Berkah di balik musim dingin, salju di Austria, dari kesehatan hingga melindungi tanaman

1.197 Views

Musim-musim yang ada di Austria memiliki kisahnya masing-masing, dengan keberkahannya di balik mengharu birunya musim-musim ini. Begitu juga dengan musim dingin yang sedang berlangsung di negara 4 musim tempat ane bermukim sekarang, tepatnya di Austria

Mengharu biru karena suhunya yang dramatis banget hingga di bawah minus 0°C, apalagi untuk ane seorang insan dari belahan bumi tropis nun jauh di sana yang biasa bermandikan sinar matahari 😊 Yang ane tau dulunya suhu minus hanya bisa disejajarkan dengan suhu freezer kulkas dan yang menempatinya adalah serombongan ikan dan daging-daging beku

Banyak dari insan tropis mendadak punya penyakit klasik di musim dingin begini dan bermasalah dengan kesehatan, sehingga musim dingin menjadi hal yang menyakitkan dan membosankan

Namun Allah Maha Adil. Menciptakan musim begini tentu ga asal mencipta. Ada banyak keberkahan di balik dinginnya musim dingin. Di antaranya adalah ibadah puasa yang menjadi lebih ringan, pada sahur seperti hanya sarapan saja kemudian berbuka puasa seperti makan siang saja saking singkatnya waktu. Durasi sekitar 10 jam saja, dengan subuh pukul 06.00 dan maghrib pukul 16.00. MasyaAllah.. Alhamdulillah. Belum lagi malam yang sangat panjang sehingga memiliki waktu yang banyak untuk sholat tahajud, dengan durasi 11 jam yang mana setelah Isya dimulai pukul 18.00 hingga beberapa jam menjelang subuh. Alhamdulillah

Penyakit yang datang selama musim dingin juga bisa menjadikan kita lebih dekat kepada Allah, menggugurkan dosa-dosa yang ada sehingga bersih sebersih-bersihnya. Ini belumlah apa-apa bila dibandingkan dinginnya di akhirat kelak 😊

Musim dingin ini juga makin membuat kita mensyukuri nikmat Allah yang diberikan kepada kita umat manusia. Nah, selain suhunya yang dingin membuat ibadah lebih ringan dan makain mendekatkan diri pada Allah, apalagi ya berkah di balik musim dingin ini? Ya.. salah satunya adalah salju

Salju adalah kristal-kristal es halus ringan dan putih bersih seperti kapas yang terbentuk dari uap air yang mengalami pendinginan sampai di bawah titik beku (0°C). Salju jatuh ke permukaan bumi, namun belum sempat mencair karena suhu di permukaan bumi sangat dingin, biasanya kurang dari 5°C

Salju yang putih bersih ini sangat membahagiakan bagi yang memandangnya, sampai-sampai ada istilah seputih salju 😊 Salju menjadikan terapi jiwa yang baik bagi yang galau, alay, lebay dan sebangsanya. Hati yang keras berganti lembut dan adem, tenteram, damai dan bahagia. Jarang ada yang emosian kalo lihat salju yang putih bersih ini. Bisa dicek kadar kejiwaannya kalo emosian melihat salju, nah lho 😊 Dengan kenyataan yang ada, ini menandakan salju membawa keberkahan dan bermanfaat bagi kesehatan jiwa

Nah, selain bisa menjadi terapi jiwa yang ampuh, apalagi keberkahan salju ini ya? Yuk pemirsa kita cari tau bersama-sama 😊

Melindungi tanaman

Salah satu berkah dengan adanya salju ini adalah dapat melindungi tanaman. Salju dapat melindungi tanaman dari embun beku yang sering menyerang tanaman dan juga tanah. Embun beku dapat menyebabkan dedaunan basah, lecek, layu seperti kelamaan direbus sehingga hilang kesegarannya bahkan mati. Dengan adanya salju maka tanaman bisa terlindungi dari embun beku yang menyerang. Pada negara dingin seperti di Eropa, tanaman yang biasa terserang adalah gandum, karena di negara-negara ini gandum biasanya ditanam.

Sebagai tempat bermain

Salju bisa digunakan sebagai tempat bermain sekaligus permainan yang menyenangkan. Wah, bagaimana salju ini bisa menjadi tempat bermain sekaligus mainan yang menyenangkan ya? Tentunya ga lepas dari salju itu sendiri yang turun dan mendarat di bumi dalam bentuk hujan salju. Hujan salju yang berlangsung lama akan menghasilkan banyak salju yang bertumpuk-tumpuk. Salju yang bertumpuk-tumpuk ini merupakan bantalan yang empuk seperti kasur sehingga aman untuk digunakan berguling-guling. Ane awalnya sangsi kalo berguling-guling begini aman, yang ada malah bikin penyakit 😊 Dan yang kebayang pastinya dingin banget ya.. Tapi jangan kuatir pemirsa. Untuk mengantisipasinya cukup pakai tameng ampuh anti dingin seperti jaket tebal anti basah, baju dingin, penutup kepala, syal, kaos tangan, kaos kaki, sepatu bot dan atribut lainnya untuk menjaga tubuh tetap hangat 🙂

Seperti yang telah ane sebutkan sebelumnya, salju yang putih bersih bisa membahagiakan dan menjadi hal yang menyenangkan bagi yang yang memandangnya. Salju biasanya disukai berbagai kalangan, terutama anak-anak sangat menyukai salju. Salju dapat dijadikan mainan yang menyenangkan. Apalagi kalo dah bertumpuk-tumbuh begini layaknya kasur empuk ya 😊 Dari salju ini berbagai lapisan umur mendapat permainan baru.

