Kacang almond yang bukan kacang melainkan buah berbiji, yang elit dan manfaatnya dalam kuliner dan kesehatan

2.366 Views

Saat pertama kali melihat bentuk asli kacang almond, ane sangat takjub, apalagi mencicipinya. Kacangnya yang panjang pipih berwarna coklat terang dengan tekstur yang renyah serta rasa yang nikmat seperti kelapa seketika membuat ane jatuh cinta

Kacang almond mudah ditemui di kudapan bule, seperti pada kue-kue kering dan basah juga es krim. Tapi karena ga banyak, maklum hanya sebagai toping ya pemirsa, tentunya ga puas menikmatinya seperti saat kita ngemil kacang goreng kalo di tanah air 😊

Nah saat ke supermarket, suami yang suka banget kacang-kacangan ini membeli setengah kilo kacang almond. Kita coba kacang yang ini ya.. kata suami ke ane

Di Austria, harga setengah kilo kacang almond 4 Euro lebih atau sekitar Rp.68.000

Seperti yang diajarkan suami pertama kali dulu mengenai beragam kacang bule yang bisa langsung dimakan, seperti kacang hazel atau hazelnut, ane pun tanpa ragu mengunyah beberapa kacang almond ini tanpa diapa-apain

Suami kaget, katanya kalo kacang almond ga bisa langsung dimakan. Ah masa sih..Tapi enak kok langsung dimakan, timpal ane. Ane tanya gimana cara masaknya biar enak menikmatinya, suami malah ga tau 😊 Coba aja dipanggang atau digoreng, saran suami

Aaaih.. bikin penasaran aja.. Kalo dah mulai penasaran begini, biasanya ane semangat cari info biar tuntas rasa penasaran ane

Pemirsa kenal jugakah ma kacang almond ini? Yuk kita eksplor bersama-sama luar dalam kacang almond yang dalam bahasa Jermannya akrab disapa mandeln ini. Dimulai dari biodatanya terlebih dahulu ya 😊

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae
Ordo : Rosales
Keluarga : Rosaceae
Upafamilia : Amygdaloideae
Suku : Amygdaleae
Genus : Prunus
Subgenus : Prunus subg. Amygdalus
Spesies : Prunus dulcis
D. A Webb, 1967

Almond atau amandel atau mandeln atau badam adalah bagian dari subkeluarga Prunoidae dari keluarga Rosaceae. Tumbuhan dengan nama ilmiah Prunus dulcis dan nama sinonim Amygdalus communis ini berada di klasifikasi sama dengan tanaman persik dan kawan-kawan dalam subgenus Amygdalus di dalam genus Prunus. Hanya yang membedakannya dari subgenera lainnya adalah kerutan pada kulit (endocarp) yang mengelilingi benih

Jika biasanya buah genus Prunus seperti persik, prem dan ceri dilapisi oleh daging buah yang manis, maka lain halnya dengan buah almond yang digantikan oleh pelapis dengan tekstur seperti bahan kulit, yang di dalam cangkang kerasnya mengandung biji yang dapat dimakan, yang biasanya disebut dengan kacang. Makanya almond sering disebut kacang, bukan buah 😊 Tapi sebenarnya bukan kacang ya..

Buah almond adalah buah berbiji, yang terdiri dari lambung luar dan cangkang keras dengan biji yang bukan kacang asli, di dalamnya. Shelling almond mengacu pada melepas shell/kulit untuk mengungkapkan benih. Almond dijual dalam keadaan dikupas dan tidak dikupas. Kacang almond yang direbus adalah almond yang telah dikupas dengan air panas untuk melunakkan mantel biji, yang kemudian dikeluarkan untuk mengungkapkan embrio putih

Nah, yang kita beli dengan biji yang berwarna coklat terang ini sebenarnya adalah biji yang dikupas dengan kulit ari tipis berwarna coklat terang. Biji almond yang bersih adalah biji yang direbus, ga ada lagi warna coklat terang yang menyelutinya, biji almond ini berwarna putih bersih 😊

Meskipun almond adalah buah berbiji, kita lebih akrab menyapanya kacang almond, bukan buah almond 😊

