Kroepoek dan Krabbenchips, kerupuknya Eropa

380 Views

Siapa yang ga kenal kerupuk. Orang Indonesia asli pasti tau ya dengan penganan yang satu ini. Biasanya kerupuk menjadi makanan tambahan temannya nasi atau hanya teman santai sebagai cemilan aja.

Ada banyak nama untuk kerupuk yang ga hanya terkenal di Indonesia aja tapi kawasan Asia tenggara. Namanya ga beda-beda jauh dengan nama kerupuk di Indonesia yang mengenalnya dengan nama kerupuk, Malaysia keropok, Filipina kropek. Nyebrang ke negara Eropa, Belanda juga memiliki nama yang sama kroepoek. Hmm.. ada juga ya. Ini karena sejarah penjajahan yang lama di Indonesia, jadi Belanda pun setidaknya kebawa pengaruh Indonesia, termasuk dunia perkerupukan ini 😊Bagaimana dengan negara Eropa lainnya ya? Ternyata mereka juga mengenal kerupuk dengan nama Krabben chips. Ini saat ane liat di supermarket langganan kita.

Ane hafal banget yang namanya kerupuk karena emang dari lahir dah kenal cemilan ini, meski saat itu ane ga tau apa Krabben chips. Yang ane tau di kemasan cemilan ini ada gambar kerupuk. Lha emang ini pasti kerupuk meski di kemasannya ga tertulis kerupuk tapi Krabben chips. Tanya mbah google ternyata emang benar menyatakan Krabben chips adalah nama untuk kerupuk.

Cemilan ini disusun berdasarkan kategori asalnya, Asia. Jadi cemilan yang berasal dari Asia akan ditempatkan bersama-sama. Penasaran dengan Krabben chips ini gimana rasanya ya.. apakah sama dengan rasa kerupuk buatan Indonesia? Tanya mbah google lagi ternyata kerupuk didominasi dari negara Indonesia karena emang cemilan ini berasal dari Indonesia, meski negara Asia lain mengklaim dengan kepemilikan yang sama, seperti Malaysia. Filipina sampai Thailand

Coba sebungkus ah. Sebungkus kerupuk dikemas dengan berat 100 g atau seons dihargai 0,99 Euro atau sekitar Rp.13.000. Wow..  harganyaboleh juga ya. Saat pengen memakannya untuk cemilan malam hari ternyata kerupuknya persis seperti gambar di kemasannya, berwarna putih hanya sedikit lebih tipis. Kalo dilihat dari namanya Krabben, kerupuk ini terbuat dari kepiting kah? Kalo sensasi kerupuknya ada, seperti kriuk crunchy renyah manjah, tapi rasanya agak sedikit manis seperti rasa kerupuk udang yang bentuknya lebar berwarna sedikit kemerahan. Lumayanlah untuk ukuran Eropa 😊 Paling ga untuk obat kangen ane ma kampung halaman 😊

Dari tadi bahas kerupuk. Sebenarnya kerupuk itu apa ya. Yuk kita kupas abis tentang kerupuk ini. Di Indonesia, kerupuk mengacu pada jenis kerupuk yang lebih besar, sedangkan kerupuk ukuran kecil yang lebih kecil biasanya disebut keripik, kalo dalam masakan Barat namanya Chips. Tapi keduanya sama dalam hal kerenyahannya. Kalo memakannya terdengar seperti pecah atau remuk, crunchy orang bule bilang.

Indonesia memiliki variasi kerupuk terbesar. Biasanya kerupuk dibuat dari pasta kering dari campuran pati dengan bahan lain, yaitu makanan laut, te ikan, udang dan telur cumi, tapi kadang-kadang dengan nasi, buah-buahan, kacang-kacangan atau sayuran, variasi sayuran umum di Asia Tenggara, terutama di Filipina.

Nah, sekarang kita liat yuk jenis-jenis kerupuk yang terkenal antara lain :
Kerupuk ikan
Banyak ditemukan di Indonesia terutama di sentra produksi industri makanan laut, seperti Palembang, Bangka, Cirebon dan Sidoarjo.

Kerupuk kemplang
Ini sejenis kerupuk ikan yang sangat populer di kota Sumatera Selatan, Palembang
Kerupuk kulit
Terdapat di sebagian besar wilayah Indonesia, seperti kerupuk jangek (Minangkabau) atau Rambak (Jawa). Kerupuk ini terbuat dari kulit sapi kering, khususnya yang populer di daerah Minangkabau Sumatera Barat.
Kerupuk udang
Kerupuk ini merupakan varian yang paling terkenal secara internasional

Ada juga kerupuk jenis lainnya, tapi umumnya ga dianggap sebagai kerupuk 😊
Emping
Emping adalah sejenis kerupuk yang dibuat dari buah melinjo

Rempeyek
Rempeyek adalah kerupuk berbahan tepung dengan kacang tanah, teri atau udang yang diikat dengan kerupuk tepung renyah

Rengginang atau intip (Jawa)
adalah kerupuk nasi yang terbuat dari nasi yang dikeringkan

Keripik yaitu kerupuk yang lebih kecil

Nah bagaimana pemirsa, senang bukan mengenal sosok kerupuk, cemilan favorit keluarga Indonesia. Pasti ada salah satu atau beberapa kerupuk yang menjadi pilihan pemirsa. Semuanya enak kan dan tentunya bergizi meski hanyalah makanan ringan 😊

 

Bir cevap yazın