Poppy, bunga candu dan Poppy berkepala panjang di musim panas di Austria

129 Views

Tanaman dengan bunga-bunganya yang cantik ini kerap ane lihat bergerombol di pinggir jalan atau padang rumput. Bunganya yang halus dengan batang tunggalnya yang tinggi langsing seukuran lidi dengan warnanya yang merah jingga merona mencolok mata bikin ane penasaran. Ga hanya di musim panas ini, bahkan saat musim semi kemarin bunga-bunganya dah berseliweran se antero Austria.

Awalnya ane kira mereka adalah tulip atau paling ga sebangsa ma tulip. Abis mirip banget sih bunganya. Kalo mekar seperti cangkir, kelihatan properti bagian dalam bunganya seperti putik dengan bintik-bintik halus dan kawan-kawan. Hanya saja kalo bunga tulip lebih kuat dan menantang ya.. kalo bunga ini sedikit ringkih, kelopak bunganya yang tipis mudah melambai-lambai ditiup angin 😊

Belakangan ane baru tahu namanya adalah poppy. Ane sering mendengar nama poppy, tapi saat itu ane ragu apakah yang sering ane lihat ini bener adanya poppy, terus masuk ke dalam keluarga poppy spesies yang mana? 😊

Spesies poppy yang satu ini dengan bunganya yang cantik menarik hati jarang ada di taman atau dipelihara khusus layaknya tulip. Dia lebih suka hidup di pinggir jalan, di padang rumput yang ga bertuan maupun yang bertuan seperti di ladang gandum. Ini yang ane lihat kemarin saat ane menjumpai ladang gandum milik tetangga dekat rumah 😊

Tanaman poppy ini anteng manjah ajah hidup dan berbunga ria di pinggir ladang gandum berteman dengan tanaman gandum siap panen. Memang ga dipangkas sih karena komunitas mereka ga banyak dan ga mengganggu kehidupan tanaman gandum. Mereka dibiarkan begitu saja tumbuh. Dan ini rezeki ane karena bisa memfoto mereka 😊

Ternyata spesies poppy ini memang merupakan tanaman liar yang mudah tumbuh di pinggir jalan, di padang luas seperti di pegunungan, di dataran tinggi, di padang rumput hingga ladang pertanian seperti ladang gandum dan jagung

Tanaman poppy identik dengan tanaman candu. Lha ane malah menemukan tanaman candu begini di Austria.. Wah.. benarkah demikian? Serem juga ya pemirsa..

Nah, biar ga penasaran, kita cari tau bersama-sama tentang tanaman ini yuk 😊 Kita mulai dari data pribadinya terlebih dahulu ya..

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan : Plantae
Memesan : Ranunculales
Keluarga : Papaveraceae
Marga : Papaver
Jenis : P. dubium
Nama binomial : Papaver dubium
L

Nah, ternyata pemirsa bunga poppy yang biasa ane lihat di Austria yang tebar pesona dimana-mana sejak kehadirannya di awal musim semi hingga saat ini di musim panas adalah Poppy berkepala panjang atau jenis Papaver dubium dari keluarga Poppy. Tanaman ini masuk dalam keluarga Papaveraceae atau keluarga Poppy dengan marga Papaver yang memiliki banyak spesies.

Papaver dubium adalah spesies atau jenis poppy yang dikenal dengan nama umum Long head Poppy atau Poppy berkepala panjang dan dikenal juga dengan nama Blindeyes poppy atau Poppy mata tertutup. Ini karena batang atau tangkainya yang panjang menumpu satu bunga tunggal yang saat masih kuncup seperti kapsul merunduk pasrah manjah😊

Papaver dubium adalah variabel tahunan, tumbuh hingga sekitar 60 an cm tingginya, biasanya berbunga di akhir musim semi hingga pertengahan musim panas.

Poppy ini adalah spesies yang sangat ringan yang lebih suka tanah berpasir tanpa kapur. Dia tersebar luas di seluruh Eropa dan Amerika. Jadi termasuk familiar juga ya poppy yang satu ini 😊

Poppy berkepala panjang hampir mirip dengan spesies poppy lainnya yaitu Poppy umum atau Papaver rhoeas karena salah satu alasannya adalah warnanya yang merah mencolok. Bunga Poppy berkepala panjang ini besarnya seukuran 30 hingga 70 mm, dengan 4 kelopak merah yang lebih terang daripada spesies Papaver rhoeas. Bunganya juga paling umum tanpa bintik di pangkalan.

