Semangka, buah favorit musim panas, trik memilihnya dan manfaatnya untuk kesehatan

704 Views

Musim panas yang sedang berlangsung di negara 4 musim termasuk Austria, negara tempat ane bermukim sekarang sedang mencapai puncak kejayaannya, panas yang lumayan bikin gerah. Enaknya kalo suasana begini makan yang segar-segar ya, di antaranya adalah buah yang banyak mengandung air, semangka. Apalagi warnanya yang merah menyala, makin semangat aja menyantapnya 😊

Di supermarket Austria ga sulit menemukannya karena memang buah ini menjadi salah satu buah favorit di musim panas. Harganya dihitung per kilo, dengan sekilonya hanya beberapa sen atau 0,89 Euro aja. Kalo dirupiahin sekitar Rp.15.000 😊

 

Austria bukanlah penghasil semangka meskipun saat ini ada varietas semangka yang tahan terhadap iklim dingin di negara subtropis. Semangka ini biasanya didatangkan dari Turki yang merupakan produsen semangka kedua terbesar di seluruh dunia setelah China.

Semakin semangat nih pengen tau lebih dalam tentang semangka, yuk kita kepoin sama-sama. Dimulai dari profilnya terlebih dahulu ya

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Cucurbitales
Famili : Cucurbitaceae
Genus : Citrullus
Spesies : C. Ianatus

Semangka adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman yang memiliki nama binomial Citrullus lanatus dengan suku ketimun-ketimunan (Cucurbitaceae) ini masih satu keluarga dengan labu-labuan, melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis ativus)

Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitat tanaman ini merambat namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

Ahay.. ada benarnya juga kali ya. Coba kalo tanaman ini dapat memanjat, tentu ga bisa menahan berat beban buahnya yang jumbo sampai berkilo-kilo. Bisa ambruk dan ga panjang umur tanamannya 😊 Lain halnya dengan tanaman anggur misalnya, emang ditakdirkan memanjat karena buahnya ga terlalu berat seperti semangka 😊

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning.

Tanaman ini cukup tahan akan kekeringan terutama apabila telah memasuki masa pembentukan buah

Pada umumnya daging buah semangka yang kita kenal adalah identik yang berwarna merah darah dan berasa manis. Namun ada juga buah semangka yang berwarna selain warna merah ini dan berasa pahit.

Yuk mari kita cek bersama-sama antara lain kelompok kultivar yang berhasil diidentifikasi

Kelompok Citroides

(syn. C. lanatus subsp. Lanatus var. Citroides; C. lanatus var.citroides; C. vulgaris var. Citroides)
C. lanatus var citroides Bailey adalah sama dengan Thunberg’s pare wooly melon, C. lanatus dan juga sama dengan C. amarus Schrad. Ini bukan bentuk semangka manis C. vulgaris dan tidak terkait erat dengan spesies itu.
Citrus melon dengan daging buah kuning manis dibudidayakan di seluruh dunia untuk pakan ternak dan produksi citron kupas dan pektin

Kelompok Lanatus

(syn. C. lanatus var. caffer)
C. caffer Schrad adalah sinonim dari C. amarus Schrad
Varietas yang dikenal dengan tsamma ditanam untuk dimanfaatkan daging putih juicy nya, merupakan sumber makanan penting bagi para pelancong di Gunung Kalahari
Varietas lain karkoer atau bitterboela tidak enak bagi manusia, tetapi bijinya masih mungkin dapat dimakan

Kelompok Vulgaris

Merupakan semangka manis Linnaeus, yang telah tumbuh dan dikonsumsi manusia selama ribuan tahun
C. lanatus mucosospermus (Fursa) Fursa
Spesies dari Afrika Barat yang merupakan kerabat liar terdekat dari semangka ini dibudidayakan untuk pakan ternak
Spesies liar lainnya memiliki buah yang pahit yang mengandung cucurbitacin adalah seperti C. colocynthis (L) Schrad ex. Eckl. & Zeyh.

