Basil, kemangi bule di Austria, bedanya dengan kemangi Indonesia dan manfaatnya

2.373 Views

Bagi emak-emak rumah tangga yang biasa berkutat di dapur, ga bisa dijauhkan dari bumbu-bumbu ya.. terutama bumbu rempah-rempah sebagai ramuan kuliner andalan keluarga

Ga hanya bumbu tanah air, sebagai seorang emak-emak rumah tangga sejati setidaknya bisa juga mengetahui bumbu rempah luar negeri, apalagi di Eropa ya meski kulinernya terkenal dengan bumbu-bumbunya yang minimalis

Jujur aja ane dulunya mana tau ma bumbu-bumbu bule. Karena menetap di Austria, akhirnya ane tau sedikit demi sedikit, meski ga banyak. Nah tapinya karena ane seringkali bertemu mereka di supermarket terutama saat belanja kebutuhan dapur, mau ga mau jadi penasaran dan mulailah mengenal mereka 😊

Ane tertarik dengan dedaunan yang lumayan juga banyak ane temui dimari, baik yang sudah dikeringkan maupun dalam bentuk segar. Satu sama lain agak mirip karena mereka ternyata masih sodaraan 😊Kebanyakan adalah berasal dari keluarga Lamiaceae atau mint

Salah satu dedaunan yang ga pernah absen mewarnai supermarket sepanjang tahun adalah kemangi bule. Lho.. kemangi ada juga di Eropa ya? Apakah sama dengan kemangi yang biasa dikenal di tanah air? Apa rasanya? Bagaimana cara mengolahnya dan penggunaannya dalam kuliner ya?

Ane juga awalnya penasaran banget seperti apa sih kemangi bule itu. Lha kok seperti ini ya.. daunnya hijau segar sedikit mengkilat dan juicy, sementara kemangi Indonesia daunnya agak hijau muda dan kokoh. Kalo berbeda, kenapa namanya sama ya?

Dalam dunia internasional, daun cantik beraroma aromatik ini dinamakan basil. Nah, basil ini juga dinamakan kemangi saat bertanya pada mbah google, kemangi. Lha kok bisa basil yang merupakan bumbu rempah bule ini diterjemahkan mbah google sebagai kemangi? Apakah ada kaitannya dengan kemangi?

Pemirsa penasaran juga? Yuk mari kita eksplor bersama-sama kemangi bule ini.. Dimulai dengan data pribadinya terlebih dahulu ya 😊

Kerajaan : Planta
Memesan : Lamiales
Keluarga : Lamiaceae
Genus : Ocimum
Spesies : Ocimum basilicum

Basil adalah tanaman herba dari genus Ocimum yang memiliki nama latin Ocimum basilicum. Basil terkenal akan kegunaannya dalam ramuan kuliner yang berasal dari keluarga Lamiaceae (mint).

Nama “basil” berasal dari bahasa Latin, basilius, dan Yunani βασιλικόν φυτόν (basilikón phutón), “royal / kingly plant”, mungkin karena tanaman itu diyakini telah digunakan dalam produksi parfum kerajaan. Wow.. hebat juga ya kemangi bisa menjadi parfum kerajaan 😊 Nah, tapinya nama Latin  ini telah dikacaukan dengan basilisk, karena seharusnya menjadi penangkal racun basilisk.

Basil adalah tanaman asli daerah tropis dari Afrika tengah hingga Asia Tenggara akan tetapi sekarang telah sekarang telah menjadi global karena budidaya manusia

Karena tanamannya empuk dan memiliki rasa dan aroma yang khas, maka basil sering digunakan dalam masakan. Ga hanya milik orang Asia dan Afrika dimana tanaman ini berasal, bahkan hingga ke seluruh dunia.

Tergantung pada spesies dan kultivar, daun mungkin terasa agak seperti adas manis, dengan bau yang kuat, menyengat, sering manis, bahkan panas dan pedas juga, meski bukan pedas cabe ya 😊

Basil memiliki lebih dari 60 varietas. Wow.. banyak sekali ya. Kenapa bisa banyak sekali. Ini karena seringnya basil melakukan kawin silang dan menghasilkan hibrida baru. Tentunya ini agak menyulitkan taksonomi

Taksonomi yang tepat dari basil atau kemangi ini tidak pasti karena banyaknya jumlah kultivar, polimorfinya yang siap, dan seringnya penyerbukan silang (menghasilkan hibrida baru) dengan anggota lain dari genus Ocimum dan di dalam spesies. Ocimum basilicum yang memiliki setidaknya 60 varietas semakin memperumit taksonomi.

