Nektarin, sodaraan buah persik, Rp.16.000 aja sekilo di Austria

1.362 Views

Kalo ditanya kenal buah nektarin ga.. ampir dipastikan kebanyakan ga tau. Tapi kalo ditanya kenal buah persik ga.. gimana kira-kira jawabannya ­čśŐ Jangankan pemirsa, ane aja mulanya sempat dibuat bingung ma buah-buahan ini karena fisiknya rada mirip satu dengan yang lain. Maklumlah kenal aja sejak tinggal dimari, buah-buahan ini ga ada ane temukan di kampung halaman, taunya ini buahnya ÔÇśorang luarÔÇś

Nah, setelah meluangkan waktu barang sejenak mempelajari buah ini, barulah ane temukan perbedaannya. Buah musim panas emang bersamaan musimnya dan rata-rata mirip satu dengan yang lainnya, maklum masih satu bangsa, satu keluarga, satu genus bahkan satu spesies ya ­čśŐ

Contohnya masih satu keluarga yaitu apel, pir, satu genus seperti ceri, persik, aprikot, plum, lebih spesifik lagi persik, lebih dalam lagi nektarin. Jadi ibaratnya dari neneknya nenek, nenek, emak, anak, anaknya anak ­čśŐ Nah, anaknya anak ini ibaratnya nektarin.

Nektarin merupakan varietas dari buah persik. Karena masih sodaraan, fisiknya pun ga jauh beda. Sekilas sama, tapi kalo diteliti lebih dalam, ternyata kulit persik rada ga mulus, ada bulu-bulu halus atau fuzzy kalo bule bilang mah ­čśŐ sedangkan nektarin berkulit mulus dan mengkilat persis apel. Buah nektarin memiliki beragam fisik, ada yang kulitnya berwarna merah gelap, merah dengan garis kuning atau campuran kuning sedikit dan berdaging putih, kuning orange atau merah dengan satu biji bergerigi keras lengket di dalamnya.

Nektarin dan persik sebenarnya sama aja, hanya nektarin lebih spesifik, merupakan persik dengan varietas bernama nucipersica. Dalam dunia perdagangan atau komersil buah ini emang dibedakan. Di supermarket buah ini tersedia cukup berlimpah bersama buah-buah musim panas lainnya.

Meski cukup berlimpah dan disukai, harga ga ikut-ikutan berlimpah alias mahal lho pemirsa. Harga normal nektarin adalah 1,49 Euro atau sekitar Rp.25.000.┬á Kalo diskon yang biasanya berlangsung hingga 2 hari tapi rutin sering ngadain diskon saking berlimpahnya produk, harganya bahkan ga nyampe 1 Euro alias hanya 0,99 Euro, kurang 1 sen aja 1 Euro. Kalo dirupiahin sekitar Rp.16.000. MasyaAllah. Alhamdulillah. Kalo kata emak ane di kampung halaman harga ini hanya sebagai tanda aja, jangan ga jadi aja dijual ­čśŐIbarat musim jambu air, dibagi-bagiin aja ke tetangga

Gimana soal rasa? Meski harga murah, bukan berarti rasa murahan ya ­čśŐNektarin ini rasanya enak banget, apalagi dimakan ketika hari panas. Rasanya manis, ada yang sedikit masam sehingga menciptakan sensasi segar-segar manja. Perpaduan rasa apel, mangga dan jambu air juga jambu biji menurut lidah ane ­čśŐ Buahnya yang kokoh tapi krenyes ketika digigit dengan aroma yang wangi dan menyegarkan menambah nikmat mengkonsumsinya. Ane lebih suka dimakan segar, begitu juga suami. Kadang-kadang dijus kalo kebetulan nemu nektarin yang rada asam ­čśŐ

Wah, jadi semakin ingin mengenal buah nektarin nih. Yuk, sama-sama kita cari tau tentang buah cantik satu ini. Kita simak profilnya terlebih dahulu ya

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Rosales
Famili : Rosaceae
Genus : Prunus
Subgenus : Amygdalus
Spesies : P. persica
Nama Ilmiah : Prunus persica var. nucipersica

Nah, inilah sebabnya kenapa nektarin ternyata bersaudara atau identik dengan persik. Buah persik bernama Prunus persica, sedangkan nektarin adalah turunannya Prunus persica var. Nucipersica. Var adalah varietas.

