Udang di Austria sekilo Rp. 565.760 obat galau jiwa dan raga

372 Views

Lama ga makan seafood, jadi pengen nih. Tapi sayang langka banget nemu di Austria. Masih untung mereka pihak pusat perbelanjaan mau menyediakan ikan meski yang dah dalam bentuk filet dan beku. Cumi-cumi, kerang apalagi kepiting, jangan ditanya deh ­čśŐ Ane maklum sih Austria bukanlah negara kepulauan yang dikelilingi lautan tempat habitat hewan laut hidup. Perairan negara ini hanya 1,7%. Tapi kalo pengen gimana ya ­čśŐ

Bagi pemirsa yang biasa tinggal di area yang dikelilingi lautan, seafood adalah makanan wajib yang wah melebihi daging sapi. Ga masalah ga berlauk, yang penting ada ikan, gitu kira-kira prinsip kita ­čśŐ┬áKalo ga ikan, seafood lainnya termasuk udang menjadi alternatif selanjutnya. Sama dengan orang Austria yang doyan daging. Tiada hari tanpa daging.

Nah, salah satu seafood yang jadi kesukaan ane adalah udang. Udang itu biar ga diapa-apain berasa enak. Apalagi dimasak macam-macam, hmm. Selain enak, memasaknya juga ga ribet. Kalo ane cukup digoreng atau direbus sebentar, tambah cabe kecil dan ditetesi jeruk nipis, selesai.  Tapi kalo di Austria karena ga ada cabe kecil, cukup digoreng aja. Suami hanya tau itu. Kalo disambel balado apalagi ditambah pete, merana ntar ane, dimana mau cari bahannya hhh..

Pucuk dicinta ulam tiba. Akhirnya saat ane memilih ikan yang masuk dalam daftar belanjaan, ane nemu udang mejeng manis dengan barisan ikan di supermarket. Seneng banget. Suami juga awalnya ga tau. Tapi ane bilang beliau sering makan ini dan langsung doyan waktu di Indonesia, beliau ikut senang juga. Tanpa diminta beberapa hari selanjutnya beliau dulu-dulu ngambil udang di boks seafood supermarket. Baru tau beliau enaknya udang ­čśŐ

Seperti ikan, jenis seafood ini juga dah dibersihkan dan dalam keadaan beku. Banyak ragam udang dan kemasannya, ada yang 180 g, 225 g, 250 gr dan 900 g. Harga pun bervariasi dari yang terendah sampai yang tertinggi. Ada udang bio ada juga udang budidaya. Udang (bahasa Jermannya garnel, kalo rame-rame garnelen) Riesengarnelen dengan kemasan 225 g dan 250 g dihargai 4,49 Euro atau Rp.76.330, sehingga sekilo adalah 17,96 Euro atau Rp.305.320 dan 19,96 Euro atau Rp.339.320.

Ada juga udang Riesengarnelen dengan kemasan 900 g seharga 14,99 Euro atau Rp.254.830, jadi kalo sekilo seharga 16,66 Euro atau Rp.283.220. Yang selalu fantastis adalah harga dari produk bio seperti udang berikut, Bio Garnelen dengan kemasan  225 g dan 250 g seharga 5,99 Euro atau Rp.101.830, jadi kalo sekilonya adalah 23,96 Euro atau Rp.407.320 dan 26,62 Euro atau Rp.452.540. Yang fantastis banget harga udang bio Bio Black Tiger Garnelen yang dikemas 180 g seharga 5,99 Euro atau Rp.101.830, jadi kalo harga sekilonya 33,28 Euro atau Rp.565.760. Aaaaa aw..

