Iris, genus tanaman berbunga dengan bunga mencolok dan unik cantik di musim semi hingga musim panas

1.225 Views

Musim semi terkenal akan ciri khasnya musim bunga mekar dimana-mana, tak terkecuali dengan bunga cantik yang satu ini, Iris. Kita bisa menjumpainya dimana saja karena pesonanya yang luar biasa, dari taman pribadi hingga ruang publik

Mungkin agak jarang terdengar di tanah air Indonesia tercinta ya.. tapi di Austria Iris lumayan punya nama 😊 Maklum salah satu habitat asli Iris adalah di Eropa, termasuklah Austria

Iris mudah dikenali fisiknya terutama dari bunganya yang mencolok dan unik. Berbentuk seperti janggut atau lidah yang terjulur, dengan ragam warna pelangi menambah kecantikan Iris

Apakah Iris tebar pesona hanya di musim semi saja? Apakah hanya ada di Eropa? Apakah Iris adalah tanaman hias yang dipelihara di halaman dan kebun atau bisa dijumpai di alam liar juga? Apakah Iris dipelihara hanya dinikmati kecantikannya saja? Btw namanya unik ya.. Iris. Apakah ada sejarahnya?

Wow.. banyak sekali yang ingin diketahui ya.. Ini hanya sebagian pertanyaan dari sekian banyak yang ingin segera dijawab 😊

Jadi pengen tau banyak tentang bunga ini, yuk pemirsa kita eksplor bersama-sama

Pertama-tama kita cek biodatanya melalui klasifikasi ilmiahnya ya

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan : Plantae
Memesan : Asparagales
Keluarga : Iridaceae
Subfamili : Iridoideae
Suku : Irideae
Genus :
Iris
L, 1753

Iris adalah genus tanaman berbunga dengan bunga mencolok dan unik. Genus Iris ini memiliki banyak sekali spesies.

Diketahui Iris menjadi salah satu genus dari 260 hingga 300 spesies tumbuhan berbunga. Wow banyak sekali spesiesnya ya 😊

Nama Iris diambil dari kata bahasa Yunani untuk pelangi, yang juga merupakan nama dari dewi pelangi Yunani, Iris. Kenapa terkait dengan pelangi ya?

Beberapa penulis menyatakan bahwa nama itu merujuk pada ragam warna bunga yang ditemukan di antara banyak spesies.

Ya, seperti pelangi yang memiliki banyak warna. Warna bunga Iris memiliki banyak ragam, dari kalem hingga garang, dari ceria hingga sendu. Dari satu warna hingga perpaduan beberapa warna

Selain sebagai nama ilmiah, bunga iris juga banyak digunakan sebagai nama umum untuk semua spesies Iris, begitu juga untuk nama beberapa milik genera lain yang terkait erat.

Nama umum untuk beberapa spesies adalah ‘flags‘ atau ‘bendera’, sedangkan tanaman dari subgenus Scorpiris secara luas dikenal sebagai ‘junos’, terutama dalam hortikultura. Ini adalah bunga taman yang populer.

Beberapa genera masuk ke dalam Iris. Genera Belamcanda monotipik yang sering dipisahkan (blackberry lily, I. domestica), Hermodactylus (snake’s head iris, I. tuberosa), dan Pardanthopsis (iris vesper, I. dichotoma) saat ini termasuk dalam Iris.

Tiga varietas Iris digunakan dalam data bunga Iris yang diuraikan oleh Ronald Fisher dalam makalahnya tahun 1936. Penggunaan berbagai pengukuran dalam masalah taksonomi sebagai contoh analisis diskriminan linier.

Yuk kita simak bersama-sama luar dalam mengenai iris 😊

Deskripsi Iris

Iris adalah tanaman tahunan, tumbuh dari rimpang yang merayap (iris rhizomatosa) atau, di iklim yang lebih kering, dari umbi (bulbous iris). Mereka memiliki panjang, batang bunga tegak yang mungkin sederhana atau bercabang, padat atau berongga, dan diratakan atau memiliki penampang lingkaran.

Spesies rhizomatosa biasanya memiliki 3-10 daun berbentuk pedang basal yang tumbuh dalam rumpun padat. Sedangkan spesies bulbous memiliki daun basal silindris.

