Tomat, tanaman tropis yang tetap eksis di musim gugur di Austria

116 Views

Bercocok tanam di negara empat musim tidaklah semudah seperti bercocok tanam di negara tropis, dimana kita bisa bercocok tanam kapan saja. Kita harus mengetahui apa yang dimau tanaman yang akan kita pelihara, karakteristik dan sifat-sifatnya, termasuk waktu tanam dan hidup yang tepat. Ga bisa kita memaksakan menanam suatu tanaman yang memang bukan habitatnya. Kalopun bisa, mungkin perlu ekstra perjuangan, ga hanya dari tanaman itu sendiri tapi juga tuannya sebagai orang yang bertanggungjawab menanam dan memeliharanya 😊

Seperti kangkung. Akhir musim panas kemarin ane menanam kangkung lagi setelah penanaman pertama kali usai dengan 4 kali panen 😊 Awalnya cantik banget, tumbuh dengan 4 daun sejatinya nongol ke dunia. Ga lama suhu semakin menurun, kangkung ane yang sedang dalam masa pertumbuhan ngambek ga tahan dingin. Daunnya keriting, lama-lama mati. Kemudian ane coba menanam di dalam rumah. Ga nyangka tumbuh hanya 3 hari setelah bijinya dibenamkan ke tanah. Tapi ya itu dia, lagi-lagi karena memang bukan habitatnya, tumbuh sangat lambat setelah awalnya berkecambah dan tumbuh pesat

Begitu juga tanaman rosela ane. Menjelang akhir musim panas kemarin tanaman tropis yang berasal dari benua Amerika ini mulai belajar berbunga. Apalah daya sinar matahari mulai enggan bersinar efek memasuki musim gugur, sementara untuk berbunga memerlukan nutrisi termasuk sinar matahari ini. Akibatnya saat sedang menggebu-gebunya tumbuh terpaksa tersendat karena tidak didukung lingkungan sekitar. Ibarat bunga, layu sebelum berkembang

Ane berusaha membantunya semampu ane, mulai dari menambah tanah dan menggemburkannya, menyiramnya dengan hati-hati dan memasukkannya ke dalam rumah agar mendapatkan kehangatan. Tapi ya itu dia.. karena sifatnya yang memang suka sinar matahari, meski digenjot ini itu tetap ga bergeming. Musim gugur menjadi masa beristirahatnya dengan merontokkan seluruh daunnya. Urung deh berbunga 😉

Nah lain lagi dengan kisah tanaman tomat ane yang juga ane tanam sejak musim panas kemarin. Meskipun sama-sama berasal dari bagian tropis benua Amerika, tapi tomat fleksibel saat ditanam di negara Eropa, pun di musim gugur.

Di musim gugur ini tanaman tomat ane tetap eksis, tumbuh dan berbunga untuk kemudian berbuah, meski ga sepesat saat musim panas kemarin. Malah satu tanaman tomat ane berbuah untuk kedua kalinya 😊 Eh, padahal tomat adalah tanaman semusim lho.. yang umurnya pendek yang hanya sekali berbuah kemudian mati

Aaa.. jadi pengen mengenal tanaman ini lebih dalam. Penasaran ane, padahal tomat ga asing di Indonesia ya 😊Tetap aja ane pengen mengenalnya lebih dalam, terutama yang berkaitan dengan kehidupannya di Eropa (baca: Austria) ini

Yuk pemirsa mari kita telusuri sama-sama, dimulai dari data pribadinya terlebih dahulu ya 😊

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae
Ordo : Solanales
Famili : Solanaceae
Genus : Solanum
Spesies : S. lycopersicum
Nama binomial :
Solanum lycopersicum
L
Sinonim :
Lycopersicon lycopersicum
Lycopersicon esculentum

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, berkerabat dengan cabe, kentang, terung dan kawan-kawan. Tomat merupakan tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru.

Kata tomat berasal dari kata bahasa Yunani Nahuatl, tomatl

Menurut tulisan karangan Andrew F. Smith ‘The Tomato in America‘, tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia. Spanyol juga membawa tomat ke Eropa. Tanaman ini tumbuh dengan baik di wilayah beriklim Mediterania

Sekarang yuk kita simak deskripsi tomat

Tinggi pohon

Tanaman tomat adalah tanaman merambat yang memiliki batang lemah yang tergeletak dan biasanya membutuhkan dukungan atau penyangga. Mereka biasanya dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Wow.. tinggi sekali ya.. Ini sempat bikin ane kaget lho.. karena beberapa tanaman tomat ane juga tumbuh tinggi, hampir setinggi ane 😊

Ini pertama kalinya ane menanam tomat dengan tubuh yang tinggi banget. Sepertinya ini tomat jumbo, seperti yang pernah ane temui pada tomat tetangga yang sebuahnya lebih dari genggaman ane. Memang benar mereka memerlukan penyangga karena mereka ga cukup kuat menopang tubuh mereka sendiri