Banyaknya varietas kemangi ini termasuk beberapa spesies terkait atau hibrida yang juga disebut kemangi. Jenis yang biasa digunakan sebagai rasa biasanya disebut kemangi manis (atau Genovese basil), berbeda dengan kemangi Thailand (O. basilicum var. Thyrsiflora), kemangi lemon (O. × citriodorum), dan kemangi suci (Ocimum tenuiflorum). Sementara sebagian besar varietas kemangi diperlakukan sebagai tanaman semusim, beberapa abadi di iklim tropis yang hangat, termasuk kemangi suci dan kultivar yang dikenal sebagai “kemangi biru Afrika”.

Meski begitu, untuk membedakan antara kemangi bule dengan kemangi Indonesia yang lumayan kesohor itu ga sulit kok

Untuk lebih jelasnya, kita telusuri satu persatu keturunannya ya, kemudian bisa kita dapatkan ciri khas fisiknya 😊

Kebanyakan kemangi adalah kultivar kemangi.

Kultivar kemangi

Adas basil, basil Licorice atau basil Persia (O. basilicum ‘Licorice’)
Cinnamon basil (Ocimum basilicum ‘Cinnamon’)
Dark opal basil (Ocimum basilicum ‘Dark Opal’)
Daun selada (Ocimum basilicum ‘Crispum’)
Basil ungu (Ocimum basilicum ‘Purpurescens’)
Rubin basil (Ocimum basilicum ‘Rubin’)
Globe basil, basil kerdil, basil Perancis (Ocimum basilicum ‘Minimum’)
Kemangi Thailand (Ocimum basilicum thyrsifolium)

Hibrida

Kemangi biru Afrika (Ocimum basilicum X O. kilimandscharicum)
Spice basil (Ocimum basilicum X O. americanum), yang terkadang dijual sebagai basil murni
Lemon basil (Ocimum basilicum X O. americanum)

Spesies serupa

Kemangi kamper, kemangi Afrika (O. kilimandscharicum)
Kemangi cengkeh, juga kemangi Afrika (Ocimum gratissimum)
Holy basil (Ocimum tenuiflorum, sebelumnya dikenal sebagai O. sanctum)

Kultivar lainnya

Beberapa kemangi lain, termasuk beberapa spesies Ocimum lainnya, ditanam di banyak wilayah Asia. Sebagian besar kemangi Asia memiliki rasa seperti cengkeh yang, secara umum, lebih kuat dari kemangi Mediterania, seperti tulsi.

Dari sini bisa kita cek yang mana sih kemangi tanah air? Ternyata merupakan kemangi hibrida (Ocimum x africanum) dari spesies Ocimum basilicum yang melakukan kawin silang dengan Ocimum americanum yang menghasilkan lemon basil 😊 Lemon basil yang juga bernama kemangi hoary atau kemangi lemon Thailand atau kemangi Lao memiliki aroma. Sesuai namanya, aroma kemangi ini dengan aroma lemon ini sangat berbeda dengan varietas lainnya karena mengandung bahan kimia yang disebut citral. Nah, kemangi jenis inilah yang banyak digunakan di Indonesia, di mana dia juga disebut kemangi.

Kemangi yang biasa tumbuh di Indonesia ternyata juga berbeda dengan kemangi yang tumbuh di Eropa, selain dari aromanya juga fisiknya, dimana daunnya lebih kokoh dan runcing 😊

Basil adalah tanaman herba tahunan, atau terkadang abadi, yang biasa digunakan daunnya. Tergantung pada varietasnya, tanaman dapat mencapai antara 30 cm (0,98 kaki) dan 150 cm (4,9 kaki).
Daunnya kaya hijau dan bulat telur, tetapi sebaliknya datang dalam berbagai ukuran dan bentuk tergantung pada kultivar. Ukuran daun berkisar antara 3 cm (1,2 in) sampai 11 cm (4,3 in), dan antara 1 cm (0,39 in) dan lebar 6 cm (2,4 in).


