Sayuran Indonesia yang mudah tumbuh di Austria, kangkung dan manfaatnya untuk kesehatan (part-2)

260 Views

Kangkung adalah tanaman yang populer di tanah air tercinta Indonesia yang dijadikan sayuran yang bercita rasa tinggi. Ga heran ane sampai memboyong kangkung dalam bentuk biji ke Eropa, tepatnya di negara ane menetap sekarang Austria

Apakah di Austria ga ada jualan kangkung sampai-sampai ane harus memboyongnya dimari? Sampai saat ini ane belum menemukannya dijual di supermarket-supermarket Austria. Jangankan supermarket Austria yang memang bule banget, toko Asia yang digadangkan sebagai gudangnya produk Asia saja ane ga menemukannya 😊

Seperti biasa ane menanam sayuran yang sekiranya sulit ditemukan di Austria. Selain terjamin karena nanamnya di pot, juga ketauan ga pake macam-macam bahan penyubur seperti pupuk kimiawi dan insektisida.

Apakah kangkung dikenal di Eropa? Untuk kalangan warga Asia bisa jadi ya, seperti kulinernya yang dijajakan di restoran-restoran Asia, tapi kalo khusus dibudidayakan oleh bule sepertinya ga deh 😊

Di Benua Amerika, kangkung lumayan dikenal bahkan bijinya dijual secara online yang lumayan fantastis harganya, 20 biji bisa 5 dolar atau sekitar Rp.70.000. Padahal dulunya kangkung sempat dilarang di Amerika tepatnya di Texas. Duh.. memangnya kenapa ya?

Kemudian mitos yang sering beredar di masyarakat kangkung bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit perut, asam urat dan sebagainya. Benarkah?

Bagaimana ane menanam kangkung di Eropa? Apakah bisa? Adakah menemui kendala?

Hmm.. semakin menarik saja ya membahas kangkung ini. Yuk pemirsa kita simak bersama-sama luar dalam mengenai sayuran yang terkenal dengan kulinernya cah kangkung ini 😊

Klaifikasi Ilmiah

Kerajaan : Plantae
Ordo : Solanales
Keluarga : Convolvulaceae
Tribus : Ipomoeae
Genus : Ipomoea
Spesies : I. aquatica
Nama binomial : Ipomoea aquatica
FORSSK
Nama sinonim
Convolvulus repens VAHL
Ipomoea bertobat ROTH
Reptil Ipomoea POIRET
Ipomoea subdentata MIQ

Terdapat 2 varietas Ipomoea aquatica yaitu
– Ipomoea aquatica FORSSK var. aquatica
Tumbuh subur di daerah tropis hingga subtropis Dunia Lama
– Ipomoea aquatica var. heterophylla (HALLIER F) RENDLE
Ini terjadi di Nambia

Jadi kangkung adalah tanaman dengan nama ilmiah Ipomoea aquatica. Ipomoea aquatica adalah tanaman yang memiliki genus Ipomoea dari keluarga Convolvulaceae. Tanaman ini merupakan tanaman herba tahunan atau abadi yang tumbuh di tanah dan merayap atau tumbuh di air

Tanaman ini sangat terkenal di Asia, begitu pun negara kita tercinta tanaman ini diakui dunia sebagai negara dengan tanaman yang akrab disapa kangkung. Di negara-negara Asia Tenggara tanaman ini juga disebut kangkung atau kangkong

Dalam bahasa Inggris, kangkung dikenal dengan nama water spinach atau bayam air, river spinach atau bayam sungai, water morning glory atau morning glory air, water convolvulus atau konvolvulus air atau nama yang lebih ambigu seperti Chinese spinach atau bayam Cina, Chinese watercress atau selada air Cina dan swamp cabbage atau kol rawa

Ipomoea aquatica adalah tanaman tropis semi aquatik yang ditanam sebagai sayuran untuk tunas dan daunnya yang lembut. Tanaman ini ditemukan di seluruh wilayah tropis dan subtropis di dunia. Kangkung memiliki penyebaran pantropis. Asalnya tidak diketahui, kemungkinan asli dari Asia.

Sesuai dengan namanya Ipomoea aquatica, kangkung tumbuh di air atau di tanah yang lembab. Batangnya tidak berambut, bundar, tebal dan berongga. Pada simpul tersebut muncul akar adventif.

