Pide, roti khas Turki dengan bermacam topping, diantaranya adalah piza

Pada edisi sebelumnya ane pernah singgung tentang Pide, roti khas Turki teman makan Midye, kerangnya Turki saat itu. Nah, seperti janji ane pada edisi kali ini akan kita kepoin sama-sama tentang Pide.

Ada yang bilang Pide adalah pizzanya Turki. Ada benarnya juga. Pide adalah pizza juga. Tetapi ga semua Pide adalah pizza. Pide ala pizza adalah salah satu contoh Pide aja.Pide ini benar-benar seperti pizza, bentuknya bulat seukuran loyang dengan topping berupa daging sapi cincang dan giling dengan bumbu-bumbu spesial dan tentu saja sosis sebagai ciri khas pizzanya. Sangat royal daging dan sosis, beneran surganya pencinta daging dan sosis nih kuliner yang satu ini 😊 Dan jangan dilupakan kejunya yang meleleh manja memenuhi permukaan roti dan bagian dalam roti juga.

Pide model ini selalu berteman dengan salad, yang diberikan gratis untuk pembeli. Seporsi Pide ini sangat jumbo, lebih dari cukup untuk perut ane 😊 Nah, yang menyenangkan saat makan Pide ini di salah satu restoran di Turki, mereka menyediakan cabe bubuk 😊 Ada juga disediakan minyak zaitun dan saos cuka anggur, biar rasanya lebih nendang kali ya.. Alamak.. ane ga berani coba, takut ga karu-karuan rasanya. Hhhh.. Inilah Pide yang komplit abis..

Ada juga nih Pide dengan telur atau daging giling dengan keju atau Pide dengan daging giling dan bumbu-bumbu spesial aja.

Nah, Pide yang pernah ane dan suami makan bersama Midye, kerangnya Turki adalah Pide yang sederhana banget, berbentuk oval memanjang, ukurannya ga jumbo-jumbo amat, seukuran telapak tangan ane dengan topping daging giling bumbu.

Jadi yang membedakan jenis-jenis Pide itu adalah topingnya. Pide sebenarnya adalah roti yang biasanya ditemui berbentuk oval dan memanjang dengan toping daging giling

Pide adalah roti pipih lembut berbentuk bulat atau oval agak memanjang yang terbuat dari tepung terigu, ragi kubus, minyak zaitun dan kuning telur. Roti ini dibuat dengan cara dipanggang kemudian ditambahkan topping, biasanya adalah daging giling, bisa juga telur dan keju. Pide bisa menjadi makanan utama atau pun makanan pendamping bahkan hanya cemilan aja

Pide merupakan roti yang sangat umum ditemui di Turki. Ternyata ga hanya Turki lho, Pide juga top markatop di Yunani, namanya adalah Greek Pita. Mungkin karena mereka masih tetanggaan kali ya 😊 Di Austria yang lebih jauh dari negara Turki juga ada. Kalo pengen cuss aja ke restoran Turki 🙂

Schreibe einen Kommentar