Musim panas, musim kacang hazel berbuah lebat di Austria

793 Views

Kacang hazel atau hazelnut (nut= kacang) memang belum terlalu populer di tanah air, selain karena bukan habitat tempat tumbuhnya juga produknya yang terbatas, jarang kita temui di pasar terutama pasar tradisional dan tentu saja harganya yang termasuk mahal untuk ukuran harga perkacangan di tanah air

Kenapa ane pilih mengangkat kisah kacang hazel ini untuk ane pribadi dan juga pemirsa, salah satu alasannya adalah saat ini pohon hazelnut sedang berbuah dengan lebatnya sehingga mau ga mau menarik perhatian ane

Bener, ane baru tau pohon kacang ini semenjak tinggal di Austria ini. Jangankan ane, suami ane yang dah dari lahir di Austria aja baru tau pohon kacang ini sekarang 😊 Saat itu suami ane bersihin halaman rumah dan menebang pohon ini yang menurutnya mengganggu pemandangan karena memaksakan diri tumbuh di samping rumah 😊Ya namanya juga tumbuhan yang mudah tumbuh di Eropa ya, suka-sukanya dong mau tumbuh dimana aja 😊

Tiba-tiba datang oma-oma tetangga dan bilang kenapa ditebang pohonnya padahal saat itu sedang dalam keadaan berbuah, sambil menunjukkan buahnya yang diselubungi beberapa kelopak bunga warna hijau dengan formasi cantik. Nah, ane yang ikut nimbrung jadi tau juga, tau pohonnya sekaligus  kacangnya yang masih alami diselubungi pembungkus.nya. Masih untung ya hanya satu pohon, ga semua pohon hazel ditebang suami, termasuk yang tumbuh berbaris rapi sebagai pagar tanaman di belakang rumah 😊

Nah, dapat pengetahuan lagi nih.. sekalian dah ane jepret sana sini penemuan ane ini 😊 Ga bosan menyentuhnya dan memandang kacang hazel yang diselubungi kelopak bunganya berwarna hijau ini. Kalo matang cangkang kacang hazel yang di dalam kelopak ini yang semula berwarna putih krem berubah warna menjadi coklat.

Lain lagi dengan kisah kacangnya yang memang telah ane kenal lebih awal. Saat itu baru pertama kali tinggal bersama suami sehabis nikah dan menelusuri isi dapur rumahnya. Hhh.. ane harus menguasai isi dapur agar segalanya lancar karena ane yang akan menjadi bos dan bertanggung jawab terhadap segala yang berkaitan dengan dunia perdapuran, ga lagi suami.

Isi dapur antara lain sebungkus plastik sekitar 2 kg berisi kacang hazel. Awalnya ane ga tau jenis makanan apa ini dan langsung laporan ke suami. Suami bilang sambil sedikit bercanda, ini adalah sejenis kacang, di Indonesia ga ada ya kacang hazel? Kemudian suami mengambil tukul/hammer dan memecahkan cangkang kulitnya. Oalah, isi yang cantik 😊 Sama cantiknya soal rasa saat ane mencicipinya pertama kali dalam keadaan mentah 😊 Ya, menurut suami kacang ini bisa dimakan mentah. Ga bikin sakit perut? Maklum ya pemirsa ane sedikit udik soalnya ini yang pertama kali ngeliat kacang hazel secara nyata 😊 Setau ane kacang-kacangan harus dimasak terlebih dahulu ya, seperti contohnya kacang tanah di goreng, direbus atau dibikin kacang atom. Bisa ga ya kalo kacang hazel ini ane bikin jadi kacang atom juga? 😊Ternyata nyambung lho pemirsa dibikin kacang atom , rasanya juga enak. Hanya karena bikinnya yang ribet, akhirnya ane ikut ala suami, dimakan mentah aja 😊

Nah, penasaran pengen kenal lebih jauh dengan kacang ini, yuk kita berkenalan terlebih dahulu dengan profilnya 😊

Klasifikasi Ilmiah

Kacang hazelnut

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Fagales
Famili : Betulaceae
Genus : Corylus
Spesies : C. avellana

Banyak kultivar kacang hazel antara lain Atababa, Barcelona, Butler, Casina, Clark, Cosford, Daviana, Delle Langhe, Filbert dan lain-lain. Beberapa ditanam untuk kualitas tertentu dari kacang seperti ukuran kacang besar, awal atau akhir berbuah atau hanya sebagai penyerbuk. Beberapa kultivar adalah hasil hibrida antara hazel umum dan Filbert. Salah satu kultivar yang tumbuh di Washington, AS adalah DuChilly, memiliki penampilan memanjang, kulit yang lebih tipis dan kurang pahit dan rasa yang lebih manis dari varietas lainnya.

