Plum, buah musim panas murah meriah di Austria, sekilo Rp.30.000, yang diklaim sebagai obat kurus

1.544 Views

Siapa yang ga kenal ma buah plum, apalagi penggiat dunia maya pasti kenal ya dengan buah yang satu ini karena manfaatnya yang diklaim dapat menurunkan berat badan dengan harga yang super mehong ­čśŐ Tapi beneran ga sih buah plum ini adalah obat kurus alami? Wah kalo gitu buah ini terlarang dong untuk ane, karena ane yang dah kurus semakin kurus kalo makan buah ini ­čśŐ

Padahal ane paling suka mengkonsumsi buah yang dalam bahasa Jermannya Pflaumen ini, apalagi sejak kenal pertama kali langsung jatuh cinta, buahnya segar cantik merah ungu memikat hati ditambah lagi harganya yang murah meriah. Makanya sedikit suprais juga liat media gencar mempromosikan buah ini sebagai obat diet anti gemuk dengan harga super mehong dan jadi viral di negara Indonesia tercinta yang bukanlah habitat asli buah ini

Di Austria kebetulan saat ini sedang musimnya buah plum dan keluarga Prunus lainnya seperti ceri, persik dan aprikot sangat berlimpah di sini dan harganya murah meriah. Biasanya kebanyakan dari buah plum yang berwarna ungu sampai ungu kehitaman agak besar dan isi dagingnya agak kehijauan dan berwarna merah ungu cerah agak lebih kecil dan isi dagingnya kuning coklat krem. Harganya ga sampai Rp.30.000 sekilo lho pemirsa. Bandingkan dengan yang viral di medsos, dah ga segar/kering harganya mencapai ratusan ribu lagi­čśë

Nah, ada lagi model plum yang turut meramaikan suasana buah-buahan di sini, yaitu buah plum berwarna hijau kuning sangat segar dan cantik yang diimpor dari negara Turki. Harga perkilonya ga kalah heboh murahnya.. padahal produk impor lho 1,99 Euro atau sekitar Rp.33.000. MasyaAllah.. alhamdulillah ­čśŐ

Jadi penasaran banget nih sama buah satu ini. Yuk mari kita kepoin sama-sama. Pertama-tama kita cek identitasnya dulu ya

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Rosales
Keluarga : Rosaceae
Subfamili : Amygdaloideae
Marga : Prunus
Subgenus : Prunus

Nama plum berasal dari bahasa Inggris Kuno, membanggakan atau plum, pohon prem. Pada akhir abad ke-18, kata prem digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang diinginkan, seperti potongan buah lezat dalam makanan penutup.

Plum adalah kelompok spesies yang beragam. Pohon prem secara komersial berukuran sedang, biasanya 5-6 meter. Kalo ga dipangkas bisa mencapai 12 meter. Plum termasuk dalam keluarga besar Rosaceae atau mawar-mawaran, jadi masih sekawan dengan apel dan csnya

Plum adalah buah dari subgenus Prunus dari genus Prunus. Nah, yang lebih spesifiknya plum ini masih sodaraan ma buah subtropika lainnya seperti peach/persik, ceri dan aprikot. Subgenus dibedakan dari subgenera lainnya seperti peach dan ceri dilihat dari pucuknya yang memiliki kuntum terminal dan kuntum sampingnya yang tidak bergerombol/tidak terkumpul dalam satu bagian atau berdiri sendiri, bunganya berkelompok 1-5 bersama-sama dalam satu cabang pendek.

Kalo ceri yang biasa dimakan dan terkenal adalah dari genus yang sama yaitu Prunus tapi beda subgenus yaitu Cerasus, dari spesies Prunus cerasifera (biasa disebut prem/plum ceri atau ceri aja) dan aprikot juga dari genus yang sama tapi  beda subgenus, dari spesies Prunus armeniaca.

