Mengunjungi Zoo Schmiding di Schloss Schmiding, sebuah kastil di Austria di musim gugur

71 Views

Musim gugur adalah musim yang berwarna karena dedaunan yang berwarna-warni lebih dari biasanya. Ini disebabkan musim gugur yang kekurangan pasokan sinar matahari, sehingga yang tadinya zat hijau daun klorofil mendominasi tereliminasi digantikan dengan zat warna atau pigmen lainnya, yang memberikan warna-warni ceria

Di saat-saat begini paling asyik keluar rumah menikmati pemandangannya ya.. kemana aja.. dari sekitar rumah hingga tepi jalan di sepanjang jalan semerbak berwarna-warni

Saat suami memiliki waktu senggang, biasanya selalu bikin suprais ane yang bikin ane ga sempat mikir, suami langsung nanya kemana kita hari ini? Ditanya begitu ane semangat dong.. wah senangnya melihat dunia luar. Saking senangnya, ga sempat mikir ane menyerahkan keputusan ke suami, kemana aja terserah 😊

Ane ga muluk-muluk, ke tempat yang berwarna-warni aja ga apa-apa, ke hutan juga oke 😊Ini karena ane lihat dari rumah, hutan nun jauh di sana nampak berwarna-warni

Awalnya kita mau ke Traunsee lanjut Hallstatt atau ke Attersee lanjut ke Hallstatt, tapi karena jarak tempuh dari rumah lumayan jauh ditambah lagi malam yang semakin cepat datang, akhirnya kita ke Zoo Schmiding aja yang hanya memakan waktu setengah jam aja dari rumah

Nah ini juga awalnya ane ga mau, karena yang ada di pikiran ane hewan-hewan adanya. Lagian deket dari rumah, kita bisa kapan aja dimari. Tapi akhirnya ane sepakat, semoga nemu yang indah-indah di sana ya.. Lha iya, kan katanya kemana aja ok 😀

Ternyata memang indah banget pemirsa. Ga hanya nemu hewan-hewan yang cantik, lucu dan menggemaskan sekaligus serem-serem manjah, tapi lanskapnya sangat memikat hati. Apalagi di musim gugur ini, kebun binatang yang sangat luas ga hanya berpenghuni para hewan saja, akan tetapi pepohonan dan tanaman yang berwarna warni efek musim gugur.

Ane jadi pengen kemari lagi di musim semi atau musim panas nanti, pasti semakin seru ya.. ada bunga mekar dimana-mana, buah-buah ranum dimana-mana. Wah 😊

Area ini meliputi area terbuka dan tertutup. Area terbuka seperti habitat hewan-hewan penghuni kebun binatang, baik berupa hutan yang super luas maupun danau dan pulau buatan, taman yang dipenuhi dengan pepohonan serta taman bermain untuk anak-anak. Sedangkan area tertutup alias di dalam ruangan, seperti Aquazoo, Tropenhaus serta museum

Nah ini dia profil area yang kita kunjungi

Zoo Schmiding atau Kebun Binatang Schmiding adalah suatu area yang mencakup kebun binatang itu sendiri, Aquazoo, Aquarium serta museum yang terletak di Schloss Schmiding, sebuah kastil di negara bagian Austria yaitu Oberösterreich atau Austria Atas.  Zoo Schmiding dibuka di akhir tahun 1960-an. Wah.. dah lama sekali ya 😊

Asal usul kebun binatang ini berasal dari taman burung terbesar di Eropa, Vogelpark Schmiding, yang membuka gerbang pada tahun 1982. Kebun binatang ini juga menampilkan kandang burung terbesar di dunia dengan luas 25.000 m³

Kebun binatang ini juga mencakup akuarium, der Aquazoo, yang merupakan akuarium laut terbesar di Austria. Wow.. seru ya 😊

Nah ini dia sempat mengecoh ane. Awalnya ane kira Aquazoo itu tempatnya para ikan. Saat pertama kali masuk, ane senang dan harap-harap cemas bakal berjumpa dengan ikan-ikan cantik ini. Lha tapi kok sepanjang perjalanan yang ada hanya bangsa serangga bahkan kecoak ya..