Bunga

Perbungaan berbentuk kipas dan berisi satu atau lebih bunga enam lobed simetris. Ini tumbuh di atas gagang bunga atau di gagang bunga. Tiga sepal, yang biasanya menyebar atau terkulai ke bawah, disebut sebagai “jatuh”. Mereka berkembang dari pangkal yang sempit yang disebut “cakar” atau “batang” dan menjadi bagian yang lebih luas yang disebut “tungkai” atau “bilah” dan dapat dihiasi dengan urat, garis, atau titik. Di tengah bilah, beberapa iris rhizomatosa memiliki “janggut” yaitu seberkas ekstensi tegak pendek yang tumbuh di garis tengahnya, yang merupakan filamen pabrik.

Ini dia sebabnya mengapa bunga iris terlihat unik, mengapa bunga iris seperti ada tungkai atau bilah yang dapat dihiasi dengan urat, garis atau titik dan mengapa juga bunga iris seperti janggut 😊

Tiga, kadang-kadang berkurang, kelopak berdiri tegak, sebagian di belakang pangkalan sepal. Mereka disebut “standar”. Beberapa spesies iris yang lebih kecil memiliki keenam lobusnya yang mengarah langsung ke luar, tetapi secara umum ekstremitas dan standarnya berbeda dalam penampilan. Mereka disatukan di pangkalan mereka ke dalam tabung bunga yang terletak di atas ovarium, yang dikenal sebagai ovarium epigini atau inferior. Gaya membelah menuju puncak menjadi cabang-cabang petaloid. Gaya ini penting dalam penyerbukan.

Bunga iris adalah bunga yang menarik, sebagai contoh adalah hubungan antara tanaman berbunga dan serangga penyerbuk. Bentuk bunga dan posisi permukaan yang menerima serbuk sari dan stigmatik pada kelopak terluar membentuk tahap pendaratan untuk serangga terbang, yang dalam mencari nektar, pertama-tama akan bersentuhan dengan perianth, kemudian dengan benang sari stigma di satu permukaan bersiul yang ditanggung pada ovarium yang terbentuk dari tiga karpel. Proyeksi melintang seperti rak pada bagian bawah lingkaran benang sari berada di bawah lengan gaya menyeluruh di bawah stigma, sehingga serangga bersentuhan dengan permukaan yang tertutup serbuk sari hanya setelah melewati stigma; dalam mundur dari bunga itu akan bersentuhan hanya dengan wajah bawah stigma yang tidak reseptif.

Jadi, seekor serangga yang memegang serbuk sari dari satu bunga akan, dalam memasuki bunga kedua, menyimpan serbuk sari pada stigma; dalam mendukung bunga, serbuk sari yang disandangnya tidak akan terhapus oleh stigma dari bunga yang sama.

Mantap ya bunga yang satu ini dalam hubungannya dengan serangga penyerbuk, bagaimana fisiknya memang sudah dirancang sedemikian rupa untuk kemudahan serangga penyerbuk. MasyaAllah

Demikianlah profil bunga iris.

Bagaimana setelah berbunga? Menghasilkan buah atau bijikah?

Buah

Iris memiliki buah. Nah di dalam buah ini terdapat biji. Buah iris adalah kapsul yang terbuka dalam tiga bagian untuk mengungkapkan banyak biji di dalamnya. Pada beberapa spesies, bijinya mengandung aril.

Lanjut kita ke taksonomi iris ya

Taksonomi Iris

Iris adalah genus terbesar dari keluarga Iridaceae dengan memiliki hingga 300 spesies. Banyak di antara spesies ini adalah hibrida alami.

Saking banyaknya, perlu dilakukan klasifikasi agar teratur dan rapi, tidak acak dan kacau. Klasifikasi ini ada sejarahnya yang lumayan panjang dan lama

Klasifikasi modern, dimulai dengan Dykes (1913), telah membaginya lagi. Dykes menyebut subkelompok utama sebagai seksi atau bagian. Penulis selanjutnya seperti Lawrence (1953) dan Rodionenko (1987) secara umum menyebutnya subgenera, sementara pada dasarnya mempertahankan pengelompokan Dykes, menggunakan enam subgenera yang selanjutnya dibagi menjadi dua belas bagian. Dari jumlah tersebut, bagian Limneris (subgenus Limneris) selanjutnya dibagi menjadi enam belas seri.

