Brokoli Romanesco di Austria, sayuran fraktal alami dengan bentuk seperti tudung tumpeng atau piramida

268 Views

Masih soal sayur mayur. Biasalah emak-emak rumah tangga ya..kawan-kawannya ga jauh dari sayur mayur dan isi dapur, hhh.. Kali ini ane menemukan brokoli yang bentuknya unik dan cantik sangat menarik perhatian ane. Ga bosan-bosannya ane memandangnya. Awalnya ane ga tau benda apa ini, apa sejenis brokoli karena di atas kepalanya bergayut manja tunas atau kepala bunga yang runcing seperti rambut landak 😊

Pengen rasanya ane menjamahnya untuk menuntaskan rasa penasaran ane. Akhirnya ane memberanikan diri nanya ma penjualnya benda apa ini, apakah brokoli, berulangkali, apakah brokoli, brokoli haha.. Boleh ane ambil fotonya, sambil mengekspresikan tangan ane mengambil foto. Penjualnya tersenyum dan sigap mengerti sambil ikut menirukan gaya ane mengambil foto. Diijinkan lho pemirsa ane mengambil foto sayuran ini.. Seneng ituuu.. 😊 Padahal di area ini lagi sedang banyak pengunjung ikut bertransaksi ma penjual dan yang berlalu lalang seperti ada konser musik dan opera sabun 😊

Lha kok bisa begitu.. Iya, karena ini ga di tempat biasa kita belanja kebutuhan rumah tangga pemirsa, di tempat yang super nyaman adem ayem supermarket langganan kita. Kita sedang berada di pasar tradisional satu-satunya seantero jagat, negara Austria, yaitu Naschmarkt yang selalu ramai dengan hiruk pikuk pengunjung dan aktivitasnya sepanjang hari 😊

Ternyata benda yang bikin ane penasaran ini emang brokoli. Bentuknya unik dan lucu, bikin gemes hingga pengen tak remes-remes 😊 Ane minta tolong suami memfotonya sementara tangan ane menggenggam brokoli yang lumayan ukurannya ini, melebihi genggaman tangan ane. Suami mah ikut apa maunya istri tercinta. Maklum ya pemirsa, baru kali ini nemu sayuran unik ini, jauh lagi di negeri orang, Austria. Jadi kalo rada-rada sedikit norak, heboh lihat yang aneh-aneh dan jepret sana sini harap dimaklumi 😊

Harganya bagaimana? Harganya ga tanggung-tanggung pemirsa, dibandrol 3,80 Euro sekilo atau sekitar Rp. 64.000 😊 Ane jadi ikut penasaran sayuran brokoli seperti apakah ini. Bahkan masih ga yakin kalo ini brokoli. Ane harap sesampainya di rumah, mbah google bisa memberikan ane informasi akurat hingga bisa menuntaskan rasa penasaran ane ini 😊

Pemirsa penasaran juga? Yuk kita sama-sama berkenalan dengan brokoli yang satu ini. Terlebih dahulu kita simak profilnya ya 😊

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Brassicales
Keluarga : Brassicaceae
Jenis : Brassica oleracea
Kelompok kultivar/ varietas : Botrytis

Jadi sayuran yang tunasnya seperti tudung tumpeng nan runcing dengan nama panggilan brokoli Romanesco ini emang brokoli adanya 😊 Dinamai brokoli Romanesco yang berasal dari bahasa Italia Broccolo Romanesco atau kadang-kadang dipanggil cavolo romanesco atau Romanesco kubis karena ditemukannya pertama kali di Italia pada abad ke-16. Brokoli ini dalam bahasa Prancis dinamai chou Romanesco atau Romanesco kubis. Di Jerman dinamakan Pyramidenblumenkohl atau kembang kol piramida. Wow.. banyak banget namanya ya 😊

Brokoli Romanesco itu sendiri adalah sejenis kuncup bunga yang dapat dimakan dari jenis atau spesies Brassica oleraceae. Apakah sama brokoli ini dengan brokoli pada umumnya ya? Yang pasti keduanya adalah sama-sama brokoli dan masih ada ikatan tali persaudaraan, masih satu keluarga kubis-kubisan atau Brassicaceae bahkan dari jenis atau spesies yang sama yaitu Brassica oleracea, hanya dari kelompok kultivar atau varietas yang berbeda yaitu Botrytis