Suami yang melihat aksi ane yang diam aja ga lincah langsung nanya, kok ga foto-foto. Ane mah begitu, kalo belum dapat momen yang tepat memang seperti pendiam banget orangnya 😊

Nah yang agak terhibur adalah saat ada rombongan kupu-kupu cantik berikut profilnya di dinding kandang yang terbuat dari kaca bening . Mulailah ane bersemangat dan foto-foto

Karena di dalam area ini memiliki banyak ruang dan sangat luas ditambah kita ga memiliki pemandu, kita jadinya asal aja memasuki ruangan. Mengikuti petunjuk arah dan sedikit perasaan 😊

Tapi semangat berfoto ane sempat terhenti lagi saat tiba ke lokasi museum. Museum ini belum lama dibuka. Tepatnya pada tahun 2017, museum yang bernama lengkap Evolusionary Museum Schmiding, yang mengulas evolusi manusia dibuka di sebelah Aquazoo. Area ini sepi pengunjung. Mungkin rada serem ya 😊Ada replika kuburan dan ketua suku dan lain-lain. Ada juga kisah evolusi manusia mulai dari kera hingga menjadi manusia utuh. Tapi ane ga percaya.. ga sudilah ya kita manusia bernenek moyang kera 😀

Nah, yang rada menenangkan hati, ada berbagai agama diulas, dari agama samawi hingga agama buatan. Agama Islam pun turut dibahas dan benar adanya

Aaaih ternyata di sini ada juga menampilkan berbagai batuan yang cantik-cantik lho. Seneng banget ane.. Sayang ga banyak koleksinya

Seneng ane bertambah saat benar-benar melihat aquarium, bertemu dengan ikan-ikan cantik beraneka warna 😊 Saat kita ke lantai atas, eh ketemu lagi aquarium. Ternyata aquarium bawah tersambung ke aquarium atas. Tapi kali ini ikan-ikannya berbodi jumbo, sangat jumbo hingga lebih dari semeter panjangnya dan bermimik sangat serius. Bandingkan dengan penghuni aquarium yang kita lihat sebelumnya, yang imut-imut cantik manjah 😊

Di sini sempat-sempatnya ada kafe lho.. kafe yang menjual berbagai makanan dan minuman ringan. Jadi pengunjung yang capek bisa beristirahat sambil makan minum dan menikmati pemandangan di dalamnya. Serunya, ada kandang terbuka buat para monyet mungil yang berkeliaran kian kemari, tapi jinak-jinak merpati. Kebayang kan suasananya seperti apa..

Akhirnya kita keluar juga dari dalam ruangan dan melihat area terbuka. Area ini lumayan luas. Ane mengikuti aja kemana suami pergi. Melihat berbagai hewan, dari yang imut-imut hingga menyeramkan, dari yang seumur hidup baru kali ini ane melihat secara nyata seperti flaminggo, badak hingga ceetah

Ada kandang yang didesain tertutup agar hewan-hewan ga melarikan diri seperti sekawanan monyet mungil ada juga kandang yang hanya berupa padang luas lengkap dengan pepohonan rindang. Nah ini dia serunya, kandang-kandang hewan ini hanya dipagari setinggi pinggang ane lho.. apa ga seram-seram manjah tuh.. Gimana kalo ceetah tiba-tiba melompat ya. Mana pengunjung dekat kurang dekat lagi menamdangnya. Tapi hewan ini hanya duduk manja di bawah pohin willow yang rindang, sesekali berjalan mengitari area. Sepertinya mengerti akan kehadiran manusia dan menjadi pusat perhatian ya..

Karena saat kita kemari masih musim gugur, suasana pemandangan menjadi sangat indah. Danau mungil yang susut airnya nampak kebiruan diterpa sinar matahari, belum lagi di sekelilingnya pepohonan dan tanaman yang beraneka warna menambah keindahan area ini. Eh ternyata ini tempatnya hewan unggas lho. Saat ane zoom, nampak rombongan hewan unggas dengan segala aktivitasnya di pinggir danau. Ini seperti pulau kecil untuk tempat tinggal mereka tapi sungguh indah dipandang mata

Jangan ditanya antusiasnya ane berfoto ria. Untung hp dah dilengkapi dengan kartu memori, biar ribuan foto dibikin hpnya InsyaAllah aamiin ga ngambek lagi 😊

Ternyata ga hanya ane lho. Pengunjung pun ga kalah anusiasnya berfoto ria seperti ane. Bahkan ada yang selfi dan siaran langsung segala..

Pengunjung dari berbagai usia, tua muda hingga balita turut berbahagia menikmati keindahan area dengan luas 16 hektar, dari total luas 32 hektar ini. Wah.. seru banget ya..

Sekian pemirsa edisi kali ini mengenai Zoo Schmiding,area kebun binatang termasuk Aquazoo dan museum yang ada di bekas kastil di negara bagian Austria yaitu Austria Atas ini

Sampai berjumpa lagi

Bir cevap yazın