Kohlrabi, sayuran Eropa pengganti bengkoang dan labu siam, mirip lobak tetapi sebangsa kubis

1.383 Views

Pernah liat sayuran dengan umbi yang besar mirip dengan lobak dan bengkoang tapi bukan lobak atau pun bengkoang tetapi masih sebangsa kubis ga?

Nah, ane baru pertama kali ini nemu sayuran ini. Ini juga karena adek ipar yang beli dan bawa ke rumah. Awalnya ane mengira ini buah. Ane tanya sama suami buah apa ini namanya.. Suami juga ga tau namanya tapi herannya pernah mengkonsumsinya 😊 Jadi penasaran ane. Ane amati dalam-dalam benda ini. Buah tapi ada batang dan daunnya, mirip bengkoang iya.. Gimana makannya ya? Seperti bengkoangkah bisa dibikin rujak? Hhhh.. emak-emak muda bawaannya mau rujak aja ya 😊

Ada obyek menarik nih untuk dibikin artikel.. tapi itu dia.. kalo ga tau namanya gimana mau memulai menulis ya. Untungnya saat kita ke supermarket langganan kita ketemu dengan sayuran ini lengkap dengan namanya. Alhamdulillah. Ternyata sayuran ini berlimpah di saat musim dingin. Jadi kira-kira beberapa bulan yang lalu. Sayuran ini ga sulit menemukannya karena fisiknya yang unik, umbi besar tapi ada daun dan batang disekitarnya dan sangat mentereng dibanding sayur normal. Harganya perbuah ga sampai 1 Euro, yaitu hanya beberapa sen, seharga 0,69 Euro yang kalo dirupiahin seharga Rp.11.000

Namanya kolhrabi. Kohlrabi bentuknya gemuk bulat seperti kubis, tapi isinya seperti lobak juga bengkoang. Kohlrabi, sayuran mirip lobak yang populer di Eropa, sebenarnya sayuran dari keluarga kubis yang bersaudara dengan brokoli juga. Kohlrabi dengan rasanya yang renyah dan sedikit manis dikenal dengan sayuran yang rendah kalori namun tinggi serat dan kalium.

Jadi kohlrabi adalah tanaman sayuran sejenis kubis yang dapat membentuk umbi di bagian batang dan di atas keping daunnya (cotyledon). Nama latin kohlbari adalah Brassica oleraceae var. Gongylodes L. Tanaman kolhrabi tumbuh dan berkembang di atas tanah. Umbi dan daunnya yang masih muda sering dikonsumsi sebagai sayur.

Untuk lebih jelasnya yuk kita liat klasifikasi ilmiahnya

Klasifikasi Ilmiah
Kohlrabi

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Brassicales
Famili : Brassicaceae
Genus : Brassica
Spesies : Brassica oleraceae var. Gongylodes L

Nah, sekarang kita berkenalan lebih dalam dengan kohlrabi yuk..

Kohlrabi atau lobak Jerman atau lobak kubis ini merupakan sayuran yang terkenal di Jerman dan negara-negara berbahasa Jerman dan negara bagian Amerika dengan populasi keturunan Jerman. Tapi ternyata sangat populer juga di negara Asia Vietnam dan India. Kohlrabi yang berasal dari kata kohl yang berarti kubis dan rübe yang berarti lobak dalam bahasa Jerman, merupakan sayuran yang renyah dan serba guna, mirip seperti namanya. Kolhrabi yang berasal dari Eropa juga biasa disebut Knol-kohl.Tanaman menahun yang kuat ini mudah ditanam di daerah beriklim sedang, sehingga bisa menjadi tanaman yang untuk serta lezat di kebun siapa aja.

Kohlrabi ada yang bentuk umbinya bulat penuh dan ada yang bulat datar. Kohlrabi yang bentuk umbinya bulat cenderung berumur pendek, tidak mudah untuk berbunga tapi produksinya tinggi. Kohlrabi memiliki beraneka warna, dari hijau terang sampai hijau pucat hingga ungu. Untuk kohlrabi yang berwarna hijau, bagian dalam berwarna putih krem. Sekilas jadi mirip bengkoang.  Ada beberapa varietas kohlrabi antara lain:

Varietas kolhrabi hijau meliputi Korridor dan Winner, yang matang atau panen dengan sangat cepat, hanya dalam waktu 50 hari, dibanding varietas lain yang membutuhkan waktu pematangan 60 hari. Tampilannya hijau cerah hingga hijau pucat.
Jenis kohlrabi Winner dengan umbi hijau pucat ini berat umbinya bisa mencapai 0,6 kg dan merupakan umbi kohlbari terberat diantara varietas lainnya.
Jenis kolhrabi Grand Duke merupakan varietas unggulan karena petumbuhannya yang sangat cepat, memiliki umbi yang besar serta licin berwarna hijau terang
Express Forcer adalh varietas kohlrabi yang sangat populer di Eropa, juga merupakan salah satu varietas unggulan dengan kualitas terbaik, berwarna hijau terang dengan pertumbuhannya yang cukup cepat. Bentuk umbinya hampir bulat penuh

