Danau Salda/Salda gölu, danau biru dengan pantai berpasir putih dan mineral hidromagnesit di Burdur, Turki

218 Views

Negara Turki memiliki banyak pilihan tempat wisata dengan lanskap yang memanjakan pengunjungnya. Mau ke tempat wisata wilayah perairan hingga dataran tinggi menjulang, dari tempat yang memiliki 4 musim atau yang hanya 2 musim saja seperti di tanah air tercinta Indonesia, semua ada

Wilayah perairan Turki memiliki laut dengan pantainya yang cantik kalem hingga ekstrim atau danau yang seluas mata memandang biru jernih bak porselen. Wilayah dataran Turki memiliki pegunungan yang tinggi menjulang hingga lembah ngarai

Setelah mencoba keindahan panorama lautnya, kali ini kita mencoba wilayah perairan di daratannya yang serupa lautan yaitu danau. Ternyata Turki ga hanya terkenal dengan lautnya lho.. tapi juga danau

Danau yang coba kita datangi adalah danau Salda atau Salda gölu. Denger-denger sih danaunya unik dan tentu saja bikin penasaran ane, seunik apa sih?

Mendatangi area ini lumayan bikin melek mata karena sepanjang jalan lagi-lagi kita disuguhi pemandangan indah. Banyak dataran yang tinggi menjulang dan jalan yang berkelok-kelok mengikuti irama geografisnya

Akhirnya kelihatan juga tanda-tanda mencapai danau ini dengan garis biru yang nampak. Ane kira kita ke laut saking luasnya area yang didatangi.

Ternyata tanda-tanda itu belum berarti kita langsung mencapai tujuan lho. Kita berada di sisi jalan raya kemudian memasuki jalan satu arah seperti area tanpa penghuni. Sisi kiri kanan putih dan gersang. Hanya berteman tanaman semak yang mengering yang beberapa pohon pinus

Semakin ke dalam akhirnya sampailah kita ke wilayah danau disambut dengan berbagai lapak penjual suvenir. Sebelumnya ada perbatasan yang dijaga petugas. Masuk ke wilayah ini dikenakan tarif yang murah meriah, hanya 10 tl ajah permobil 😊

Suvenirnya cantik-cantik lho. Ada berbagai produk dari bahan lavender, dari minyak wangi, sabun, sampo, krim hingga bunga kering menciptakan aroma yang harum segar khas dan melegakan pernafasan

Ada bendera Turki yang berkibar gagah di bukit yang tinggi menjulang, selanjutnya kita jalan menapaki area danau yang landai dan luas banget. Tanahnya berwarna putih kemudian baru kerikil halus hitam. Sepertinya bukan sembarang tanah karena putih liat seperti kaolin. Ane penasaran dan mengamblnya segenggam yang sudah berupa bongkahan buat bekal eksperimen 😊

Akhirnya kita sampai di bibir pantai. Wow.. bener-bener indah pemirsa. Danaunya sungguh luas sejauh mata memandang.. seperti di laut lepas

Di sisi kirinya terdapat dataran tinggi yang dipenuhi pepohonan sedangkan di sebelah kanannya terbentang area danau dengan tanahnya yang putih

 

Untuk sampai ke danaunya kita harus berjalan beberapa puluh meter lagi. Nampaknya air danau surut yang membuat permukaan danau ini kelihatan.. tapi entahlah.

Ternyata di danau yang bikin NASA Badan Antariksa Amerika Serikat tertarik dan menyatakan mirip dengan kawahnya Mars ini lumayan banyak pengunjung lho.. Ga disangka yang ane kira danau ini sepi dipenuhi pengunjung bahkan dari luar negeri seperti Eropa dan Rusia. Ane tau saat mereka bercakap-cakap, bahkan sempat bercakap dengan suami juga 😊

Banyak yang ikut menyusuri pantai danau hingga mencapai wilyah perairannya. Beberapa kejeblos hingga selutut karena ada tanahnya yang ringan seperti lumpur. Bisa bikin kaget mendadak. Makanya harus hati-hati berjalan. Ga perlu buru-buru, seperti jalannya keong juga ga apa-apa yang penting selamat. Ga mau dong terjerembab apalagi ga bisa melangkah karena terperangkap di tanah danau. Bisa bahaya kalo tenggelam

 

Ini mungkin ulah manusia yang tidak peduli lingkungan mengambil tanah danau hingga tercipta lubang yang tak terlihat. Sebenarnya sayang banget karena bisa membuat efek jera orang kemari. Lagian lingkungan bisa rusak

Sebenarnya ada apa sih dengan tanah ini? Beberapa pengunjung malah ga ragu mengoleskan tanah yang berlumpur ke wajah dan sekujur tubuh, persis orang luluran dan maskeran. Malah ada yang masih muda belia cantik langsing bak model papan atas lho. Bule dari Jerman. Ane mau memfotonya tapi kok vulgar ya 😀

Sementara suami ane terus saja melangkah ke danau dan akhirnya merasakan airnya yang dingin bening. Beberapa pengunjung ada yang berenang, ada juga yang hanya berfoto ria. Sampai di danau suami melambai mengajak ane untuk segera menyusulnya. Sayang banget ane ga bawa atribut pantai. Pake baju kurung penuh bisa kelelap nanti.. bikin repot sejagat 😊

Danau yang bule bilang danau garam atau Salt lake ini ternyata indah juga ya.. Minat pengunjung kemari lumayan tinggi, salah satu di antaranya karena tanahnya yang menyimpan sesuatu.