Seperti beberapa sumber yang lebih tua, Rodionenko memindahkan beberapa subgenera bulat (Xiphium, Scorpiris dan Hermodactyloides) ke dalam genera yang terpisah (masing-masing Xiphion, Juno dan Iridodictyum), tetapi ini belum diterima oleh penulis kemudian seperti Mathew (1989), meskipun yang terakhir menjadikan Hermodactylus sebagai genus yang berbeda, untuk memasukkan Hermodactylus tuberosus, sekarang kembali ke Hermodactyloides sebagai Iris tuberosa.

Rodionenko juga mengurangi jumlah bagian dalam subgenus Iris, dari enam menjadi dua, tergantung pada ada (Hexapogon) atau tidak adanya (Iris) dari aril pada biji, disebut sebagai arilate atau nonarilate. Taylor (1976) memberikan argumen untuk tidak memasukkan semua spesies arilate di Hexapogon.

Secara umum, klasifikasi modern biasanya mengenali enam subgenera, yang lima dibatasi untuk Dunia Lama; yang keenam (subgenus Limniris) memiliki distribusi Holarctic. Dua subgenera terbesar selanjutnya dibagi menjadi beberapa bagian.

Untuk jelasnya, yuk kita simak pembagian subgenera beserta bagian dan spesiesnya

Pembagian subgenera atau subgenus

6 subgenera 

  1. Iris

Memiliki rimpang
Irisan rhizomatosa berjanggut

  1. Limniris

Irisan rhizomatosa tidak berjanggut

  1. Xiphium

Irisan bulb berbutir halus. Sebelumnya Xiphium ini masuk dalam genus Xiphion.

  1. Nephalensis

Bulbous iris. Sebelumnya Nephalensis masuk dalam genus Junopsis

  1. Scorpiris

Irisan bulb berbutir halus. Sebelumnya Scorpiris ini masuk dalam genus Juno.

  1. Hermodactyloides

Irisan bulbous iris. Sebelumnya Hermodactyloides ini masuk dalam genus Iridodictyum

Bagian, seri dan spesies

Diketahui iris memiliki 12 bagian, 16 seri dan hingga 300 spesies.

Lanjut lagi ya.. dari 6 subgenus ini akan dijabarkan lagi dari bagian hingga spesiesnya

Subgenus iris

bagian Iris

Ada sekitar 41 jenis iris, termasuk iris croatica dan iris Jerman

– bagian Oncocycle

Ada sekitar 35 jenis iris, antara lain Iris assadiana dan Iris atrofusca

– bagian hexapogon

Ada 2 jenis iris yaitu
– Iris falcifolia Bunge
. Iris longiscapa Ledeb

– bagian Psammiris

Ada 8 jenis iris, antara lain Iris arenaria Waldst. & Kit dan Iris bloudowii Ledeb

– bagian Pseudoregelia

Ada 10 jenis iris, antara lain Iris cuniculiformis Noltie & KYuan dan Iris dolichosiphon Noltie

– bagian Regelia

Ada 8 jenis iris, antara lain iris darwasica Regeldan Iris narcissiflora Diels

Subgenus Limniris

Secara umum dibagi 2 bagian, Limniris yang selanjutnya dibagi menjadi sekitar 16 seri dan Lophiris yang juga dikenal sebagai Evansias atau iris jambul

bagian limniris

Seri antara lain Californicae dari iris pantai Pasifik dengan beberapa jenis iris dan seri Chinensis dari Asia Timus dengan beberapa jenis iris

– bagian Lophiris

Ada sekitar 13 jenis

Subgenus Xiphium

– bagian Xiphium

Ada 9 jenis iris antara lain Iris boissieri Henriq

Subgenus Nephalensis  

bagian Nephalensis

Ada 4 jenis iris antara lain Iris colettii Hook

Subgenus Scorpiris

– bagian Scorpiris

Ada sekitar 26 jenis iris antara lain Iris albomarginata R. C Foster

Subgenus Hermodactyloides

– bagian Hermodactyloides

Ada sekitar 12 jenis iris termasuk Iris tuberosa L yang sebelumnya merupakan Hermodactyloides tuberosa

Distribusi dan habitat

Hampir semua spesies ditemukan di zona belahan bumi utara beriklim, dari Eropa ke Asia dan di seluruh Amerika Utara. Meskipun beragam dalam ekologi, Iris sebagian besar ditemukan di daerah pegunungan berbatu kering, semi-gurun, atau lebih dingin, habitat lainnya termasuk lereng berumput, padang rumput, rawa dan tepi sungai.