Plum memiliki tiga kultivar atau spesies yang paling berlimpah yang tidak ditemukan di alam liar. Spesies itu adalah
– Prunus domestica
– Prunus salicina
– Prunus simonii
Menurut riwayat, Prunus domestica tumbuh di Eropa Timur dan Pegunungan Kaukasia, sementara Prunus salicina dan Prunus simonii berasal dari Asia. Yuk, kita lihat kultivar plum apa aja yang perlu kita ketahui ­čśë
– Damson
Plum ini memiliki kulit berwarna ungu atau hitam atau ungu kehitaman dengan daging berwarna hijau. Plum ini yang ane sering temukan di supermarket Austria apalagi kalo dah musimnya. Buah ini sering kita konsumsi
Ada juga plum Black Amber yang sering kita konsumsi, kulitnya berwarna ungu merah dengan dagingnya coklat krem.
Ada satu lagi yang ane ga tau namanya, fisiknya lebih kecil berwarna merah keunguan dengan daging coklat krem ­čśŐ


Nah, yang ane temukan baru-baru ini lebih seru lagi, hijau muda kekuningan yang berasal dari Turki, tapi ane ga tau apa namanya. Apakah plum greengage? ­čśŐ
– Greengage
Buah dan dagingnya keras kenyal berwarna hijau begitu juga kulitnya bahkan saat matang
– Mirabelle
Berwarna kuning tua, terutama tumbuh di timur laut Prancis
– Satsuma
Daging merah yang keras kenyal dan kulitnya berwarna merah juga
– Victoria
Plum yang memiliki kulit kuning dengan kulit merah atau belang-belang
– Yellowgage atau golden plum
Mirip dengan greengage, tapi kuning

Buahnya berukuran antara 2 -7 cm dengan diameter, bulat ke oval. Dagingnya kokoh kenyal dan berair. Plum dikenal sebagai buah drupe/ buah batu, yaitu buah berdaging yang mengelilingi satu biji. Ga hanya plum, semua anggota genus Prunus menghasilkan buah drupe juga seperti sodaranya antara lain aprikot, ceri, nektar dan peach/ persik. Yang bedanya, kalo biji buah plum lonjong seperti biji zaitun dan mudah lepas dari dagingnya, biji buah persik lonjong agak bergerigi dan lengket di daging, jadi harus dilepasin dulu dari bijinya sedangkan ceri bijinya kecil bulat.

Kulit buah plum halus, dengan buah yang matang memiliki lapisan lilin putih berdebu sehingga terlihat mengkilat atau berkaca yang melekat pada daging. Lapisan ini adalah lapisan lilin epikutikular dan dikenal sebagai ÔÇślilin mekarÔÇś.

Buah plum rasanya enak manis full dengan dagingnya yang kenyal berair, mantap kalo dimakan segar. Beberapa kegunaan buah plum di dunia kuliner yang perlu emak-emak ketahui antara lain adalah
– Dapat dibuat selai dan saus. Di Hungaria buah plum yang dibuat selai┬á bernama lekvar (selai pasta prem), palinka (buah tradisional brendi), pangsit prem dan makanan lainnya. Buah plum yang digunakan untuk membuat semua ini berasal dari buah plum jenis Damson yang disebut szilva.
– Buahnya bisa dijus kemudian difermentasi menjadi anggur plum. Di wilayah Balkan buah plum diubah menjadi minuman beralkohol bernama slivovits.
– Buah plum dapat juga dikeringkan dijadikan manisan, bahkan diasin (ahaay.. ga hanya ikan asin aja ya ­čśŐ) Buah plum kering ini digunakan untuk dijadikan cemilan, dikenal juga sebagai saladito atau salao. Asinan buah kali ya kalo orang kita bilang mah.. Di toko-toko Asia bahkan beraneka rasa dari asin sampai pedas. Acar-acar istilahnya. Buah plum kering juga dapat dijadikan campuran puding atau kue dan topping untuk es serut

Selain dikomsumsi segar maupun melalui pengolahan dan berguna pada dunia kuliner, buah plum dikenal berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Ini karena kandungan gizinya yang berlimpah. Yuk, kita cek kandungan gizi buah plum ini bersama-sama

Kandungan gizi per 100 g

Energi 192 kJ (46 kcal)
Karbohidrat 11,42 g
– Gula 9,92 g
– Serat 1,4 g
Lemak 0,28 g
Kolesterol 0 g
Protein 0,7 g
Vitamin A equiv 17 mcg
Beta karoten 190 mcg
Lutein zeaxanthin 73 mcg
Tiamin (vit B1) 0,028 mg
Riboflavin (vit B2) 0,026 mg
Niasan (vit B3) 0,417 mg
Asam pantotenat (vit B5) 0,135 mg
Piridoksin (vit B6) 0,029 mg
Folat (vit B9) 5 mcg
Vitamin C 9,5 mg
Vitamin E 0,26 mg
Vitamin K 6,4 mcg
Kalsium 6 mg
Zat besi 0,17 mg
Magnesium 7 mg
Tembaga 0,057 mg
Mangan 0,052 mg
Fosfor 16 mg
Natrium 1 mg
Kalium 157 mg
Selenium 1 mcg
Seng 0,1 mg

