Steak Tuna, kuliner tongkol bule di Austria

1.103 Views

Biasanya kuliner bule itu ga jauh-jauh dari daging, beda dengan kita di tanah air yang kulinernya dari segala macam sumber, ga hanya daging saja, tapi dari seafood dan unggas. Unggas aja terbagi lagi dari ayam, bebek hingga burung. Wow.. Biasanya lagi cara memasaknya mereka ga jauh-jauh dari panggang dan api, maksudnya dibakar atau digoreng tepung

Nah kali ini kita intip yuk kuliner bulenya yang berasal dari bahan baku ikan. Dibikin apa sih ya.. jadi penasaran nih.. Apa sama saja dengan cara memasak daging, cukup dipanggang atau dibakar, atau agak ribet dikit digoreng tepung atau orang Austria bilang Wiener Schnitzel? 😊 Atau sama saja dengan cara memasaknya seperti emak-emak tropis?

Nah kali ini ane memperkenalkan kuliner bule dari seafood, tepatnya ikan laut tuna. Biar aura bulenya tetap terjaga, namanya menjadi Tuna Steak. Wow.. keliatan keren kan

Tapi setelah diperhatikan lebih seksama, bumbu-bumbunya ga jauh-jauh dari kuliner Asia (baca : Indonesia). Sama seperti emak-emak tanah air lho memasaknya.. dikasih tetesan jeruk nipis dan garam 😊Persis masak ikan laut ala tropis termasuk ikan tongkol. Kalo kita cukup menamakannya tongkol goreng, nah kalo bule namanya steak. Mungkin karena irisannya persis steak daging ya 😊

Ikan ini kita beli di supermarket langganan kita. Dalam satu paket seberat 200 gram berisi dua iris ikan dan sudah dibumbui. Harganya berkisar 3,99 Euro sampai dengan 5,99 Euro atau sekitar Rp.67.000 sampai dengan Rp. 101.000. Jadi kita tinggal memasaknya aja, dengan dipanggang atau goreng

Nah kalo yang masih segar belum diapa-apakan, ada tuh pemirsa.. Tapi jauh banget dari rumah, adanya di pasar tradisional Naschmarkt di ibukota negara yaitu Wina. Harganya mencapai 1 juta sekilo 🙂

Ikan tuna identik dengan ikan tongkol. Tapi apakah ikan tuna adalah ikan tongkol adanya? Yuk kita cek bersama-sama pemirsa

Ikan tuna adalah ikan laut pelagik yang termasuk bangsa Thunnini yang terdiri dari beberapa spesies dari keluarga Scombride, terutama dari genus Thunnus. Jadi masih ada kekerabatan dengan ikan tenggiri dan ikan makarel/kembung. Ikan-ikan dari keluarga ini memang terkenal akan rasanya yang sangat lezat, sama lezatnya dengan yang ada di tanah air.

Untuk lebih jelasnya yuk kita lihat biodatanya terlebih dahulu

Klasifikasi Ilmiah

Ikan Tuna

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygli
Ordo : Perciformes
Keluarga : Scombride
Bangsa : Thunnini

Daging tuna ga seperti kebanyakan ikan lain yang berwarna putih, daging ikan tuna berwarna merah muda sampai merah tua. Ini karena daging ikan tuna atau ototnya lebih banyak mengandung myoglobin dibanding ikan lain. Ini bisa juga terjadi karena aktivitas ototnya seperti berenang.

Ikan tuna adalah perenang andal dengan kecepatan yang pernah diukur mencapai 77 km/jam 😊 Wow..  Ikan tuna dapat berenang lebih cepat dengan energi sedikit dikarenakan fisiknya yang sedikit berbeda dengan kebanyakan ikan. Mereka memiliki kemampuan untuk menjaga suhu tubuh lebih tinggi daripada suhu lingkungan. Tuna mampu melakukan hal teersebut dengan cara menghasilkan panas melalui proses metabolisme. Rete mirabile, jalinan pembuluh vena dan arteri yang berada di pinggiran tubuh, memindahkan panas dari darah vena ke darah arteri. Hal ini akan mengurangi pendinginan permukaan tubuh dan menjaga otot tetap hangat

Beberapa jenis tuna yang lebih besar, seperti tuna sirip biru Atlantik (Thunnus thynnnus) dapat menaikkan suhu darahnya di atas suhu air dengan aktivitas ototnya. Hal ini menyebabkan mereka dapat hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan dalam kondisi yang beragam

Kebanyakan bertubuh besar, tuna adalah ikan yang memiliki nilai komersial tinggi

Ada lebih dari 48 jenis ikan tuna. Marga tuna sendiri memiliki 9 spesies di antaranya Thunnus tonggol (Bleeker, 1851) atau tongkol abu-abu

Di samping itu, masih ada beberapa anggota marga lain dari keluarga Scombridae yang juga digolongkan sebagai tuna, di antaranya Auxis rochei (Risso, 1810) atau tongkol lisong, Auxix thazard (Lacepede, 1800) atau tongkol krai dan Katsuwonus pelamis (Linnaeus, 1758) atau cakalang