Daun kangkung tersusun alternatif dibagi menjadi tangkai daun dan helai daun. Panjang tangkai daun 3-14 cm. Bilah daunnya bervariasi, bulat telur, bulat telur lanset, biasanya memanjang atau lanset atau sagittate atau berbentuk kepala panah ke lanset dengan panjang 5-15 cm dan lebar 2-8 cm. Helai daun jarang berbulu halus, biasanya tidak berbulu

Bunganya berbentuk terompet, berdiameter 3-5 cm, biasanya berwarna putih dengan pusat ungu muda. Ada juga berwarna merah muda atau ungu dengan bagian tengahnya lebih gelap

Buah kapsul berkayu memiliki diameter sekitar 1 cm dan nyaris atau bahkan tidak memantul. Setiap ruang kapsul hanya berisi 1 atau 2 biji. Bijinya padat keabu-abuan atau hitam kecoklatan, kadang-kadang gundul, miring panjang dengan panjang 6 mm dan lebar 4 mm

Kangkung tumbuh pada ketinggian 0 hingga 1500 meter di atas permukaan laut. Tempat tumbuh yang disukainya adalah di lokasi basah seperti sungai, kolam, rawa, sawah hingga sabana

Kangkung ditanam di Asia Timur, Selatan dan terutama Tenggara. Kangkung tumbuh secara alami di kawasan yang berair dan hanya membutuhkan sedikit perawatan

Penggunaannya secara luas adalah dalam kuliner Indonesia, Burma, Thailand, Laos, Kamboja, Melayu, Vietnam, Filipina dan Cina, terutama di daerah pedesaan atau kampung. Makanya kadangkala kangkung juga sering disebut makanan kampung 😊

Kangkung juga populer di Taiwan.
Di Singapura, kangkung tumbuh dengan sangat mudah dan menjadi makanan populer di masa perang selama pendudukan Jepang di Singapura.
Di Filipina, berbagai kangkung ditanam di kanal yang digali, begitu juga ditanam di darat selama pendudukan Amerika setelah perang Spanyol-Amerika.

Tetapi kangkung yang bernama latin Ipomoea aquatica terdaftar sebagai gulma yang berbahaya di Amerika Serikat terutama di negara bagian Florida, California dan Hawai dimana tanaman ini tumbuh di alam liar. Kangkung telah dibudidayakan secara luas di Texas selama lebih dari 30 tahun, yang awalnya dibawa ke sana oleh imigran Asia. Awalnya juga sempat dilarang dibudidaya lho.. Tapi karena ga ada bukti kalo kangkung ini telah melarikan diri ke alam liar, maka larangan budidaya untuk penggunaan pribadi tanpa batasan atau persyaratan ini dicabut, mengingat pentingnya kangkung sebagai sayuran di banyak budaya. Lagian kangkung kan banyak nutrisinya, sayuran yang enak dan juga bermanfaat untuk kesehatan.. rugi banget kalo bule ga mengkonsumsinya 😀 Nah, ga hanya larangan aja dicabut, bahkan mulai mengijinkan penanaman untuk penjualan komersil lho.. dengan persyaratan suatu ijin spesies eksotik. Wow..

Nah sekarang kita lihat yuk kangkung yang beredar di masyarakat yang biasa dikonsumsi

Kangkung yang biasa dikonsumsi umumnya ada dua macam, yaitu
– Kangkung yang berdaun licin dan berbentuk mata panah sepanjang 10-15 cm, memiliki batang berongga yang menjalar dengan daun berselang dan batang yang menegak pada pangkal daun. Kangkung ini berwarna hijau pucat dan menghasilkan bunga yang berwarna putih dengan kantung yang mengandung 4 biji benih
– Kangkung dengan daun sempit memanjang yang biasanya tersusun menyirip tiga

Kangkung yang biasa dibudidayakan masyarakat terbagi dalam 4 kelompok kultivar. Yuk kita simak lagi pemirsa

Kangkung budidaya terbagi dalam 4 kelompok kultivar
– Kelompok Lowland
Kelomplok Lowland atau tanah rendah merupakan kelompok yang paling dikenal, tumbuhnya meliar di rawa-rawa dangkal dan persawahan yang terbengkalai. Kelompok ini secara tradisional dikonsumsi orang
– Kelompok Alba
Kelompok ini biasa disebut kangkung darat. Berdaun lebih sempit dan dapat bertoleransi terhadap lahan kering, sehingga dapat ditanam di tegalan atau bahkan kebun
– Kelompok Rubra
Kelompok ini disebut juga kangkung berdaun keunguan. Daun dan bunganya memiliki warna yang bersemu merah atau ungu, berdaun agak lebar. Kangkung ini juga dapat bertoleransi dengan lahan kering
– Kelompok Upland
Ini merupakan kangkung kering