Ternyata salju berasa istimewa karena ga langsung mencair. Jadi kalo kita terkena salju juga tidak akan langsung basah seperti kena air. Kasur empuk yang terbuat dari salju ini menjadi tempat bermain yang nyaman dan luas. Bisa digunakan untuk main apa aja nih 😊 Nah, biasanya salju digunakan untuk permainan bola salju bersama anak-anak dan handai taulan atau kalo yang mau romantisan cukup main lempar-lemparan manja bola salju ini berdua aja ma pasangan halal 😊 Mau agak lama sedikit bisa bikin manusia salju atau snowman bule bilang, membuat rumah-rumahan dari salju dan lain-lain sesuai selera dan minat. Kalo dah begini, ga anak kecil, ga remaja, emak-emak sampai aki-aki pun suka 😊

Tempat wisata dan olahraga musiman

Selanjutnya salju dapat digunakan sebagai tempat wisata dan olahraga musiman. Ya, bener.. Ketika terjadi hujan salju dan salju menumpuk maka akan banyak tempat wisata baru yang dibuka. Tempat wisata ini kesehariannya merupakan tempat umum atau malah tempat yang biasa saja bahkan tidak digunakan untuk apapun. Namun ketika salju turun tempat ini mendadak cantik seperti baru habis berdandan, menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi.

Apa saja tuh contohnya tempat wisata dadakan di musim dingin ini? Contohnya adalah bukit atau gundukan yang tertutup salju bisa digunakan sebagai arena ski. Selain itu danau yang membeku juga bisa menjadi pilihan yang asyik digunakan untuk bermain ice skating. Tempat ini menjadi tempat bermain yang asyik, melepas lelah dan refreshing sekaligus olahraga yang menyenangkan. Ini bagi yang ahli ya.. Kalo ane belum pernah nyoba berski ria  apalagi ice skating 😊 Banyaklah kuatirnya dari beraninya, ga seperti jiwa waktu masih muda dulu . Hhhh.. Cukup memandang aja dah merupakan kebahagiaan yang tiada tara 😊

Nah, demikian beberapa manfaat salju untuk kita. Ada keberkahan di balik musim dingin ini ya, di antaranya ya salju ini yang bermanfaat untuk manusia juga mahluk hidup seperti tanaman dan membawa dampak positif bagi kejiwaan. Meski begitu, ada beberapa dampak ga baiknya kalo salju yang datang terlampau berlebih. Meski ga semuanya mengalami hal ini, mungkin hanya beberapa orang aja dan di wilayah tertentu pula, namun kita tetap selalu waspada. Apa aja kemungkinan dampak buruknya ya pemirsa. Yuk kita cek bersama-sama 😊

Menghambat perjalanan

Salah satu dampak dari berlimpahnya salju adalah bisa menghambat perjalanan warga. Hal ini terjadi apabila salju yang turun sangat banyak dan berlimpah ini membuat gundukan salju hingga menutupi jalan. Untuk dapat dilalui maka salju harus dibersihkan terlebih dahulu. Lumayan memakan waktu ya pemirsa.

Kalo di area tempat kita tinggal alhamdulillah aman-aman aja, kecuali kalo kita mau pergi jauh, harus tetap waspada, apalagi kalo melalui jalanan yang sulit diakses

Menyebabkan longsor

Gundukan salju kadang bisa mengakibatkan longsor. Longsor ini bisa terjadi jikalau gundukan salju ini tidak kuat lagi menampung salju yang yang terlalu banyak dan berlimpah. Jadi bagi yang tinggal di daerah yang rawan longsor ini diharapkan harus tetap waspada dan mengantisipasi terhadap segala kemungkinan yang terjadi

Diisolasinya suatu tempat

Salju yang terlalu tebal akan menimbulkan kendala dalam mengakses suatu tempat. Hal ini membuat suatu tempat menjadi terisolasi dan sulit dijangkau banyak orang. Hujan salju yang besar juga akan merobohkan fasilitas umum seperti tiang listrik dan sebagainya

Nah, ini dia yang seram ya pemirsa. Jadi kalo ga terlalu penting lebih baik ga keluar rumah, apalagi melakukan perjalanan atau berpetualang ke tempat yang belum dikenal

Badai salju

Badai salju akan menyebabkan kerusakan berbagai fasilitas dan kadang menimbulkan korban jiwa. Ini bisa terjadi di wilayah dengan cuaca yang sangat ekstrim.

Demikian pemirsa beberapa kemungkinan dampak buruk yang terjadi dengan berlimpahnya salju ini. Alhamdulillah di area kita tinggal salju datang masih dalam batas normal dan aman terkendali. Meski begitu harus tetap waspada dan mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi ya.. sering-sering memantau prakiraan cuaca atau laporan BMKGnya bule, selalu berdoa minta perlindungan yang terbaik dari segala kemungkinan kepada Sang Pencipta Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang

Nah, demikian beberapa keberkahan di balik musim dingin pemirsa, di antaranya adalah salju yang membawa manfaat bagi kita. Meski begitu, kalo berlebihan juga harus tetap waspada ya

Nah, sekian dulu laporan ane kali ini ya pemirsa. Sampai berjumpa lagi di edisi berikutnya 😊

 

Bir cevap yazın