Kalanchoe, Kalanchoe blossfeldiana, cocor bebek berbunga di musim panas di Austria

1.030 Views

Satu lagi bunga yang memikat hati di musim panas, dialah bunga Kalanchoe. Bunga-bunganya cantik kecil mungil bergerombol penuh beraneka warna. Meskipun sejatinya bunga-bunga ini mekar di akhir musim gugur atau awal musim dingin nanti, namun saat ini masih di musim panas bunga-bunganya asyik aja bermekaran tebar pesona

Awalnya ane penasaran dengan bunga yang satu ini, apalagi tanamannya mungil dan tumbuh di pot seukuran toples bumbu emak-emak di dapur. Tanaman dengan bunga-bunga mekarnya ga hanya ane temui di ruang publik seperti di pot kembang di depan pertokoan, akan tapi hingga ke supermarket dan toko khusus bunga

Namanya cukup unik, Kalanchoe. Belakangan ane tau kalo tanaman ini di tanah air kita tercinta Indonesia biasa juga disebut cocor bebek. Nah, kalo cocor bebek ane dah lama tau. Tapi kalo yang berbunga sepertinya baru tau kali ini deh 😊

Pengen berkenalan dengan Kalanchoe.. Yuk pemirsa mari sama-sama kita eksplor. Dimulai dari data pribadinya dulu ya 😊

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan : Plantae
Memesan : Saxifragales
Keluarga : Crassulaceae
Marga : Kalanchoe

Kalanchoe yang juga ditulis Kalanchöe adalah genus atau marga dari sekitar 125 spesies atau jenis tanaman berbunga tropis asli Madagaskar dan Afrika tropis. Wah banyak sekali jenisnya ya..

Di antara sebanyak itu, ane tertarik membahas jenis Kalanchoe blossfeldiana. Nah, Kalanchoe jenis inilah yang namanya cocor bebek berbunga yang ane temui yang sempat bikin ane penasaran. Kebetulan juga saat ini di Austria sedang berbunga dengan lebatnya dan sangat menawan hati, jadi klop deh 😊

Yuk pemirsa lanjut kita cek data pribadinya

Jenis : K. blossfeldiana
Nama binomial : Kalanchoe blossfeldiana
Poelln
Sinonim : Kalanchoe globulifera var. coccinea
H. Perrier

Kalanchoe adalah tanaman sukulen abadi yang masuk dalam genus Kalanchoe, dengan deskripsi tanaman yang diterbitkan pada tahun 1934 (Repert. Spec. Nov.Regni Veg 35:159).

Nama lengkap Kalanchoe blossfeldiana berasal dari Kalanchoe yang diadaptasi dari nama generiknya Kalanchoe oleh Adason dari Kalanchauhuy, nama China untuk satu spesies yang direkam oleh Georg Joseph Kael, seorang misionaris botani dan Jesult ke Filipina. Sedangkan blossfeldiana merupakan penghormatan kepada ahi botani dan hibrida Jerman, Robert Blossfeld, yang pertama kali memperkenalkan tanaman ke seluruh dunia pada tahun 1932.

Nama tanaman yang satu ini beragam dan terkenal dalam nama-nama umum Inggris seperti Flamming Katy, Christmas Kalanchoe, Florist Kalanchoe dan Madagaskar widow’s-thrill atau kalo diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi Sensasi Janda Madagaskar. Aaih ada-ada saja ya pemirsa namanya 😊Ada lagi nih namanya yang ga kalah terkenalnya kalo di Indonesia, yang sudah ane sebutkan sebelumnya yaitu cocor bebek berbunga.

Kalanchoe blossfeldiana adalah tanaman asli Madagaskar. Tanaman ini dapat ditemukan tumbuh di dataran tinggi Pegunungan Tsarantanana yang relatif dingin. Dalam lingkungan ini mereka tumbuh di tanah humus

Kalanchoe blossfeldiana terkenal akan bunganya yang memikat hati banyak orang. Oleh karena itu tanaman ini banyak dijadikan tanaman hias. Mereka juga terkenal karena mudahnya propagasi, ga butuh banyak air serta warna-warna bunganya yang mencolok mata hingga yang kalem meneduhkan mata 😊

Karena keindahannya, tanaman ini mendapat penghargaan internasional di United Kingdom atau Inggris, yaitu Royal Horticulture Society‘s Award of Garden Merit

Kalanchoe blossfeldiana adalah tanaman sukulen abadi yang gundul, lebat dan hijau. Dikatakan sukulen karena tanaman ini merupakan tanaman hias dan tanaman hias batu. Kenapa juga dikatakan gundul ya.. menurut ane sih karena saat belum berkembang, kuncup-kuncupnya bulat mungil menutup seperti gundul 😊 Nah kalo yang disebut sebagai tanaman abadi ini adalah benar adanya karena daunnya yang tetap hijau sepanjang tahun.

Usia Kalanchoe sekitar 2 hingga 5 tahun, yang dapat mencapai ketinggian akhir sekitar 30-45 cm dan penyebaran utamanya antara 10-15 cm. Kalanchoe ini memiliki kebiasaan bulat dan kepadatan tanaman sedang dengan tingkat pertumbuhan yang lambat

Tanaman Kalanchoe blossfeldiana berwarna hijau, dedaunan yang mengkilat dan bertekstur, yang tetap hijau sepanjang tahun 😊Daun scallop memiliki mata dan bulat telur disusun secara berlawanan/ subopposite, tipe sederhana dengan margin crenate dan berbentuk lonjong. Susunan vena dalam daun (venasi) bisa tidak ada atau sangat sulit dilihat. Panjang daunnya antara 5-10 cm.