Dalam bahasa Indonesia dan juga Timur Tengah, almond dinamakan badam. Kata badam dapat pula berarti biji ketapang, yang merujuk pada pohon yang biji buahnya dapat dibuat minyak; ‘ketapang‘, Terminalla catappa

Kalo yang tinggal di daerah pantai di tanah air, pasti ga asing ma biji ketapang, dimana buah-buahnya sering berjatuhan dan berserakan di pasir-pasir tepi pantai di habitat aslinya. Tapi kacang almond bukan biji ketapang ya.. hanya namanya badam aja merujuk ke biji ini yang kebetulan mirip fisiknya 😊

Untuk lebih jelasnya, yuk kita cek fitur almond 😊

Fitur

Almond adalah pohon musim gugur. Tumbuh setinggi 4-10 meter dengan batang berdiameter 30 cm. Ranting muda berwarna hijau pada awalnya, menjadi keunguan dimana terkena sinar matahari, kemudian abu-abu di tahun kedua. Daun panjangnya 8-13 cm dengan margin bergerigi dan tangkai daun 2,5 cm. Bunga berwarna putih pucat merah muda, diameter 3-5 cm dengan 5 kelopak, diproduksi secara tunggal atau berpasangan dan muncul daun di awal musim semi

Bunganya cantik banget, ada yang berwarna putih pucat dengan semburat merah, biasanya ini bunga untuk kacang almond manis, sedangkan bunga yang berwarna merah muda cerah ceria biasanya untuk kacang almond pahit

Panjang buah almond adalah 3,5-6 cm. Dalam istilah botani, ini bukan kacang melainkan buah berbiji. Dalam dunia perdagangan dan boga, almond sering disapa kacang 😊

Selubung luar atau exocarp, berdaging pada anggota Prunus lain seperti prem dan ceri, sebaliknya almond merupakan mantel tebal, kasar, abu-abu-hijau (dengan eksterior berbulu halus) yang disebut lambung. Di dalam lambung adalah cangkang reticulated, keras, kayu (seperti bagian luar lubang persik) yang disebut endocarp. Di dalam cangkangnya ada biji yang bisa dimakan, yang biasa disebut kacang. Umumnya, satu biji hadir, tetapi kadang-kadang dua biji terjadi. Setelah buah matang, lambung membelah dan terpisah dari cangkang dan lapisan absissi terbentuk antara batang dan buah sehingga buah bisa jatuh dari pohon. MasyaAllah alhamdullilah..

Benih-benih Prunus dulcis umumnya manis tetapi beberapa pohon menghasilkan biji yang agak pahit. Basis genetik untuk kepahitan melibatkan gen tunggal, rasa pahit dan juga resesif, kedua aspek membuat sifat ini lebih mudah untuk dijinakkan. Buah-buahan dari Prunus dulcis var. amara selalu pahit, seperti halnya kernel dari spesies lain dari genus Prunus, seperti aprikot, persik dan ceri (meskipun pada tingkat yang lebih rendah)

Bagaimana dengan penyebaran almond ini? Apakah di Indonesia ada juga? Yuk pemirsa kita simak bersama-sama asal dan penyebaran tanaman ini

Asal, Penyebaran dan Produksi

Almond adalah tanaman asli Iran dan negara-negara di sekitarnya. Kemudian disebarkan oleh manusia jaman kuno di sepanjang pantai Mediterania ke Afrika Utara dan Eropa selatan dan ke bagian dunia lain, terutama California, Amerika Serikat. Saat ini, Amerika Serikat merupakan penghasil almond nomor satu seluruh dunia 😊

Bentuk liar almond ditemukan di bagian Levant, perkiraan geografis sejarah ini adalah istilah untuk area yang luas di Timur Mediterania wilayah Asia Barat

Pemilihan jenis manis dan pahit di alam liar menandai dimulainya domestikasi almond. Tidak jelas nenek moyang almond liar mana yang menciptakan spesies pemeliharaan. Spesies Prunus fenzliana mungkin merupakan nenek moyang liar almond yang paling mungkin, sebagian karena asli Armenia dan Azerbaijan barat, dimana ia nampaknya didomestikasi. Spesies almond liar ditanam oleh petani awal, yang pada awalnya tidak sengaja di tumpukan sampah dan kemudian sengaja di kebun mereka