Kacang hazel yang bernama binomial Corylus avellana ini memiliki kulit dengan tekstur yang berserat dan berbentuk bulat. Kacang hazel berasal dari negara Eropa. Negara yang banyak memproduksi kacang ini adalah negara Turki

Hazelnut dipanen setiap tahun pada pertengahan musim gugur. Saat musim gugur tiba, pepohonan menjatuhkan kacang dari daunnya. Tapi saat ini sudah banyak kacang hazel yang siap panen

Nah, ane pertama kali lihat pohon sekaligus buahnya ya saat di Austria ini. Di sini banyak sekali ditanam pohon hazel dan mudah ditemui dari setiap sisi jalan, halaman rumah hingga depan rumah warga😊

Awalnya ane ga tau dengan pohon ini. Jangankan pohon, buahnya aja baru tau sejak tinggal di Austria ini. Selama ini hanya tau dari tv atau media sosial atau dari produk yang menggunakan kacang ini aja, seperti pada es krim atau cake. Nah, ada yang sedikit membingungkan untuk emak-emak nih, yaitu mbah google yang menerjemahkan kacang hazel sebagai kemiri. Meskipun sama-sama kacang, tapi lain keluarga lain jenislah ya, apalagi penggunaannya. Mbah google pun  sampai sekarang ga merevisi terjemahannya. Menurut mbah google sendiri, terjemahan ini didasarkan emak-emak yang tinggal di Eropa menggantikan kemiri dengan kacang hazel untuk bumbu sayur asem. Hmmm..

Kacang yang enak ini sangat disukai dalam dunia kuliner. Hazelnut digunakan dalam kembang gula untuk membuat praline, kombinasi dengan coklat untuk coklat truffle dan produk selai/pasta seperti merk terkenal Nutella. Kacang hazel digunakan untuk topping cake dan campuran cake juga puding.

Produk yang terbuat dari hazelnut pun banyak sekali, dari buatan pabrik hingga rumah tangga. Kita juga sering beli wafer atau kue dan es krim bertabur kacang hazel untuk cemilan di waktu santai

Kacang hazel ini juga sangat terkenal di manca negara dalam hal kulinernya. Di Austria, pasta hazelnut adalah bahan untuk membuat tort, seperti torte hazelnut Wina. Di Kiev, tepung hazelnut digunakan untuk membumbui  meringue dan sisinya ditaburi hazelnut yang dihancurkan. Di Prancis, kue dessertnya Dacquoise, sering mengandung lapisan meringue hazelnut. Hazelnut juga digunakan dalam masakan Turki dan masakan Georgia, churchkhela dan menggunakan saus satvisi dengan kacang kenari

Minyak kacang hazel diambil dari kacang hazel yang diremukkan, tergolong sangat kaya akan rasa sehingga digunakan untuk memasak/cooking oil

Kacang hazel dapat juga menjadi cemilan yang menyenangkan hati dan menyehatkan untuk kita. Mengolahnya cukup mudah, dengan hanya dipecahkan cangkangnya dan diambil isinya, kemudian dimakan mentah atau pun dipanggang dan digoreng, sama enaknya

Kenapa kacang ini sangat disukai di dunia kuliner ya.. tentu ga lepas dari kandungan gizi dan kandungan lainnya yang terdapat di dalamnya. Sekarang yuk kita cek kandungan yang terdapat dalam kacang ini

Kandungan gizi

Kacang hazel
Jumlah per 100 g

Kalori (kcal) 628
Jumlah lemak 61 g
– Lemak jenuh 4,5 g
– Lemak tak jenuh ganda 8 g
– Lemak tak jenuh tunggal 46 g
Kolesterol 0 g
Natrium 0 g
Kalium 680 mg
Jumlah karbohidrat 17 g
– Serat pangan 10 g
– Gula 4,3 g
Protein 15 g
Vitamin A 20 IU
Vitamin B6 0,6 mg
Vitamin C 6,3 mg
Kalsium 114 mg
Magnesium 163 mg
Zat besi 6,3 mg

Selain itu kacang hazel mengandung sejumlah fitokimia dan vitamin B kompleks seperti vitamin B1, vitamin B6, tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat dan asam folat, vitamin E dan vitamin K dan beberapa mineral juga seperti mangan, tembaga, fosfor, selenium dan zink. Komponen lemak adalah lemak tak jenuh tunggal sebagai asam oleat (73% dari total), lemak tak jenuh ganda terutama sebagai asam linoleat (13% dari total) dan lemak jenuh, terutama sebagai asam palmitat dan asam stearat ( masing-masing 7% dari total)

Ternyata kacang hazel ga hanya bermanfaat dalam dunia kuliner, kacang enak ini juga bermanfaat dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Mari yuk kita simak manfaatnya dalam dunia kesehatan dan kecantikan antara lain :