Jadi iris ga hanya ada di Eropa saja ya, tapi Asia hingga Amerika. Iris juga ga hanya ditanam sebagai tanaman hias dan terbatas tumbuh cantik di halaman dan kebun. Banyak dari iris yang tumbuh liar dan ditemukan di berbagai area, dari pegunungan hingga tepi sungai

Penanaman

Iris banyak ditanam sebagai tanaman hias di rumah dan kebun raya. Presby Memorial Iris Gardens di New Jersey, misalnya, adalah museum bunga iris hidup dengan lebih dari 10.000 tanaman. Wow.. banyak banget ya..

Sementara itu di Eropa taman bunga iris yang paling terkenal adalah Giardino dell’Iris di Florence, Italia yang setiap tahun menampung para peternak bunga iris yang dihadiri banyak orang. ‘kompetisi. Iris, terutama banyak jenis berjanggut, fitur secara teratur di acara-acara seperti Chelsea Flower Show.

Untuk budidaya kebun, klasifikasi iris berbeda dari klasifikasi taksonomi. Garden iris digolongkan sebagai bulb iris atau iris rimpang (disebut rhizomatous) dengan sejumlah subdivisi lebih lanjut. Karena berbagai macam asal geografis, dan dengan demikian keragaman genetik yang besar, kebutuhan penanaman bunga iris sangat bervariasi.

Iris tumbuh dengan baik di hampir semua jenis tanah kebun asalkan dikeringkan dengan baik. Iris yang paling awal mekar adalah spesies seperti I. junonia dan i. reichenbachii, yang berbunga paling awal Febuari dan Maret di belahan bumi utara, diikuti oleh bentuk kerdil dari I. pumila, dan kemudian oleh sebagian besar varietas berjanggut tinggi, seperti iris Jerman dan varietasnya florentina, iris manis, iris Hungaria, iris lemon-kuning (I. flavescens), Iris sambucina, I. amoena, dan hibrida alami dan hortikultura mereka seperti yang dijelaskan dengan nama seperti I. neglecta atau I. squalens dan terbaik bersatu di bawah I. × lurida.

Iris ini dipromosikan di Inggris oleh British Iris Society.  Koleksi nasional Arthur Bliss Irises dipegang oleh Anne Milner di Gloucestershire.

Wow.. seru ya bagaimana iris sangat diminati hingga dikoleksi sebagai sesuatu yang berharga 😊

Iris yang sering ane lihat di musim semi ini juga ternyata hadir sejak jauh hari. Iris diketahui berbunga bahkan sebelum musim semi di awal bulan Februari berlanjut hingga masuk musim panas, tergantung pada spesiesnya

Di musim semi di Austria, ane sering menjumpai iris yang berbunga dengan beragam warna. Ungu gelap dan ungu biru muda mendominasi. Bentuknya ternyata memang unik ya.. ada aroma harum dan menyenangkan saat mendekati bunga-bunga mekar ini

Seperti yang sudah disebutkan di atas, iris yang paling awal mekar adalah dari spesies seperti I. junonia dan i. reichenbachii, yang berbunga paling awal Febuari dan Maret di belahan bumi utara. Ada lagi Iris xiphium, Iris Inggris dan Iris Spanyol atau Iris Belanda yang menghadirkan serangkaian panjang varietas indah dengan warna paling beragam. Mereka berbunga pada bulan Mei, Juni dan Juli

Kapan menanamnya ya? Nah kalo mau yang praktis, tinggal beli yang hampir berbunga di toko bunga dan kebun kemudian tanam kembali di halaman rumah atau kebun, seperti yang ada di lingkungan ane tinggal. Atau menanam sendiri sejak dari rimpang atau umbinya

Waktu penanaman iris tergantung spesiesnya, dari sejak musim panas, ada di bulan September bahkan di musim gugur bulan Oktober

Untuk lebih jelasnya, sekarang kita lihat yuk profil jenis-jenis iris berikut penanamannya