Sekarang kita liat yuk kandungan gizinya

Kandungan Gizi

Nektarin
Jumlah per 100g

Kalori (kcal) 44
Jumlah lemak 0,3 g
– Lemak jenuh 0 g
– Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
– Lemak tak jenuh tunggal 0,1 g
Kolesterol 0 g
Natrium 0 mg
Kalium 201 mg
Jumlah karbohidrat 11 g
– Serat pangan 1,7 g
– Gula 8 g
Protein 1,1 g
Vitamin A 332 UI
Vitamin C 5,4 mg
Kalsium 6 mg
Zat besi 0,3 mg
Magnesium 9 mg

Wow, ternyata banyak juga kandungan gizinya ya. Pastinya banyak manfaatnya dong untuk kita, ga hanya sebagai cemilan buah segar aja di siang bolong ­čśŐBuah nektar berguna juga untuk kesehatan kita. Mau tau, yuk kita cek sama-sama

Sebagai buah energi drink alami

Nektarin mengandung banyak air yang membuatnya segar seakan kita mendapat energi baru saat kita konsumsi apalagi di saat kondisi udara panas. Karena kandungannya inilah nektarin dapat mencegah kita dari kekurangan cairan tubuh sehingga tidak menimbulkan dehidrasi

Menjaga berat badan

Salah satu cara menjaga berat badan adalah dengan mengatur pola makan alias diet. Nah, bagi yang sedang program diet buah ini salah satu yang direkomendasikan. Nektarin tidak mengandung kalori yang berlebihan sehingga tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Selain itu nektarin juga berfungsi menurunkan kolesterol yang menjadi biang kegemukan. Dengan adanya serat dalam buah ini menambah manfaatnya dengan membuat kita kenyang lebih lama sehingga dapat mengontrol nafsu makan berlebih.

Menjaga kesehatan mata

Nektarin kaya akan kandungan vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata sehingga terhindar dari masalah mata termasuk yang terkait dengan usia

Mencegah serangan radikal bebas penyebab penyakit

Buah ini kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin lainnya yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi dan mencegah tubuh dari serangan radikal bebas penyebab penyakit

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan adanya kandungan vitamin C dan vitamin lainnya dalam buah nektarin ini yang berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi dan mencegah tubuh dari serangan radikal bebas, maka akan dapat menjaga tubuh tetap kuat dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita sehingga ga mudah diserang penyakit

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan dalam buah ini turut berperan dalam menjaga kesehatan kulit agar bersih dan kinclong selalu, bebas jerawat termasuk masalah penuaan dini seperti kulit keriput dan bintik-bintik hitam

Menjaga kesehatan rambut

Nektarin kaya akan kandungan antioksidan, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh rambut agar selalu sehat, terhindar dari masalah klasik rambut seperti rontok dan ketombe

Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Nektarin mengandung sejumlah mineral kalsium dan kalium yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi

Menyehatkan pencernaan

Serat yang terkandung dalam buah ini diperlukan oleh pencernaan kita untuk bekerja dengan baik dengan melancarkan sistem pencernaan kita , sehingga menyehatkan pencernaan dan terhindar dari masalah pencernaan seperti susah buang air besar

Demikianlah antara lain manfaat nektarin yang luar biasa bagi kita. Untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal, sebaiknya memang konsumsi yang segar.  Tapi selalu diingat untuk mengkonsumsinya dengan bijaksana, ga berlebihan ya, karena yang berlebihan itu selalu tidak baik untuk kesehatan.

Nah pemrisa, sekian dulu laporan ane kali ini. Semoga tulisan ane bermanfaat. ┬áJangan ragu untuk membeli dan mengkonsumsi buah ini kalo lagi belanja ya. Ane rasa di Indonesia telah tersedia buah yang cantik dan enak mirip apel ini, karena lagi musim-musimnya dan sangat berlimpah di negara 4 musim ­čśŐ Selamat mencoba dan menikmati

Bir cevap yaz─▒n