Varietas kohlrabi ungu seperti Azur Star dan Kolibri secara khusus tahan terhadap hama, karena daun tanaman yang berwarna ungu mampu menolak serangga
Varietas kohlbari yang dapat disimpan, seperti Kossak, Superschmelz dan Gigante yang berukuran lebih besar dibandingkan kalhrabi biasa. Varietas ini lebih tahan lama disimpan di ruang bawah tanah atau lemari es.

Kolhrabi tumbuh subur di musim dingin November hingga Maret, Di daerah dengan musim dingin yang hangat, kolhrabi biasa ditanam di akhir musim gugur agar bisa dipanen diawal musim dingin. Kohlrabi merupakan tanaman yang membutuhkan banyak air dan nutrisi, sehingga harus diberi banyak air dan tanah yang subur

Kohlrabi membutuhkan banyak air dan tumbuh dengan baik di iklim sedang atau Mediterania. Jika tanahnya kering, kolhrabi yang kekurangan air akan menjadi berkayu dan tidak lezat saat dimakan. Jika garis-garis umbinya mulai tampak kering, tambah julah air yang diberikan. Saat menyiram, berikanlah air di sekitar bagian dasar setiap umbi kohlrabi. Jangan siram air di bagian atas tanaman, karena hal ini bisa meningkatkan kemungkinan kohlrabi membusuk. Hal ini berlaku untuk sebagian besar tanaman kubis

Kohlrabi memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang ringan sehingga serba guna dan kaya nutrisi untuk hidangan kita. Kohlrabi mirip seperti persilangan antara kubis dan apel, manis dan gurih pada waktu yang sama. Nah, bagaimana cara mengolah kolhrabi ini ya. Suami bilang dimakan mentah enak atau dimasak dengan cara direbus juga enak. Atau dicoba aja dimasak ya. Mulailah ane membersihkannya dengan cara dikupas. Kulitnya lumayan tebal juga ya, ga seperti bengkoang yang kulitnya tipis. Eh, ternyata isinya putih bening lho, nah kalo begini renyah seperti bengkong. Renyah karena kohlrabinya masih baru, segar dan mulus. Ini adalah cara untuk mengetahui kolhrabi yang baik, bebas retak dan mengkerut. Kohlrabi yang retak dan mengkerut tidak renyah dan keras.

Ternyata kohlrabi yang sebangsa dengan umbi dapat diolah dalam bentuk masakan seperti umbi lainnya wortel atau ketela pohon. Panggang bersama tanaman umbi lainnya, haluskan kolhrabi atau sajikan bersama tumis campur sayuran. Atau dipanggang dengan ditambahkan minyak zaitun, secukupnya sirup maple, garam dan lada. Di Jerman, kohlrabi dimakan sebagai irisan cemilan, diberi taburan garam, dipotong menjadi irisan dan disajikan mentah.

Daun kohlrabi mengandung zat besi. Daunnya yang muda bisa dimakan mentah, dalam salad atau dimasukkan ke dalam tumisan seperti sayuran berdaun hijau lainnya. Dalam bentuk salad atau makanan pembuka, kohlrabi yang sudah diiris tipis dibaringkan di atas piring, percikkan dengan minyak zaitun dan ditaburi dengan garam dan lada hitam. Atau potong kohlrabi dalam bentuk batang dan celupkan ke saus. Hmm.. pasti enak ya sayuran yang merupakan sumber serat, vitamin C, vitamin B6 dan kalium ini.

Nah, kohlrabi juga merupakan obat kangen ma Indonesia. Karena saat mentah seperti bengkoang tapi setelah dimasak berasa labu siam. Dari awalnya coba-coba memasaknya dengan cara direbus sebentar sampai yang ditumis, tanpa panduan mbah google ternyata hasilnya lumayan enak lho. Untuk suami bagian yang direbus, untuk ane seperti biasa yang ditumis dengan campuran jagung pipil, wortel dan sosis dengan bumbu bawang putih cincang dan lada bubuk. Karena ada berasa labu siam, bisa jadi alternatif pengganti labu siam dong. Bisa dibikin sayur asem, sayur lodeh, campuran siomay hingga lontong sayur. Emang benar nih kata orang kalo kohlrabi sayuran serba guna. Alhamdulillah akhirnya ya 😊 Padahal awalnya ane ga tertarik sama sayuran yang satu ini. Mungkin karena ga kenal ya maka ga sayang 😊