Basil tumbuh menjadi akar pohon tunggang yang tebal.
Bunganya kecil dan putih, dan tumbuh dari perbungaan pusat yang muncul dari batang pusat di atas tanaman

Berbagai basil memiliki aroma yang berbeda karena ramuan memiliki sejumlah minyak esensial yang berbeda dalam proporsi yang berbeda untuk berbagai kultivar.
Minyak esensial dari kemangi Eropa mengandung linalool dan metil chavicol (estragole) dalam konsentrasi tinggi, dalam perbandingan sekitar 3: 1.  Konstituen lain termasuk: 1,8-cineole, eugenol, dan myrcene. Aroma cengkeh kemangi manis berasal dari eugenol.  Profil aroma kemangi termasuk 1,8-cineole dan metil eugenol

Penanaman

Kebanyakan kemangi kuliner dan hias adalah kultivar spesies Ocimum basilicum, tetapi spesies lain juga tumbuh dan ada banyak hibrida antar spesies. Secara tradisional tanaman hijau, beberapa varietas, seperti ‘Purple Delight’ memiliki daun yang tampak ungu.

Kemangi tumbuh dengan tinggi antara 30–130 cm (12–51 in), dengan hijau daun berlawanan, hijau lembut, 3–11 cm (1,2–4,3 in) yang panjang dan lebar 1-6 cm (0,39–2,36 in).

Bunganya kecil, berwarna putih dan diatur dalam lonjakan terminal. Tidak seperti di antara keluarga Lamiaceae, keempat benang sari dan putik tidak didorong di bawah bibir atas mahkota, tetapi berbaring di bibir inferior. Setelah penyerbukan entomophilous, corolla jatuh dan empat achene bulat berkembang di dalam kelopak bilabiate.

Basil peka terhadap dingin, dengan pertumbuhan terbaik dalam kondisi panas dan kering. Berperilaku sebagai tahunan jika ada kemungkinan salju. Makanya jika diletakkan di dalam ruangan akan nampak kalem, sesuai dengan perilakunya. Nah, tapinya kalo sudah begini, jangan coba-coba kemangi bule diletakkan di luar ruangan saat musim dingin ya.. Ngambek dia.

Namun, karena popularitasnya, kemangi dibudidayakan di banyak negara di dunia.

Area produksi meliputi negara-negara di wilayah Mediterania, yang berada di zona beriklim sedang, dan lainnya di iklim subtropis.

Di Eropa Utara, Kanada, negara bagian utara AS, dan Pulau Selatan Selandia Baru akan tumbuh paling baik jika ditanam di bawah kaca dalam pot gambut, kemudian ditanam pada akhir musim semi/awal musim panas (ketika ada sedikit peluang embun beku). Selain itu, mungkin ditaburkan di tanah begitu kesempatan es sudah lewat. Ini adalah saat terbaik dalam eksposur cerah, berdrainase baik.

Meskipun kemangi tumbuh paling baik di luar ruangan, kemangi dapat ditanam di dalam ruangan dalam pot. Seperti kebanyakan bumbu lainnya, akan paling baik diletakkan di ambang jendela yang menghadap matahari. Akan tetapi harus dijauhkan dari angin yang sangat dingin ya

Kemangi juga tumbuh paling baik di bawah sinar matahari yang kuat. Rumah kaca atau penutup baris sangat ideal jika tersedia. Namun, basil juga merupakan tanaman tangguh yang dapat ditanam bahkan di ruang bawah tanah dan di bawah lampu neon. Wow..

Jika daunnya layu karena kekurangan air, ia akan pulih jika disiram secara menyeluruh dan diletakkan di lokasi yang cerah. Daun kuning ke arah bagian bawah tanaman merupakan indikasi bahwa tanaman tersebut telah tertekan; biasanya ini berarti membutuhkan lebih sedikit air, atau lebih sedikit atau lebih banyak pupuk.

Di iklim yang lebih cerah seperti Eropa Selatan, negara bagian selatan AS, Pulau Utara Selandia Baru, dan Australia, kemangi akan tumbuh subur ketika ditanam di luar. Ini juga tumbuh subur selama musim panas di Amerika Serikat bagian tengah dan utara, tetapi mati ketika suhu mencapai titik beku. Makanya jangan biarkan kemangi berlama-lama di luar ruangan apalagi saat musim panas berganti. Meski begitu, kemangi yang dibiarkan di luar ruangan dimana suhu mencapai titik beku, akan tumbuh kembali tahun depan jika dibiarkan benih. Akan tetapi membutuhkan penyiraman secara teratur, meski tidak sebanyak yang dibutuhkan di iklim lain.

