Löwenzahn, tanaman liar dandelion Austria kuning cerah musim semi dan manfaatnya untuk kesehatan

250 Views

Musim semi adalah musim bunga dimana-mana. Seperti mendapat asupan gizi terbaik, mereka berkembang tanpa dapat dicegah. Tentunya ini membahagiakan untuk pencinta bunga seperti ane ya..

Bunga-bunga yang bermekaran ini ga pilih-pilih, kecantikan dan keindahannnya pun ga pilih-pilih, dari bunga tanaman piaraan hingga tanaman liar.

Salah satu bunga yang menarik perhatian ane adalah bunga kuning cerah yang memenuhi apa saja di sekitarnya, di halaman rumah, di ruang publik, padang rumput, ladang, lahan pertanian, retakan dinding hingga di celah-celah batu. Tanaman ini biasa juga ditemukan di pegunungan atau tempat-tempat di dataran tinggi lainnya dan terutama di padang luas.

Bulan April adalah masa keemasan mereka tumbuh dan berkembang dengan pesatnya Kelopak bunga ini runcing-runcing dan penuh mengitari mahkota di tengah-tengahnya. Bagi warga Austria, bunga-bunga ini ga istimewa karena biasa dilihat, bahkan bila perlu dipangkas habis karena kuatir mengganggu pemandangan😊

Tapi meski dipangkas habis, mereka akan segera tumbuh kembali dengan pesatnya. Fisik mereka yang biasanya selalu dipangkas terutama di halaman rumah tumbuh pendek. Ya, mereka adalah tanaman yang mudah beradaptasi dimanapun mereka berada selalu menyesuaikan diri. Gerombolan mereka yang tumbuh liar dan dibiarkan begitu saja tanpa dipangkas dan jarang terpapar benda lainnya, seperti di padang rumput yang menjadi kuning cerah seperti lautan emas batangan, umumnya tinggi dan besar.

Saat ane ke padang rumput dekat rumah, mereka sedang berbunga dengan lebatnya. Para lebah pun menjadi heboh dan mengitari mereka. Serunya lebah-lebah ini ga merasa terganggu dengan kedatangan ane lho, bahkan adem ayem aja saat ane memfoto mereka yang sedang beraktivitas dengan gembira

Ternyata bunga yang cantik ini bernama Randa Tapak dalam bahasa Indonesia atau bahasa kerennya Dandelion atau kalo di Austria bernama Löwenzahn. Bunga kuning cerah yang penampilannya mirip bunga aster ini berasal dari tanaman Randa Tapak atau Dandelion. Dandelion adalah bagian dari Taraxacum, sebuah genus besar dalam keluarga Asteraceae. Jadi memang dandelion adalah bagian dari keluarga Asteraceae atau aster atau kenikir-kenikiran ya pemirsa..

Nama Randa Tapak sendiri merujuk kepada sebuah tumbuhan yang memiliki ‘bunga‘ yang memiliki ‘bunga-bunga‘ kecil yang terbang ditiup angin. Sama seperti dandelion bahasa kerennya yang berasal dari bahasa Perancis, dande yaitu gigi dan lion yaitu singa. Begitu juga sama seperti dalam bahasa Austria dan Jerman, Löwenzahn yang berarti gigi singa, zahn adalah gigi dan löwen adalah singa. Ini karena fisik dari bunga-bunga kecilnya yang halus runcing seperti gigi 😊

Jadi ingin mengenal lebih dalam nih dengan bunga-bunga kuning cerah ini.. Yuk pemirsa kita cari tahu bersama-sama, dimulai dari biodatanya terlebih dahulu ya 😊

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Asterales
Famili : Asteraceae
Subfamili : Cichorioideae
Tribus : Chicorieae
Genus : Taraxacum
Spesies : Dandelion biasa
Nama Ilmiah : Taraxacum Ruderalia

Dandelion adalah tanaman herba abadi yang mencapai ketinggian 10 cm hingga 30 cm dan mengandung jus susu putih atau getah di semua bagian

Asal asli dari tumbuhan ini adalah Eropa dan Asia barat, namun sudah menyebar ke segala tempat. Di Eropa Tengah, mereka adalah rumput liar biasa di padang rumput, di pinggir jalan dan di kebun.

