Salad sayur ala Eropa yang bahan dan cara membuatnya mudah

860 Views

Salad merupakan hidangan yang populer di Eropa. Nah, salad yang biasa kita makan dan mudah cara membuatnya adalah┬á salad sayur. Awalnya ane ga doyan dan merasa aneh dengan hidangan yang satu ini. Tapi demi suami tercinta, akhirnya ane belajar menyukai hidangan ini dan malah doyan, pemirsa­čśŐ

Ga mudah menerima salad di lidah dan perut ane ini. Maklum lidah dan perut kampung ya.. Kalo ada hidangan salad seperti salad sayur dan buah ala barat, ane merasa aneh aja. Sayur mayur atau buah-buahan dicampur ma yogurt atau mayones, belum lagi segala jenis minyak dan lain-lain, apa rasanya ­čśŐ Mending makan salad ala tanah air aja ya, pake saos kacang atau pake cabe yang digerus sama garam dan gula aja dah berasa nikmat banget

Kalo emak mertua ada di rumah aja hidangan ini tersedia. Itu pun emak mertua yang bikin ­čśŐ Pertama kali mencicipi, asli ga doyan, mana seporsinya banyak banget. Capek ngabisinnya. Gimana ga merasa aneh kalo yang dimakan sayur mayur mentah dengan kentang rebus dan telur rebus, hanya ditetesi minyak zaitun dan jeruk nipis plus garam dan merica bubuk. Ane kira awalnya mau makan gado-gado ­čśŐ Belakangan ane baru tau kalo porsi yang banyak banget menurut ane itu adalah salad utama yang bisa menggantikan makanan utama seperti makan siang atau makan malam. Begitu juga sayur mayur dengan kentang dan telur rebus, ternyata emang salad ada banyak variasi, ga terbatas hanya salad sayur atau buah aja, tapi ada juga yang namanya salad kacang, salad tuna, salad Yunani dan lain-lain.

Tetapi tetap harus disyukuri dan dinikmati ya. Kita suka karena biasa, emang benar berlaku pepatah ini pemirsa. Karena setiap emak mertua ke rumah selalu bikin salad, lama kelamaan hati ane pun luluh dan penasaran. Kok bisa ya orang luar doyan makan makanan mentah hanya dicampur dan ditetesi minyak-minyakan aja. Kalo dibilang pelit bumbu, ga juga karena bumbu-bumbu ala barat ga kalah banyaknya dengan bumbu-bumbu di tanah air. Hanya ga banyak kreasi dan mau yang praktis aja kali ya

Kalo orang kita tahan banting ulek sana ulek sini banyak kreasi, tambah bumbu ini itu bahkan sampai 10 macam, belum lagi diolah ini itu, wah.. ga masalah, yang penting puas dan masakannya enak nikmat ya.. Emang benar, seluruh dunia juga mengakui kalo kuliner Indonesia merupakan salah satu yang top sedunia

Oleh karena itu, masakan Indonesia yang komplit abis aja disukai, kenapa yang minimalis bumbu juga disukai.. Beda budaya beda selera benar adanya. Tapi ada juga orang kita atau bule yang bisa menerima keduanya, masakan bule ok, masakan Indonesia pun ok.

Hhh, jadi penasaran banget mau mengenal lebih dalam tentang salad ini. Gimana.. pemirsa tertarik juga ga.. Yuk sama-sama kita cari tau

Salad adalah hidangan yang berupa potongan-potongan kecil makanan, biasanya berupa sayur-sayuran atau buah-buahan atau kombinasi keduanya. Beberapa salad mengandung hampir semua makanan siap saji. Salad biasanya disajikan pada suhu kamar atau dingin.

Kata salad ini berasal dari bahasa Perancis salade yang sama maknanya, dari bahasa latin salata (asin), dari sal (garam). Dalam bahasa Inggris, pertama kali muncul kata salad atau sallet pada abad ke-14. Garam dikaitkan dengan hidangan ini karena sayuran dibumbui dengan brine atau air asin jaman Romawi dulu. Hhh, dah tua juga hidangan ini ya ­čśŐ

Bikin salad sayur merupakan keasyikan tersendiri lho pemirsa. Kita bisa berkreasi dengan leluasa sesuai selera. Hampir semua sayuran bisa dicampur dan dikombinasikan satu sama lain. Soal rasa ga perlu ragu. Segar nikmat serta menyehatkan ­čśŐ Salad yang ane suka adalah salad sayur yang bumbu-bumbunya atau saos kalo bule bilang, cukup sederhana namun mengena ­čśŐ Cukup minyak zaitun atau minyak biji bunga matahari atau minyak biji labu atau campuran ketiganya ditambah tetesan lemon atau jeruk nipis kemudian ditaburi garam secukupnya. Bahan-bahannya juga dah ane kenal baik dan mudah didapat, cara membuatnya juga mudah, cocok deh sama ane yang amatiran dalam dunia kuliner ini ­čÖé

Untuk minyak-minyak lainnya tentu kita dah kenal ya, tapi bagaimana dengan minyak biji labu? Di Eropa minyak ini biasa digunakan untuk membuat salad. Ane aja yang ketinggalan baru mengenal minyak biji labu ini yang kalo dalam bahasa Austrianya adalah k├╝rbiskern├Âl. Minyaknya berwarna hijau ya pemirsa, meski ada juga yang berwarna merah tergantung dari jenis labu itu sendiri dan cara mengolahnya.