Nah bagaimana sistem penanaman kangkung ini? Ada jenis yaitu kering dan basah. Keduanya membutuhkan sejumlah besar bahan organik berupa kompos dan air diperlukan agar tanaman tumbuh subur
– Dalam penanaman kering, kangkung ditanam pada jarak 5 inci pada batas dan ditunjang dengan kayu sangga. Kangkung dapat ditanam dari biji atau keratan akar. Biasanya ditanam pada semaian sebelum dipindahkan ke kebun. Daun kangkung dapat dipanen setelah 6 minggu ditanam
– Pada penanaman basah, digunakan potongan sepanjang 12 inci yang ditanam dalam lumpur dan dibiarkan basah. Semasa kangkung tumbuh, kawasan basah ditenggelamkan pada tahap 6 inci dan aliran air perlahan digunakan. Aliran air ini dihentikan jika tanah harus digemburkan
Panen dapat dilakukan 30 hari setelah penanaman. Jikalau pucuk tanaman dipetik, cabang dari tepi daun akan tumbuh lagi dan dapat dipanen setiap 7-10 hari

Semasa berbunga, pucuk kangkung tumbuh dengan lambat, tetapi pembajakan tanah dan panen cenderung menggiatkan lebih banyak daun yang dihasilkan

Nah, bagaimana cara ane menanam kangkung di Eropa (baca: Austria)? Sebenarnya menanam kangkung di negara 4 musim ini cukup mudah, dengan syarat ada sinar matahari. Ini merupakan tipikal tanaman tropis. Jadi penanaman yang terbaik memang di musim panas, dimana matahari bersinar dengan optimal. Pada musim ini, kangkung tumbuh dengan pesatnya, bahkan bisa dipanen berkali-kali meski hanya ditanam di pot bukan di halaman luas 😊

Biji kangkung cukup ditanam dengan kedalaman 1 cm pada jarak 2-3 cm satu sama lainnya, agar ga berhimpit hidup mereka nantinya. Namanya juga nanam di pot ya 😊Selang 3-4 hari sudah keluar kecambahnya berupa dua helai daun dan selanjutnya tumbuh dengan cantiknya, hijau segar.

Sebulan kemudian ane bisa memetik hasilnya. Selanjutnya bisa 10-14 hari bisa dipanen lagi. Kenapa ane ga main cabut aja ya? Nah kalo itu petani kangkung yang biasa melakukannya, agar kangkung yang dijual selalu dalam keadaan segar. Kalo ane main cabut juga, capek dong emak-emak harus menanam setiap saat 😊

Ane dalam kapasitas emak-emak rumah tangga yang mana kangkung hanya untuk konsumsi pribadi, lagian nanamya hanya di pot, cukup memanen dengan cara memotong bagian muda kangkung aja. Kann mau langsung dimasak, tentunya kesegaran kangkung terjaga kan..

Bagian kangkung yang dipotong yaitu di antara ketiak daunnya nanti akan tumbuh tunas baru dan begitu seterusnya. Selama masih bertunas, selama itu kangkung bisa diambil. Nah, kalo kangkung berbunga, ini pertanda kangkung sudah mulai menua dan ga seproduktif saat sebelum berbunga. Siap-siap menanam yang baru.

Tapi kangkung yang ane tanam ga sempat berbunga karena keburu masuk musim gugur. Pertumbuhannya ga sepesat saat musim panas. Apalagi saat musim gugur dimana suhu bisa di bawah 10°C, ditambah lagi datang embun beku atau frost. Ini ga baik untuk kangkung. Daunnya akan mengkerut seperti kebakaran jenggot

Kecuali kalo kangkung bersama potnya dimasukkan ke dalam rumah, mungkin akan terhindar dari embun beku, tapi suhu dingin tetap tidak disukainya. Sepertinya memang harus cuti dulu menanam kangkung ya 😊

Kangkung yang ane tanam ini adalah kangkung yang biasa dikonsumsi yaitu berdaun panjang. Kangkung ini sangat ane sukai karena lembut renyah dan berasa dikasih micin dibanding jenis kangkung lainnya. Warnanya juga segar saat ditumis, ga hitam kusam 😊

Nah begitulah pemirsa mengenai kangkung yang ane tanam di negaranya suami ini. Cukup mudah untuk seorang emak-emak rumah tangga kan?