Tangkai bunga biasanya ditutupi dengan rambut kasar yang erat tertekan ke permukaan. Ini juga membantunya untuk membedakannya dengan Papaver rhoeas yang rambutnya lebih banyak tertekan pada sudut kanan batang.

Kapsulnya tidak berambut, memanjang hingga 2 kali lebih tinggi dan lebar, sedikit meruncing di ujung, dengan stigma yang umumnya kurang lebar dari kapsul.

Tanaman poppy ini seperti umumnya spesies poppy lainnya memancarkan lateks putih ke kekuningan ketika jaringan rusak. Spesies ini juga dapat membentuk bank benih tanah yang berumur panjang yang dapat berkecambah ketika tanah terganggu

Poppy berkepala panjang yang liar ini juga ada yang telah mengalami hibrida atau kawin silang. Hibrida berbunga Poppy yang hampir hitam ini dikenal sebagai Evelina dan dibiakkan di Italia pada akhir 1990-an dengan Papaver rhoeas. Tetapi tampaknya hibrida ini tidak tersedia untuk kebutuhan komersial

Sebelum munculnya herbisida, Papaver rhoaes terkadang berlimpah di bidang pertanian. Meskipun Poppy umum atau Poppy jagung atau Poppy merah ini dan kultivarnya seperti Poppy Shirley yang terkenal ditanam untuk tanaman hias di taman serta poppy California yang banyak ditanam di kebun, tetap sepertinya hanya Papaver somniferum yaitu Poppy opium yang memiliki produksi pertanian yang signifikan.

Ok deh pemirsa, sekarang kita kenalan yuk dengan tingkatannya yang lebih tinggi, induk semangnya yaitu keluarga Poppy ini 😊

Poppy adalah tanaman yang biasa tumbuh liar di pinggir jalan dan di padang luas, yang juga merupakan tanaman herbal. Selain tanaman liar, poppy biasa ditanam menjadi tanaman hias karena bunga-bunganya yang berwarna.

Nah, selain poppy berkepala panjang ini yang tumbuh liar dan berwarna merah jingga cerah mencolok, ternyata poppy memang biasa ditanam dan menjadi tanaman hias karena keragaman warnanya. Jadi ga identik dengan tanaman liar dong ya 😊

Bunga poppy juga ga hanya didominasi berwarna merah saja seperti poppy berkepala panjang ini berwarna merah jingga, poppy juga memiliki warna-warna lainnya yang ga kalah menariknya seperti merah darah, merah muda, ungu, biru dan putih. Wow.. serunya

Ga hanya warnanya yang banyak, tanaman ini banyak spesiesnya bahkan hingga ratusan, yaitu terdiri lebih dari 120 spesies. Wah, banyak sekali ya pemirsa.. Di antara spesies yang banyak ini salah satunya adalah Poppy berkepala panjang yang saat ini di musim panas masih tebar pesona aja 😊

Poppy berkepala panjang atau Papaver dubium adalah salah satu spesies keluarga poppy di samping spesies lainnya yang terkenal seperti Papaver rhoeas atau Poppy jagung, Papaver somniferum dan Papaver shirley atau Poppy shirley yang sangat diminati penggemar untuk tanaman hias di taman.

Papaver somniforum merupakan spesies dari poppy yang ga kalah terkenalnya. Nah ini dia yang dbilang orang identik dengan candu itu😊 Spesies poppy ini menghasilkan biji-bijian pangan dan juga merupakan sumber dari obat-obatan candu, yang berisi alkaloid pengobatan yang kuat seperti morfin dan telah digunakan sejak jaman kuno sebagai sebuah analgesik dan pengobatan narkotik dan obat-obatan rekreasional. Wow..

Poppy berwarna merah yang hampir mirip warnanya dengan Poppy berkepala panjang yaitu Poppy flanders atau Poppy rhoeas juga ga kalah terkenalnya. Papaver rhoeas dengan nama umum termasuk Poppy biasa, Corn poppy/ Poppy jagung, Corn rose/ Jagung rose, Poppy, Flanders poppy atau Red poppy/ Poppy merah adalah spesies herba tahunan tanaman berbunga dalam keluarga poppy, Papaveraceae. Poppy ini terkenal sebagai gulma pertanian. Oleh karena itu nama-nama umum dalam pertanian termasuk jagung dan ladang ikut dalam penamaan poppy. Setelah peperangan bersenjata yang dilakukan di ladang poppy di Flanders, saat Perang Dunia ke-1, poppy yang berwarna merah ini di Eropa dijadikan lambang para prajurit yang tewas pada masa perang

Bunga poppy merupakan tumbuhan semusim yang memiliki kuntum bunga berwarna merah, putih dan kuning yang berbentuk seperti cangkir. Bunganya memiliki kapsul berbentuk bulat dan berisi biji kecil berwarna hitam

Poppy tidak menghasilkan nektar dalam jumlah yang signifikan sehingga membuat mereka berperan dalam ekologi padang rumput khusus untuk serangga pengumpul serbuk sari/pemakan serangga.