Disamping minyak, tambahan lain yang bikin salad menjadi segar dan asem-asem manja adalah jeruk nipis atau lemon atau zitrone bahasa Austrianya. Cuka apel juga biasa digunakan untuk membumbui salad ini

Sayuran yang umum digunakan adalah keluarga selada seperti selada keriting atau selada gunung es atau keduanya, tomat, mentimun, paprika beraneka warna, peterseli, jagung manis pipil atau jagung muda/ baby corn. Sayur mayur ini mudah didapatkan di tanah air kita tercinta. Pemirsa yang baru mengenal salad boleh nih dicoba bikin salad ala Eropa seperti ane

Cara membuatnya juga mudah pemirsa. Sayur mayurnya dicuci bersih terlebih dahulu. Kalo ane ga cukup hanya dicuci dalam air mengalir aja, ane cuci lagi dengan air hangat-hangat kuku. Maklumlah kebiasaan di kampung halaman kebawa hingga dimari pemirsa ­čśŐ Padahal air di Austria sudah dalam daftar terbersih, minum aja pake air kran! Tapi tetap ane ga percaya dan ambil amannya aja mencuci lagi sayur mayur ini dengan air hangat. Ga capek juga pemirsa, hanya mencuci sayur aja ­čśŐ

Selesai dicuci kemudian sayur mayur dipotong-potong atau diiris tergantung pada jenis sayurnya. Misalnya sayur salad diiris setebal 2 senti, mentimun diiris setebal setengah senti kemudian dibagi empat, tomat ceri dibelah dua atau kalo pake tomat yang agak besar dipotong dibelah 4 kemudian dibelah dua lagi serta peterseli yang diiris tipis. Aduk merata kemudian tambahkan minyak zaitun dan minyak-minyak lainnya atau hanya salah satu dari minyak tersebut. Kemudian tetesi jeruk lemon dan terakhir taburi garam.

Mudah bukan pemirsa ­čśŐ┬áGimana.. tertarik untuk mencobanya pemirsa. Silakan dicoba pemirsa, dijamin hasilnya ga mengecewakan dan bikin nagih ­čÖé

Nah, selesai dibikin bisa langsung dihidangkan ya pemirsa, atau ditunggu sekitar setengah jam biar bumbunya meresap. Usahakan untuk selalu bikin yang baru setiap kali ingin disantap. Atau boleh juga salad disantap untuk beberapa jam ke depan, dengan syarat jangan dicampur dengan bumbu-bumbunya dulu agar salad tidak mudah layu dan selalu tampak segar dan cantik dilihat.

Salad sayur bisa dimakan begitu aja tanpa pendamping. Cocok nih buat emak-emak yang lagi program diet dan pengen badan langsing sinset ­čÖé Atau dengan pendamping seperti kentang goreng dan wiener Schnitzel seperti kita ya pemirsa ­čÖé

Salad sayur ini sangat disukai suami. Maklum ya dah berteman sama salad sedari kecil. Lha kalo ane makan salad aja pas hidup bersama suami ­čśŐ Awal-awal berumah tangga malah suami suka ane kasih lalap-lapan aja atau sayuran yang direbus sebentar seperti wortel dan brokoli, karena itu yang suami suka. Mana mau suami yang berkuah dan berbumbu, paling sayur bening aja. Jangan sodori tumisan, pasti ditolak ­čśŐ

Giliran ane suka tumisan. Tapi demi saling melengkapi ane juga menyukai sayur-sayuran ala suami. Hanya salad yang ane belum dapat menerima, sampai akhirnya dengan kesadaran sendiri mulai doyan salad ­čśŐ

Ternyata salad dibikin bukan tanpa alasan pemirsa. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dalam mengkonsumsi salad ini. Yuk pemirsa kita cari tau apa rahasia bule doyan salad, kali aja bisa ketularan cantiknya ­čśŐ

Makanan sehat untuk program diet

Salad sayur yang terdiri dari sayuran segar banyak mengandung serat dan air yang cukup tinggi namun rendah kalori. Hal ini sangat baik untuk program diet karena membantu kenyang lebih lama sehingga dapat mengontrol keinginan makan berlebih dan ngemil kaya karbohidrat

Menjaga kesehatan pencernaan

Adanya kandungan serat yang dan air tinggi serta sejumlah vitamin dan mineral namun rendah kalori pada salad sayur ini dapat membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik sehingga memperlancar pencernaan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir juga  maag

Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan yang tinggi pada salad sayur sangat bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh dalam menangkal serangan radikal bebas penyebab penyakit, sehingga kita tidak mudah terkena penyakit dan mencegah penyakit yang datang

Menjaga stamina tubuh tetap fit

Sayuran yang terdapat dalam salad yang tinggi serat,  vitamin C yang bersifat antioksidan mineral serta air sangat menyehatkan dan menyegarkan, sehingga membuat tubuh kita tidak mudah capek, lebuh berenergi dan segar sepanjang hari

Menjaga kesehatan kulit

Adanya serat yang tinggi, vitamin dan mineral serta antioksidan yang berlimpah pada salad sayur sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit agar bersih kinclong kenyal dan segar selalu, jauh dari masaalah klasik jerawat dan kulit kusam serta penuaan dini seperti keriput, kulit kendor dan flek-flek hitam di wajah

Nah pemirsa demikianlah info ane tentang salad sayur ala Eropa kali ini.  Semoga bermanfaat untuk kita semua ya

 

 

 

Bir cevap yaz─▒n