Pemirsa mau tau apa itu? Yuk mari kita eksplor bersama-sama mengenai danau yang dijuluki wisatawan sebagai Maldivesnya Turki termasuk tanahnya yang menyimpan sesuatu itu 😊

Letak Danau

Danau Salda adalah danau yang berada di Turki barat daya dalam batas-batas distrik Yesilova di timur danau, Salda di barat daya, Döganbaba di barat laut dan desa Kayadibi di timur laut.

Diketahui ga hanya danau yang memiliki nama Salda, akan tetapi kota di dekatnya.

Danau Salda masuk dalam wilayah provinsi Burdur, yang terletak pada jarak sekitar 50 km ke barat dari kursi provinsi Burdur

Provinsi Burdur sendiri beribukota yang bernama sama yaitu Burdur memiliki jumlah penduduk lebih dari 200 ribu jiwa

Provinsi ini meski tidak sepopuler provinsi lainnya namun seperti provinsi lainnya di Turki juga sarat dengan tujuan wisata yang indah, di antaranya danau Salda atau Salda gölu

Danau Salda termasuk dalam wilayah danau Turki yang membentang di bagian dalam barat hingga selatan Anatolia, terutama provinsi Isparta dan Provisi Afyonkarahisar, meskipun danau salda secara geografis terpisah dari danau yang lebih besar, yang lebih ke barat dan menjadi danau kawah secara morfologis berbeda dari danau tektonik ini

Deskripsi

Danau Salda atau Salt Lake (Danau garam) berada 4 km dari pusat kota, dengan banyak bukit hutan yang tertutup, medan berbatu dan dataran aluvial kecil yang dikelilingi oleh payau karst. Ini memiliki struktur cekungan tertutup tanpa aliran keluar di dalam wilayah danau. Area danau mencakup 4.370 hektar dan luas 44 km² serta memiliki kedalaman maksimal 196 m. Wow.. dalam sekali ya.. Ini menjadikannya kalo bukan yang terdalam, paling tidak sebagai salah satu danau yang lebih dalam di Turki.

Catatan sedimen danau menunjukkan perubahan iklim resolusi tinggi yang terkait dengan variabilitas matahari selama milenium terakhir. Makanya danau ini memiliki keunikan tersendiri

Danau yang luas bak laut ini merupakan tempat tamasya yang populer bagi orang-orang di seluruh wilayah atau bahkan dari luar. Ini selain danaunya yang memang cantik dan mencakup area yang luas, juga karena mineral hidromagnesit yang ditemukan di perairan pantainya

Mineral hidromagnesit yang terbentuk di danau adalah salah satu contoh mineralisasi biologis yang paling indah dan muktahir

Mineral hidromagnesit ini diyakini dapat menyembuhkan penyakit dermatologis tertentu. Menurut para ahli, komposisi air danau ynag terdiri dari magnesium, soda dan tanah liat menyebabkan hasil yang baik pengobatan berbagai penyakit kulit seperti jerawat. Selain itu baik juga untuk kesehatan kulit

Nah itu dia.. makanya sampai bela-belain dipakai luluran dan maskeran 😊

Garis pantai dikelilingi oleh pinus hitam. Nampak cantik membentuk garis pantai yang jelas. Danau Salda juga populer di kalangan pemburu. Banyak hewan buruan yang jadi pilihan dari unggas tersedia temasuk burung puyuh, kelinci, rubah hingga bebek liar, di samping ikan danau tentunya

Pantai berpasir putih, air yang jernih berwarna biru kehijauan diterpa sinar matahari dan 7 pulau putih kristal di dalam danau yang terlihat saat danau itu surut melengkapi pemandangan danau yang indah ini. Wow.. mantap untuk berselfi ria kan 😊

Di danau ini kita melakukan beberapa rekreasi yang menyenangkan. Jadi ga hanya datang, menikmati keindahannya dan berselfi ria hingga berenang aja. Diketahui pusat administrasi lokal Yesilova yang terletak di sebelah timur danau pada jarak sekitar 4 km dan kotamadya Yesilova juga mengelola fasilitas berkemah di danau tersebut. Jadi kita bisa berkemah di danau ini 😊

Morfologinya yang jelas telah menghasilkan sejumlah studi akademis yang dilakukan di danau Salda. Sifat basa yang tidak biasa dari danau berarti itu adalah salah satu dari sedikit lokasi dimana ganggang stomatolit kuno masih tumbuh. MasyaAllah..

Dengan keunikan dan kecantikannya dan menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan, otoritas lingkungan ingin melindungi Danau Salda dengan proyek taman nasional yang besar. Taman Nasional Dana Salda sedang dalam konstruksi dan harus selesai pada tahun 2023

Danau Salda ditetapkan sebagai Kawasan Perlindungan Lingkungan Khusus dengan Keputusan Presiden Nomor 824 tanggal 14.03.2019 dan diumumkan dalam Berita Resmi Nomor 30715, tanggal 15.03.2019

Bir cevap yazın