Menuju Dachstein di negara bagian Styria, Green of Heartnya Austria

892 Views

Selama ini kita jalan-jalan hanya seputaran negara bagian Austria tempat kita tinggal aja, paling jauh ke ibukota Wina. Pengen juga menjelajahi negara bagian Austria yang lain. Austria memiliki 9 negara bagian, yang disebut Bundesland. Kalo di Indonesia kira-kira seperti Propinsi.

Kali ini kita mencoba menjelajahi negara bagian (Bundesland) Styria, meskipun yang kita jelajahi mungkin hanya nol koma sekian persen dari sekian banyaknya tempat wisata menarik di negara bagian yang kecantikannya sangat memikat hati ini😊 Salah satu yang memikat hati kita adalah rangkaian pegunungan Alpennya yang menjulang tinggi. Kita ga mendaki seluruhnya, karena ga mungkin juga sebanyak itu 😊Kita mencoba menjelajahi salah satu gunungnya yang tertinggi se Austria, Dachstein, hampir 3000 meter ketinggiannya. Wow.. Selama perjalanan menuju sasaran masih kita temui salju di panas terik matahari begini, padahal dah musim semi lho. Hal ini bikin kecantikan pemandangannya bertambah berlipat-lipat. Ibarat gadis belia, pengen langsung dipinang aja. Hhhh..

Ok, sebelumnya kita kenalan dengan negara bagiannya dulu yuk, Styria. Styria (bahasa Jermannya Steiermark) adalah sebuah negara bagian atau Bundesland, yang terletak di sebelah tenggara Austria, yang luasnya terbesar kedua dari 9 negara bagian Austria, yaitu 16.401 km². Negara bagian ini berbatasan dengan negara tetangga Slovenia dan negara bagian Austria lainnya seperti Upper Austria (Oberösterreich), Lower Austria, Salzburg, Burgenland dan Carinthia. Ibukotanya adalah Graz yang merupakan kota terbesar kedua di Austria setelah Wina.

Ngomong-ngomong tentang ibukota negara bagian Styria yaitu Graz, kota yang sangat indah ini memiliki populasi sekitar 325.021 jiwa pada 1 Januari 2018. Dari Dachstein ke kota ini masih 2 jam lagi perjalanan, kira-kira sejauh 172 km. Hhhh… Lumayan jauh juga. Kalo ke negara tetangga mungkin dah ke Jerman atau Italia atau Ceko ya😊

Salah satu ikon dari kota Graz adalah Schlossberg (Castle Hill atau Bukit Kastil) dengan Uhrturm atau menara Jamnya. Pada tahun 1999, Graz ditambahkan ke daftar Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO dan Kota Desain. Situs ini diperpanjang pada tahun 2010 dengan Eggenberg Palace (bahasa Jermannya Schloss Eggenberg) atau kompleks istana Barok yang paling signifikan di Styria, yang dibangun pada abad pertengahan 1460. Wow.. Graz adalah satu-satunya Ibukota Budaya Eropa untuk tahun 2003 dan mendapat gelar Kota Kuliner yang Menyenangkan di tahun 2008. Graz juga merupakan kota pelajar dengan 4 Universitas, 2 Perguruan Tinggi Teknis dan sekitar 50.000 siswa.

Nah, inilah sekilas informasi tentang ibukota negara bagian Styria yang menarik hati ini. Mari kita lanjut lagi ke Styria.

Styria yang luas mencakup Upper Styria, yang digunakan oleh Austria mengacu pada bagian utara dan barat laut negara bagian di distrik antara lain Liezen dan Murau. Styria Barat digunakan untuk distrik di sebelah barat Graz, ada 3 distrik diantaranya seperti Voitsberg. Distrik timur Graz yang berjumlah 5 distrik antara lain Weiz, Hartberg yang disebut Styria Timur. Bagian Barat dan Timur distrik yaitu Graz-Umgebung. Bagian selatan Kadipaten Styria, yang telah menjadi bagian dari Yugoslavia dan kemudian Slovenia sejak 1918 disebut sebagai Lower Styria. Lower Styria dihuni kebanyakan oleh etnis Slovenia.