Karena populasi dandelion biasa sulit dengan konsep tradisional dari alam yang harus diakui, mereka diringkas menjadi spesies yang kolektif atau terpilih Taraxacum officinale agg (GH Weber ex. Wiggers). Tapi sekali lagi ini tidak lepas dari jenis bus lain karena banyak bentuk transisi, semua tanaman sekarang bekerja sama sebagai bagian dari Rudelia genus Taraxacum

Dandelion biasa sangat mudah dikacaukan dengan tanaman dari genus Taraxacum lainnya, karena mereka terlihat sangat mirip, kadang-kadang hanya dapat dibedakan dengan bentuk bijinya.

Dandelion adalah Ruderalplafanze, yaitu tanaman yang memiliki sifat mudah tumbuh dengan cepat dan mendiami tanah, pohon bahkan retakan dinding. Yang disebut bunga dari tumbuhan ini menjadi semacam jam hayati yang secara teratur melepaskan banyak bijinya. Biji-biji ini sesungguhnya adalah buahnya

Sebagian orang menganggap tanaman dengan bunga-bunga indahnya ini sangat cantik dan menawan hati hingga membahagiakan bagi yang melihatnya, dan membuat pemandangan sekitarnya menjadi semerbak cerah ceria, namun sebagian orang menganggap tanaman ini cukup mengganggu, mungkin karena silau saking cerahnya ya 😊 Ah bukan.. yang sebenarnya adalah tanaman ini bisa saja mengganggu tanaman yang benar-benar dipelihara alias tanaman pengganggu atau gulma. Apalagi petani ya.. ini sangat tak diinginkan. Kadang-kadang bikin petani kewalahan kalo si kuning cerah ini sampai mendominasi lahan pertanian

Tetapi ternyata ya pemirsa, biar dikata sebagai gulma, mereka ini bermanfaat untuk manusia lho.. Tanaman dengan bunga-bunganya yang berwarna kuning cerah yang mencolok ga hanya memikat hati manusia, tetapi juga para hewan pengisap madu, lebah yang berkembang berkoloni menghampiri. Nah dari para lebah inilah dihasilkan madu yang dapat dimanfaatkan.  Madu dandelion memiliki aroma ynag kuat, berwarna kuning keemasan dan kental saat segar dan mengkristal halus menjadi madu yang kekuningan

Percaya ga pemirsa kalo dandelion bisa dimanfaatkan di dunia kuliner? Iya lho😊 Bunga-bunga kuning ternyata cocok untuk membuat sirup atau jeli gurih seperti madu (namanya French cramaillotte, dengan jeruk, lemon dan gula). Wow..

Daun-daun mudanya yang hanya sedikit rasa pahit dapat diproses sebagai salad (kalo di Austria : ‘Röhlsalat‘). Bisa juga sebagai jus perasa atau sebagai bagian dari smoothie. Untuk bagian akarnya, bisa diproses sebagai salad dan dimasak. Selain sebagai salad, dulunya akar yang merupakan bagian dari tanaman ini, dikeringkan dan dipanggang sebagai pengganti kopi, diproduksi pada tahun-tahun pasca perang (pengganti akar chicory). Bahkan hingga saat ini pun diketahui akar yang kaya akan inulin ini, yang dipanen di musim gugur, dipanggang sebagai pengganti kopi.

Dandelion diketahui mengandung getah di semua bagian tanaman. Jaman Perang Dunia II dahulu dandelion digunakan di Rusia dan di Jerman Reich (di bawah proyek Kok Saghys) sebagai pengganti karet. Pada penelitiannya disimpulkan dandelion dianggap sebagai tanaman bahan baku potensial untuk karet selama beberapa tahun dan di teliti di Eropa dan Amerika Utara. Tujuan dari penelitian itu dandelion Rusia Kok Saghys berpotensi sebagai pengganti karet dari karet alam dari pohon karet (Hevea brasiliensis) dan karet sintetis

Hewan pun kebagian manfaat hebat dari dandelion ini, ga hanya lebah semata. Dandelion dimanfaatkan sebagai makanan hewan peliharaan, umumnya kelinci. Wow..