Nah , itulah beberapa kelompok kultivarnya. Bagaimana dengan jenis-jenis semangka atau varietasnya? Yuk pemirsa kita simak bersama-sama 😊

Varietas

Ada lebih dari 1200 kultivar kisaran semangka dalam berat kurang dari 1 kg hingga lebih dari 90 kg, dengan daging buahnya bisa merah, merah muda, oranye, kuning atau pun putih. Wow.. MasyaAllah.. Semangka apa aja tuh! Kita cek lagi yuk sama-sama 😊

Carolina Cros menghasilkan rekor dunia saat ini untuk semangka terberat dengan berat 159 kg. Hhhhh… Semangka ini memiliki kulit hijau, daging merah dan umumnya menghasilkan buah dengan berat antara 29-68 kg

Golden Midget, memiliki kulit emas dan daging merah muda saat matang

Orangeglo, memiliki daging buah jeruk yang sangat manis, merupakan buah besar, lonjong dengan berat 9-14 kg yang memiliki kulit hijau muda dengan garis-garis hijau gelap bergerigi

Varietas bulan dan bintang yang diciptakan tahun 1926. Kulitnya berwarna ungu/hitam dan banyak memiliki lingkaran kuning kecil (bintang) dan satu atau dua lingkaran kuning besar (bulan). Dagingnya berwarna merah jambu dan bijinya berwarna coklat

Ada juga varietas Cream of Saskatchewan yang memiliki buah bulat kecil dengan diameter sekitar 25 cm. Kulitnya bergaris hijau tipis, ringan dan gelap dengan daging putih yang manis dan berbiji hitam. Dapat tumbuh dengan baik di iklim dingin

Serta masih banyak varietas semangka lainnya 😊

Tujuan membeli semangka pada umumnya kita orang awam adalah untuk dikonsumsi buahnya yang berwarna merah segar

Semangka yang manis dengan daging buahnya berwarna merah mencolok biasanya memiliki ukuran dan berat sedang-sedang saja, sekitar 3 kg. Lha kok ane tau? Dah dibuktikan dengan membeli semangka dengan ukuran dan berat segitu 😊

Semangka yang biasa kita kenal identik dengan warna dagingnya yang merah menyala dan kulitnya yang hijau berlarik-larik. Selain mengetahui rasanya yang manis dari ukuran dan beratnya, apalagi ya cara mengetahui semangka yang manis dan matang?

Cara yang paling mudah adalah cabut tangkainya 😊 Biasanya semangka masih memiliki tangkai di bagian atasnya. Kalo tangkainya mudah dilepas, tandanya semangka dah matang

Selain itu lihat ruas-ruas warna hijau pada semangka. Kalo warna hijaunya semakin tua ini berarti semangka semakin bagus dan dalam keadaan matang

Nah, semangka yang semakin berat juga menandakan kalo semangka matang. Semangka menjadi berat karena 92% bagian semangka adalah adalah air. Tapi liat-liat juga ya, semangka yang baik dan matang itu memiliki berat yang sesuai dengan ukurannya

Kita bisa juga mengecek kematangan buah dengan memperhatikan bagian bawah semangka berupa bercak berwarna kuning yang langsung bersentuhan dengan tanah atau istilahnya field spot. Semakin lebar dan tua warna kuning ini menandakan semangka matang karena semangka mendapat sinar matahari yang cukup selama proses pertumbuhannya

Cara yang satu ini juga dapat dipakai, yaitu dengan cara diketuk. Semangka yang berbunyi nyaring menandakan semangka belum matang, tapi kalo bunyinya berat dan penuh dan ga‘bergema‘, ini artinya semangka matang. Tapi jangan ditunjukkan banget ketukannya ya 😊

Semangka yang identik dengan buah musim panas ini biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar dalam irisan atau potongan dadu dalam minuman segar atau es buah atau dalam campuran salad buah atau dibuat jus. Jus semangka dapat dicampur dengan jus buah lain atau dibuat menjadi anggur.

