Bluberry, buah imut untuk kesehatan mata

556 Views

Salah satu aktivitas yang ane sukai adalah belanja kebutuhan dapur. Kenapa.. karena ane bisa keluar rumah liat dunia luar bareng suami tercinta. Padahal hanya belanja ya bahagianya dah luar biasa, apalagi diajak jalan-jalan liburan ­čśŐ Ampir selalu ada kejutan tiap saat. Maklumlah baru pertama kali idup di luar negeri, Eropa lagi ­čśŐ Pemandangan yang indah dengan aneka ciptaan Allah yang kadangkala baru pertama kali juga ane jumpai menambah syukur ane pada Allah, Sang Pencipta.

Nah, dari sekian belanjaan dapur, buah-buahan selalu masuk daftar nominasi belanja. Banyak buah yang baru ini ane liat nyata menjadi buah favorit ane, di antaranya adalah buah bluberry. Buah yang juga menjadi favorit suami ane ini selalu ada sepanjang tahun. Jadi kalo kita kangen ma buah cantik imut ini ga kesulitan mendapatkannya.

Buah bluberry berbentuk bundar kecil dengan ukuran sekitar 5 hingga 16 mm yang memiliki mahkota di ujung buahnya. Saat masih muda buah ini berwarna hijau pucat, kemudian berganti warna kemerah-merahan, nah kalo matang akan berganti lagi menjadi biru tua keunguan. Buah bluberry rasanya asam dan sedikit manis. Kalo beruntung dapat rasa yang manis pisan ­čśŐ

Di Austria buah ini bernama Heidelbeer, kalo buahnya ramai ditambah en menjadi Heidelbeeren. Dikemas apik dengan kotak plastik ukuran 125 g, bluberry dihargai 2,49 Euro atau sekitar Rp.42.000. Jadi kalo sekilonya adalah 19,92 Euro atau sekitar Rp.338.000. Wow.. MasyaAllah. Maklum ya harganya mahal begini, karena Austria bukanlah penghasil buah bluberry, malah mereka juga mengimpor buah ini sampai ke negara tetangga, karena tau masyarakatnya seneng banget ma buah ini. Apalagi ane yang baru pertama kali ini ya.. saat itu langsung jatuh cinta dan naik pangkat jadi buah kesayangan ­čśŐ

Jadi pengen tau lebih dalam mengenai buah ini, yuk kita cari tau sama-sama ­čśŐ Kita mulai dengan cek profilnya ya

Blueberry adalah tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh di Amerika Utara. Tanaman ini berupa semak yang ukurannya mulai 10 cm hingga 4 m. Spesies terkecil dikenal sebagai “bluberry semak rendah” (sama dengan “liar”), dan spesies terbesar adalah “blueberry semak tinggi”. Daunnya berganti atau hijau sepanjang tahun, ovate hingga lanceolate, dan mulai 1ÔÇô8 cm panjangnya dan lebar 0,5 hingga 3,5 cm. Bunganya berbentuk lonceng, putih, merah atau merah muda pucat, kadang-kadang kehijau-hijauan.

Makin seru nih. Lanjut yuk kita liat klasifikasi ilmiahnya

Klasifikasi ilmiah

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Ericales
Famili: Ericaceae
Genus: Vaccinium
Seksi: Cyanococcus
Rydb

Semua spesies yang nama umum Inggrisnya meliputi “blueberry” dikelompokkan dalam bagian/seksi Cyanococcus dari genus Vaccinium. Tetapi ada juga beberapa tanaman lain dari genus Vaccinium memproduksi berry biru yang kadang-kadang mirip dengan blueberry, seperti terutama bilberry Eropa (Vaccinium myrtillus), yang dalam banyak bahasa memiliki nama yang berarti “blueberry” dalam bahasa Inggris.

Nah, ini dia beberapa spesies blueberry yang dikenal di dunia

Vaccinium angustifolium (Blueberry Semak Rendah)
Vaccinium boreale (Blueberry Utara)
Vaccinium caesariense (Blueberry New Jersey)
Vaccinium corymbosum (Blueberry Semak Tinggi Utara)
Vaccinium darrowii (Blueberry Semak Tinggi Selatan)
Vaccinium elliottii (Blueberry Elliott)
Vaccinium formosum (Blueberry Selatan)
Vaccinium fuscatum (Blueberry Semak Tinggi Hitam; sin. V. atrococcum)
Vaccinium hirsutum (Blueberry Berbulu)
Vaccinium myrtilloides (Blueberry Kanada)
Vaccinium pallidum (Blueberry Tanah Gersang)
Vaccinium simulatum (Blueberry Semak Tinggi Dataran Tinggi)
Vaccinium tenellum (Blueberry Selatan)
Vaccinium virgatum (Blueberry Mata Kelinci; sin. V. ashei)

Beberapa spesies berbuah biru Vaccinium:

Vaccinium koreanum
Vaccinium myrsinites (Blueberry Daun Hijau)
Vaccinium corymbosum

Wow.. banyak banget spesiesnya ya.