Selain untuk konsumsi manusia, kohlrabi juga menjadi makanan ternak lho. Bahkan makanan favorit kelinci yang ga hanya suka wortel aja. Makanya jauhkan kelinci dari kohlrabi karena hewan ini akan memakan abis semuanya 😊

Karena rasanya yang emang enak dan super baik dikonsumsi mentah maupun masak, pasti kandungan gizinya ga kalah supernya juga ya. Sekarang kita cek yuk kandungan gizi sayuran cantik dan unik yang ga hanya disukai oleh kita juga tapi dari kalangan hewan ini😊

Kandungan gizi

Kohlrabi
Jumlah per 100 g

Air 91 g
Kalori (kcal) 27
Jumlah lemak 0,1 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 g
Natrium 20 g
Kalium 350 g
Jumlah karbohidrat 6 g
Serat pangan 3,6 g
Gula 2,6 g
Protein 1,7 g
Vitamin A 36 IU
Vitamin B6 0,2 mg
Vitamin C 62 mg
Zat besi 0,4 mg
Kalsium 24 mg
Magnesium 19 mg
Selain yang telah disebutkan di atas, kohlrabi juga mengandung sejumlah vitamin B seperti tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, folat juga vitamin E dan vitamin K, dengan mineral mangan, fosfor dan selenium.

Nah, diliat dari kandungan gizinya yang lumayan super ini, tentunya sayuran ini bermanfaat untuk kita ya, ga hanya dikonsumsi menjadi hidangan yang enak dan lezat sehingga membuat kita bahagia, sayuran ini juga berdampak baik untuk kesehatan.

Mari kita simak manfaat sayuran ini antara lain

Menjaga kesegaran tubuh
Kandungan airnya yang banyak membuat sayuran ini baik untuk keseimbangan hidrasi sehingga kesegaran tubuh terjaga

Mencegah kanker
Kohlrabi mengandung banyak sekali fitokimia yang berperan aktif melawan kanker dan membersihkan racun dari dalam tubuh. Antioksidan tinggi dalam sayuran ini juga dapat meminilasir paparan radikal bebas yang bisa menghancurkan sel.

Sistem imun
Kohlrabi yang mengandung vitamin C yang tinggi termasuk batang kohlabi segar yang paling tinggi kadar antioksidannya, mampu meningkatkan sistem imun sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

Sumber energi
Vitamin C membantu tubuh menyerap berbagai mineral penting seperti zat besi, yang mampu merangsang pembentukan energi.

Mencegah anemia
Kohlrabi yang kaya akan kandungan zat besi sangat baik untuk penderita anemia

Mengontrol tekanan darah
Kohlrabi mengandung kalium yang tinggi namun rendah kalium bermanfaat dalam mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Kesehatan jantung
Kohlrabi adalah sayuran yang mampu menjaga kesehatan jantung jika dikonsumsi secara teratur karena kandungun kolesterol dan asam lemaknya yang rendah namun tinggi kalium dan merupakan sumber mineral magnesium.

Meningkatkan fungsi saraf
Kalium yang terkandung dalam kohlrabi, selain bermanfaat untuk kesehatan jantung, juga bermanfaat untuk mengatur otot dan melancarkan transmisi saraf, sehingga rangsangan saraf dapat diterima dengan baik

Menjaga sistem pernafasan
Dengan kandungan kaliumnya yang tinggi, kohlrabi bermanfaat juga dalam menjaga sistem pernafasan dan yang bermasalah dengan sistem pernafasan seperti asma.

Menjaga kesehatan tulang
Kohlrabi yang merupakan sumber mineral magnesium bermanfaat untuk kesehatan tulang

Meningkatkan kesehatan Pencernaan
Kohlrabi merupakan sayuran yang kaya serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, meningkatkan metabolisme dan mencegah kanker usus besar. Untuk satu cangkir gelas, mengandung sekitar 5 g serat makanan, yaitu sekitar 19% dari jumlah yang dibutuhkan tubuh.

Menjaga berat badan
Kolhrabi merupakan sayuran ynag rendah kalori. Secangkir kohlbari mentah hanya mengandung 36 kalori. Kohlarabi yang rendah kalori namun kaya serat akan membuat perut tahan kenyang lebih lama sehingga baik untuk diet dan menjaga berat badan stabil

Nah, bagaimana pemirsa, sangat menyenangkan bukan.. Manfaatnya banyak untuk kita. Alhamdulillah. Meskipun sayuran ini merupakan sayuran Eropa, ga menutup kemungkinan ada di Indonesia, apalagi jaman dah canggih begini ya 😊 Ga ada salahnya mencoba sayuran yang enak, kaya gizi dan kaya manfaat ini.

 

Bir cevap yazın