Iris rimpang berjanggut

Iris yang berjanggut diklasifikasikan sebagai kerdil, tinggi, atau aril. Di Eropa, iris taman yang paling umum ditemukan adalah iris hibrida (yang secara iris disebut iris Jerman, I. germanica yang steril) dan banyak kultivarnya. Berbagai bentuk liar (termasuk Iris aphylla) dan hibrida yang terjadi secara alami dari iris Manis (I. pallida) dan iris Hongaria (I. variegata) membentuk dasar dari hampir semua iris berjanggut hibrida modern. Bentuk rata-rata iris berjanggut (jenggot menengah, atau IB; miniatur janggut tinggi, atau MTB; dll.) Berasal dari persilangan antara spesies tinggi dan kerdil seperti Iris pumila.

Irisan berjanggut mudah dibudidayakan dan diperbanyak dan telah menjadi sangat populer di kebun. Pilihan kecil biasanya dipegang oleh pusat kebun pada waktu yang tepat selama musim, tetapi ada ribuan kultivar yang tersedia dari pemasok spesialis. Lebih dari 30.000 kultivar hanya untuk iris berjanggut tinggi lho. Wow.. banyak banget ya

Nah mereka ini paling baik ditanam sebagai tanaman akar telanjang di akhir musim panas, dalam posisi terbuka yang cerah dengan rimpang terlihat di permukaan tanah dan menghadap ke matahari. Mereka harus dibagi di musim panas setiap dua atau tiga tahun, ketika rumpun menjadi padat.

Iris yang berjanggut benar-benar merah, seperti mawar yang benar-benar biru, tetap menjadi tujuan yang tidak dijaga meskipun sering melakukan hibridisasi dan seleksi. Ada spesies dan seleksi, terutama didasarkan pada iris tembaga rhizomatous berjanggut (I. fulva), yang memiliki warna merah relatif murni. Namun, memasukkan warna ini ke jenis iris berjanggut modern telah terbukti sangat sulit, dan dengan demikian, sebagian besar iris berada dalam kisaran spektrum warna ungu dan biru, dengan breed kuning, merah muda, oranye dan putih juga tersedia.

Berikut ini adalah beberapa iris berjanggut yang telah mendapatkan Penghargaan Taman Perkebunan dari Royal Horticultural Society:

‘Alizes’ (berjanggut tinggi, biru & putih)

‘Bumblebee Deelite’ (miniatur berjanggut tinggi, kuning / ungu)

‘Early Light’ (berjanggut tinggi, kuning pucat)

‘Jane Phillips’ (berjanggut tinggi, biru pucat)

‘Langport Wren’ (berjanggut menengah, merah marun)

‘Maui Moonlight’ (berjanggut menengah, kuning pucat)

‘Orinoco Flow’ (perbatasan berjenggot, putih / ungu)

‘Raspberry Blush’ (berjenggot menengah, pink)

‘Sarah Taylor’ (kurcaci berjanggut, kuning pucat)

‘Thornbird’ (berjanggut tinggi, kuning pucat)

‘Titan’s Glory’ (berjanggut tinggi, biru tua)

Bagian oncocycle iris berjanggut

Bagian ini berisi iris bantal atau iris kerajaan, sekelompok tanaman terkenal karena bunga-bunganya yang besar dan ditandai dengan kuat. Antara 30 dan 60 spesies diklasifikasikan dalam bagian ini, tergantung pada otoritas. Dibandingkan dengan bunga iris lainnya, varietas bantal tidak banyak dilengkapi dengan daun berbentuk sabit yang sempit dan bunga-bunga biasanya ditanggung sendiri-sendiri di batang; mereka seringkali sangat gelap dan dalam beberapa hampir kehitaman. Irisan bantal adalah petani yang agak rewel, dan agar berhasil dengan mereka, mereka harus ditanam agak dangkal di tanah yang dikeringkan dengan baik. Mereka tidak boleh diganggu di musim gugur, dan setelah daun layu akarnya harus dilindungi dari hujan lebat sampai pertumbuhan dimulai kembali secara alami.

Irisan irisan bagian Regelia

Bagian ini, terkait erat dengan iris bantal, termasuk beberapa hibrida kebun dengan spesies di bagian Oncocyclus, yang dikenal sebagai iris Regelio-cyclus. Mereka paling baik ditanam pada bulan September atau Oktober dalam posisi cerah yang hangat, rimpang diangkat pada Juli berikutnya setelah daun layu.

