Ada kelapa asli sebuah Rp.33.000 di Austria

488 Views

Akhirnya, ane ketemu juga dengan kelapa asli di Austria. Lha emang selama ini kelapa jadi-jadian? ­čśŐ Ada kemajuan nih negara tempat ane bermukim sekarang. Lumayan yang selama ini ane cari lambat laun terpenuhi juga, mulai dari cabe kecil yang cukup pedas hingga ikan laut segar ­čśŐ

Dalam bulan-bulan ini ane selalu mendapatkan kejutan yang menyenangkan dari supermarket-supermarket di Austria ini. Apa karena ane tinggal di kampung sehingga aksesnya sulit atau ane yang pikniknya kurang jauh ya.. Ga tau juga deh.. Tapi yang pasti ane senengnya ga kepalang dapat produk-produk langka ini ­čśŐ

Nah, mengenai kelapa, ane nemunya di supermarket Billa yang lumayan terkenal di Austria, yang memiliki cabang di Jerman juga. Billa merupakan supermarket yang selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumennya, termasuk produk-produk dari negeri seberang. Senengnya itu ane nemu kelapa yang dah gundul ini, yang dah dibersihkan dari serabutnya. Saking senengnya ane minta bantuin suami benerin plat nama dan harga kelapa ini yang agak nyungsep, untuk kemudian siap-siap difoto ­čśŐ Lumayan dapat bahan cerita ke handai taulan dan emak ane ­čśŐ Mak, ane nemu kelapa mak..

Awalnya ane ga pernah membayangkan akan menemukan buah kelapa asli di negara bukan kepulauan ini, yang perairannya hanya 1,7%. Maklum aja ya namanya juga negara jauh dari daerah laut, habitatnya kelapa. Jangankan buah kelapa asli, saat itu santan kelapa pun ane musti menunggu kehadirannya hingga berbulan-bulan, sampai perusahaan memproduksi lagi. Sampai-sampai ane bilang, hunting kelapa lebih sulit dari hunting rusa ­čśŐ

Pada akhirnya santan kelapa beredar di supermarket Spar dengan berbagai merk dan kemasan, lengkap dengan harganya dari yang murah meriah seliter hanya 2,48 Euro atau sekitar Rp.42.000 hingga yang mehong 8,42 Euro atau Rp.143.000 seliter. Wow..

Air kelapa pun begitu, meski hanya dalam kemasan, sangat sulit ane temukan saat itu. Ane yang tau suami doyan air kelapa muda saat di Indonesia, berusaha membahagiakan suami dengan memberinya air kelapa versi Austria ini. Eh lagi-lagi stoknya kosong. Kita menunggu lama juga saat itu sehingga pada akhirnya air kelapa kemasan malah membanjiri supermarket di Austria dari Billa hingga Spar ­čśŐ┬áAlhamdulillah

Nah, sebenarnya kita ke Billa ini emang mau cari air kelapa kemasan. Eh, ternyata ga hanya air kelapa kemasan, kita juga ketemu ma buah kelapa yang dipajang berderetan dengan buah-buahan lainnya di barisan paling depan saat kita memasuki supermarket. Senengnya dua kali lipat. Sempat suami tanya ke ane apa ane tau cara mengupas buah ini. Isinya bisa kita makan┬á ga? tanya suami lagi ­čÖé Ane malah membayangkan gimana membukanya ya..perlu pisau yang gede nih alias parang..hhh.. terus nyari parutan untuk memarut daging kelapanya.. kemana nyarinya nih. Atau diblender aja daging kelapanya.┬á Iya bener.. ini kelapanya kelapa tua bukan muda ­čÖé Kalo muda mah ane senengnya bukan dua kali lipat lagi, bertubi-tubi kali ya ­čÖé

Lumayan lho harganya pemirsa. Sebuah dihargai┬á 1,99 Euro atau sekitar Rp. 33.000. Wow… di kampung halaman kita dapat berapa buah nih? Tapi tetap disyukuri ya MasyaAllah alhamdulillah.┬á Dan tentunya kita apresiasi dengan baik usaha Billa dalam menyediakan buah kelapa yang disukai emak-emak rumah tangga ini ­čÖé

 

Bir cevap yaz─▒n