Harga ini bukan harga udang raksasa atau lobster ya, tapi udang dengan ukuran biasa sekitar 4-5 cm panjangnya, yang pasti bukan udang rebon ­čśŐ Maklum lagi karena Austria bukanlah negara kepulauan yang banyak lautnya, lagian kalo dibudidaya, ga mudah miaranya untuk menjadi udang yang super. Jangankan Austria yang ga ada lautnya, di kampung halaman ane di Indonesia yang jelas-jelas daerah laut aja harga udang lumayan mehong ­čśŐ Tapi yang pasti harga sesuai dengan manfaat yang didapat ya, karena selain enak udang juga bergizi tinggi. Tapi sebelum ke bahasan manfaat, yuk kita kenalan ma udang dulu. Simak profilnya ya..

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Subfilum : Crustaceae
Kelas : Malacostraca
Ordo : Decapoda
Subordo : Pleocyemata
Infraordo : Caridea
Dana, 1852

Udang adalah hewan yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut atau danau. Udang dapat ditemui hampir di semua ÔÇÜÔÇśgenanganÔÇś air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi, dari yang dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Udang adalah jenis hewan laut yang mengalami metamorfosis sempurna. Udang konsumsi ada yang berasal dari hasil budidaya maupun yang ditangkap langsung dari alam.

Udang memiliki segudang fakta yang sebaiknya kita tau. Untuk mengenal lagi lebih dalam tentang udang ini, yuk kita cari tau fakta uniknya ­čśŐ

Udang bisa berubah warna saat dimasak menjadi warna merah merona dari sebelumnya putih keabuan. Ini bikin siapa aja tergoda untuk menyantapnya. Pernah terpikir ga kira-kira apa penyebabnya ­čśë Perubahan warna ini disebabkan paparan panas api. Selanjutnya karena apa.. ini penjelasannya.
Eksoskleton atau kulit terluar udang yang memiliki tekstur keras ini mengandung karotenoid yang disebut sebagai astaxanthin. Karotenoid sendiri adalah bagian dari pigmen warna. Karotenoid inilah yang memberi warna pada daging salmon menjadi berwarna pink.
Sebelum dimasak, astaxanthin yang ada di kulit terluar udang masih terlindung dengan rantai protein yang disebut cristacyanin. Namun panas mengurai ikatan rantai protein ini. Karotenoid dalam ikatan rantai ini akan melepaskan astaxanthin yang membuat daging udang berubah warna menjadi kemerahan. MasyaAllah

Fakta selanjutnya udang cocok dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan protein untuk membentuk otot.

Kemudian kandungan protein udang juga  dikategorikan sebagai complete protein atau protein yang lengkap karena kadar asam amino yang tinggi dan lengkap dan sekitar 85-95% proteinnya mudah dicerna tubuh.

Konsumsi udang dikatakan dapat menyehatkan sistem sirkulasi dalam tubuh karena kadar lemak jenuh yang rendah sehingga kolesterol dalam udang bermanfaat untuk meningkatkan rasio LDL terhadap HDL dan menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Kandungan asam amino pada udang mengalami penurunan setelah perebusan. Oh.. ternyata. Jadi kalo masih ingin nutrisnya terjaga sebaiknya merebus udang ini jangan lama-lama ya

Udang bersama dengan kerang merupakan salah satu penyebab alergi yang utama. Udang bisa menyebabkan alergi. Hal ini terjadi akibat sistem imun tubuh yang keliru mengenal protein tertentu dalam udang sebagai bahan berbahaya. Sistem imun merespon dengan mengeluarkan antibodi untuk menyerang protein, yang disebut dengan tropomyosin. Selanjutnya saat tubuh mendapatkan protein dari udang, sistem imun akan melepaskan histamin, yaitu senyawa yang bertanggung jawab atas munculnya reaksi alergi seperti gatal-gatal dan gejala lainnya .
Cara mengatasi alergi ini secara alami biasanya dengan meminum segelas air jahe hangat, atau segelas air hangat dengan sesendok madu maupun mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti kacang-kacangan. Makanan kaya vitamin E mengandung anti alergen  yang membantu menyembuhkan dan mencegah alergi hampir semua jenis makanan.