Meskipun bluberry adalah tumbuhan asli di Amerika Utara, mereka juga tumbuh di negara-negara Amerika Selatan dan di belahan dunia lain seperti Belahan Selatan di Australia dan Selandia Baru. Buah ini dikirim melalui udara sebagai produk segar untuk pasar-pasar di seluruh dunia, termasuk Austria ini­čśŐ

Semakin paham mengenai buah ini ya. Meskipun kecil mungil, bukan berarti buah ini mengandung kandungan gizi yang kecil mungil juga ya. Sekarang yuk mari kita cek sama-sama kandungan gizinya

Kandungan Gizi

Blueberry
Jumlah per 100 g

Kalori (kcal) 57
Jumlah lemak 0,3 g
Lemak jenih 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0,1 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 g
Natrium 1 mg
Kalium 77 mg
Jumlah karbohidrat 14 g
Serat pangan 2,4 g
Gula 10 g
Protein 0,7 g
Vitamin A 54 IU
Vitamin B6 0,1 mg
Vitamin C 9,7 mg
Kalsium 6 mg
Magnesium 6 mg
Zat besi 0,3 mg

Selain itu bluberry mengandung sejumlah vitamin B9 (asam folat), vitamin E dan vitamin K dan mineral seperti mangan dan selenium, serta kaya akan kandungan antioksidan, terutama dari jenis antosianidin ÔÇô polifenol

Banyak sekali ya kandungan gizinya yang pastinya bermanfaat untuk kita, baik sebagai cemilan yang enak dan segar maupun untuk kesehatan dan kecantikan kita.

Sekarang yuk kita cek sama-sama manfaatnya untuk kita

Mencegah tubuh dari berbagai jenis sel kanker

Bluberry dapat membunuh kanker tanpa membahayakan sel sehat. Di dalam blueberry terkandung asam galat yang dapat menghancurkan sel-sel kanker seperti pada payudara. Manfaat blueberry pada kanker terutama karena berbagai antioksidannya, dengan asam galat yang utama dibantu resveratrol.
Vitamin C, vitamin A, dan berbagai fitonutrien dalam blueberry berfungsi sebagai antioksidan kuat ini membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Zat-zat ini bekerjasama menghambat pertumbuhan tumor, mengurangi pembengkakan di tubuh dan membantu menangkal atau memperlambat beberapa jenis kanker, termasuk esofagus, paru-paru, mulut, faring, endometrium, pankreas, prostat dan kolon. MasyaAllah..
Selain itu bluberi juga mengandung folat, yang berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah pembentukan sel kanker dari mutasi pada DNA.

Menjaga Kesehatan Jantung

Blueberry mengandung serat, kalium, folat, vitamin C, vitamin B6 dan kandungan fitonutrien lainnya yang sangat bermanfaat dalam  menjaga kesehatan jantung.
Kandungan serat dibantu antioksidan dalam blueberry ini membantu menurunkan jumlah kolesterol dalam darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung, dapat menyembuhkan penyakit jantung juga memperkuat otot jantung.
Vitamin B6 dan folat mencegah penumpukan senyawa yang dikenal sebagai homosistein. Jumlah homosistein yang ÔÇőÔÇőberlebihan dan menumpuk di dalam tubuh dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung.

Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Blueberry memiliki manfaat bagi orang dengan tekanan darah tinggi, yang merupakan faktor risiko utama pembunuh utama di dunia. Orang gemuk yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung mencatat penurunan tekanan darah 4-6%, setelah mengkonsumsi 50 gram blueberry per hari selama delapan minggu. Efek yang sama juga terutama pada wanita pasca menopause .
Tekanan darah tinggi adalah salah satu pendorong utama serangan jantung dan stroke, implikasinya berpotensi besar, jadi jangan anggap remeh tekanan darah tinggi ini ya. Dengan demikian sangat penting untuk mempertahankan asupan natrium rendah, jangan sampai tinggi dengan tujuan menjaga tekanan darah tetap stabil.
Nah, blueberry ini secara alami hanya sedikit sekali mengandung natrium tetapi kaya akan kandungan kalium dan zat penting lainnya seperti kalsium, dan magnesium, yang semuanya telah ditemukan dapat menurunkan tekanan darah secara alami. MasyaAllah

Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes

Bluberry kaya akan kandungan serat. Secangkir blueberry menyumbang 3,6 gram serat. Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 yang mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi memiliki kadar glukosa darah yang rendah. Pedoman Diet untuk Amerika merekomendasikan 21-25 gram serat per hari untuk wanita dan 30-38 gram per hari untuk pria.  Buah-buahan tertentu, sebaiknya yang utuh bukan yang dijus ya, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 pada orang dewasa.  Mengkonsumsi tiga porsi per minggu buah-buahan seperti blueberry, anggur, kismis, apel atau pir mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7%

Meningkatkan Fungsi Otak

Karena mengandung sejumlah fenol tinggi, terutama asam galat, blueberry dikenal sebagai ÔÇťagen pelindung sarafÔÇŁ yang benar-benar dapat melindungi otak kita dari degenerasi, neurotoksisitas dan stres oksidatif.
Selain bluberry, beberapa makanan lain yang kaya asam galat juga dikenal sebagai agen pelindung saraf dan meningkatkan fungsi otak seperti fokus atau daya konsentrasi dan ingatan yaitu
Blackberries
Kacang mete
Kacang hazel
Mangga
Plum
Strawberry
Teh hijau
Anggur merah
Kandungan antioksidan pada blueberry ini juga melindungi tubuh dari stres oksidatif dan mengurangi peradangan┬á sehingga dapat meningkatkan fungsi otak seperti memori yaitu fokus atau daya konsentrasi dan ingatan, serta pergerakan atau motorik. Selain itu mengkonsumsi blueberry dapat mengurangi risiko penurunan kognitif dan juga penyakit Parkinson ÔÇô gangguan neurodegeneratif yang diakibatkan oleh kematian sel di bagian otak. MasyaAllah. Banyak banget manfaatnya untuk otak ya ­čśŐ

Menjaga Kesehatan Tulang

Bluberry mengandung sejumlah zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, mangan, seng dan vitamin K yang saling bekerjasama dalam membangun dan mempertahankan struktur dan kekuatan tulang.
Zat besi dan seng menjaga kekuatan dan elastisitas tulang dan persendian.
Vitamin K yang mencukupi kebutuhan tubuh dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi kehilangan kalsium. .Kalo kadar vitamin K kita rendah, risiko untuk patah tulang lebih tinggi.

Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Blueberry diketahui memiliki senyawa yang terbentuk dari molekul polimer besar yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Senyawa yang terdapat pada saudara bluberry, yaitu cranberry ini juga memiliki sifat antibiotik tertentu yang menambah efek ini. Molekul berat ini menyapu bersih bakteri ini dari dinding sepanjang saluran, sehingga mencegah infeksi saluran kemih.
Kenapa bisa ya terjadi infeksi ini? Infeksi ini terjadi karena adanya pertumbuhan dan pembentukan koloni bakteri tertentu seperti E-coli di sepanjang lapisan dinding dalam saluran kemih. Akibatnya parah, dapat menyebabkan peradangan dan sensasi terbakar saat buang air kecil dan komplikasi lainnya.
Nah, ada baiknya  mengkonsumsi bluberry, obat alami yang dijamin tanpa efek samping untuk mencegah bakteri alay ini beranak pinak dan berkoloni.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Bluberry merupakan sumber alami serat larut dan tidak larut. Serat ini dapat membantu meningkatkan kerja pencernaan sehingga terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit.
Spesies blueberry liar diketahui memiliki potensi prebiotik yang mendorong pertumbuhan bakteri baik (probiotik) di usus besar, sehingga dapat mengubah keseimbangan mikroba usus yang mendukung anggota filin Actinobacteria. Dengan demikian bluberry ini dapat meningkatkan manfaat pencernaan dan kesehatan

Mencegah Penuaan Dini

Bluberry dikenal sebagai antioksidan yang baik yang kaya akan kandungan vitamin C. Secangkir blueberry yang menyediakan 24% kebutuhan harian vitamin C. Vitamin ini merupakan nutrisi yang penting untuk kolagen yang bekerja di tubuh kita sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari, polusi dan asap. Vitamin C juga meningkatkan kemampuan kolagen untuk menghaluskan keriput dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.
Vitamin dan mineral yang ada pada bluberry ini juga membantu memulihkan keseimbangan hormon, sehingga dapat menangkal jerawat.
Selain itu blueberry mengandung resveratrol, yang terbukti mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari yang dapat menggelapkan kulit kita. Ternyata banyak sekali ya manfaat bluberry untuk kesehatan kulit kita. Itulah sebabnya kenapa bluberry menjadi primadona yang digunakan dalam produk kecantikan.

