Kleine Traubenhyazinte, Hyacinth anggur Austria dengan bunga anggur cantiknya di musim semi

1.028 Views

Bunga-bunga di Austria indah dan unik. Salah satu yang akan ane perkenalkan adalah eceng anggur kecil. Kok ada kata-kata eceng dan anggur ya? Iya. Karena tanaman ini adalah tanaman umbi dengan bunga-bunga yang berbentuk seperti sekelompok anggur. Hmm.. menarik untuk disimak ya..

Awal mula mengenal bunga yang dinamakan juga Muscari ini adalah dari bunga Hyacinth yang juga bunga tanaman berumbi atau eceng gondok yang cantik banget. Dulunya mereka masih satu genus Hyacinthus, namun sekarang mereka dipisah. Bunga hyacinth tetap dengan genus Hyacinthus, sedangkan Muscari dengan genus Muscari. Dilihat sekilas memang mirip, sama-sama memiliki bunga di sepanjang tangkai. Bedanya, bunga hyacinth seperti terompet, bunga Muscari seperti lonceng

Bunga Hyacinth memiliki banyak warna seperti pink, putih, kuning, salmon dan biru, sedangkan Muscari berwarna biru pada umumnya, meski ada juga yang berwarna putih. Hmm.. seru ya 😊

Bunga Muscari muncul sejak akhir musim dingin dan makin berbunga-bunga di musim semi ini. Di alun-alun kota dekat tempat tinggal kita, di pot kembang dekat deretan pertokoan, tanaman dengan bunga-bunganya yang cantik ini tumbuh dengan anggunnya. Menambah suasana alun-alun kota semakin berwarna aja. Seneng banget liatnya 😊 Maklum ya emak-emak rumah tangga..

Nama lengkapnya Muscari botryoides. Ini adalah tanaman abadi bulat dari genus Muscari dan salah satu dari sejumlah spesies dan genera yang dikenal sebagai eceng gondok anggur atau eceng anggur kecil atau Hyacinth anggur dengan keluarga Asparagaceae. Kebanyakan ditanam sebagai tanaman hias.

Pengen kenal lebih dalam? Yuk pemirsa sama-sama kita eksplor tanaman cantik yang satu ini, dimulai dengan klasifikasi ilmiahnya terlebih dahulu ya 😊

Klasifikasi Ilmiah

Muscari botryoides

Kerajaan : Plantae
Memesan : Asparagales
Keluarga : Asparagaceae
Subfamili : Scilloideae
Marga : Muscari
Jenis : M. botryoides
Nama binomial : Botryoides otot
(L) P. Mill
Sinonim : Hyacinthus botryoides L.

Nama botani Muscari berasal dari bahasa Yunani untuk musk dan merupakan referensi untuk aroma manis yang dipancarkan oleh bunga-bunga. Sedangkan nama botryoides berasal dari penampilan sekelompok miniatur anggur.

Muscari botryoides atau M. botryoides dikatakan jauh kurang invasif daripada spesies lainnya seperti M. neglectum, namun terdaftar sebagai invasif di Tennesse, Amerika. Beberapa pencinta tanaman menemukan kemampuan ini untuk berkembang biak secara invasif, tetapi kecantikan kecil ini begitu tangguh

Muscari botryoides atau eceng anggur kecil atau hyacinth anggur adalah tanaman herba abadi membentuk bawang sebagai cara untuk mengumbar berlebihan. Dari umbi biasanya berkembang dua daun linear dan berdaging, sedikit melebar di depan, kebanyakan rata dan tegak. Di tengah-tengah mereka tumbuh batang hingga 20 cm, di ujungnya adalah perbungaan berbentuk anggur.

Perbungaan yang pendek, padat, berbentuk lonceng yang menyerupai sekelompok anggur bisa mencapai 20 hingga 40 bunga pertangkai lho, dimana setiap tanaman menghasilkan satu hingga 3 tangkai. Wah.. banyak banget bunganya ya pemirsa 😊

Bunga-bunga Muscari mengangguk atau merunduk 3 kali lipat, dengan panjang 3-4 mm dan berwarna biru cobalt atau biru langit. Mereka juga tidak mengeluarkan bau. Periant atau perbungaan terdiri dari 6 cabang atau perbungaan yang terjalin atau tumbuh bersama. Ini adalah salah satu sifat yang mengacu pada milik seperti bunga bakung. Ada fruhtnoten dreikammeriger atau ovarium segitiga yang tersedia, dengan 6 benang sari masing-masing dalam 2 lingkaran.