Meski demikian, ada beberapa kultivar yang dihasilkan dengan pohon yang tumbuh tegak, tidak lemah gemulai. Untuk tomat ceri, dengan buahnya yang mungil seukuran kelereng, tingginya ga seberapa, berkisar 40 cm. Tomat ceri cukup kuat hingga ga perlu penyangga

Tanaman semusim

Tanaman tomat adalah tanaman perennial atau abadi di habitat aslinya, tapi dibudidayakan sebagai tanaman annual atau tanaman tahunan atau semusim. Kalo ane, saking sayangnya pada tanaman tomat, setelah berbuah ane tetap berharap mereka tumbuh terus. Kan pada dasarnya mereka adalah tanaman abadi di habitat aslinya ya.. boleh dong ane berharap.. Asik kan ane bisa menikmati keindahan mereka paling ga setahun 2 tahun 😊

Pada beberapa kultivar, ada yang dibudidaya bukan semusim. Di rumah kaca, meski jarang, ada kultivar yang tumbuh hingga 3 tahun

Warna buah

Tumbuhan ini memiliki buah berwarna hijau, kuning dan merah yang biasa dipakai sebagai sayuran dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Ini karena tomat merupakan sumber rasa umami atau gurih, makanya tomat masuk ke dalam sayuran, tapi secara botani tomat adalah buah

Ukuran tomat

Ukuran tomat bervariasi sesuai dengan kultivarnya, dengan kisaran lebar 1,3 hingga 10,2 cm. Sesuai deh dengan tomat jumbo yang biasa ane jumpai di supermarket 😊

Daun

Sebagian besar tanaman tomat memiliki daun majemuk dan disebut tanaman daun biasa, tetapi beberapa kultivar memiliki daun sederhana yang dikenal sebagai gaya daun kentang karena kemiripannya dengan kerabat tersebut

Daun tomat memiliki panjang 10-25 cm, meyirip ganjil, dengan 5 sampai 4 selebaran di petioles, masing-masing hingga 8 cm panjangnya, dengan margin bergerigi. Baik batang maupun daunnya memiliki kelenjar berbulu lebat

Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan terung yang mengandung alkaloid

Bunga

Bunga tomat yang berwarna kuning cerah ini muncul pada meristem apikal, memiliki anter menyatu di sepanang tepi, membentuk kolom yang mengelilingi gaya putik. Bunganya berukuran 1-2 cm berwarna kuning dengan lima lobuslancip pada mahkota. Mereka ditanggung dalam cyme dari 3 sampai 12 bersama-sama

Tanaman tomat yang masuk dalam keluarga Solanaceae ini memiliki banyak sekali spesies, baik yang asli maupun yang telah mengalami kawin silang bahkan rekayasa genetika. Dari sekian banyak spesiesnya, ada beberapa kultivarnya yang terkenal yang dibudidayakan dan diperdagangkan

Terhitung ada ratusan kultivar tomat yang dibudidayakan dan diperdagangkan. Pengelompokan hampir selalu didasarkan pada penampilan atau kegunaan buahnya

Berdasarkan penampilan

Terdapat buah tomat dengan kisaran warna dari hijau ketika masak, kuning, jingga, merah, ungu (hitam) serta belang-belang

Dari ukuran dan bentuk, tomat dikelompokkan sebagai berikut:

Granola
Bentuknya bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencakup yang biasanya dikenal dengan tomat buah (karena dapat dimakan langsung)

Gondol
Bentuknya lonjong oval, biasanya dibuat saus
Kultivar ini biasanya yang ditanam di Indonesia yaitu Gondol Hijau dan Gondol Putih dan keturuann dari kultivar impor Roma
Tomat buah masuk dalam kultivar ini juga

Sayur
Ini adalah tomat dengan buah yang biasanya padat dan dipakai untuk diolah dalam masakan

Ceri
Biasa juga disebut tomat ranti adalah tomat yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang

Berdasarkan kegunaan

Orang mengenal tomat buah, tomat sayur serta tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, fungsi tomat merupakan klasifikasi dari buahmaupun sayuran, meskipun struktur tomat adalah struktur buah

Dengan perkembangan pengetahuan, sekarang tomat tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan melainkan juga sudah dikenal luas untuk kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya akan kandungan vitamin C

Demikianlah deskripsi tomat, selanjutnya bagaimana menanam tomat ya?