Banyak yang bilang tuna ya ikan tongkol juga. Apakah benar? Dilihat dari biodatanya, ikan tongkol masuk dalam keluarga Scombride dimana tuna adalah anggota keluarganya juga. Ikan tongkol juga masuk dalam salah satu spesies atau jenis dari 9 jenis marga tuna atau Thunnini. Beberapa ikan tongkol pun masuk dalam marga lain yang masih dalam satu keluarga dengan ikan tuna yaitu marga Auxis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ikan tongkol adalah bagian dari saudara tuna juga 😊 Bedanya, ikan tuna berperawakan lebih besar dan berat, dengan berat ikan tuna dewasa berkisar 35 kg hingga 350 kg, sedangkan tongkol lebih langsing dengan berat yang jauh lebih ringan dan pendek dengan punggung berwarna biru gelap agak metalik dan terdapat pola-pola garis seperti coretan miring. Ikan tongkol yang terkenal lainnya adalah ikan tongkol putih alias cakalang

Samakah rasanya dengan tongkol di tanah air? Sama persis, segar dan lezat. Bagi ane pencinta seafood lovers, seiris itu aja ga cukup. Lha biasanya makan seekor seukuran lengan kok 😀

Nah demikianlah pemirsa riwayat ikan tuna. Ikan tuna bisa dikatakan tongkolnya Eropa. Tuna sangat populer di Eropa karena rasanya yang lezat dan sangat banyak gizinya, cocok sebagai santapan di Eropa di musim dingin agar stamina tetap terjaga, setara dengan ikan salmon. Nah di Eropa (baca  : Austria) tuna biasanya dijadikan kuliner steak. Tuna banyak juga yang diolah dalam bentuk kalengan, untuk isian burger atau campuran salad

Btw memangnya ada ya steak ikan di Eropa? Ya tentu saja ada. Ternyata steak ga hanya dominan daging-dagingan lho akan tetapi termasuklah ikan, terutama ikan besar yang mudah diiris seperti salmon, ikan pelagik besar yaitu tuna

Apakah yang dimaksud dengan steak, kulinernya bule ini? Yuk pemirsa kita kenalan lagi ma steak

Steak adalah hidangan berupa daging pada umumnya yang diiris seluruh serat otot yang berpotensi termasuk tulang. Pengecualian, dimana daging diiris sejajar dengan serat, termasuk potongan steak rok dari piring, potongan steak isi dari otot perut dan steak jari perak dipotong dari pinggan dan termasuk 3 tulang rusuk. Dalam arti yang besar, steak ikan, steak daging giling dan lain-lain

Steak biasanya dipanggang, tetapi bisa digoreng. Biasanya sih sering dipanggang dalam upaya meniru rasa steak yang dimasak di atas bara api terbuka. Steak bisa juga dimasak dengan saus, atau dicincang dan dibentuk menjadi isian dalam roti seperti hamburger

Steak ikan biasanya diimasak dalam waktu singkat karena dagingnya cepat matang, terutama saat dipanggang. Steak ikan, seperti tuna juga dapat dimasak dengan berbagai suhu

Potongan daging steak yang berbeda di antaranya adalah iga, sirliom tenderlion dan tulang

Potongan steak bisa berbeda antara negara karena metode pemotongan hewan potong yang berbeda. Makanya hasil steak yang ditemukan di satu negara tidak sama dengan yang lain, meskipun mungkin resepnya sama, berbeda ‘hanya dalam saus, mentega atau garnis (hiasan)‘

Yang terpenting adalah berusaha mencapai reaksi Maillard pada daging untuk memastikan steak berkualitas restoran 😊

Apa tuh reaksi Maillard? Reaksi Maillard adalah reaksi kimia antara asam amino dan mengurangi gula yang memberikan makanan kecoklatan dengan rasa yang khas.  Contoh reaksi Maillard di antaranya adalah steak yang menyengat, bakpao goreng, kue dan biskuit jenis lain, roti, marshmallow panggang. Nama reaksi ini diambil dari ahli kimia Perancis Louis-Camille Maillard, yang pertama kali mendeskripsikannya pada tahun 1912 ketika mencoba untuk memproduksi sintesis protein biologis

Saus dan bumbu klasik untuk menemani steak antara lain
Bearnaise Sauce
Saus Cafe de Paris
Mentega majemuk seperti mentega peterseli, mentega bawang piutih dan mentega siput
Moster
Krim lobak
Rosemary segar
Lada
Saus lada
Jamur tumis

Bagaimana dengan Steak Tuna ane? Karena belinya siap pakai, ane hanya memanggang atau menggorengnya. Seperti yang sudah ane paparkan sebelumnya di atas, tuna ini sudah dibumbui sama persis dengan bumbu emak-emak tropis, dengan tetesan jeruk nipis dan garam. Ane cukup mencucinya sebentar kemudian ane teteskan jeruk nipis dan garam lagi biar kelihatan alami 😊

Tunggu beberapa menit kemudian panggang atau goreng deh dengan minyak goreng sedikit. Jangan sepanci minyaknya seperti masak ayam kentucky ya mak.. beda 😊 Namanya juga steak, masaknya ga perlu lama ya karena daging ikan cepat matang. Lagian kalo lama-lama ikannya bisa alot. Ingat kalo masa ikan tongkol gimana jadinya kalo kelamaan 😊

Hangat-hangat sajikan. Jangan lupa sebagai pemanis biar cantik digarnis dengan daun rosemary dan ditaburkan dengan bubuk lada, sedikit aja 😊

Steak Tuna siap disantap bersama nasi hangat dan salad 😊

Bir cevap yazın