Apalagi manfaat dandelion ya.. Seperti yang ane dah sebutkan, bunga-bunganya yang cantik memikat ini bisa membawa kebahagian, dan ini baik untuk kejiwaan seseorang. Ga hanya untuk terapi jiwa, tanaman ini juga baik untuk kesehatan tubuh. Nah lho.. Apa sajakah itu? Sebelum melangkah lebih jauh akan manfaatnya untuk kesehatan tubuh, yuk kita simak dulu zat-zat apa saja sih yang terkandung dalam tanaman musim semi ini.

Kandungan nutrisi dandelion

Energi  188 kJ (45 kcal)
Karbohidrat 9,2 g
– gula 0,71 g
– serat 3,5 g
Lemak 0,7 g
Protein 2,7 g
Vitamin
Vitamin A equiv 508 mikrogram
– beta karoten 5854 mikrogram
– lutein zeaxanthin 13610 mikrogram
Tiamin (B1) 0,19 mg
Riboflavin (B2) 0,26 mg
Niacin (B3) 0,806 mg
Asam pantotenat 0,084 mg
Vitamin B6 0,251 mg
Folat (B9) 27 mikrogram
Kolin 35,3 mg
Vitamin C 35 mg
Vitamin E 3,44 mg
Vitamin K 778,4 mikrogram
Mineral
Kalsium 187 mg
Besi 3,1 mg
Magnesium 36 mg
Mangan 0,342 mg
Fosfor 66 mg
Kalium 397 mg
Natrium 76 mg
Seng 0,41 mg
Konstituen lainnya
Air 85,6 g

Gini-gini, ternyata mereka mengandung banyak nutrisi juga ya.. Belum lagi zat aktif di dalamnya yang baik untuk tubuh seperti fenolik dan flavonoid😊 Bahan aktif utama adalah sesquiterpene lactones-zat pahit yaitu tetrahydroridentin B, Taraxacolid-ß-D-glucoside dan lain-lain, sebuah turunan fenolik asam karboksilat (Taraxosid) dan triterpen (taraxasterol dan yang turunannya), kadar kalium tinggi (hingga 4,5%) dan inulin (hingga 40% di musim gugur). MasyaAllah alhamdulillah

Ga heran kalo kemudian berbagai bagian dari tanaman dandelion yang meliputi akar, bunga, daun maupun batangnya, dapat diolah menjadi obat herbal yang baik untuk kesehatan. Bisa dari bagian tanamannya yang utuh, atau diolah seperti dijus atau dismoothie maupun diekstrak

Apa saja manfaat dandelion ini untuk kesehatan tubuh ya.. Yuk pemirsa kita simak bersama-sama

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dandelion diketahui mengandung antioksidan polifenol yang banyak terdapat pada bunga, akar, daun serta batangnya. Dandelion juga mengandung sejumlah vitamin yang berperan sebagai antioksidan juga seperti vitamin C. Berbagai antioksidan ini berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah diserang penyakit. Antioksidan juga berguna dalam menangkal serangan radikal bebas penyebab penyakit

Menjaga kesehatan hati

Selain itu, antioksidan pada dandelion dapat menjaga kesehatan hati dengan melindungi hati dari kontaminasi racun. Dandelion juga diketahui mampu mengurangi kadar lemak di dalam hati

Menjaga kesehatan pencernaan

Zat pahit pada dandelion dapat mempromosikan sekresi kelenjar pencernaan. Ini baik untuk menjaga kesehatan pencernaan agar terhindar dari gangguan pencernaan seperti kembung. Zat pahit ini juga dapat mengurangi nafsu makan setelah makan makanan berlemak tinggi, sehingga keinginan makan berlebih pun dapat dihindari. Selain zat pahit, serat inulin yang tinggi yang terkandung dalam dandelion pun berperan dalam kesehatan pencernaan, seperti memperlancar pencernaan hingga terhindar dari sembelit