Udang salah satu makanan yang sangat lezat sehingga bisa menggantikan posisi MSG alias micin pada masakan emak-emak. Kok bisa ya.. Ternyata ya pemirsa udang  mengandung juga glutamat alami, sama seperti yang terdapat pada makanan laut lainnya seperti ikan, kepiting dan tiram.
Glutamat adalah senyawa yang menyebabkan sensasi gurih. Senyawa ini merupakan asam amino yang banyak ditemukan dalam bentuk terikat protein, meskipun bentuk bebasnya juga banyak terdapat pada bahan-bahan alami. Hmm.. pantesan ya masak udang dan kawan-kawan hanya dengan garam tanpa bumbu macam-macam apalagi micin dah berasa gurih dan nikmat ­čśŐ

Udang merupakan salah satu boga bahari atau makanan laut atau seafood yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Dalam dunia hewan, udang masuk ke dalam ordo decapoda dan banyak dibudidayakan secara komersial dalam budi daya perairan.

Seru juga ya mengetahui fakta uniknya. Banyak info yang didapat dari hal ini. Selanjutnya yuk kita liat komposisi apa yang terdapat pada udang ini yang bikin orang ketagihan saking enaknya ­čśŐ

Udang mentah (spesies beragam)

Nilai nutrisi per 100 g (3,5 oz)
Energi 297 kJ (71 kcal)
Karbohidrat 0,91 g
Lemak 1,01 g
– jenuh 0,1 g
– tak jenuh 0,115 g
– tak jenuh tunggal 0,080 g
– trans 0 g
Kolesterol 189 mg
Protein 13,61 g
Air 83,01 g
Vitamin A 180 IU
Vitamin D 2 IU
Kalsium 54 mg
Besi 0,21 mg
Magnesium 22 mg
Fosfor 244 mg
Natrium 113 mg
Kalium 259 mg
Zink 0,97 mg

Selain yang telah disebutkan di atas, udang juga mengandung sejumlah vitamin B kompleks seperti niacin, piridoksin, cyanocobalamin, vitamin C dan E serta sejumlah mineral selenium, tembaga dan mineral penting lainnya. Mineral dari bahan makanan laut lebih mudah diserap tubuh dibandingkan yang berasal dari kacang-kacangan dan sereal. Wow, mantap ­čśŐ

Udang mengandung kadar sedikit asam lemak jenuh dan tetapi asam lemak sehat sangat tinggi yaitu omega-3 dan omega-6 masing-masing mencapai 540 mg dan 28 mg per 100 g udang segar. Kadar merkuri udang rendah. Dan seperti boga bahari lainnya, udang mengandung kalsium, iodium, dan protein tinggi namun total kalori yang rendah. Udang juga mengandung kolesterol dalam jumlah yang signifikan, antara 122 hingga 251 mg per 100 gram.
Asam amino udang per 100 g berturut-turut yang termasuk tinggi adalah asam gulamat (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginine (1775 mg), lysine (1768 mg), leucine (1612 mg), glycine (1225 mg), isoleucine (985 mg) dan valine (956 mg).

Nah, super sekali kandungan gizi seafood satu ini ya. Tentunya dengan kandungan gizi yang berlimpah ini pasti banyak manfaatnya untuk kita ya, selain untuk kesehatan jiwa juga raga. Yuk kita simak manfaat udang untuk kesehatan antara lain :

Mencegah kanker
Selenium yang terdapat dalam udang bermanfaat untuk mencegah kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi. Kekurangan selenium dikaitkan dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker prostat. Kombinasi sulforaphanedan dan selenium meningkatkan kekebalan tubuh akan kanker 13 kali lipat. Wow.. MasyAllah. Makanan yang kaya akan sulforaphanedan anatara lain brokoli, kubis dan sayuran hasil silangan lainnya.