Yang paling menarik dari kalanchoe ini tentu saja bunganya. Setiap bunga memiliki 4 kelopak dan dapat menjadi salah satu dari berbagai warna yang dimiliki tanaman ini, dari merah gelap dan merah muda ke orange, kuning emas hingga putih. MasyaAllah alhamdulillah 😊

Indung telur Kalanchoe jenis ini adalah tetracarpellary dan apocarpous, sementara benang sari jumlahnya 4 dan bersifat epipetal. Perbungaan dihasilkan oleh tangkai bunga yang lebih tinggi dari daun dan bersifat terminal. Bagian dari kalanchoe blossfeldiana ada yang beracun jika tertelan. Jadi meski cantik menarik harap berhati-hati ya pemirsa. Jangan asal cium atau nyosor kata orang, apalagi main gigit karena gemes sama bunganya 😊

Kalanchoe ini biasanya berbunga di akhir musim gugur hingga musim dingin. Uniknya meski musim berbunga belum tiba karena musim gugur masih beberapa bulan lagi, kalanchoe berbunga aja di musim panas ini. Wah, bisa puas-puasin menikmati keindahannya dong. Seru kan pemirsa..

Nah, tadi dah ane sebutkan kalo Kalanchoe yang merupakan tanaman sukulen anggota famili atau keluarga Crassulaceae yang lebih populer dengan sebutan cocor bebek ini memiliki banyak jenis hingga 125 jenis. Namun dari sebanyak itu, ada 3 jenis kalanchoe atau cocor bebek yang sering dijumpai, yaitu cocor bebek besar, cocor bebek mini dan cocor bebek berbunga. Di antara ketiganya, cocor bebek berbungalah yang paling diminati dan banyak penggemarnya

Coocor bebek berbunga bernama latin Kalanchoe blossfeldiana paling diminati karena sangat rajin berbunga. Warna bunganya cerah ceria, yang umumnya merah menyala, ada juga yang berwarna kalem lembut seperti kuning, oranye dan merah muda. Tinggi tanamannya bisa mencapai 30 cm, berdaun tebal hijau terang warnanya dan cocok untuk tanaman hias pot

Bagaimana dengan cocor bebek besar? Cocor bebek besar atau yang bernama latin Kalanchoe daigremonttianum sebenarnya merupakan tanaman dari genus Byrophyllum, namun kadang-kadang dimasukkan dalam genus Kalanchoe juga, yang mana spesies ini dikenal sebagai Kalanchoe daigremontiana Haet & Perrier.

Daya tarik cocor bebek ini terletak pada daun bagian atasnya yang mengkilat, sedangkan pada permukaan bawahnya terdapat loreng-loreng coklat warnanya. Di pinggiran daunnya terdapat tunas-tunas yang jika jatuh ke tanah bisa berakar dan membentuk tanaman baru. Jenis ini tingginya bisa mencapai 40 cm dan umumnya berbatang tunggal. Kadang-kadang berbunga juga dengan warna hijau atau merah muda

Selanjutnya adalah cocor bebek mini atau Kalanchoe tomentosa. Cocor bebek yang sering juga disebut tanaman Panda ini cukup populer karena ukurannya yang kecil, lebih kecil dari cocor bebek biasa dengan dedaunan berbingkai merah tua. Perawatannya juga cukup mudah. Daunnya yang berbingkai merah tua menjadi daya tarik tersendiri, disamping daunnya yang berbentuk oval, tebal dan permukaannya ditutupi oleh bulu putih. Tinggi tanamannya bisa mencapai 30 cm namun jarang memunculkan bunganya

Cocor bebek umumnya pengen dipelihara di tempat yang banyak terkena sinar matahari. Wah.. cocok dong dengan aura musim panas saat ini ya😊 Cocor bebek sebenarnya ga terlalu sulit dipelihara. Hanya saja dengan suhu minimum 10 C, Kalanchoe blossfeldiana perlu dilindungi dengan kaca (atau di rumah kaca ya tepatnya) pada bulan-bulan musim dingin di lokasi beriklim sedang seperti di Eropa termasuk Austria. Kalanchoe juga harus di tempat yang sejuk dan sebagian teduh. Namun di musim panas seperti saat ini, tanaman dapat ditempatkan di luar ruangan.

Bagaimana dengan media tanamnya? Apakah ada persyaratan khusus? Ternyata media tanamnya harus porous ya pemirsa.. Media tanam ini bisa dibuat dari campuran antara kompos dan pasir dengan perbandingan 3:1.

Untuk penyiramannya jangan keseringan, cukup disiram kalo media tanamnya sudah mulai kering. Media tanah yang selalu basah bisa membuat tanaman membusuk

Untuk jenis cocor bebek berbunga, setelah bunganya habis, kita bisa memotong tangkai bekas bunganya yang telah kering dan mati untuk merangsang kemunculan bunga berikutnya. Selain itu tujuan untuk memotong bunganya yang telah kering dan mati adalah agar tanaman akan terjaga keindahannya 😊

Demikianlah pemirsa edisi kali ini mengenai Kalanchoe, cocor bebek yang umum dikenal dan cocor bebek berbunga yang tebar pesona di musim panas ini. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di edisi selanjutnya 😊

Bir cevap yazın