Karena bunga poppy tidak diserbuki angin, serbuk sarinya tidak menimbulkan resiko alergi melalui penghirupan

Pada dasarnya semua bunga poppy mengandung racun, tapi tidak semuanya mengandung opium (candu). Untuk poppy opium, karena sifatnya yang mengandung narkotik, pertumbuhannya di Amerika Utara telah dibatasi

Keracunan dapat terjadi saat menelan buah mentah yang terdapat pada bunga poppy dan penggunaannya yang secara terlarang beserta turunannya yang diproses secara sederhana menghasilkan kodein, heroin dan morfin

Buah poppy akan menghasilkan getah berwarna putih. Getah ini setelah kering akan menghasilkan opium yang siap dikonsumsi

Biji poppy yang berwarna hitam ini tidak berbahaya dan dapat dimakan sendiri, biasa juga dijadikan bumbu. Di Eropa, biji poppy sering dimakan bersama pasta. Bijinya direbus bersama susu dijadikan minuman segar siap konsumsi. Biji poppy juga kerap digunakan sebagai bahan roti, isi atau topping berbagai produk roti dan taburan kue. Minyaknya dari biji terutama dari spesies Poppy rhoeas atau Poppy merah sangat dihargai di Perancis.

Nah jadi, selain dari biji poppy, bagian lain dari anggota keluarga poppy mengandung racun. Makanya berhati-hati kalo menyentuh mereka ya.. jangan kebabalasan apalagi sampai mencium aroma bunga poppy secara mendalam saking gemes dengan kecantikan bunganya😊

Aaaih.. alhamdulillah saat ane memiliki kesempatan untuk menemui mereka dan berinteraksi secara dekat dengan memperhatikan seksama fisiknya dan memfoto sana sini, ga sampai menyentuh bahkan menciumnya ya 😊

Sebagian spesies poppy biasa dijadikan tanaman hias karena bunganya yang cantik. Agaknya kesan negatif mereka masa lalu telah memudar karena kecantikan bunga-bunganya ya.. mereka naik pangkat menjadi tanaman hias kesayangan

Jaman dulu, di sekitar tahun 1960-an, bunga poppy dikenal sebagai bunga pemadat. Coraknya banyak dipakai kaum hippie untuk hal-hal yang ga bener seperti drug, musik hingar bingar dan lain-lain hingga kesannya poppy ini negatif banget. Namun di era sekarang ini kesan itu akhirnya perlahan tapi pasti memudar seiiring dengan naik pangkatnya poppy sebagai tanaman hias yang cukup digemari pencinta bunga 😊

Bunga poppy termasuk ke dalam jenis bunga-bunga liar yang biasanya tumbuh berkelompok di padang rumput atau pegunungan. Bunga-bunga liar ini bervariasi umurnya antara 1 hingga 3 tahun. Jenis bunga ini sekarang banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Keragaman warnanya yang menarik seperti merah darah, merah jambu, orange, kuning, putih biru atau ungu menjadikan bunga ini cukup diminati. Fisiknya yang terkesan kurus ringkih dan mudah terluka semakin membuat pengagumnya ingin menjaganya dengan penuh kasih

Bagaimana pemirsa tertarik ingin memeliharanya di rumah? Jangan takut dengan adanya candu ya.. karena ga semuanya tanaman poppy mengandung candu. Warna-warnanya yang cantik menarik hati dengan bunganya yang unik membuat pemirsa berkeinginan memeliharanya dan menjadi tanaman hias menemani hari-hari di rumah 😊

Demikianlah pemirsa edisi kali ini mengenai bunga poppy dan jenis Poppy berkepala panjang yang hadir di musim panas ini. Semoga ada manfaatnya. Sampai jumpa di edisi selajutnya ya 😊

 

Bir cevap yazın