Kuliner khas pantai Tanjung tinggi-Tanjung kelayang, Belitung, dari gangan, ikan panggang, tumis kangkung, genjer hingga es jeruk kunci

473 Views

Ke pantai ga klop kalo ga nyicipin kulinernya ya. Banyak seafood yang menjadi pilihan pemirsa untuk menikmatinya di tempat wisata pantai yang terkenal di Pulau Belitung, propinsi kepulauan Bangka Belitung, Indonesia ini. Bagi seafood lover, ini surganya 😊

Ada juga sih makanan ala Barat. Tap kita ga sedang berada di Eropa, lupakan makanan mereka ya.. Fokus ma makanan anak negeri yang paling enak sedunia. Mumpung suami di tanah air, ini saatnya memperkenalkan makanan asli Indonesia. Nah, karena kita juga berada di pulau yang dikelilingi lautan, maka kuliner yang afdol itu adalah seafood 😊

Jangan kuatir bule ga doyan ma seafood. Ada banyak pilihan menu yang bisa dicoba yang cocok di lidah Pak le dan bule dari negeri seberang ini 😊Dimulai dari ikannya yang diolah berbagai macam sesuai selera, seperti gangan yang kaya akan bumbu rempah dan kuning kuahnya, ikan panggang kecap, ikan panggang kerisi, ikan panggang bumbu, lanjut cumi belah cincin dan udang goreng tepung, kerang atau siput gonggong hingga sayur mayurnya, dan ga ketinggalan aneka sambel pengguggah selera seperti sambel kecap dan sambel terasi. Hmm..

Tersedia juga minuman penghilang dahaga dan penyegar tenggorokan. Selain air putih yang diberikan gratis, ada air kelapa muda, es jeruk kunci dan es jeruk kunci plus hamoi

Kuliner ini pun cocok di lidah anak-anak. Nah, bagi emak-emak yang anaknya sulit sekali makan, atau pun emak-emak sendiri yang hilang nafsu makan, mencoba makanan di pantai ini sangat tepat. Makan di pantai sangat nikmat, maunya nambah dan nambah lagi.. Wah, bisa-bisa yang sedang program diet jadi berantakan nih 😊 Ga tau kenapa, belum ada penelitiannya akan hal ini, makan di pantai begitu nikmat. Atau suasananya yang syahdu-syahdu manja dan makan ramai-ramai membuat kita semangat ya, apalagi setelah berenang dan beraktivitas seharian di pantai dan di laut membuat tubuh perlu asupan segera..

Kuliner ini bisa kita dapatkan di restoran-restoran yang ga jauh dari pantai, di antara pantai Tanjung tinggi dan Tanjung kelayang. Untuk menu yang diinginkan, ada daftar menunya berikut nama dan gambar yang mudah dimengerti karena berbahasa Indonesia. Lha iyalah.. kan kita tidak sedang berada di Austria 😊

Makanan di sini selalu segar, fresh from the oven istilah kerennya. Seperti untuk ikan, kita menuju bak dimana ikan-ikan segar ini diletakkan dan siap diolah sesuai pesanan. Atau kalo untuk sayurnya, tersedia segar tersusun rapi di deretan rak kayu. Seru kan pemirsa..

Nah, setelah seharian beraktivitas di pantai, ini saatnya mengisi tenaga menyantap kuliner ala pantai ini. Pastikan beberapa saat sebelum usai beraktivitas, ada utusan memesan makanan, biasanya kaum emak-emak. Ini dilakukan agar setelah beraktivitas, makanan siap disantap. Maklum ya pemirsa, makanan di sini adalah makanan segar yang dimasak sesaat sebelum disantap, yang butuh waktu untuk mengolah dan memasaknya 😊

Nah, tadi dah disebutkan menu khas pantai di pulau Belitung ini. Sekarang yuk kita cek bersama-sama

Gangan

Ini adalah kuliner yang sangat terkenal di Pulau Belitung, bisa dianggap sebagai ikonnya kuliner sini. Kuliner ini terdiri dari ikan seperti ikan bulat atau ikan ketarap yang gemuk montok dan empuk dengan bumbu rempah seperti bawang putih, cabe, kemiri, kunyit yang menjadikan kuahnya berwarna kuning dan manis asem-asem segar karena tambahan potongan nanas. Wah.. kebayang kan sedapnya pemirsa? 😊