Pada tahun 2004 Styria memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi terkuat di Austria sebesar 3,8%, terutama karena kawasan Graz yang melihat pertumbuhan ekonomi yang kuat tahun itu dan terus tumbuh perekonomiannya dan populasi sejak tahun itu. Styria adalah rumah bagi lebih dari 150 perusahaan teknologi bersih, dimana satu lusin adalah pemimpin teknologi dunia di bidangnya. Wow..

Styria memiliki 13 distrik atau Bezirke, salah satunya adalah kota hukum yaitu Graz.

Styria terkenal dengan julukan Green Heart of Austria. Gimana ga..pemandangan alamnya sangat membeningkan mata kita, dengan lanskapnya antara lain mata air gletser dan air panas, dari pegunungan-pegunungan tinggi sampai perbukitan yang lembut, hutannya yang lebat dan hijau segar sangat asik untuk tempat liburan. Makyus 😊 Nah sekarang kita cek yuk satu-satu lanskapnya yang menarik..

Pegunungan, Hutan dan padang rumput Alpine
Antara lain Dachstein, Hochsschwab, Zirbitzkogel dan Almenland, di antara daratan banjir dan ngarai. Green heart of Austria menyebarkan vitalitasnya sebagai negara yang paling berhutan dan paling hijau. Bentang alam ini, terutama di utara negara bagian, cocok banget untuk hiking, bersepeda dan menjelajahi atau hanya sekedar jalan kaki cuci mata 😊 Styria merupakan negara bagian Austria yang paling berhutan, yang memiliki 61,3% hutan. Dengan gunung tertingginya Dachstein yang hampir mencapai 3000 meter atau 2995 meter dan 788 puncak gunung lebih dari 2000 meter tingginya juga 2000 padang rumput alpine dengan total area sekitar 50.000 hektar, kita bisa bilang apa.. Wow gitu lho 😊 emejing kata emak-emak now. MasyaAllah alhamdulillah kuasa Allah.

Anggur dan Kebun
Styria terutama bagian selatan merupakan kawasan yang paling subur. Kulinernya yang terkenal dengan trilogi kuliner adalah anggur, labu (minyak biji) dan apel. Area winegrowing atau kebun tempat pertumbuhan anggur seluas 4.546 hektar, area apel terbesar di Austria dengan 5.200 hektar dan 17.000 hektar adalah area budidaya labu. Tumbuh di daerah Styria, anggur untuk 200.000 hektoliter anggur (80% anggur putih). Untuk apelnya sekitar 180.000 ton apel (80%) setiap tahun. Ahaay.. pantes harga apel murah meriah 😊 Dan labunya lebih dari 3 juta liter minyak biji labu asli Styria. Wow lagi.. 😊 Mantap!

Kota dan Desa
Dari ibukota Graz yang merupakan kota terbesar sampai dengan Oberwölz sebagai kota terkecil. Sejarahnya dan tradisi masih menjadi ciri khas Styrian. Dari Lippizanners ke Erzberg, dari Riesersburg Castle ke taman puri Herbestein dengan dunia binatang, dari Joanneum berusia lebih 200 tahun sebagai museum pertama di Austria ke Graz Art Museum dan arsitektur modern  kebun anggur. Kekayaan sejarah dan seni kontemporer yang menarik berkualitas tinggi berpadu dengan sejarah dan masa kini

Air panas dan air musim semi
Mata air panas adalah salah satu andalan pariwisata Styria. Mata airnya yang segar lebih dari sekedar memuaskan dahaga. Mata airnya yang subur, keran air yang mengalir deras yang mana air minum yang sehat menyembur ini berasal. Styria memiliki 9 mata air panas yang air panasnya secara signifikan menurunkan indikator stres kortisol. Dengan adanya sumber air ini, Styria menjadi tempat tradisi spa yang panjang di Bad Gleichenberg selama lebih dari 180 tahun.
Grundlsee adalah danau terbesar di Styria dengan luas 4,3 km². Air terjun yang tertinggi adalah air terjun Riesach dengan ketinggian 140 meter. MasyaAllah..

Nah, itulah sekilas info tentang negara bagian Styria yang akan kita jelajahi. Sepertinya menarik nih. Yuk yang berjiwa petualang, ikuti kisah ane di edisi selanjutnya 😉

 

Bir cevap yazın