Kemangi juga dapat diperbanyak dengan andal dari stek dengan batang stek pendek ditangguhkan selama dua minggu atau lebih di dalam air sampai akar berkembang. Saat akar berkembang, pindahkan ke pot dimana telah tesedia tanah sebagai media tumbuhnya

Kemangi kampung dari tanah air malah lebih mudah tumbuhnya. Hanya ditaburi biji dari bunganya yang kering di atas tanah, kemangi tumbuh dengan bahagia 😊

Setelah batang menghasilkan bunga, produksi dedaunan berhenti pada batang itu, batang menjadi berkayu, dan produksi minyak esensial menurun. Untuk mencegah hal ini, penanam kemangi dapat mencabut batang bunga sebelum benar-benar matang. Karena hanya batang yang mekar yang terpengaruh, beberapa batang dapat dicubit untuk produksi daun, sementara yang lain dibiarkan mekar untuk hiasan atau biji.

Setelah tanaman dibiarkan berbunga, dapat menghasilkan polong biji yang mengandung biji hitam kecil, yang dapat disimpan dan ditanam pada tahun berikutnya. Mengambil daun dari tanaman membantu mendorong pertumbuhan, terutama karena tanaman merespons dengan mengubah pasangan selebaran di sebelah daun paling atas menjadi batang baru.

Basil sangat direkomendasikan sebagai tanaman pendamping tomat. Klaim umum adalah bahwa kemangi dapat mencegah hama atau meningkatkan rasa tomat. Namun, dalam uji rasa double-blind, kemangi tidak secara signifikan mempengaruhi rasa tomat ketika ditanam berdekatan dengannya.

Penyakit

Kemangi menderita beberapa patogen tanaman yang dapat merusak tanaman dan mengurangi hasil panen. Layu Fusarium adalah penyakit jamur yang ditularkan melalui tanah yang akan dengan cepat membunuh tanaman kemangi yang lebih muda. Bibit dapat dibunuh oleh Pythium redaman. Penyakit daun basil yang umum adalah jamur abu-abu yang disebabkan oleh Botrytis cinerea; dapat menyebabkan infeksi pasca panen dan mampu membunuh seluruh tanaman. Bintik hitam dapat dilihat pada dedaunan kemangi dan disebabkan oleh genus jamur Colletotrichum. Jamur berbulu halus yang disebabkan oleh Peronospora belbahrii adalah penyakit yang signifikan, seperti yang pertama kali dilaporkan di Italia pada tahun 2004 dan dilaporkan di Amerika Serikat pada tahun 2007 dan 2008.

Bakteri non-patogen yang ditemukan pada kemangi termasuk spesies Novosphingobium.

Kandungan basil

Sekarang yuk kita simak kandungan yang terdapat dalam basil

Basil segar

Nilai gizi per 100 g (3,5 ons)

Energi 94 kJ (22 kkal)
Karbohidrat 2,65 g
Serat makanan 1,6 g
Lemak 0,64 g
Protein 3,15 g

Vitamin
Vitamin A sama sekali 264 ug
beta karoten  3142 ug
Tiamin (B1) 0,034 mg
Riboflavin (B2) 0,076 mg
Niacin (B3) 0,902 mg
Asam Pantotenat (B5) 0,209 mg
Vitamin B6 0,155 mg
Folat (B9) 68 μg
Kolin 11,4 mg
Vitamin C 18,0 mg
Vitamin E 0,80 mg
Vitamin K 414,8 μg

Mineral
Kalsium 177 mg
Tembaga 0,385 mg
Zat besi 3,17 mg
Magnesium 64 mg
Mangan 1,148 mg
Fosfor 56 mg
Kalium 295 mg
Selenium 0,3 μg
Sodium 4 mg
Seng 0,81 mg

Jumlah konstituen lainnya
Air 92,06 g

Nah demikianlah kandungan nutrisi yang terdapat dalam basil. Ga hanya vitamin dan mineral, basil juga mengandung minyak essensial seperti linalol, estragol, eugenol dan myrcine

Dengan melihat banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam basil, belum lagi minyak atsiri dan kandungan berkhasiat lainnya, ga heran kalo basil digunakan dalam kuliner di seluruh dunia. Ga hanya kuliner, basil juga dimanfaatkan dalam pengobatan dan mengusir serangga

Yuk pemirsa kita simak penggunaan basil ini

Penggunaan

Kuliner

Kemangi paling umum digunakan dalam resep. Secara umum, kemangi ditambahkan pada saat terakhir, karena memasak dengan cepat menghancurkan rasa. Ramuan segar dapat disimpan dalam waktu singkat di dalam kantong plastik di lemari es, atau untuk waktu yang lebih lama di dalam freezer, setelah direbus dengan cepat dalam air mendidih. Ramuan kering juga kehilangan sebagian besar rasanya, dan sedikit rasa yang tersisa rasanya sangat berbeda, dengan rasa kumarin yang lemah, seperti jerami.