Ikan panggang kecap dan ikan panggang kerisi

Biasanya makan ikan dimari ga cukup hanya satu macam. Ga afdol rasanya kalo ga dilengkapi dengan yang panggang memanggang, seperti ikan panggang kecap dan ikan panggang kerisi. Ikan panggang kecap biasanya menggunakan ikan ilak dengan berat sekitar satu kilo yang sedikit lebih tipis bodinya. Ini adalah ikan yang dipanggang di bara api dengan sesekali diolesi mentega dan kemudian kecap, yang membuat rasanya gurih lemak dan manis-manis manja. Ga nyangka suami doyan ikan ini, seekor habis hanya untuk suami seorang. Enak banget soalnya 😊
Ikan panggang kerisi ga kalah enaknya. Ikan yang tetap dengan sisiknya ini dipanggang di bara api dengan bumbu hanya garam, sangat menggugah selera. Makannya dicolek dengan sambel terasi atau sambel kecap, mantap banget 😊

Ikan panggang bumbu

Ini salah satu ikan paling favorit ane. Ikan dipanggang dengan bumbu-bumbu rempah komplit yang diulek halus seperti cabe, bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, serai, laos MasyaAllah.. segala bumbu numplek jadi satu. Rasanya alamak.. mantap sekali 🙂
Kalo kita anak pantai makannya super bersih, ga cukup hanya daging ikannya tapi termasuk juga mata ikan hingga kepalanya licin. Suami kaget luar biasa lihat kita makan begini. Maklum di Austria, taunya beres, tinggal makan aja. Ikan dah difilet bersih tanpa kulit apalagi duri 🙂

Cumi dan udang goreng tepung

Kuliner ini ga kalah nikmatnya. Biasanya anak-anak yang merupakan keponakan ane sangat suka dengan cumi dan udang goreng tepung ini. Untuk cumi mirip dengan kuliner khas Italia yang masih negara tetangga suami Austria, yaitu cumi yang dipotong melintang berbentuk cincin kemudian digoreng tepung hingga garing dan disantap selagi hangat. Wow.. hanya dengan nasi putih mengepul hangat aja dah berasa nikmat, apalagi dengan santapan yang lainnya ya 😊
Cara memasak cumi ini ga beda jauh dengan udang. Udang seukuran jari telunjuk ane ini digoreng tepung dengan garing juga. Rasanya yang seperti dikasih penyedap rasa ini berikut teksturnya yang renyah garing kriuk-kriuk manja menyebabkannya sangat digemari anak-anak😊

Siput gonggong

Ini adalah sejenis kerang yang hidup di laut. Ga tau juga kenapa ada yang memanggilnya dengan nama siput, kan siput identik dengan keong yang berada di darat ya.. kawannya keong racun 😊Dulunya, kuliner satu ini jarang diolah emak-emak rumah tangga. Kalo kebetulan lagi musim kerang ini dan mainnya hingga naik ke daratan di tepi pantai dan ditemukan oleh kita, biasanya dibiarkan saja. Tapi sekarang menjadi kuliner yang booming dimana-mana
Seperti seafood lainnya, kerang ini pun sangat enak. Direbus bersama cangkangnya aja ok rasanya. Menyantap kerang ini gampang-gampang susah. Tarik bodinya yang sedikit nongol dari cangkangnya, biasanya yang tajam berwarna coklat hitam, pake jari jemari atau sebelumnya ditusuk dengan lidi. Kalo hanya direbus aja, ada sedikit guratan putih yang sebaiknya dibuang karena getir rasanya. Tetapi kalo diolah dengan cara ditumis, baik dengan bumbu-bumbu spesial maupun dengan irisan bawang bombay dan saos tiram, getir ini ga berasa 😊

Kangkung

Nah ini dia sayuran yang terkenal seantero Indonesia. Kangkung merupakan sayuran wajib yang ada di pantai ini. Mengolahnya pun cukup sederhana, hanya ditumis dengan bumbu-bumu seperti bawang merah, bawang putih dan cabe yang diulek halus maupun diiris. Penampilannya yang hijau segar dengan semburat bumbu khas Indonesia sangat menggugah selera siapa pun yang memandangnya.
Begitu juga ane. Saking cintanya ane pada sayuran ini dan ga mau memendam rindu bertahun-tahun karena ga menyantapnya, ane bawalah bibitnya saat mudik kemarin dan mencoba menanamnya di Austria. Qadarullah, tumbuh subur. Alhamdulillah 😊

Genjer

Sayuran khas pantai belum afdol kalo ga berteman ma genjer. Sayuran dengan nama Limnocharis flava atau dalam dunia internasional dikenal dengan nama sawah lettuce ini biasanya ditumis juga. Rasanya yang enak bertekstur renyah dan sedikit geli-geli manjah menelannya karena licin ini ternyata disukai suami juga. Ga nyangka ane 😊 MasyaAllah alhamdulillah..