Iris rimpang Beardless (subgenus Limniris)

Ada enam subkelompok utama dari iris berjanggut, tergantung pada asalnya. Mereka dibagi menjadi Pantai Pasifik, Siberica, Spuria, Louisiana, Jepang, dan lainnya.

Jenis iris rhizomatous janggut yang biasa ditemukan di taman Eropa adalah iris Siberia (I. sibirica) dan hibrida, dan Iris Jepang (I. ensata) dan hibrida. “Iris Jepang” juga merupakan istilah umum untuk iris Jepang (hanashōbu), iris darah (I. sanguinea, ayame) dan iris telinga kelinci (I. laevigata, kakitsubata). I. unguicularis adalah spesies berbunga akhir musim dingin dari Aljazair, dengan bunga biru langit bercak kuning, dihasilkan dari musim dingin ke musim semi. Namun iris rhizomatosa janggut lain yang populer di kebun adalah I. ruthenica, yang memiliki banyak persyaratan dan karakteristik yang sama dengan iris berjanggut tinggi. Di Amerika Utara, iris Louisiana dan hibrida sering dibudidayakan.

Irisan rimpang jambul (subgenus limniris)

Satu spesies spesifik, Iris cristata dari Amerika Utara.

Bulbing juno iris (subgenus scorpiris)

Sering disebut ‘junos’, jenis iris ini adalah salah satu iris bohlam yang lebih populer dalam budidaya. Mereka umumnya paling awal mekar.

Irisan iris Eropa (subgenus xiphium)

Kelompok ini umumnya termasuk iris keturunan Eropa, dan juga diklasifikasikan sebagai iris Belanda, Inggris, atau Spanyol.

Iris reticulata dan Iris persica, keduanya harum, juga populer di kalangan penjual bunga.

Iris xiphium, Iris Spanyol (juga dikenal sebagai Iris Belanda) dan

Iris latifolia, iris Inggris. Meskipun nama umum iris Spanyol dan Inggris berasal dari Spanyol, dan memiliki bunga yang sangat mencolok, sehingga mereka populer di kalangan tukang kebun dan penjual bunga. Mereka adalah salah satu iris umbi yang lebih keras, dan dapat tumbuh di Eropa utara. Mereka perlu ditanam di bedengan yang dikeringkan secara menyeluruh di tanah terbuka yang sangat terang, cukup diperkaya, dan harus memiliki posisi yang agak terlindungi. Keduanya menghadirkan serangkaian panjang varietas indah dengan warna paling beragam, berbunga pada bulan Mei, Juni dan Juli, iris Spanyol yang lebih kecil menjadi yang lebih awal dari keduanya.

Iris iris retikulat bulbing (subgenus Hermodactyloides)

Reticulate iris dengan umbi khas mereka, termasuk I. danfordiae kuning, dan I. histrioides biru-ungu dan I. reticulata, berbunga paling awal Februari dan Maret. Irisan berbatang reticulate ini adalah miniatur dan umbi musim semi yang populer, menjadi salah satu yang pertama mekar di taman. Banyak spesies iris bulat yang lebih kecil, yang cenderung lenyap karena kelembaban yang berlebihan, harus memiliki lapisan tanah bagus tetapi berpori yang dikeringkan dengan baik untuk mereka, di beberapa tempat yang cerah, dan di musim dingin harus dilindungi oleh selubung daun setengah membusuk atau serat sabut segar.

Demikianlah penanaman beberapa spesies iris dari berbagai subgenus dan genus iris

Iris dikenal terutama bunganya mencolok dan unik. Apakah mereka dipelihara hanya untuk dinikmati kecantikan bunganya? Ternyata tanaman iris memiliki banyak manfaat lho.