Bunganya berdekatan dan hampir benar-benar bulat. Bunga subur bawah menunjuk ke bawah, sedangkan bunga atas lebih pucat dan steril, mengarah ke atas. Bunganya yang cantik dimana memiliki bunga steril di bagian atas cluster bertujuan untuk menarik perhatian penyerbuk. Penyerbuknya yang adalah lebah ini tertarik oleh nektar yang terbentuk di dinding Fruchtnotens atau indung telur, bagian bulat dari pukulan, dimana ovula dengan sel telur ini berada 😊 Ketika lebah memperhatikan tanaman, mereka menemukan bunga subur dengan nektar lebih jauh di bawah anggur. Waduh, bisa aja si lebah ya pemirsa..

Bunganya yang berwarna biru cerah membeningkan mata ini, memiliki lobus putih di ujungnya pada spesies liar, tetapi tersedia juga warna lain, termasuk putih dari M. botryoides yang berasal dari Eropa pusat dan selatan-timur dan tumbuh di hutan terbuka serta gunung padang rumput.

Dari ovarium yang diserbuki berkembang kapsul yang tajam, bersegi tiga dan bersayap. Ini mengering dengan meningkatnya kedewasaan dan kemudian menjadi seperti perkamen. Kapsul yang sepenuhnya matang terbuka secara khusus dengan retakan memanjang di sepanjang pelepah masing-masing. Di setiap kompartemen, buah kapsul memiliki 1-2 biji hitam dan panjang hingga 2,5 mm dan berbentuk telur.

Spesies ini tidak membentuk bawang putri. Oleh karena itu tanaman biasanya tunggal atau hanya beberapa bersama-sama dan tidak tumbuh horstartig ( ini tidak seperti kebanyakan spesies genus lainnya, sehingga dapat berfungsi sebagai fitur dalam penentuan)

Bagaimanapun, hyacinth anggur kecil tidak berkembang biak dengan biji, tetapi hanya dengan bawang

Hyacinth anggur kecil menyebarkan bijinya dengan bantuan hujan. Saat bukaan kapsul menghadap ke atas, benih dibuang oleh tetesan hujan yang jatuh ke atasnya. Secara botani, curah hujan ini disebut Ombrochorie, dimana tanaman yang menggunakan tetesan hujan sebagai penyebar dengan cara ini bahkan lebih halus dikategorikan sebagai hujan balistik. Bentuk penyebaran lainnya adalah menggunakan Semachorie, dimana perbanyakan menggunakan kekuatan luar seperti oleh angin atau gerakan hewan. Dari kapsul matang, biji juga tersebar ketika angin menggerakkannya dengan keras.

Penyebaran dan membahayakan aslinya area sirkulasi adalah ruang antara Perancis dan Ukraina, dimana ia tumbuh di padang rumput gunung, rumput ramping dan ramuan hutan ek kaya. Tumbuh juga di dataran rendah di Galio Carpinetum dari Asosiasi arpinion, ada ketinggian yang lebih tinggi, tetapi Geranio-Trisetetum dari Asosiasi Polygono-Trisetion di Arrhenathereten, di Gentiano-Brometum dan perusahaan Asosiasi Seslerio-Mesobromion, Violion atau Molinion.

Hyacinth anggur kecil adalah salah satu spesies tanaman yang diperkenalkan dan diimpor seperti tulip, bakung dan tanaman eceng gondok lainnya dalam fase yang disebut Oriental dari tahun 1560 hingga tahun 1620 dari negara Turki dan Timur Tengah ke Eropa Selatan

Tanaman yang dalam bahasa Jermannya Kleine Traubenhyazinthe atau bahasa Inggrisnya Grape Hyacinth ini memiliki keunggulan dari kebanyakan varietasnya yang tahan embun beku, penarik lebah dan mudah dinaturalisasi ke dalam lanskap. Eceng angur kecil ini juga memilih tidak tumbuh di tempat yang lembab, air permeabel di lokasi cerah atau sebagian teduh, seperti di tepi kayu. Lebih menyukai tanah berpasir dan alkali. Bisa tumbuh cantik sebagai lanskap yang indah di taman, halaman rumah, pot tanaman, bahkan tempat pembuangan sampah, tepi jalan dan hutan gugur. Wow.. seru banget ya pemirsa 😊

Periode berbunga tanaman ini di awal musim semi. Nah, ini dia saatnya menikmati keindahan mereka.

Bagaimana pemirsa, tertarik untuk membudidayakannya? Lumayan juga ya memiliki tanaman ini sebagai hiburan di rumah

Nah, demikianlah pemirsa artikel ane kali ini mengenai tanaman Muscari botryoides dengan dengan sekelompok bunga anggurnya yang cerah ceria. Sampai jumpa di edisi selanjutnya 😊

 

Bir cevap yazın