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kacang hazel diketahui kaya akan kandungan antioksidan fenolik yang dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan radikal bebas penyebab penyakit sehingga tidak mudah penyakitan karena daya tubh yang kuat

Menurunkan kadar kolesterol

Kacang ini mengandung lemak sehat, yaitu lemak tidak jenuh ganda dan lemak tidak jenuh tunggal dan hanya sedikit mengandung lemak tidak sehat. Asam lemaknya yaitu asam oleat mampu menurunkan kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kolesterol baik yaitu HDL. Kandungan seratnya juga berperan dalam mencegah tubuh dari serangan kolesterol jahat

Baik untuk kesehatan jantung

Kacang hazel mengandung lemak sehat tak jenuh, terutama asam oleat yang mampu menekan LDL dan meningkatkan HDL. Hazelnut juga mengandung serat, antioksidan kalium dan magnesium yang membantu tekanan darah tetap dalam keadaan stabil. Dengan kolesterol yang baik dan tekanan darah yang stabil dapat membantu tubuh dalam pencegahan bahaya penyakit jantung, sehingga dapat menjaga kesehatan jantung

Mencegah kanker

Kacang hazel berkhasiat sebagai anti karsinogenik yaitu anti kanker. Ini karena kandungan alfa.tokoferol, yaitu varian vitamin E yang dikenal mampu untuk menurunkan resiko timbulnya kanker, terutama kanker kandung kemih lebih dari 50%

Sumber protein yang baik

Kacang ini mengandung protein yang cukup untuk memenuhi protein harian kita.

Mencegah kram otot

Kacang hazel mengandung sejumlah mineral magnesium, vitamin E, kalsium dan berbagai nutrisi lainnya yang baik untuk otot, sehingga dapat mencegah masalah pada otot seperti kram saat menstruasi atau kram pada saat berolahraga

Menjaga kesehatan otak

Kacang hazel mengandung berbagai fitokimia seperti proantosianidin, kuersetin dan kaemferol. Proantosianidin ini berfungsi untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan sirkulasi darah yang menuju ke otak
Kandungan vitamin E, mangan, tiamin, folat dan asam lemak yang tinggi pada hazelnut juga dapat memperbaiki fungsi kognitif otak dan membantu mencegah penyakit degeneratif di kemudian hari
Mangan berperan dalam aktivitas otak yang terhubung dengan fungsi kognitif, tiamin yang disebut sebagai vitamin saraf yang berperan dalam fungsi saraf di seluruh tubuh termasuk saraf otak, sedangkan kandungan asam lemaknya membantu sistem saraf termasuk depresi. Wow..

Baik untuk ibu hamil

Kacang hazel mengandung asam folat yang cukup signifikan yang dipercaya dapat membantu perkembangan otak janin dan mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Asam folat juga dipercaya dapat mencegah penyakit gangguan darah yaitu anemia megaloblastik

Sumber asam lemak yang baik untuk bayi

Asam lemak yang terdapat pada kacang hazelnut mirip dengan asam lemak yang terdapat pada ASI. Jumlah molekul yang ditemukan sama seperti kandungan dalam ASI. Asam lemak dalam ASI adalah standar nutrisi yang menjadi patokan komposisi lemak pada susu formula.  Lemak ini akan meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu penyerapan kalsium.
Asam lemak ini juga penting untuk perkembangan otak dan organ lain pada bayi, makanya direkomendasikan sebagai sumber makanan yang baik untuk bayi. Tapi tentu saja ASI adalah sumber makanan yang terbaik untuk bayi ya

Menurunkan kadar gula darah

Kacang hazel dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Kandungan mineral mangan dan magnesium yang tinggi terbukti dapat menurunkan resiko diabetes. Kacang hazel juga dapat dijadikan cemilan untuk penderita diabetes karena sumber lemaknya adalah lemak sehat sehingga ga menambah berat badan dan kaya akan kandungan serat yang membuat penderita ga mudah cepat lapar

Mengurangi alergi

Salah satu cara mengurangi alergi adalah dengan makan kacang-kacangan. Hazelnut merupakan kacang yang baik untuk mengurangi alergi

Menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku

Kandungan vitamin A, vitamin C serta vitamin E pada kacang ini serta berbagai antioksidan lain mampu menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku sehingga terhindar dari masalah kulit, rambut dan kuku yang tidak diinginkan. Kulit pun menjadi mulus, kinclong, bersih, putih bercahaya dan terhindar dari penuaan dini, begitu juga rambut menjadi indah dan sehat serta kuku yang cantik dan sehat. Ga perlu pedikul menikur segala 🙂

Wow.. MasyaAllah.. Ternyata banyak sekali ya pemirsa manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Ga ada salahnya memasukkan kacang hazel dalam daftar isi dapur kita dan menu sehari-hari ya

Sekian pemirsa laporan ane kali ini langsung dari Austria. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa lagi 🙂

Bir cevap yazın