Buah kaki, kesemek atau apel surga di musim gugur di Austria

824 Views

Musim berganti, buah pun berganti. Sekarang saatnya musim gugur dan musim buah kaki atau kesemek atau apel surga di Austria. Austria bukankah habitat kesemek tapi buah ini hadir di sini menyapa kita 🙂

Seumur-umur baru kali ini ane melihat buah kesemek secara nyata. Awalnya ane kira tomat varietas baru  berwarna hijau kuning keemasan mengkilat mencolok mata yang ukurannya di atas rata-rata. Namanya pun aneh, cukup kaki. Penasaran ane pengen mencobanya dan mengenal lebih jauh buah cantik ini. Buah ini dihargai 0,69 Euro atau Rp.11.000 sebuah. Buah ini diimpor dari negara tetangga Spanyol.

Pemirsa penasaran juga.. yuk kita kenalan sama-sama dengan buah ini 🙂

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Ericales
Famili : Ebenaceae
Genus : Diospyros
Spesies : D. kaki

Kesemek adalah nama buah-buahan dari genus atau marga Diospyros dan keluarga Ebenaceae. Tanaman ini terkenal dengan sebutan buah kaki. Nah, karena nama ini awalnya sempat membingungkan ane, kok namanya buah kaki? Agak aneh karena kaki adalah salah satu anggota tubuh kalo dilihat dari bahasa tanah air kita. Ternyata ya pemirsa, kaki ini adalah  zat tanin yang dihasilkan buah ini, yang merupakan ciri khasnya. Kaki diambil dari bahasa Jepang dan nama binominal buah ini juga, Diospyros kaki

Buah ini erat kaitannya dengan Jepang. Jadi jangan heran namanya aja dari bahasa negara ini. Buah kesemek menjadi buah yang penting dalam tradisi mereka sehingga nilai komersilnya cukup tinggi. Begitu juga di China, negara asal buah ini

Kesemek tumbuh di 11 negara di seluruh dunia, dengan 90% produksi China, Jepang dan Korea. Kesemek juga tumbuh  di utara California, Amerika Selatan dan di Spanyol di daerah sekitar Valencia

Buah ini menyebar hingga ke Asia, Eropa dan Amerika (California). Buah ini dibawa ke Eropa dan Amerika pada tahun 1800 an. Bagaimana dengan keberadaan buah ini di tanah air ya? Kalo di kampung halaman ane terus terang ane belum pernah ketemu 😊 Ketemunya aja baru saat di Austria ini. Jauh banget ane pikniknya ya 😊Hhhh.. ternyata kesemek ada juga di tanah air, tapi produksinya hanya cukup untuk konsumen lokal, seperti di propinsi Sumatera Utara, Jawa Timur dan Jawa Barat.

Musim panen utama buah ini adalah pada bulan Oktober dan Nopember, saat dimana pohon-pohon telah habis daunnya alias rontok. Nah, pas banget nih saat ini lagi musim-musimnya

Nah, sekarang kita simak yuk jenis-jenis kesemek yang buahnya dapat dimakan

Diospyros kesemek/ kaki (Kesemek Asia/kesemek Jepang)

Buah kesemek komersil yang paling penting. Berasal dari Jepang, China dan Korea dan menyebar ke Asia Timur hingga Eropa dan Asia. Di wilayah Spanyol, Valencia, bentuk buah kesemek beraneka ragam yang disebut Ribera del Xuquer.
Buah kesemek Asia ini rasanya manis dan sedikit tajam dengan tekstur lembut dan kadang-kadang berserat

Diospyros lotus

Berasal dari Asia barat daya dan tenggara Eropa. Oleh orang-orang Yunani sering disebut  buah para dewa. Di Turki, kesemek dikenal sebagai cennet elma, yaitu apel surga.
Rasa buahnya mengingatkan akan rasa buah plum dan kurma

Diospyros virginiana (Kesemek Amerika)

Berasal dari Amerika Serikat bagian timur. Buahnya secara tradisional dimakan dalam puding yang dikukus khusus

Diospyros nigra (buah sawo/buah puding hitam/kesemek hitam)