Menjaga Kesehatan Mata

Ga hanya itu. Kandungan antioksidan blueberry  juga dapat mencegah atau menunda semua masalah mata, seperti yang terkait usia yaitu degenerasi makula, katarak, miopia dan hypermetropia, kekeringan, dan infeksi, terutama yang berhubungan dengan retina. Degenerasi makula sendiri adalah masalah serius dimana retina mata merosot secara bertahap, akhirnya menyebabkan kebutaan total atau parsial. Duh, menyeramkan sekali ya..
Nah, ga ada salahnya mengkonsumsi buah cantik imut-imut ini ya.  Blueberry yang mengandung kelompok antioksidan khusus yang disebut karotenoid (lutein, zeaxanthin dan lain-lain), ditambah flavonoid (seperti rutin, resveritrol, kuersetin dan lain-lain.) serta senyawa antioksidan lainnya seperti vitamin C, vitamin E,  vitamin A, selenium, seng dan fosfor , semuanya ini menambah komplit manfaat  untuk kesehatan mata kita.
Konon kabarnya saat jaman Perang Dunia II bertahun-tahun yang lalu, pilot di British Royal Air Force (RAF) secara teratur mengkonsumsi bilberry yaitu bluberry biru yang diawetkan karena buah ini dapat meningkatkan penglihatan mereka di malam hari.  Bilberry meningkatkan penglihatan pilot sehingga mereka bisa menyelesaikan misi mereka dengan akurasi yang jauh lebih tinggi.
Sekarang yuk kita liat satu-satu kandungan yang terdapat dalam buah blueberry  yang baik untuk kesehatan mata
Vitamin C
Dalam secangkir blueberry terkandung 14 miligram vitamin C. Vitamin C yang terkenal sebagai antioksidan ini juga sangat penting dalam melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, melindungi tubuh dari molekul yang tidak stabil yang merusak mata dan menyebabkan penyakit. Menurut ÔÇťJournal of Orthomolecular Medicine,ÔÇŁ vitamin C mengurangi tekanan intraokular, mengurangi potensi pengembangan glaukoma. Glaukoma berkaitan dengan berbagai kondisi mata yang dapat merusak saraf optik, yang merupakan penyebab kebutaan kedua yang paling umum di AS. Selain itu vitamin C juga membantu memelihara jaringan ikat di mata dan dapat mencegah degenerasi makula.
Vitamin A
Vitamin A adalah antioksidan yang juga melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan meningkatkan kesehatan mata dengan berbagai cara. Vitamin A membantu melawan peradangan mata. Vitamin A bahkan bisa bermanfaat dalam pengobatan mata kering.
Vitamin E
Vitamin E dalam blueberry dapat membantu menghentikan pembentukan katarak, yang mengaburkan lensa mata. Blueberry juga mengandung aantosianin, yang merupakan pigmen flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Antosianin juga menjaga kesehatan mata secara umum seperti mengurangi penyakit mata inflamasi dan bahkan retinopati diabetes, atau kerusakan mata karena akibat dari diabetes.
Seng
Seng adalah mineral penting lainnya untuk kesehatan mata, juga membantu melindungi dari degenerasi makula dan kebutaan malam, memungkinkan penyesuaian mata yang lebih baik dalam kondisi gelap. Seng juga membantu tubuh menyerap dengan lebih baik vitamin lainnya, seperti vitamin A.
MasyaAllah, banyak juga manfaat bluberry untuk kesehatan mata ya ­čÖé

Ga hanya full komplit manfaatnya┬á untuk kesehatan mata, bluberry juga memiliki segudang manfaat lainnya untuk kesehatan kita. Gimana pemirsa, berminat kan. Meski bluberry bukanlah buah yang mudah didapatkan di tanah air tercinta, ga ada salahnya kalo nemu di supermarket dibeli aja untuk menambah daftar belanjaan buah kesayangan kita dan keluarga ­čÖé

Bir cevap yaz─▒n