Nah, kalo ane sukanya dimakan begitu aja. Begitu juga suami. Masing-masing bisa habis sepiring tuh 🙂 Selain itu untuk variasi ane juga suka mengkonsumsinya dengan membuat minuman buah atau es buah yang dicampur dengan buah-buah lainnya berwarna merah yang sedikit masam, seperti strawberry dan raspberry

Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci. Hmm, ternyata ga hanya biji labu aja yang bisa dibikin kuaci ya 😊Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai ini juga bisa dibikin tepung. Wow.. yang ini ane juga baru tau 😊

Nah, lagi..  ternyata kulitnya juga dapat dimakan dengan mengolahnya menjadi acar, kadang-kadang dimakan menjadi sayuran, digoreng atau direbus. Bahkan Senat Negara Bagian Oklahoma meloloskan undang-undang pada tahun 2007 yang menyatakan semangka sebagai sayuran resmi negara, dengan beberapa kontroversi apakah semangka itu adalah sayuran atau buah. Hhhh…

Di Rusia Selatan, buah semangka yang dibuat jus diawetkan dengan difermentasi bersama sauerkraut, sama seperti apel

Setelah mengenal profilnya, semakin ingin tau tentang semangka ya. Seperti kenapa buah ini menjadi buah favorit di musim panas, apa ada rahasia di balik itu.. Tentu saja isi kandungannya patut dipertanyakan mengandung apa saja 😊Nah sekarang yuk kita bedah bersama-sama kandungan yang terdapat dalam semangka ini

Kandungan gizi

Nilai nutrisi per 100 g

Energi 127 kJ (30 kcal)
Karbohidrat 7,55 g
– Gula 6,2 g
– Serat pangan 0,4 g
Lemak 0,15 g
Protein 0,61 g
Air 91,45 g
Vitamin
Vitamin A equiv.  28 mikrogram
Tiamin (Vit B1) 0,033 mg
Riboflavin (Vit B2) 0,021 mg
Niasin (Vit B3) 0,178 mg
Asam pantotenat (B5) 0,221 mg
Vitamin B6 0,045 mg
Folat (Vit B9) 3 mikrogram
Vitamin C 8,1 mg
Mineral
Kalsium 7 mg
Besi 0,24 mg
Magnesium 10 mg
Fosfor 11 mg
Kalium 112 mg
Zink 0,10 mg

Selain itu semangka juga mengandung karotenoid, termasuk lycopene

Wow.. ternyata ini rahasianya ya yang menyebabkan semangka menjadi buah favorit di musim panas. Kandungan gizinya begitu berlimpah, begitu juga kandungan airnya yang mencapai 92% serta kandungan zat-zat penunjang lainnya seperti flavonoid. Selain menjadi buah favorit karena rasanya yang enak dan manis serta menyegarkan, semangka juga bermanfaat untuk tubuh kita yaitu kesehatan dan kecantikan. Semakin menarik ya pemirsa ingin tahu kelanjutannya. Yuk, bersama-sama kita simak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan antara lain :

Menurunkan tekanan darah

Semangka kaya akan kandungan kalium yang baik untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Semangka juga efektif dalam menurunkan tekanan darah bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi

Mencegah kanker

Semangka kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin C dan lycopene yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab penyakit termasuk kanker

Mencegah dehidrasi

Kandungan air yang cukup tinggi pada buah semangka yang mencapai 92% menjadikannya sangat cocok menjadi buah energy drink yang menyegarkan, pelepas dahaga dan lelah serta dapat mencegah dehidrasi yaitu kekurangan cairan tubuh. Dengan cukupnya kandungan cairan dalam tubuh membuat kita tidak mudah lelah alias kuat, bertenaga dan berkonsentrasi serta lancarnya kerja organ-organ lainnya seperti ginjal dan jantung

Menjaga kesehatan kulit

Kulit yang sehat merupakan salah satu kecantikan kaum hawa, termasuk emak-emak 😊 Semangka yang kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin A juga air ini membantu menunjang kulit yang sehat.
Vitamin C membantu tubuh dalam menyerap kolagen yaitu senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga elastisitas kulit sehingga membuat kulit menjadi lembut.
Kandungan airnya yang tinggi dapat memenuhi kebutuhan air untuk memelihara sel kulit
Kombinasi kandungan ini sangat baik untuk menjaga kulit tetap sehat, terjaga kelembabannya, segar, kenyal dan bersinar, terhindar dari masalah kulit seperti jerawat di wajah dan terutama untuk kaum hawa termasuk emak-emak yaitu penuaan dini, seperti keriput dan bintik-bintik hitam