Black sapote atau Diospyros nigra ini berasal dari Meksiko.Oh, ternyata sawo masih sodaraan dengan kesemek ya.. Tapi bukan sawo yang biasa kita kenal di tanah air lho. Istilahnya aja buah sawo karena kulitnya yang hijau dan daging buahnya yang coklat.
Buah kesemek ini memiliki rasa yang berbeda dengan buah kesemek pada umumnya, meskipun bentuk fisiknya sama, jongkok seperti tomat dan memiliki tangkai seperti daun dengan 4 sepal di puncak buahnya😊 Warna kulitnya tetap hijau saat matang dengan buah berwarna coklat hingga coklat tua kehitaman, dengan rasa seperti puding coklat. Wow…

Dan masih banyak lagi kultivar lainnya. Secara umum, kesemek terbagi 2 jenis, astringen dan non astringen

Kesemek astringen contohnya adalah kesemek hachiya yang tidak enak kalo dimakan sebelum buahnya benar-benar lunak/matang.
Cara yang mudah agar cepat matang biasanya dipaparkan dalam cahaya atau dibiarkan saja di tempat terbuka, membungkus buah dalam kertas yang akan meningkatkan etilen. Cara paling mudah adalah diletakkan pada wadah yang bersih dan kering bersama-sama buah lainnya yang mengeluarkan sejumlah etilen saat matang, seperti apel, pear dan pisang. Hmm, itu sebabnya mengapa beberapa buah sebaiknya disimpan bersama-sama atau bahkan dihindari ya 😊

Nah, yang kita beli ini adalah kesemek non astringen yang buahnya jongkok seperti tomat. Tapi buahnya ga benar-benar bebas tanin, tapi lebih sedikit astringen yang akan hilang saat matang

Kesemek yang masih muda banyak mengandung tanin, zat yang bikin sepat buah. Kesemek matang berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan dengan diameter 2-8 cm. Buah ini dapat dimakan langsung dalam keadaan segar, tapi pemirsa, buah kesemek ini terkenal akan sepetnya karena kandungan taninnya. Makanya agar rasa sepetnya hilang diolesi dengan kapur sirih. Zat ini juga akan hilang seiring dengan matangnya buah. Biasanya diperam dulu beberapa hari, bisa juga tanpa diolesi kapur sirih di tempat terbuka di suhu ruangan, ga di kulkas. Kalo kira-kira dah matang, boleh dimasukkan kulkas untuk mendapatkan sensasi segarnya, kemudian siap dikonsumsi 😊

Ane tau begini juga karena diajari emak mertua. Saat itu ane dan suami juga emak mertua sama-sama belanja dan ane melihat buah ini di deretan buah-buahan. Penampilannya menarik perhatian ane. Kuning sedikit hijau dan bersih mengkilat. Baru kali ini ane lihat buah begini. Sepertinya buah ini enak deh. Ane panggil emak mertua ane dan bertanya ke beliau, tau buah ini ga.. Aaaa.. ini apel surga. Lho kok apel surga.. Masih keluarga apel ya? Ternyata pohonnya yang emang seperti pohon apel

Sampai di rumah, emak mertua bilang kesemeknya belum bisa dikonsumsi karena sepat. Ane nurut aja karena ane emang belum pernah mencicipi buah ini. Jangankan mencicipi, melihatnya aja baru pertama kali ini 😊 Ane malah mengira ini buah tomat awalnya karena ada tangkai yang menyerupai daun di puncak buahnya, persis miliknya tomat 😊

Gimana cara mengkonsumsinya ya.. dengan kulitnya sekalian kah? Ternyata buahnya yang matang lembut banget seperti buah tomat matang yang kematangan, tapi ga hancur. Kulitnya setipis kulit ari 😊 Ditarik aja pelan-pelan daun/tangkai di puncak buahnya yang melekat kokoh, sepal namanya, ada 4 buah. Ini merupakan kelopak yang tetap ikut pada buah. Atau bisa juga dicungkil dengan pisau pengupas atau sendok dan taraaa.. buahnya terbelah tanpa belepotan sana-sini. Agar ga belepotan sana sini juga, makannya pake sendok ya 😊

Saat masuk ke mulut, MasyaAllah.. rasanya manis banget, ga ada asem-asemnya apalagi sepatnya pemirsa 😊 Teksturnya lembut, berair dan agak smoothie. Nah, kalo ada bintik coklat pada dagingnya, itu bukan berarti buahnya rusak ya, tapi merupakan kandungan gula yang tinggi