Menjaga berat badan

Zat pahit yang terdapat pada dandelion diketahui dapat mengurangi nafsu makan setelah makan makanan berlemak tinggi. Dengan nafsu makan yang berkurang, otomatis terhindar dari makan yang berlebih. Jadi baik sekali nih untuk pemirsa yang sedang diet untuk menjaga berat badan tetap stabil

Meredakan peradangan

Berbagai senyawa bioaktif yang terdapat dalam dandelion, termasuk polifenol yang selain berfungsi sebagai sumber antioksidan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sebegai penangkal serangan radikal bebas penyebab penyakit, juga diketahui berguna dalam meredakan peradangan

Merangsang sekresi urine

Dandelion memiliki sifat diuretik yaitu pengeluaran air yang berlebih melalui air seni, dimungkinkan karena konsentrasi kalium yang tinggi. Ini baik untuk tekanan darah tinggi begitu juga penyakit jantung. Selain itu untuk yang mengalami peradangan, dengan merangsang sekresi urine pada penyakit radang dan pembentukan batu, maka keluhan peradangan dapat berkurang

Menjaga tekanan darah

Kandungan kalium yang tinggi dengan natrium yang rendah pada dandelion dapat menjaga tekanan darah tetap dalam batas normal. Baik sekali untuk menurunkan tekanan darah bagi mereka yang mengalami tekanan darah tinggi.

Menjaga kadar gula darah

Dandelion mengandung senyawa bioaktif asam cikorir dan klorogenat yang bisa mencegah terjadinya kadar gula yang tinggi atau rendah

Menjaga kesehatan kulit

Nah selain dari manfaat dandelion untuk kesehatan tubuh, dandelion baik untuk menunjang kecantikan lho. Ini karena zat berkhasiat yang terdapat dalam dandelion yang bermanfaat dalam perawatan kulit.
Ekstrak daun dan bunga dandelion diketahui menjaga kesehatan kulit, seperti melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengurangi kerusakan sel-sel kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar ultraviolet, penuaan dini hingga jerawat.
Ekstrak akar dandelion diyakini mampu mempercepat regenerasi sel-sel kulit baru sekaligus menghambat proses penuaan. Selain itu ekstrak tanaman ini bermanfaat juga untuk meredakan peradangan pada kulit, irirtasi kulit, meningkatkan hidrasi dan memperbanyak produksi kolagen yang bertanggungjawab untuk membuat kulit segar kenyal dan kinclong 😊
Dengan manfaatnya yang segudang untuk kulit, maka kesehatan kulit pun dapat terjaga dengan baik

Nah demikianlah pemirsa antara lain manfaat dandelion untuk kesehatan tubuh. Hebat banget kan tanaman liar yang satu ini.. 😊

Meski efek sampingnya hampir ga ada, ternyata kita harus berhati-hati mengkonsumsinya ya.. Maksudnya jangan sampai berlebihan, karena yang berlebihan itu selalu tidak baik. Ini juga berlaku bagi yang memiliki riwayat penyakit batu empedu dan penyumbatan saluran empedu agar berhati-hati mengkonsumsinya. Bagi yang memiliki kulit sensitif, jangan sampai kontak dengan getahnya. Diketahui dandelion memiliki getah di semua bagian.  Getahnya ini dapat menyebabkan dermatitis kontak

Nah, demikianlah pemirsa laporan ane di musim semi ini mengenai löwenzahn, dandelion Austria yang meskipun dianggap tanaman liar ternyata banyak sekali manfaatnya, ga hanya di dunia kuliner bahkan untuk kesehatan tubuh dan jiwa dan kecantikan juga 😊

Dandelion masih akan terus ada selama bulan April dan Mei ini. Jadi bagi pemirsa yang berada di belahan bumi utara seperti di Eropa dan termasuk di Austria tempat ane tinggal, ini saatnya menikmati keindahan si aster liar kuning cerah ceria.

 

Bir cevap yazın