Pansy, bunga berekspresi marah di Austria

1.262 Views

Pernah lihat bunga dengan ekspresi marah, ketawa, bengong atau galau ga? Nah, ane baru melihat pertama kali secara nyata sejak di Austria ini. Sebelumnya sih hanya tau dari dunia maya. Jadi inget tokoh animasi Angry Bird. Ternyata ga hanya Angry Bird aja yang suka marah ya. Eh, Angry Bird kan hanya tokoh hayalan, tapi bunga pansy bukan tokoh hayalan lho.

Di Austria ini ga sulit menemukan bunga pansy ini. Tumbuh dimana-mana, terutama di keramaian yang emang mudah diliat orang, seperti di taman kota atau pot-pot bunga/kembang pinggir jalan.

Kemunculannya terasa sejak musim semi ini hingga sekarang. Beraneka warna dengan ekspresinya yang bermacam-macam bikin gemas yang liat dan tentunya makin mempercantik pemandangan kota ya.. Jadi penasaran dengan bunga yang satu ini, yuk sama-sama kita cari tau..

Pansy adalah jenis bunga hibrida yang dibudidayakan sebagai bunga taman. Bunga ini diperoleh dengan hibridisasi dari beberapa spesies pansy dari genus viola, terutama viola tricolor, bunga liar yang berasal dari Eropa dan Asia Barat. Bunga pansy berdiameter 2-3 inci, mempunyai dua kelopak bagian atas yang tumpang tindih, dua sisi kelopak lainnya dan kelopak bawah tunggal dengan sedikit jenggot yang berasal dari pusat bunga. Kelopak ini biasanya berwarna tunggal putih atau kuning, keunguan atau biru atau bisa kombinasi ungu dan putih. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 9 inci dan cenderung menyukai paparan sinar matahari. Hmm.. pantesan saat ini pansy lagi sedang-sedangnya bermekaran dimana-mana, ada kawannya ternyata sinar matahari 😊

Untuk mengenal lebih dalam yuk kita cek dulu klasifikasi ilmiahnya

Klasifikasi ilmiah
Kingdom : Plantae
Ordo : Malpighiales
Family : Violaceae
Genus : Viola
Section : Viola section Melanium
Species : V. tricolor
Subspecies : V. t. var. Hortens

Bunga pansy sangat populer di negara 4 musim sebagai bunga hias. Hamparan bunga pansy yang tumbuh pendek banyak ditemukan di perkarangan rumah. Ga hanya di pot-pot duduk di pinggir jalan atau di jendela dan balkon rumah penduduk, pansy juga ditemukan di pot-pot gantung. Yang menarik adalah ada varietas bunga pansy seperti ekspresi wajah orang yang sedang tertawa hingga marah. Bahkan warnanya yang beraneka ragam menjadikannya populer sebagai bunga yang ceria.

Pansy adalah tanaman yang banyak mengeluarkan bunga pada masa hidup yang pendek. Tanaman ini cenderung tumbuh sebagai tanaman tahunan karena musim berbunga yang pertama sering kali menjadi masa terbaiknya.

Yang menarik lagi dari pansy adalah ternyata pansy enak dimakan lho. Pansy cocok mempercantik salad sayur. Pansy juga bisa digunakan sebagai hiasan kue dan biskuit yang indah, dapat dikristalisasi dan dibekukan menjadi es hingga dibikin es krim. Wow.. gimana rasanya ya 🙂

Sepertinya pansy adalah tanaman di negara 4 musim ya. Bisa ga tumbuh di Indonesia? Ternyata kata pakar perbungaan pansy bisa tumbuh kok, hanya saja harus telaten memperlakukannya dimulai dari penyemaian kemudian berkecambah yang memerlukan waktu sekitar 21 – 28 hari hingga tumbuh dan berkembang.

Pansy dikembangbiakkan dari biji. Di sini banyak dijual dibibitnya dengan kemasan per bungkus. Di daerah yang hangat, biji pansy dapat disemai mulai dari pertengahan musim panas hingga akhir musim gugur. Di daerah dingin biji pansy dapat disemai di musim gugur dan musim semi. Di daerah panas, carilah tempat yang terkena paparan sinar matahari sore dan beri naungan di atasnya. Hmm.. kalo diamati dengan seksama, tanaman pansy tahan juga terhadap segala cuaca ya. Pansy menyukai sinar matahari dan drainase yang baik. Jadi jangan lupa untuk menyiramnya ya.. Ga jarang ane liat pansy abis disiram ma tuannya dan membasahi lantai trotoar pinggir jalan 😊

Saat ini ane belum ada minat menanamnya. Melihat dan menikmati keindahan mereka sambil jepret mereka sana sini dah merupakan kebahagian tersendiri buat ane. Gimana pemirsa, ada minat untuk menanamnya? 😊

Sekian dulu info cantik ane dari Austria. Nantikan kisah berikutnya yang ga kalah menariknya langsung dari Austria. Jangan pernah bosan ya membaca artikel ane 😊

Bir cevap yazın