Selain dimakan segar, apa aja manfaat buah kesemek ini ya pemirsa. Dalam bidang kuliner ga diragukan lagi, banyak manfaatnya. Buah kesemek dapat dimakan sebagai cemilan menyehatkan atau disajikan untuk hidangan penutup. Buahnya dikeringkan dan dapat dijual sebagai buah kering atau untuk persediaan musim dingin. Daging buah kesemek dapat dibuat manisan, dibuat jeli, selai, difermentasi untuk dibuat cuka

Di Amerika, kesemek digunakan dalam berbagai hidangan pencuci mulut, terutama pai. Buahnya dapat digunakan dalam kue, puding, salad, kari dan sebagai toping untuk sarapan sereal

Nah, sekarang yuk kita lihat kandungan apa saja yang ada pada buah kesemek ini. Kita lihat dari kandungan nutrisinya terlebih dahulu ya

Diospyros kaki/Kesemek Jepang

Nilai gizi per 100 g

Energi 293 kJ (70 kkal)
Karbohidrat 18,59 g
– Gula 12,53 g
– Serat makanan 3,6 g
Lemak 0,19 g
Protein 0,58 g
Vitamin
Vitamin A equiv 81 mikrogram
– Beta karoten 253 mikrogram
– Lutein zeaxanthin 834 mikrogram
Tiamin (B1) 0,03 mg
Riboflavin (B2) 0,02 mg
Niasin (B3) 0,1 mg
Vitamin B6 0,1 mg
Folat 8 mikrogram
Kolin 7,6 mg
Vitamin C 7,5 mg
Vitamin E 0,73 mg
Vitamin K 2,6 mikrogram
Mineral
Kalsium 8 mg
Tembaga 0,113 mg
Besi 0,15 mg
Magnesium 9 mg
Fosfor 17 mg
Kalium 161 mg
Sodium 1 mg
Seng 0,11 mg

Selain itu kesemek juga mengandung tanin, berbagai fitokimia seperti catechin, gallocatechin dan asam betulinat, flavano, antosianin, likopen, karotenoid yaitu beta karotenoid -cryptoxanthin, beta karoten dan lutein-zeaxanthin dan alpha-karoten

Wow, banyak sekali kandungan yang terdapat dalam buah kesemek ini ya. Pastinya bermanfaat juga dong untuk kesehatan tubuh kita. Yuk kita cek sama-sama manfaatnya untuk kesehatan kita 😊

Menjaga daya tahan tubuh

Kesemek sangat tinggi akan antioksidan seperti vitamin C dan kandungan nutrisi lainnya yang dapat menjaga daya tahan tubuh bahkan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit

Menjaga kesehatan pencernaan

Kesemek diketahui mengandung banyak serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan sehingga dapat memperlancar pencernaan dan terhindar dari ganngguan pencernaan seperti sembelit dan wasir.
Adanya kandungan vitamin K bermanfaat dalam mencegah pendarahan yang mungkin terjadi pada wasir yang parah
Kandungan tanin yang ada pada kesemek bermanfaat dalam mengatasi diare

Menjaga tekanan darah tetap stabil

Kandungan kalium yang cukup tinggi dengan sodium yang sangat rendah pada kesemek sangat baik untuk menjaga tekanan darah tetap stabil

Mencegah anemia

Buah kesemek kaya akan kandungan vitamin C dan mineral tembaga yang berperan dalam penyerapan zat besi yang berguna untuk membentuk sel-sel darah merah. Kesemek itu sendiri juga mengandung zat besi yang menambah manfaat untuk tubuh. Dengan adanya kandungan zat yang bermanfaat ini tubuh akan terhindar dari gejala-gejala anemia seperti lemah, letih, lesu dan mudah pusing

Menjaga kesehatan mata

Kesemek juga kaya akan pro vitamin A yang di dalam tubuh diubah menjadi vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, khususnya mata.

Meningkatkan sistem metabolisme tubuh

Kesemek kaya akan kandungan vitamin B yang mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh, seperti meningkatkan energi dan efisiensi keseluruhan fungsi tubuh

Nah, itulah antara lain manfaat kesemek untuk kesehatan. Ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kita. Jangan ragu untuk mengkonsumsi buah yang manis legit ini ya pemirsa 😊

 

Bir cevap yazın