Di Eropa, basil adalah salah satu bahan utama pesto, yaitu saus minyak dan ramuan hijau Italia. Dalam masakan Italia seperti pasta, basil segar juga ga jarang dimasukkan untuk menambah cita rasa
Bagaimana di Mediterania?
Kultivar kemangi Mediterania yang paling umum digunakan adalah “Genovese”, “Purple Ruffles”, “Mammoth”, “Cinnamon”, “Lemon”, “Globe”, dan “African Blue”.
Orang Cina juga menggunakan kemangi segar atau kering dalam sup dan makanan lainnya.
Di Taiwan, orang menambahkan daun kemangi segar ke sup kental. Mereka juga makan ayam goreng dengan daun kemangi yang digoreng. Kemangi (paling umum kemangi Thailand) biasanya direndam dalam krim atau susu untuk menciptakan rasa yang menarik dalam es krim atau cokelat (seperti truffle). Daun bukan satu-satunya bagian dari kemangi yang digunakan dalam aplikasi kuliner, kuncup bunga memiliki rasa yang lebih halus dan dapat dimakan.

Saat musim panas ane memiliki tanaman basil hingga berakhirnya musim gugur. Saking lebatnya, ane bingung enaknya diapain ya nih basil 😊Kalo ditumis ga mungkin kali ya karena mereka bukan sayuran tapi lebih tepat masuk dalam keluarga bumbu meski daun-daunnya sangat ranum dan segar

Pernah ane masukin ke kuah sayur bening bayam. Cukup satu dua helai daun dah terasa segar banget. Kemudian ane bereksperimen dengan memasukkannya dalam bentuk irisan ke dadar telur berteman bumbu lainnya seperti cabe, bawang merah goreng dan bawang putih. Ternyata hasilnya sangat fantastis lho pemirsa 😊

Ada keinginan dibuat lalap juga atau dimasukkan ke dalam salad. Tapi hanya tahan dua tiga helai 😊

Bagaimana dengan di Indonesia? Basil atau kemangi yang digunakan dalam kuliner di Indonesia ternyata ga sama dengan kemangi dalam kuliner bule lho.. Di Indonesia, kemangi yang kerap digunakan adalah lemon basil, yang sapa diakrab dengan kemangi. Nah, kemangi lemon ini sama dengan yang digunakan dalam kuliner Thailand yang dimakan seperti lalap. Namanya juga masih se Asia ya, tetangga pula 😊
Lemon basil biasa disajikan mentah bersama dengan kubis mentah, kacang hijau, dan mentimun sebagai iringan ikan goreng atau ayam goreng atau bebek. Istilahnya lalapan😊 Rasanya lumayan pedas dan panas sekaligus segar, tapi bukan pedasnya cabe ya 😊


Ga hanya daunnya, bunganya juga dimanfaatkan. Ketika putus, bumbunya dijadikan bumbu salad zesty.

Apakah cukup dengan daun dan bunganya saja? Ternyata tidak.. Biji kemangi pun bisa dimanfaatkan. Wow..

Ketika direndam dalam air, biji dari beberapa varietas kemangi menjadi agar-agar, dan digunakan dalam minuman dan makanan penutup Asia seperti faluda, sharbat-e-rihan, atau hột é.

Tapi ane belum pernah nyoba tuh 😊

Obat tradisional

Dalam praktik pengobatan tradisional, seperti Ayurveda atau pengobatan tradisional Tiongkok, kemangi dianggap memiliki sifat terapeutik.
Kalo kemangi Indonesia, selain bikin tubuh segar, juga dipercaya bisa menghilangkan bau badan 😊

Pengusir serangga

Studi penelitian tentang minyak atsiri menunjukkan sifat antijamur dan penolak serangga, termasuk potensi toksisitas terhadap nyamuk.

Ternyata banyak sekali manfaat dari basil alias kemangi ini ya pemirsa..

Bagaimana.. pemirsa suka jugakah kemangi? Kemangi apa yang pemirsa suka, kemangi bule alias basil atau kemangi asli Indonesia alias lemon basil?

Semua sama-sama berguna dan menyenangkan ya pemirsa. Tinggal pilih sesuai selera

Nah, demikianlah pemirsa edisi kali ini mengenai basil

Sampai jumpa lagi

 

 

Bir cevap yazın