Kacang almond adalah salah satu pohon buah yang dijinakkan paling awal, karena ‘kemampuan petani untuk menumbuhkan almond yang menarik dari biji‘. Saat ini pembiakannya dengan stek dan okulasi

Produksi almond di California terkonsentrasi terutama di Central Valley, di mana iklim ringan, tanah yang kaya, sinar matahari yang berlimpah dan pasokan air yang membuat kondisi pertumbuhan ideal

Dari negara-negara Eropa yang dilaporkan Royal Botanic Garden Edinburgh sebagai budidaya almond, Jerman adalah yang paling utara, meskipun bentuk yang dijinakkan dapat ditemukan sejauh utara seperti Islandia

Spanyol memiliki beragam kultivar almond komersial yang ditanam di wilayah Catalonia, Valencia, Murcia, Andalusia dan Aragon dan Kepulauan Balearic

Australia adalah wilayah produksi almond terbesar di belahan bumi selatan. Sebagian besar kebun almond terletak di sepanjang koridor Sungai mUrray di New South Wales, Victoria dan Australia Selatan

Almond tumbuh baik di negara subtropis. Almond paling baik tumbuh di iklim Mediterania dengan musim panas yang hangat dan kering dan di musim dingin yang basah. Suhu optimal untuk pertumbuhannya adalah antara 15-30°C dan tunas pohon memiliki persyaratan dingin 300-600 jam di bawah 7,2°C untuk memecah dormansi

Kalo di Indonesia bagaimana? Ane belum pernah mendengar ada kebun almond di Indonesia, apalagi sampai memproduksi.. 😊

Kacang almond sangat disukai berbagai kalangan. Ini karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang enak dan lezat. Belum lagi gizinya dan kandungan di dalam almond yang berlimpah yang bermanfaat tidak saja untuk dunia boga melainkan dunia kesehatan ya pemirsa.. bahkan dalam dunia kecantikan 😊

Sebelum melangkah lebih jauh, kita ketahui dulu yuk apa saja sih kandungan yang terdapat pada almond hingga terasa sangat nikmat dan bermanfaat dalam segala aspek 😊

Ini dia kandungan almond beserta nilai nutrisinya

Almond, kacang mentah

Nilai nutrisi per 100 g (3,5 oz)

Energi 2423 kJ (579 kcal)
Karbohidrat 21,6 g
– Pati 0,7 g
– Gula 4,4 g
– Serat pangan 12,5 g
Lemak 49,9 g
– jenuh 3,8 g
– tak jenuh tunggal 31,6 g
– tak jenuh ganda 12,3 g
Protein 21,2 g
– Triptopan 0,214 g
– Threonine 0,598 g
– Isoleusin 0,702 g
– Leusin 1,4888 g
– Lisin 0,580 g
– Mentionin 0,151 g
– Sistin 0,189 g
– Fenilalanin 1,120 g
– Tirosin 0,452 g
– Valine 0,817 g
– Arginin 2,446 g
– Histidin 0,557 g
– Alanine 1,027 g
– Asam aspartat 2,911 g
– Asam glutamat 6,810 g
– Glycine 1,469 g
– Prolin 1,032 g
– Serine 0,948 g
Vitamin
Vitamin A sama sekali 1 mikrogram
– Beta karoten 1 mikrogram
– lutein zeaxantin
Vitamin A 1 IU
Tiamin (Vit B1) 0,211 mg (18%)
Riboflavin (Vit B2) 1,014 mg (85%)
Niasin (Vit B3) 3,385 mg (23%)
Asam pantotenat (B5) 0,469 mg (9%)
Vitamin B6 0,143 mg (11%)
Folat (Vit B9) 50 mikrogram (13%)
Kolin 52,1 mg (11%)
Vitamin C 0,0 (0%)
Vitamin E 25,6 mg (171%)
Mineral
Kalsium 264 mg (26%)
Tembaga 0,99 mg (50%)
Besi 3,72 mg (29%)
Magnesium 268 mg (75%)
Mangan 2,285 mg (109%)
Fosfor 484 mg (68%)
Kalium 705 (15%)
Selenium 2,5 mg (4%)
Sodium 1 mg (0%)
Zink 3,08 mg (32%)
Konstituen lainnya
Air 4,4 g