Ga hanya bunganya yang harum mewangi sepanjang hari, bahkan rimpangnya pun memiliki aroma yang harum dan menyenangkan. Makanya rimpang iris dimanfaatkan untuk industri parfum. Ga hanya itu. Adanya minyak atsiri pada rimpangnya membuat iris digunakan juga sebagai obat-obatan

Lebih jelasnya yuk kita simak kegunaan iris ini 😊

Kegunaan

Parfum dan obat-obatan

Rimpang dari Iris Jerman (I. germanica) dan Iris manis (I. pallida) diperdagangkan sebagai akar orris dan digunakan dalam parfum dan obat-obatan, meskipun lebih umum di zaman kuno dan hari ini. Saat ini minyak atsiri Iris (absolut) dari bunga kadang-kadang digunakan dalam aromaterapi sebagai obat penenang. Ipang kering juga diberikan utuh kepada bayi untuk membantu tumbuh gigi. Merk Gin seperti Bombay Sapphire dan magelian Gin menggunakan akar orris dan kadang kala bunga iris untuk rasa dan warna

Untuk produksi akar orris, rimpang iris dipanen, dikeringkan dan berumur hingga 5 tahun. Saat ini, lemak dan minyak di dalam akar mengalami degradasi dan oksidasi, yang menghasilkan banyak senyawa wangi yang berharga dalam wewangian. Aroma ini dikatakan mirip violet. Rimpang yang usdah tua adalah uap suling ynag menghasilkan senyawa berminyak tebal, yang dikenal dalam industri parfum sebagai Iris mentega atau minyak orris

Rimpang iris juga mengandung sejumlah terpene dan asam organik seperti asam askorbat, asam miristat, asam tridecylenic dan asam undecylenic. Tapi harap berhati-hati ya.. Rimpang iris dapat menjadi racun. Blue flag/Bendera biru yang lebih besar (I. versicolor) dan spesies lain yang sering tumbuh di kebun dan banyak dihibridisasi mengandung jumlah tinggi glikosida iridin racun. Rimpang ini dapat menyebabkan mual, muntah, diare dan irirtasi kulit, tetapi keracunan biasanya tidak berakibat fatal.

Oleh karenanya, iris hanya boleh digunakan secara medis di bawah bimbingan profesional

Pemurnian air

Dalam pemurnian air, iris kuning (I. pseudacorus) sering digunakan. Akar biasanya ditanam di substrat (misalnya batu lava) di setel buluh. Akar kemudian meningkatkan kualitas air dengan mengkonsumsi polutan nutrisi, seperti dari limpasan pertanian. Petani yang sangat agresif ini sekarang dianggap sebagai gulma berbahaya dan dilarang di beberapa negara bagian AS dimana ia ditemukan menyumbat saluran air alami

Dalam budaya

Iris ternyata banyak penggemarnya ya. Banyak yang mengartikan iris sebagai bunga yang spesial, yang sesuatu banget. Kita lihat yuk di antaranya 🙂

Iris adalah salah satu bunga yang terdaftar sebagai bunga kelahiran untuk bulan Febuari

Iris juga melambangkan Our Lady of Sorrows dalan agama Kristen, karena daunnya yang tajam seperti pedang

Iris nigricans, Iris hitam adalah bunga nasional Jordan

Iris lacustris, Iris danau dwarf pada tahun 1998 ditetapkan sebagai bunga liar negara bagian Michigan, dimana sebagian populasi ada

Iris Louisiana pada tahun 1990 terpilih sebgaai bunga liar negara bagian Louisiana, meskipun bunga negara adalah bunga magnolia

Iris Kashmiriana dan Iris germanica paling sering ditanam di pekarangan muslin di Iran dan Kashmir

Iris- dengan spesies yang tidak ditentukan, adalah salah satu bunga negara bagian Tennessee. Secara umum diterima spesies Iris versicolor, Iris Ungu adalah bunga negara berdampingan dnegan passionflower ungu yang tumbuh liar (Passiflora incarnata, lambang bunga negara bagian lainnya

Greenville, Tennessee adalah rumah bagi Festival Iris tahunan yang merayakan bunga iris, adat setempat dan budaya

Iris versicolor juga merupakan bunga propinsi Quebec

Seniman George Gessert memiliki spesialisasi dalam pemulaiaan Iris

Seniman Vincent van Gogh melukis beberapa gambar Iris yang terkenal

Bagaimana dengan pemirsa, adakah yang spesial dari bunga yang cantik penuh pesona ini? Iris apa saja favorit pemirsa, atau iris sebagai tanaman hias kesayangan? Mari berbagi dimari 🙂

Nah demikianlah pemirsa edisi kali ini mengenai iris, tanaman berbunga dengan bunga-bunganya yang mencolok dan unik di musim semi dan juga musim panas.  Semoga ada manfaatnya

Sampai jumpa lagi

 

Bir cevap yazın