..

Sempat berunding akhirnya suami memutuskan ga jadi berenang dimari. Ga menikmati banget deh kalo berenang di kerumunan orang.. mana pesisir pantainya ga panjang lagi. Bisa desak-desakan dong berenang

Akhirnya kita hanya duduk di halaman cafe yang menyediakan minuman ringan sambil menikmati pemandangan alamnya yang indah. Hmm.. kalo untuk selfi recommanded banget.. tapi kalo berenang sepertinya ga deh 😊

Apakah hanya ini area pantainya yang indah di Yenifoca? Ternyata tidak ya pemirsa. Selepas dari area ini, kita menyusuri area lain. Sepanjang jalan yang kita temui pantai adanya. Tapi pantainya jauh dari tepi jalan, yang mana sisinya adalah area tinggi kemudian menurun. Seperti jurang tapi masih bisa dilalui. Wah.. pemandangan ini ga kalah indahnya

Alih-alih mau cari tempat berenang, ane minta suami menghentikan laju mobil dan beristirat sejenak menikmati pemandangan dari atas ketinggian. Ane lihat ada sedikit tanah sedikit lapang untuk parkir, padahal di jalan raya lho. Mungkin ini sengaja disisakan pemerintah dan pembuat jalan untuk mereka yang berjiwa selfi ya😊

Suami sigap menghentikan laju kendaraan. Untung suami sabar dan tau maunya istri yang ga nahan kalo lihat yang indah-indah, pasti langsung diabadikan 😊

Bener kan.. Ga menyia-nyiakan waktu ane langsung jepret-jepret. Wow.. indah banget pemandangan. Apalagi matahari waktu asar ya.. membentuk siluet yang keren banget. Ga nyesal deh berhenti di perjalanan

Kembali ke niat semula. Mencari tempat berenang. Akhirnya ketemu juga pantai tempat berenang yang indah. Kali in kita ga sembarangan masuk karena dijaga petugas. Ga gratis lho. Tempatnya memang dirancang banget untuk berenang dan aktivitas di pantai

Eh dimari ramai juga meski ga gratis 😊 Banyak yang membawa keluarga, sambil membawa makanan bahkan alat memasak untuk kegiatan gril (memanggang)

Tapi nampaknya kurang banyak yang berenang. Selidik-selidik ternyata ombaknya lumayan kencang. Suami ragu tapi penasaran pengen tau seperti apa rasanya pantai ini. Mulailah berenang di laut yang biru jernih ini dengan ombak yang berdebur kencang. Ane hanya jadi penonton. Maklum ga lihai berenang ya.. hanya berenang gaya batu aja 😊

Ga lama suami berenang karena langsung laporan ke ane airnya dingin banget dan banyak bebatuan tajam. Lautnya juga dalam, jadi ga bisa terlalu jauh. Wah.. padahal ini dirancang untuk kegiatan berenang ya

Meski begitu, pemandangannya cukup indah. Dengan bebatuan yang tinggi menjulang di sisi kiri dengan angin yang kencang mengurungnya menciptakan suara ombak yang membahana. Di sisi kanan agak jauh dari area nampak bebukitan yang sedikit gundul. Ini adalah wilayah pantai yang lumayan ekstrim namun indah banget

Sepertinya kita mencari lokasi berenang di alam lagi nih. Di Foca lama deh sepertinya 😊

Bir cevap yazın