Kemudian perbedaan yang lain adalah brokoli berbentuk bulat dengan tunas atau kepala bunga yang tampak menyatu dan berbentuk bulat berwarna hijau tua tapi cerah dan segar, sedangkan brokoli Romanesco bentuknya mengerucut ke atas seperti piramida berwarna hijau muda terang cenderung kuning

Ternyata lagi, bentuk piramida pada brokoli ini ga asal terbentuk lho pemirsa.. tapi mengikuti aturan. Strukturnya tiga dimensi dan merupakan salah satu contoh bentuk fraktal alami yang begitu indah dan sempurna.

Fraktal itu sendiri apa sih ya? Fraktal adalah benda geometris yang kasar pada segala skala dan terlihat dapat dibagi-bagi dengan cara yang radikal. Beberapa fraktal bisa dipecah menjadi beberapa bagian yang semuanya mirip dengan fraktal aslinya. Fraktal bisa juga dikatakan memiliki detail yang tak hingga dan dapat memiliki struktur serupa diri pada tingkat pembesaran yang berbeda. Atau singkatnya bentuk fraktal adalah bentuk kompleks yang terlihat kurang lebih sama pada berbagai faktor skala atau pola serupa diri yang berlimpah.

Istilah fraktal dibuat oleh Benoit Mandelbrot pada tahun 1975. Sebelumnya nama umum untuk struktur semacamnya seperti bunga salju Koch adalah kurva monster

Selain memiliki keistimewaan yang menakjubkan ini, brokoli Romanesco banyak mengandung nutrisi dan bermanfaat dalam dunia kuliner dan kesehatan tubuh.  Nutrisinya antara lain antioksidan karotenoid dan vitamin C, asam folat, kalium dan serat. Kalorinya pun sama persis dengan brokoli dan kembang kol yaitu 34 kkal atau 134 kJ per 100 g

Bagaimana cara mengolahnya ya? Romanesco termasuk sayuran yang cepat lunak sehingga kalo ingin merebusnya atau mengukusnya jangan terlalu lama. Mengukusnya lebih menyimpan banyak nutrisi dan ini cara yang paling baik daripada merebusnya dengan air mendidih. Romanesco diolah apa aja nyambung sama dengan peresepan untuk mengolah brokoli atau pun kembang kol. Kalo mau sensasi lebih, boleh tuh dicoba bikin capcay pemirsa 😊 Saat dimasak, warna Romanesco berubah menjadi putih kehijauan yang kurang jenuh

 

Rasanya bagaimana? Lebih renyah dari kembang kol dan tidak hambar dengan ada sedikit rasa pedas tapi itu ga ada apa-apanya dibanding pedasnya bawang merah atau cabe ya pemirsa 😊 Hmmm

Nah, itu dalam dunia kuliner. Romanesco juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh lho, kalo dilihat dari kandungan nutrisi dan yang lainnya yang berlimpah yang terdapat dalam brokoli ini

Manfaatnya untuk kesehatan tubuh juga sama persis seperti manfaat brokoli pada umumnya.
– Kandungan antioksidannya karotenoid dan vitamin C bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh agar ga mudah diserang penyakit
– Asam folatnya baik untuk nutrisi ibu hamil
– Seratnya yang tinggi baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan berat badan, kulit hingga kolesterol
– Seratnya serta kalium juga baik untuk menjaga tekanan darah tetap stabil hingga kesehatan jantung

Wah.. banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan ya pemirsa. Mudah-mudahan pemirsa yang di tanah air juga bisa menjumpai brokoli yang unik cantik manja ini, menikmati keindahannya sekaligus bisa mengkonsumsinya😊

Nah pemirsa, demikianlah laporan ane kali ini langsung dari Austria 😊 Semoga bermanfaat untuk kita semua ya..

Bir cevap yazın