Sambal

Makan di pantai belum maksimal tanpa sambal. Sambal yang mendominasi restoran dan rumah makan di pantai ini adalah sambal kecap dan sambal terasi. Kedua sambal ini ga bisa dipisahkan satu sama lainnya 😊
Sambal kecap dibuat dari bahan utama cabe segar kemudian bawang merah mentah yang diiris dan diguyur kecap, ditaburi garam dan beberapa tetes sari jeruk. Wah.. pedas panas segar pemirsa 😊 Daging ikan panggang paling mantap dicolek sama sambel ini
Lanjut berikutnya sambal terasi, sambal dengan bahan utama cabe segar yang diulek bersama terasi asli Belitung, wow.. Ane sampai keringetan dari segala arah nih makan beginian.. Pedasnya itu lho.. tapi nikmat luar biasa. Apalagi disantap dengan nasi hangat ya.. biar pedas nambah dan nambah lagi ga tobat/jera. Pantas aja ada istilah tobat sambel, nenek bilang pedas tapi penasaran diulang lagi dan lagi 😊

Seluruh kuliner ini disantap dengan nasi putih hangat. Iyalah karena kita sedang berada di tanah air. Lain cerita kalo di Austria di negaranya suami, makannya berteman dengan roti minus sambal. Mana tahan mak!

Jangan lupa minum ya. Minuman yang biasa dihidangkan dan gratis itu adalah air putih. Selain itu untuk menikmati minuman khas kuliner pantai boleh dicoba antara lain air kelapa muda, es jeruk kunci dan es jeruk kunci hamoi. Kedua minuman terakhir ini mungkin hanya kita jumpai di pulau Belitung. Ane rasa belum atau sangat jarang seantero Indonesia menyediakan minuman ini, apalagi di belahan bumi utara di Eropa ya 😊

Yuk yang masih kurang kenal, kita kenalan ma mereka biar ga penasaran

Air kelapa muda

Ini minuman khas di pantai karena memang habitat aslinya adalah di pantai. Kalo di Austria ga akan kita temui air kelapa ini. Iya menyesuaikan juga ya.. kalo di Austria banyak buah peach, maka yang tersedia adalah peach ice tea 😊
Suami alhamdulillah suka air kelapa ini, maklum di Austria harta karun alias barang langka ini. Cara penyajiannya cukup mudah kok. Daging kelapa muda dikerok dan bersama airnya dikumpulkan dalam suatu tempat air minum. Tersedia gula merah dan es batu yang terpisah dari air kelapa sebagai pelengkapnya, yang ditambahkan kalo kita menginginkannya, biar rasanya lebih nendang, manis segar dingin-dingin manja 😊
Kalo mau komplit lengkap dengan batoknya juga dengan senang hati chef restoran menyediakannya

Es jeruk kunci

Minuman ini dibuat dari sari jeruk kunci ditambah gula dan air kemudian es batu. Jeruk kunci merupakan jeruk mungil seukuran kelereng hingga bola bekel yang cukup terkenal di Pulau Belitung. Airnya sangat berlimpah dan mudah diperas meski bodinya mini, ditambah aromanya yang khas wangi dan menyegarkan menjadikannya tepat dijadikan minuman segar. Ga heran jeruknya termasuk yang telah diolah menjadi minuman ini favorit nomor satu ga hanya emak-emak di dapur tapi segala lapisan umur. Ga ketinggalan suami ane 😊 Ini karena rasanya yang manis-manis asam, ditambah aromanya yang khas wangi menyegarkan.

Es jeruk kunci plus hamoi

Sama seperti es jeruk kunci yang dibuat dari sari jeruk kunci ditambah gula dan air kemudian es batu, hanya minuman ini menambahkan buah hamoi kering. Buah hamoi kering ini berasal dari buah hamoi atau kiamboy yang telah dikeringkan dengan gula dan garam hingga rasanya nano-nano, ada asam, manis dan asin 😊

Harga keseluruhan ini bervariasi pemirsa. Seperti contoh seporsi nasi putih hangat, ikan panggang kecap, gangan, cumi, udang, sayur kangkung dan genjer plus es jeruk kunci hamoi untuk orang sepuluh merogoh kocek hingga 600 ribu rupiah

Bagaimana pemirsa? Berminat mencicipi kuliner pantai khas Belitung ini.. Recommanded banget buat pemirsa seafood lover. Yuk silakan pelesir ke pulau kecil yang penuh pesona ini.

Nah, demikianlah pemirsa edisi kali ini mengenai kuliner seafood beserta minuman khas pantai di Pulau Belitung yang nikmat dan bikin nagih. Sampai jumpa di edisi selanjutnya

 

Bir cevap yazın