Menanam tomat tidaklah sulit. Cara menanam tomat adalah dengan cara disemai lebih dahulu setelah tumbuh empat daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Panen dimulai usia 9 minggu setelah tanam selanjutnya setiap 5 hari

Bagaimana membudidayakan tomat di negara Eropa (baca: Austria)? Untuk skala emak-emak rumah tangga seperti ane, jangan dibayangkan membudidayakannya seluas padang ilalang ya😊Cukup menanamnya di pot-pot kembang. Istilah budidaya cenderung ke skala luas, untuk kebutuhan komersil

Nah, agar ga asal tanam, kita terlebih dahulu mengetahui tanaman tomat adalah tanaman semusim atau abadi. Tomat adalah tanaman abadi, tapi dibudidaya sebagai tanaman semusim

Tanaman abadi adalah tanaman yang hidup lebih dari dua tahun. Istilah perennial ini sering digunakan untuk membedakannya dengan tanaman semusim dan dua tahunan yang berumur pendek

Tanaman annual adalah tanaman yang melengkapi siklus hidupnya, mulai dari perkecambahan untuk produksi benih dalam satu musim tanam kemudian mati. Tanaman annual juga disebut dengan tanaman semusim

Nah, biasanya untuk pertanian di skala komersil, tomat ditanam semusim. Iyalah, namanya juga komersil ya.. kan sesuai permintaan. Jadi tomat harus produksi terus, istilahnya produktif. Kalo sudah habis masanya, selesai. Nanam yang baru, begitu seterusnya

Tomat sangat diminati di Eropa, makanya di supermarket tomat selalu tersedia. Tetapi bukankah tomat tanaman semusim yang berasal dari daerah tropis yang suka kehangatan ya? Bagaimana menghadirkan tomat di setiap musim, panen darimana dan kapan? 😊

Ternyata tomat dapat ditanam kapan saja di segala musim lho, di daerah beriklim sedang seperti di Austria ini bahkan di seluruh dunia. Tapi tentu saja tidak di luar ruangan ya.. Namanya juga tomat yang pohonnya lemah gemulai, kena angin aja bisa roboh, bagaimana bisa menghadapi angin musim dingin?

Dan ternyata lagi, tomat dapat ditanam kapan saja dengan menggunakan rumah kaca, suhu dan lain-lain yang bisa diatur sesuai dengan sifat dan keinginan tomat

Kalo tanpa menggunakan rumah kaca, bisakah tomat tumbuh? Sepertinya bisa, meski sulit terutama bila datang musim dingin dengan suhu yang ekstrim, di bawah 0°C. Contohnya tanaman tomat punya ane, yang ditanam sejak musim panas kemarin dan berbunga di akhir musim panas hingga musim gugur ini masih ada yang berbunga karena beberapa  tanaman tomat yang telat ditanam

Hingga saat ini di penghujung musim gugur, tanaman tomat ane masih bertahan tumbuh dan berkembang, bahkan ada yang berbunga untuk kedua kalinya 🙂 Tapi tentunya ga sepesat musim panas kemarin ya, daunnya aja sampai selebar telapak tangan ane 🙂 Meski pada akhirnya dah kodratnya ga tahan dingin yang menggigit, rombongan tanaman tomat ini capat atau lambat pasti masuk kandang alias masuk ke ruangan dalam rumah

Tapi patut diapresiasi nih perjuangan tanaman tomat ane yang tetap eksis di musim gugur ini. Tapi jangan karena tanaman tomat ini sehat sejahtera di luar maka dibiarkan saja ya. Tomat tetaplah tomat yang pada akhirnya menyerah dengan keadaan. Mereka punya limit juga. Ah seperti kartu kredit aja ya😊Oleh karenanya sebelum mati konyol kedinginan dan ditimpa embun beku bahkan salju, mereka perlu diselamatkan dengan memasukkannya ke dalam rumah. Kebetulan seluruh tanaman tomat ane tumbuh di pot-pot bukan di halaman, sehingga mudah diboyong 😊

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tanaman tomat merupakan tanaman perennial dihabitat aslinya, akan tetapi dibudidaya sebagai tanaman semusim

Nah, tanaman tomat yang sangat ane sayangi ini nampaknya turut ke habitat asalnya lho, berbunga untuk kedua kalinya. Yang pertama di musim panas kemarin. Ini adalah tanaman tomat yang tumbuh sendiri tanpa ane tanam dengan sengaja. Ane ga tahu bibitnya dari mana, entah dari tanahnya atau saat ane menyiram tanaman cabe ga sengaja ada remahan tomat dari memasak masuk ke air siraman..

Sedangkan tanaman tomat yang ane sengaja tanam sedang dalam tahan berbunga dan berbuah. MasyaAllah.. alhamdulillah. Mudah.mudahan sih InsyaAllah aamin umur panjang ya.. meski sekarang dah di penghujung musim gugur 😊

Nah demikianlah pemirsa edisi kali ini mengenai tanaman tomat, tanaman tropis yang tetap eksis di musim gugur di Austria.

Sampai jumpa di edisi selanjutnya

 

Bir cevap yazın