Hampir keseluruhan tanaman muda kangkung dapat dimakan. Karena kangkung tua berserat kasar, pucuk yang mudah lebih digemari. Kangkung dapat dimasak seperti bayam, tapi sepertinya jarang ya😊 Olahan yang paling terkenal itu adalah tumis kangkung atau cah kangkung, dengan bawang putih, bawang merah dan cabe, tidak lupa terasi dan semakin nikmat dengan campuran udang atau cumi.. Hmm yummy 😊

Tumis kangkung merupakan salah satu menu andalan yang ga pernah ketinggalan keberadaannya di restoran tepi pantai.

Tumis kangkung juga merupakan kuliner yang berlaku ga hanya di negara Indonesia akan tetapi di negara tetangga seperti di Singapura dan Malaysia

Selain ditumis, kuliner kangkung yang terkenal di negara Indonesia adalah gado-gado dan pecel dengan saus kacang, kalo bule bilang ini salad Indonesia 😊 Dari daerah Lombok kuliner kangkung yang terkenal adalah plecing kangkung dan mie kangkung untuk wilayah Jakarta

Di Filipina, kangkung akrab disapa kangkung juga. Bagian kangkung yang lembut berikut daunnya dimasak dalam rebusan ikan dan daging yang disebut sinigang. Ada juga Adabong kangkung, dimana kangkung ditumis dengan bawang, cuka dan kecap. Makanan pembuka lokal yang disebut cripsy kangkung alias keripik kangkung dibuat dari daun yang dibalur tepung kemudian digoreng garing, mirip dengan tempura sayuran Jepang. Wah.. kalo kita bayam yang dibikin crispsy gini ya 😊

Kalo ane memasaknya sama seperti kebanyakan masyarakat Indonesia, ditumis dengan irisan atau ulekan bawang merah, bawang putih dan cabe. Dengan 3 bahan ini saja kangkung sudah nikmat luar biasa, apalagi kalo ditambahkan terasi dan udang, cumi asin atau teri ya. Semakin nikmat karena ini adalah kangkung hasil nanam sendiri, yang di negara bule merupakan harta karun buat kita yang jauh dari kampung halaman 😊

Kangkung memang kuliner Indonesia paling mantap, merupakan anugarah tiada tara dari Sang Pencipta. Tapi masih aja ada selentingan mitos yang beredar kangkung makanan kampungan yang ga higienis, mengandung zat berbahaya, bikin ngantuk, alergi dan sebagainya. Benarkah?

Hmm.. daripada ikut termakan mitos yang sama sekali ga mengenyangkan, mending kita cari tahu yuk kebenarannya..

Kangkung mengandung zat berbahaya
Kangkung sama sekali tidak mengandung zat berbahaya, malahan kangkung merupakan sayuran yang mengandung banyak nutrisi dan zat-zat bermanfaat untuk kesehatan. Mungkin yang harus diperhatikan cara mengolah dan mengkonsumsinya ya, terutama kangkung yang berasal dari rawa-rawa misalkan, yang bukan tanaman sendiri.
Kangkung yang aman dikonsumsi adalah kangkung yang diolah terlebih dahulu, bukan yang dimakan mentah. Cara membersihkannya juga harus diperhatikan, begitu juga asal kangkung. Kangkung yang tumbuh di rawa-rawa kemungkinan masih tersisa bakteri dari air rawa yang belum mati

Kangkung menyebabkan ngantuk.
Kangkung tidaklah menyebabkan ngantuk. Tapi kangkung baik untuk membantu mereka yang kesulitan tidur agar bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak. Hal ini karena kangkung kaya akan kandungan karbohidrat dan protein, begitu juga kalium

Kangkung menyebabkan asam urat.
Kangkung tidak menyebabkan asam urat. Bahkan pengidap asam urat juga bisa mengkonsumsinya. Hal yang tidak bisa adalah jika kangkung dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan purin dalam kangkung tidak lebih dari 0,9 %, tidak memicu asam urat kambuh

Kangkung menyebabkan sakit perut
Kangkung tidaklah menyebabkan sakit perut, apalagi jika kangkung telah melalui proses pembersihan, pengolahan dan pematangan terlebih dahulu

Kangkung menyebabkan gatal-gatal
Kangkung juga tidak menyebabkan gatal-gatal. Tapi kangkung mengandung mineral magnesium, yang bisa menyebabkan gatal-gatal bagi mereka yang memiliki riwayat alergi terhadap magnesium. Maka untuk pengidap alergi magnesium ini, sebaiknya menghindari mengkonsumsi kangkung karena mungkin memicu alergi seperti gatal-gatal. Tapi tenang saja, hal ini sangat jarang terjadi. Malah kangkung diketahui mengandung nutrisi yang cukup tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh, apalagi hanya sekedar menghindari alergi, lewat..