Keterangan :
– Persentase diperkirakan secara kasar menggunakan rekomendasi AS untuk orang dewasa
– Sumber : Database Nutrisi USDA

Almond mengandung 4% air, karbohidrat 22%, protein 21% dan lemak 50%
Dalam jumlah referensi 100 g, almond memasok 579 kalori
Almond adalah makanan padat nutrisi, yang menyediakan sumber yang kaya (20% atau lebih dari nilai harian, DV) dari vitamin B riboflavin dan niasin, vitamin E dan mineral esensial kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor dan zink
Almond adalah sumber moderat (10-19% DV) dari vitamin B tiamin, vitamin B6 dan folat, kolin dan potasium, mineral esensial.
Mereka juga mengandung serat makanan substantial. Lemak tak jenuh tunggal, asam oleat dan lemak tak jenuh ganda, asam linoleat
Khas dari kacang-kacangan dan biji-bijian adalah almond sumber pitosterol seperti beta-sitosterol, stigmasterol, campesterol, sitostanol dan campestanol
Kacang almond merupakan sumber protein yang baik

Demikianlah kandungan yang terdapat dalam almond.

Kacang almond juga memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang ga kalah hebatnya.. apakah itu.. Ini dia 😊

Minyak almond

Nilai gizi per 100 g

Energi 3,699 kJ (884 kkal)
Lemak 100 g
– Jenuh 8,2 g
– Tidak jenuh tunggal 69,9 g
– Tak jenuh ganda 17,4 g
Omega-3 0
Omega-6 17,4 g
Vitamin
Vitamin E 39,2 mg (261%)
Vitamin K 7,0 g (7%)
Mineral
Besi 0 mg (0%)

Almond merupakan sumber minyak yang kaya dengan 50% masa kering kernel sebagai lemak (lihat tabel nutrisi almond utuh). Sehubungan dengan total massa kering kernel, minyak almond mengandung 32% asam oleat tak jenuh tunggal (asam lemak omega-9), 13% asam linoleat (asam lemak esensial omega-6 tidak jenuh ganda) dan 10% asam lemak jenuh (terutama sebagai asam palmitat). Asam linoleat, lemak omega-3 tak jenuh ganda, tidak ada
Minyak almond adalah sumber kaya vitamin E, memberikan 261% dari nilai harian per 100 ml

Oleum amygdalae, minyak tetap, dibuat dari almond manis atau pahit, dan merupakan gliseril oleat dengan sedikit bau dan rasa pedas. Ini hampir tidak larut dalam alkohol tapi mudah larut dalam kloroform atau eter. Minyak almond diperoleh dari biji almond kering

Ternyata kacang almond yang banyak kandungan bermanfaatnya ini ga kalah hebatnya juga saat dibuat menjadi minyak almond ya.. MasyaAllah alhamdulillah

Nah sekarang yuk kita lihat penggunaannya untuk kuliner hingga kesehatan 😊

Penggunaan

Kuliner

Almond bisa dimakan begitu saja, mentah maupun dipanggang. Nah.. jadi ga salah juga ya kalo ane makan kacang almond secara langsung 😊Almond bisa juga menjadi bagian dari berbagai hidangan.

Almond tersedia dalam berbagai bentuk, seperti utuh, diiris dan menjadi serpihan-serpihan dan sebagai tepung. Potongan almond berukuran sekitar 2-3 mm yang disebut nibs digunakan untuk keperluan khusus seperti hiasan. Almond menghasilkan minyak almond, bisa juga dibuat menjadi mentega almond atau susu almond. Produk-produk ini dapat digunakan dalam hidangan manis dan gurih

Dengan kacang lainnya, almond dapat ditaburkan di atas sarapan dan makanan penutup, khususnya hidangan berbasis muesli atau es krim. Salah satu favorit ane dan suami adalah es krim bertabur kacang almond 😊