Selain itu plum juga mengandung flavonoid, fenol dan fitonutrein seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neoklorogenik dan asam klorogenat dan air 87% yang menyebabkannya baik untuk dinobatkan menjadi buah berenergi drink

Banyak sekali ya kandungan gizinya. Tentunya sangat bermanfaat untuk kita, ga hanya untuk kesehatan juga kecantikan. Yuk, mari kita cek sama-sama manfaatnya untuk kita antara lain

Sebagai antioksidan
Buah plum kaya akan kandungan antioksidan seperti vitamin C, fenol yaitu antosianin dan fitonutrein yaitu lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neoklorogenik dan asam klorogenat yang mampu menangkal serangan radikal bebas penyebab penyakit dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas ini

Menjaga berat badan

Iklan yang gencar di media sosial yang mengatakan buah plum mampu menurunkan berat badan apa iya ya.. Menurut ane sih sebenarnya ga menurunkan berat badan, lebih tepatnya menjaga berat badan kali ya ­čśŐ Kalo diklaim mampu menurunkan berat badan, nanti emak-emak yang kurus seperti ane ini ga bisa mengkonsumsi buah segar manis manja ini dong ­čśŐ
Kandungan seratnya mampu membuat kita kenyang lebih lama, akibatnya dapat mengontrol nafsu makan yang menggebu-gebu. Dengan mengontrol nafsu makan yang kebablasan inilah yang menghindari kita dari kegemukan.
Nah, yang diklaim juga bikin emak-emak yang kegemukan dapat memberantas penyakit kegemukan seperti jantung, darah tinggi dan kolesterol, yang sebenarnya adalah buah ini banyak mengandung zat-zat yang baik untuk kesehatan seperti kesehatan jantung, peredaran darah dan kolesterol. Nah, zat-zat yang terdapat pada buah emejing inilah yang bikin emak-emak kegemukan sehat walafiat

Mencegah diabetes

Buah plum baik untuk penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan kandungan serat. Selain itu kandungan flavonoidnya mampu memberikan perlindungan terhadap resistensi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh

Menjaga kesehatan tulang

Buah plum mengandung flavonoid seperti asam caffeic dan rutin yang dapat menghambat kerusakan jaringan tulang dan mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan vitamin K untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang. Buah plum juga mengandung polifenol dan kalium yang dapat membantu pembentukan tulang, meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah tulang keropos terutama pada wanita pascamenopause yang mengalami penurunan hormon estrogen seiring dengan bertambahnya usia.

Menjaga sistem pencernaan

Buah plum mengandung serat yang tidak hanya mampu menjaga berat badan tapi juga mampu menjaga sistem pencernaan. Kandungan sorbitol dan isatin di dalam buah ini memiliki sifat pencahar yang membuat pembuangan limbah lebih lancar sehingga terhindar dari susah buang air besar. Buah plum juga mengandung antosianin yang merupakan senyawa antioksidan fenol yang membuat nutrisi plum mudah diserap dengan mudah oleh usus kecil dan usus besar dan kemudian mengalir dalam serum dan urine

Menjaga fungsi sistem saraf

Buah plum mengandung vitamin B6 yang sangat penting untuk sistem saraf pusat, antara lain untuk membantu proses penghantaran sinyal saraf, membantu dalam pertumbuhan normal otak dan membantu terbentuknya hormon yang mempengaruhi suasana hati. Kandungan triptofan dalam buah plum juga membantu memproduksi serotonin yang berhubungan erat dengan kualitas tidur, nafsu makan dan konsentrasi yang lebih baik

Mencegah anemia

Kandungan zat besi dan tembaga dalam buah plum dapat membantu pembentukan sel darah merah

Membantu mengatasi gangguan kecemasan

Buah plum dapat mempengaruhi suasana hati, termasuk kecemasan yang melanda. Gannguan kecemasan ini antara lain disebabkan oleh stres oksidatif. Kandungan asam klorogenat yang bersifat antioksidan dan efek anxiolytic pada buah plum ini mampu membantu mengatasi gangguan kecemasan yang melanda

Sebagai obat flu alami

Kandungan vitamin C dan adanya molekul mirip lektin pada buah plum dapat menghambat infeksi dan memerangi virus yang menyebabkan flu

Baik untuk ibu hamil

Buah plum kaya akan sumber vitamin dan mineral yang baik dan berguna untuk ibu hamil seperti kandungan flavonoid, vitamin C, vitamin B6, asam folat, zat besi, serat dan lain-lain.