Menjaga suasana hati
Udang mengandung asam lemak essensial omega-3 yang dapat memberikan perlindungan kuat terhadap depresi dan membantu meningkatkan suasana hati. Nah, bagi suka galau ga karuan boleh mengkonsumsi udang nan endeus ini, dijamin penyakit alay ini hilang ­čśŐ

Menstabilkan kadar gula dalam darah
Udang merupakan sumber mineral magnesium yang baik yang dapat membantu mencegah berkembangnya diabetes tipe kedua.

Menjaga kesehatan kardiovaskular (jantung)
Kandungan asam lemak essensial yang terdapat pada udang sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penggumpalan kepingan darah atau ateroskeloris

Menjaga kesehatan kelenjar tiroid
Kandungan tembaga yang dimiliki udang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid.

Memenuhi kebutuhan protein dengan asam aminonya yang lengkap dan mudah diserap tubuh. Cocok untuk yang ingin menambah massa otot.

Untuk menu diet
Sangat cocok untuk menu diet karena tinggi protein dan rendah kalori

Memaksimalkan berbagai fungsi organ-organ vital tubuh karena berbagai kandungan vitaminnya

Meningkatkan kekebalan tubuh
Antioksidannya yang tinggi baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan menangkal serangan radikal bebas penyebab penyakit. Kandungan selenium dalam udang juga bermanfaat untuk membantu produksi antibodi

Membantu kerja enzim, hormon dan biosintesa tubuh
Udang mengandung mineral zink yang bermanfaat untuk membantu kerja lebih dari 70 macam enzim, hormon dan proses biosintesa dalam tubuh

Membantu meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan anak
Kandungan vitamin D, vitamin B12 dan omega-3 pada udang dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan anak

Mencegah anemia
Kandungan zat besi dan zink yang tinggi pada udang berperan dalam pembentukan sel darah merah dan dapat membantu mencegah anemia
Vitamin B12nya merupakan nutrisi penunjang produksi sel darah merah dan membantu pembuatan DNA, material genetik yang ada pada tiap sel. Hal ini akan membantu metabolisme protein, karbohidrat dan lemak dalam sel tubuh berlangsung sempurna

Meningkatkan energi
Zat besi tidak hanya berguna untuk mencegah anemia dan gejalanya seperti mudah lelah dan merasa lemas, tetapi juga untuk meningkatkan energi

Menjaga kesehatan mata
Kandungan vitamin A pada udang dapat menjaga kesehatan mata

Menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku
Kandungan vitamin E (alpha tocopherol) dan niasin yang tinggi dan menjaga kesehatan kulit. Protein yang tinggi pada udang juga berguna untuk rambut dan kuku yang membutuhkan asupan protein ini.
Niasin mencegah kulit bersisik

Menjaga kesehatan tulang, gigi dan sendi
Udang mengandung vitamin D, kalsium dan kalium yang tinggi yang berperan dalam menjaga kesehatan tulang, gigi dan sendi.
Kalsium dan fosfor bekerja bersama-sama membentuk tulang dan gigi yang kuat. Glucosamine bermanfaat untuk membantu pembentukan tulang rawan pada persendian tualng. Penipisan atau kerusakan pada tulang rawan akan mengakibatkan nyeri yang hebat pada persendian, yang biasa disebut sebagai pengapuran.

Wow, banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan ya. Namun meskipun udang merupakan salah satu makanan yang lezat dan mengandung banyak nutrisi, selalu diingat untuk mengkonsumsinya tidak berlebihan, karena yang berlebihan itu selalu tidak baik untuk kesehatan. Udang dapat menyebabkan alergi untuk yang mudah sensitif.

Sekian dulu laporan ane kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat ya buat pemirsa. Dan ┬ájuga, selamat menikmati mengkonsumsi udang. Dapatkan segudang manfaatnya untuk kesehatan. Ingat-ingat kita ya ­čśŐ Boleh makan sambil membaca artikel ane yang beragam info dan tema ­čśŐ

Bir cevap yaz─▒n