Karena persediaan kacang almond kita lumayan banyak sedangkan yang makan hanya kita berdua, ane sampai putar otak enaknya diapain kacang almond ini ya.. Mulailah ane berkreasi dengan memotongnya dalam potongan acak mungil-mungil dan menaburkannya ke agar-agar yang ane buat. Ternyata nyambung juga lho pemirsa. Enak dan nikmat, alhamdulillah 😊

Almond digunakan dalam marzipan, nougat, banyak kue termasuk Jesuites, cookies termasuk macarons (makaroni Perancis) dan kue (termasuk permodal), noghl dan permen lain dan makanan penutup. Selain itu dapat juga digunakan untuk membuat mentega almond, sebaran yang mirip selai kacang, yang populer pada penderita alergi kacang dan karena rasanya yang manis alami.

Buah muda dari pohon almond yang masih muda dapat dimakan utuh (almond hijau) ketika masih hijau dan berdaging di bagian luar dan kulit bagian dalam belum mengeras. Buahnya agak asam, tapi merupakan cemilan yang populer di sebagian Timur Tengah, dimakan dengan dicelupkan ke dalam garam untuk menyeimbangkan rasa asam. Juga di Timur Tengah buah muda ini sering dimakan bersama kurma. Almond hanya tersedia pada pertengahan April hingga pertengahan Juni di belahan bumi utara. Pengawetan atau brining memperpanjang umur simpan buah

Kultivar almond ‘Marcona‘ sangat berbeda dari almond lainnya dan dipasarkan dengan nama. Kernel ini pendek, bundar, relatif manis dan teksturnya halus. Aslinya tidak diketahui dan telah tumbuh di Spanyol dalam waktu yang lama; pohonnya sangat produktif dan cangkangnya sangat keras. Kacang almond ‘Marcona‘ secara tradisional disajikan setelah digoreng ringan dalam minyak dan digunakan oleh manisan Spanyol untuk menyiapkan turron manis yang disebut

Toko makanan alami tertentu menjual ‘almond pahit‘ atau ‘kernel aprikot‘ yang berlabel demikian, yang membutuhkan perhatian besar dari konsumen untuk cara menyiapkan dan memakan produk-produk ini

Ternyata almond ga hanya digunakan kacangnya saja ya untuk dikonsumsi. Kacang almond bisa dibuat susu, tepung almond dan kulit hingga sirup yang galah pentingnya untuk umat manusia dan tentunya penggunaannya dalam kuliner 😊

Susu almond

Almond dapat diolah menjadi pengganti susu yang disebut susu almond. Tekstur kacang yang lembut, rasa yang lembut dan pewarnaan yang ringan (saat dikuliti) menghasilkan produk yang sama dan efisien untuk produk susu. Susu ini merupakan pilihan bebas kedelai bagi orang-orang dan vegan yang tidak toleran terhadap laktosa. Kacang almond mentah, pucat dan dipanggang ringan dengan baik untuk teknik produksi yang berbeda, beberapa di antaranya mirip dengan susu kedelai dan beberapa di antaranya tidak menggunakan panas, menghasilkan ‘susu mentah‘

Tepung almond dan kulit

Tepung almond atau tepung almond yang digabungkan dengan gula atau madu sebagai marzipan sering digunakan sebagai alternatif bebas gluten untuk tepung gandum dalam memasak dan memanggang

Almond mengandung polifenol di kulitnya yang terdiri dari flavonol, flavan-3-ols, asam hidroksibenzoat dan flavanon sama dengan buah-buahan dan sayuran tertentu. Senyawa fenolik dari serat makanan prebiotik kulit almond ini memiliki minat komersial sebagai zat tambahan makanan dan suplemen makanan

Almond sirup

Secara historis, sirup almond adalah emulsi dari almond manis dan pahit, biasanya dibuat dengan sirup barley (sirup orgeat) atau dalam sirup air bunga jeruk dan gula, sering dibumbui dengan aroma sintetik almond. Sirup Orgeat adalah bahan penting dalam Mai Tai dan banyak minuman Tiki lainnya

Karena sianida ditemukan dalam almond pahit, maka sirup modern umumnya hanya diproduksi dari almond manis. Produk sirup seperti ino tidak mengandung kadar asam hidroksianat yang signifikan, sehingga umumnya aman untuk dikonsumsi manusia