Menjaga kesehatan jantung

Semangka mengandung senyawa lycopene yang berguna dalam membantu memelihara kesehatan jantung. Buah ini mampu membuat aliran darah dalam jantung menjadi lebih maksimal, memelihara sel tubuh, mengurangi tingkat oksidatif pada pembuluh darah yang sering menyebabkan serangan jantung

Menjaga kesehatan tulang

Lycopene dalam buah semangka ini juga sangat membantu membentuk kepadatan tulang sehingga terhindar dari osteoporosis serta mempertahankan kepadatan tulang dengan mempercepat penyerapan kalsium

Baik untuk diet

Semangka mengandung senyawa asam amino citruline yang efektif dalam mengatasi lemak yang menumpuk dalam tubuh. Senyawa ini diubah oleh ginjal menjadi arginin yang memiliki kemampuan lebih tinggi dalam melemahkan sel-sel lemak dan larut dalam saluran pengeluaran
Semangka juga kaya akan kandungan air dan serat yang membuat tubuh kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar
Dengan kemampuannya ini menjadikan buah semangka buah favorit untuk diet 😊

Melancarkan pencernaan

Kandungan air dan serat dalam semangka tidak saja baik untuk diet tetapi juga baik untuk melancarkan pencernaan, termasuk melancarkan penyerapan nutrisi dan membuang hasil sisa metabolisme yang tidak berguna.

Mengatasi nyeri otot

Selain itu asam amino citruline yang terkandung dalam semangka juga bermanfaat dalam  membuat otot menjadi rileks sehingga meredakan ketegangan otot. Cocok dikonsumsi setelah selesai berolahraga agar otot rileks kembali

Mengatasi peradangan

Semangka mengandung segudang senyawa bermanfaat untuk tubuh antara lain untuk mengatasi peradangan seperti senyawa fenolik, triterpenoid, karotenoid dan flavonoid serta lycopene. Semangka juga mengandung cucurbicatin yang bersifat anti inflamasi atau anti peradangan

Memelihara kesehatan ginjal

Semangka mengandung kalium yang berperan untuk membantu fungsi kerja ginjal seperti membersihkan zat-zat racun yang mengendap di ginjal dan melancarkan proses ekskresi serta mengurangi kadar asam urat yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal

Nah bagaimana pemirsa, banyak sekali ya manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Tapi tentu dengan syarat mengkonsumsinya tidak berlebihan ya, karena yang berlebihan itu selalu tidak baik untuk kesehatan

Mohon perhatian untuk yang memiliki riwayat gula darah tinggi, tekanan darah rendah, jika ingin mengkonsumsi semangka seadanya aja dan jangan berlebihan.
– Semangka memiliki glikemik tinggi yang mencapai 72%, begitu juga kandungan karbohidratnya, sehingga gula darah yang sudah tinggi akan semakin tinggi. Ini akan sangat membahayakan kesehatan tubuh
– Semangka mengandung kalium yang dapat menurunkan tekanan darah, sehingga bila semangka dikonsumsi secara berlebihan, tekanan darah yang rendah akan semakin rendah, akibatnya timbul lemas, sakit kepala, kram dan kesemutan

Selain itu semangka memiliki kandungan senyawa penting yang berfungsi dalam membersihkan zat-zat sisa dan racun dalam tubuh. Namun bila dikonsumsi berlebihan, tidak saja zat-zat sisa dan racun yang dibersihkan, zat-zat nutrisi yang penting untuk tubuh pun ikut terbuang

Nah bagaimana pemirsa, semangka sangat baik kan untuk tubuh kita, tapi dengan catatan harus bijaksana mengkonsumsinya ya

Demikian info ane kali ini. Semoga dapat diambil manfaatnya untuk kita semua 😊

Bir cevap yazın