Puasa di bulan Ramadan di musim panas hampir 18 jam di Austria

Bulan Ramadan ditunggu-tunggu umat muslim sedunia, termasuk ane dan suami. Berpuasa adalah kewajiban umat muslim sebagaimana telah mewajibkannya kepada orang-orang sebelum kita dari kalangan Ahlul Kitab. Allah berfirman yang artinya, “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.“ (QS. Al Baqarah ayat 183)

Bagaimana rasanya warga tropis berpuasa di bulan Ramadan di negeri orang ya.. apalagi pas bertepatan di musim panas. Rasanya campur aduk, terutama yang berasal dari negara mayoritas muslim dan waktu puasanya stabil seperti Indonesia, termasuk ane saat baru bermukim di Eropa. Awal mulanya agak kaget itu pasti. Kita yang terbiasa di Indonesia dengan aura Ramadannya tiba-tiba harus berhadapan dengan suasana Ramadan di negerinya bule yang bahkan dianggap biasa saja. Tapi ini yang malah menjadi ujian buat kita.

Ada banyak faktor yang membuat Ramadan di negeri anggur ini lebih berwarna dan bermakna. Dari jadwal puasanya, sahur dan berbuka, masjid, tarawih, sampai lingkungan sekitar dan kebiasaan orang-orangnya.

Dimulai dari jadwal puasa ya

Jadwal puasa

Jadwal puasa bulan Ramadan di negera 4 musim berbeda-beda setiap musimya, seperti musim panas dan musim semi

Tahun 2018  ini bertepatan dengan hampir berakhirnya musim semi dan awal musim panas. Siang menjadi lebih lama daripada malam dan ini ikut mempengaruhi waktu berpuasa.  Awal puasa yang dimulai saat hampir berakhirnya musim semi, subuh masih pukul 03.49 dan maghrib 20.30. Alhamdulillah cuaca masih adem dan sejuk, angin bertiup sepoi sepoi manja kadang diselingi dengan datangnya hujan membasahi bumi meski hanya beberapa saat. Suhu pun hanya berkisar 16°C, seperti ngidupin AC aja kalo di kampung halaman 😊 Kebayang kan ademnya.. Meski waktu puasanya lama tapi kita ga terlalu merasakan lapar dan dahaga karena cuaca yang mendukung. Perasaan sama saja seperti berpuasa di Indonesia 😊 Jadi kita berpuasa saat itu hampir 17 jam.

Semakin bertambah hari semakin bertambah lama siangnya dan waktu puasa pun ikut lama juga karena memasuki musim panas., dari waktu subuhnya yang semakin cepat  hingga maghribnya yang semakin melambat.
Kalo yang biasa di Indonesia melihat kenyataan ini mungkin takjub ya.. termasuk ane. Gimana bisa waktu loncat begitu banyak. Kalo di Indonesia kan paling 5 menit atau 10 menit bedanya itu pun baru berbulan-bulan perbedaannya. Kalo di Eropa bisa hanya dalam hitungan hari. Jadi kita harus sering-sering liat jadwal waktu sholat sih biar ga kecele 😊 Saat ini subuh pukul 03.30 dan maghrib pukul 21.00.
Suhu juga mulai meningkat hingga pernah tercatat 25°C, berasa juga panasnya untuk ane.. maklum efek kebiasaan musim dingin kemarin 😊 Padahal di Indonesia suhu begini adalah suhu kamar yang sejuk banget 😊 Nah saat ini waktu puasa kita menjadi lebih dari 17 jam dan akan mendekati 18 jam di akhir-akhir Ramadan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Ini di Austria. Gimana dengan negara-negara tetangga dan negara-negara di belahan dunia lainnya ya? Jumlah jam puasa yang berbeda-beda antar negara tergantung pada wilayah geografisnya. KIta cek yuk
Jumlah jam puasa di Timur Tengah antara 14 sampai dengan 15 jam, ga beda jauh dengan Afrika Utara.
Di China hampir 16 jam.
Di negara antara Asia dan Eropa seperti Turki hampir 17 jam.
Agak dekat ke negara tetangga Austria, yaitu Belanda dan Belgia bisa mencapai 18 jam.
Di kawasan Nordik yang mana matahari di lingkar Arktik hanya terbenam sekitar lebih kurang 1 jam, puasa bisa dijalani hingga 21 jam seperti di Swedia khususnya di kota Kiruna dan Tromso dan Norwegia, di Denmark bisa mencapai 20 jam. MasyaAllah.
Nah di Brasil dan negara-negara bumi selatan seperti di Argentina dan Chile malah lebih sedikit dari Indonesia, sekitar 11 jam.
Masyallah alhamdulillah. Kuasa Allah. Harus tetap selalu disyukuri ya..

Nah, sekarang gimana dengan sahur dan berbukanya?