Mencegah sel kanker

Buah plum mengandung flavonoid yaitu epitaken yang terbukti mampu membantu menghambat pertumbuhan sel kanker serta menginduksi apoptosis pada kanker hati.
Buah plum juga kaya akan kandungan antioksidan dan fitonutrein seperti asam klorogenat dan asam neo klorogenat yang memiliki efek penyembuhan melawan sel kanker payudara tanpa membahayakan sel-sel yang sehat

Membantu menjaga keseimbangan asam dan basa tubuh

Kalium yang banyak terdapat pada buah plum ini merupakan elektrolit yang sangat penting untuk fungsi saraf dan otot yang dapat membantu mengatur kontraksi otot dan mengatur keseimbangan asam basa tubuh

Menjaga kadar kolesterol

Ga hanya untuk menjaga berat badan dan baik untuk penderita diabetes, serat yang terdapat dalam buah plum ini juga bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil, dengan mengurangi kadar kolesterol jahat LDL dan membantu meningkatkan kolesterol baik HDL. Dengan menjaga kadar kolesterol dengan baik, maka perlindungan terhadap jantung juga didapat

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah plum kaya akan kandungan vitamin C yang bersifat antioksidan hingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan radikal bebas penyebab penyakit. Kandungan imunostimulan pada buah plum ini juga mampu mendorong produksi oksida nitrat dalam tubuh sehingga dapat membantu menghambat metastasis sel tumor dan mencegah berbagai penyakit

Menjaga kesehatan mata

Buah plum mengandung vitamin A dan beta karoten yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula terkait usia. Selain itu buah plum mengandung senyawa karotenoid (lutein dan zeaxanthin) yang bermanfaat untuk melindungi makula retina dari kerusakan oksidatif akibat radiasi ultra violet

Menjaga kesehatan kulit

Nah, lagi-lagi kandungan antioksidan dalam buah plum ini mampu menjaga kesehatan kulit seperti vitamin C dan vitamin E serta sejumlah mineral mampu menjadikan kulit bersih berseri dan anti penuaan dini seperti keriput dan bintik-bintik hitam di wajah. Dengan kemampuannya ini ga heran kalo buah ini dijadikan bahan berbagai produk dalam dunia kecantikan.

Menjaga kesehatan rambut

Kandungan vitamin E, vitamin C dan zat besi dalam buah plum ini sangat baik untuk kesehatan rambut seperti menjadikan rambut yang sehat dan lebat, terhindar dari ketombe, kerontokan hingga kebotakan.

MasyaAllah. Banyak sekali ya manfaatnya untuk kita, Alhamdulillah. Meski begitu, jangan kebanyakan mengkonsumsinya ya, karena yang berlebihan itu selalu tidak baik untuk kita. Meski hampir tanpa efek samping, perlu diperhatikan untuk mereka yang memiliki riwayat alergi dan oksalat yang tinggi serta yang sedang mengkonsumsi obat.
– Oksalat
Buah plum mengandung oksalat yang dapat terakumulasi dan mengkristal dan mengakibatkan masalah kesehatan seperti ginjal, empedu dan komplikasi batu ginjal. Jadi bagi yang memiliki kondisi ini makan buah plum seadanya aja ya
– Sulfit
Buah plum banyak mengandung senyawa antioksidan fenol. Buah plum yang dikeringkan biasanya diberi sulfit agar tampilannya tetap cantik dan terutama untuk mencegah oksidasi fenol yang dapat menyebabkan warna buah menjadi coklat gelap. Mereka yang peka terhadap sulfit harus berhati-hati mengkonsumsi buah plum kering ini karena dapat memacu alergi
– Interaksi obat
Tumor karsinoid ini akan meningkatkan jumlah serotonin dalam darah. Buah plum mengandung serotonin tinggi. Oleh karenanya hindari mengkonsumsi buah plum sebelum dilakukan tes diagnosa tumor karsinoid agar tidak menyebabkan hasil positif yang palsu

Nah bagaimana pemirsa.. Jangan ragu mengkonsumsi buah plum ini ya. Banyak sekali manfaat yang didapatkan, tentunya mengkonsumsi secukupnya aja dan kalo dapat konsumsilah yang segar agar didapatkan hasil yang maksimal

Selamat mencoba dan menikmati buah plum pemirsa. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa dan salam hangat selalu dari Austria ­čśŐ

Bir cevap yaz─▒n