Kesehatan

Kacang almond dimasukkan sebagai sumber protein yang baik di antara makanan sehat yang direkomendasikan oleh Departemen Pertanian AS. Tinjauan penelitian klinis tahun 2016 menunjukkan bahwa konsumsi almond secara teratur dapat mengurangi resiko penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah

Selain itu, kandungan vitamin dan mineralnya yang signifikan dapat menjaga kesehatan kulit, tulang hingga mata

Almond merupakan kacang yang cukup aman dikonsumsi. Meski demikian- meski sangat jarang-, almond memiliki potensi alergi pada beberapa orang yang sensitif terhadapnya

Potensi alergi

Almond dapat menyebabkan alergi atau intoleransi. Reaktivitas silang sering terjadi pada alergen persik (protein transfer lipid) dan alergi kacang pohon.

Gejala berkisar dari tanda dan gejala lokal (msalnya sindrom alergi oral, urtikaria kontak) hingga tanda dan gejala sistemik termasuk anafilaksis (misalnya urtikaria, angioedema, gejala gastrointestinal dan pernafasan)

Seperti kebanyakan kacang, kacang almond harus disimpan dengan baik agar tidak menjadi rusak karena terbentuknya jamur yang tidak baik yang sangat membahayakan kesehatan. Beberapa negara melakukan hal yang ketat, bahkan harus dilakukan uji terlebih dahulu sebelum diedarkan ke pasaran, seperti uji alfatoksin

Alfatoksin

Alfatoksin adalah zat yang diproduksi oleh suatu jamur pada kacang-kacangan, termasuk kacang almond ini. Kacang almond rentan terhadap jamur yang memproduksi alfatoksin. Alfatoksin adalah bahan kimia karsinogenik yang kuat yang diproduksi oleh kapang seperti Aspergillus flavus dan Aspergillus parasiticus. Kontaminasi jamur dapat terjadi dari tanah, almond yang sebelumnya penuh dan hama almond seperti cacing pusar-jingga. Tingkat pertumbuhan jamur yang tinggi biasanya tampak seperti filamen seperti abu-abu hingga hitam. Tidak aman untuk memakan kacang pohon yang terinfeksi jamur

Beberapa negara memiliki batasan ketat pada tingkat kontaminasi alfatoksin yang diijinkan dari almond dan memerlukan pengujian yang memadai sebelum kacang dapat dipasarkan kepada warga negara mereka. Uni Eropa, misalnya, memperkenalkan persyaratan sejak tahun 2017 bahwa semua pengiriman almond ke Uni Eropa dijuji untuk alfatoksin. Jika alfatoksin tidak memenuhi peraturan keselamatan yang ketat, seluruh pengiriman dapat diproses ulang untuk menghilangkan alfatoksin atau harus dihancurkan

Pasteurisasi

Ga hanya uji alfatoksin, almond juga ada pasteurisasi seperti di California AS dan pasteurisasi ini wajib. USDA menyetujui proposal oleh Dewan Almond California untuk almond mempastir dijual ke pabrik, setelah menelusuri kasus salmonellosis untk almond. Almond California mentah dan tidak diolah belum tersedia di AS saat itu

California almond berlabel ‘mentah‘ harus dipasteurisasi uap dan diolah secara kimia dengan propilen oksida (PPO). Tapi ini tidak berlaku untuk almond impor atau almond yang dijual dari petani langsung ke konsumen dalam jumlah kecil. Perlakuan juga tidak diperlukan untuk almond mentah yang dijual untuk ekspor di luar Amerika Utara

Semua almond yang ditanam secara komersil dijual sebagai makanan di Amerika Serikat adalah kultivar manis. Badan Pegawas Obat dan Makanan AS melaporkan pada tahun 2010 bahwa beberapa fraksi almond manis terkontaminasi oleh almond pahit. Mengkonsumsi almond semacam itu dapat menyebabkan vertigo dan efek keracunan almond (sianida) pahit yang khas lainnya

Nah, demikianlah pemirsa panjang lebar mengenai kacang almond yang fenomenal ini 😊 Semoga ada manfaatnya untuk kita semua

Sampai jumpa di edisi selanjutnya 😊

 

Bir cevap yazın