Sahur dan berbuka

Jangan harap bisa dengar azan berkumandang dari masjid di sini, karena memang ga ada masjidnya. Jangan harap juga dengar ayam berkokok di sini menandakan malaikat datang atau malam syahdu untuk sahur ataupun subuh menjelang. Kalo di Indonesia biasanya menjelang buka kita bisa mendengar tauziah di tv ya, atau pun saling berbagi makanan buka puasa baik ke atau dari tetangga dan keluarga dan handai taulan. Makanannya juga bikin kangen, dari yang manis-manis untuk takjil seperti kolak, cendol dan aneka penganan lain serta yang asin seperti bakso dan empek-empek yang dimakan sesudah tarawih. Buka bersama keluarga sangat membahagiakan 😊

Kalo waktu sahur meski jaman dah canggih masih aja ada yang bangunin sahur di luar rumah atau pun melalui pengeras suara dari masjid. Menjelang subuh ada imsyak di tv yang menandakan siap-siap berpuasa, masih ada sisa waktu untuk sahur atau sekedar minum hingga azan berkumandang.. sambil dengar tauziah dan sholawat juga. Duh, kangen banget suasana begini yang ga pernah ane rasakan di Austria ini ☹Tapi alhamdulillah masih bisa dengar kumandang azan sehingga tau waktu sahur dan berbuka meski hanya lewat hp. Kita pake aplikasi Islam Pro untuk tau jadwal sholat sekaligus kumandang azan ini. Alhamdulillah juga bukanya sama suami tercinta meskipun ga ada acara bagi-bagi makanan dengan tetangga dan handai taulan seperti di kampung halaman.

Sahur di musim panas bida dimulai sebelum jam setengah 4 dan berbuka bisa jam setengah 10 malam. Wow..

Kalo bukanya jam 9 atau setengah 10 malam, terus sahur sebelum jam setengah 4 subuh, gimana rasanya ya? Dengan waktu yang singkat ini, jangankan lapar, pencernaan kadang belum selesai bekerja alias masih kenyang😊 Karena kan kita kalo lagi ga malas makan, setelah tarawih pukul 11 malam ada kepengen makan cemilan juga 😊Masih mending kita yang waktu puasanya 17 jam. Lha kalo di Norwegia yang kabarnya bisa mencapai 21 jam gimana? Tapi biar bagaimana pun harus lagi-lagi alhamdulillah ya.

Sahur tetap harus dijalankan ya pemirsa.. karena sunah dan banyak berkahnya, sesuai anjuran nabi.

Untuk mengimbangi panas yang kadangkala panas sekali di siang hari dan lamanya waktu berpuasa, bersahur dengan menyertakan buah sangat baik karena buah banyak mengandung cairan serta vitamin dan mineral. Begitu pun minum air putih atau hanya kurma

Ibadah tarawih

Kemudian bagaimana dengan tarawihnya? Tarawih di sini dimulai setelah sholat Isya, dimulai pukul 22.20 malam atau ampir setengah 11 malam. Kalo pemirsa yang tinggal di Indonesia malah sahur 😊 Wow.. malam banget mulainya ya. Kalo yang baru awal-awal tinggal di Eropa, tentu kaget dengan dimulainya sholat tarawih ini. Lha biasanya di Indonesia dah Isya  jam 7 an kok 🙂

Nah, tarawih ini bikin kangen juga. Ga ada masjid di lingkungan tempat kita tinggal. Jadi kalo mau tarawih ya di rumah aja. Kangen banget dengan suasana tarawih di masjid. Dengar beduk mau azan dan azan, tarawih bersama dengan emak dan tetangga, nyimak bacaan-bacaan tarawih. Biasanya sewaktu ane di kampung halaman, tarawih ke masjid jalan kaki bersama emak ane. Pulangnya emak masih melakukan tadarusan dengan teman-temannya, ane pulang duluan dengan anak-anak tetangga jalan kaki, ga kuatir di malam hari tetap aman.

Berpuasa di lingkungan non muslim

Lanjut lagi gimana berpuasa di lingkungan non muslim ya? Tentu berasa banget. Kita ga bisa menyalahkan mereka yang makan minum secara terbuka di cafe atau resto ya, karena emang mereka non muslim ga menjalankan ibadah puasa. Yang bikin miris itu ada muslim turunan yang karena pergaulan dan jauh dari nilai-nilai Islam ikut ga berpuasa. Ga ada kesan yang dirasakan di bulan Ramadan ini. Sedih liat kenyataan ini, tapi apa mau dikata. Sad but true ☹ Jangan ditiru ya
Jadi seharusnya, dimana pun kita berada, ga lantas membuat kita kehilangan identitas. Orang tua sangat berperan penting membentuk karakter anak di rumah, sebelum ke lingkungannya.

Di musim panas ini, kultur bule seperti cipok-cipokan ditengah keramaian yang dianggap normal atau pun memakai baju minimalis juga membuat kita harus kuat-kuat iman ya..

Kita harus selalu istiqomah. Ga ada alasan untuk ga berpuasa. Kita harus mengetahui makna puasa dan Ramadan itu sendiri sebenarnya. Yang pasti puasa di negeri orang merupakan ujian bagi kita. Tapi InsyaAllah aamin semakin bertambah keyakinan dan keimanan kita.

Tetap istiqomah ya pemirsa

Nah cukup sekian dulu edisi kali ini mengenai berpuasa di Austria di musim panas

Sampai jumpa lagi

Schreibe einen Kommentar