Nah, rugikan kalo sampai termakan mitos yang ga mengenyangkan ini.. Mending makan kangkung, ketauan nutrisi dan manfaatnya 😊

Yuk pemirsa sekarang kita simak bersama-sama kandungan apa saja sih yang terdapat pada kangkung ini dan nilai gizinya per 100 g

Untuk kangkung mentah

Nilai gizi per 100

Energi 79 kJ (19 kkal)
Karbohidrat 3,14 g
– Serat makanan 2,1 g
Lemak 0,2 g
Protein 2,6 g
Vitamin
Vitamin A 315 mikrogram
Tiamin (B1) 0,03 mg
Riboflavin (B2) 0,1 mg
Niasin (B3) 0,9 mg
Asam pantotenat (B5) 0,141 mg
Vitamin B6 0,096 mg
Folat (B9) 57 mikrogram
Vitamin C 55 mg
Mineral
Kalsium 77 mg
Besi 1,67 mg
Magnesium 71 mg
Mangan 0,16 mg
Fosfor 39 mg
Kalium 312 mg
Sodium 113 mg
Seng 0,18 mg

Dengan nutrisinya yang berlimpah begini, ga salah kalo kangkung merupakan sayuran yang kaya manfaat, terutama untuk kesehatan tubuh.

Yuk pemirsa kita cek bersama-sama manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh manusia antara lain seperti yang dijabarkan di bawah ini

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kangkung kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada kangkung yang tinggi termasuk karotenoid lutein sangat baik dalam menjaga kesehatan mata sehingga terhindar dari masalah yang berhubungan dengan mata seperti penglihatan mata dan regenerasi makula terkait usia seperti rabun senja dan katarak

Mencegah anemia

Kangkung mengandung zat besi yang tinggi serta fosfor yang baik untuk mencegah anemia, begitu juga baik untuk pengidap anemia. Kangkung yang muda mengandung zat besi yang tinggi

Mencegah kanker

Kangkung diketahui kaya akan antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab penyakit termasuk kanker

Menjaga kesehatan pencernaan

Kankung kaya akan serat yang baik dalam memperlancar sistem pencernaan sehingga terhindar dari masalah yang berhubungan dengan pencernaan seperti susah buang air besar. Selain itu lateks pada kangkung merupakan agen pencahar untuk mengobati infeksi cacing usus

Mencegah diabetes

Kangkung baik untuk mencegah terjadinya gula darah yang tinggi, baik untuk pengidap diabetes dan ibu hamil yang mengidap diabetes

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidannya yang tinggi seperti vitamin C dan vitamin A baik untuk menjaga kesehatan kulit agar selalu sehat, bersih, cerah ceria dan jauh dari masalah kulit seperti jerawat dan penuaan dini seperti keriput dan flek-flek hitam
Kandungan proteinnya juga baik dalam proses regenerasi sel kulit

Menjaga sistem metabolisme tubuh

Kandungan protein dan karbohidrat pada kangkung baik dalam menjaga sistem metabolisme tubuh agar dapat bekerja dengan baik dan lancar

Obat susah tidur

Kandungan karbohidrat dan lemak pada kangkung bisa membantu memberi sinyal kepada otak untuk merasakan ngantuk, sehingga kangkung baik untuk mereka yang susah tidur

Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Kangkung mengandung antiseptik alami yang bisa membunuh kuman pada gigi dan mulut. Kandungan vitamin C nya yang tinggi baik untuk mencegah sariawan dan gusi berdarah. Dengan demikian kangkung baik untuk untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi

Nah demikianlah beberapa di antara manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh kita. Baik nih untuk menjadi menu andalan keluarga kita

Demikian pemirsa edisi kali ini mengenai kangkung yang mudah tubuh di Austria, mitosnya dan manfaatnya untuk kesehatan. Semoga ada manfaatnya untuk kita semua

Sampai berjumpa lagi 😊

Bir cevap yazın