Sultanien, kismisnya Austria sekilo Rp.50.320, obat anemia lho

576 Views

Saat kita pulang dari liburan di Turki, kita dapat oleh-oleh kismis, ga tanggung-tanggung sampai seember kira-kira sama dengan ukuran 5 kg, asli dari kebun. Banyak banget, gimana ngabisinnya ya.. ­čśŐ Tapi tetap selalu alhamdulillah ya. Kalo di luar negeri si kecil manis ini biasa dijadikan sarapan, baik dimakan begitu aja atau dicampur dalam sereal. Pertama kali ane sarapan pake kismis ya saat di sini ini. Awalnya ane merasa aneh aja, manis-manis kok untuk sarapan, serasa sarapan permen aja. Tapi ternyata nyambung juga saat dimakan bersama roti. Kalo di kampung halaman biasanya dijadikan bahan hiasan kue atau kudapan cantik. Ane ingat banget jaman kecil dulu kalo bikin kue paling suka belah kismis dan menghias cantik di kue yang akan dipanggang. Saat ini biasanya dapat oleh-oleh dari mereka yang pulang dari umroh atau haji.

Nah, biasanya kalo belanja kita ketemu juga kismis. Tapi ga begitu perhatian. Saat pulang dari Turki jadi pengen tau kismis yang dibuat dari anggur ini sama ga dengan yang biasa kita liat. Kismis ini dalam bentuk kemasan plastik per 500 g. Di supermarket ini namanya dalam bahasa Jerman sultanien atau sultana. Harganya ternyata ga mahal pemirsa, ga beda jauh ma buah anggur segarnya. Sebungkus ini 500 g dihargai 1,48 Euro atau Rp.25.160 dan sekilonya adalah 2,96 Euro atau seharga Rp.50.320. Wow.. keren ya ­čśŐ

Ngomong-ngomong tentang kismis, sebenarnya kismis itu apa sih, apa bedanya dengan kismis yang dinamai sultana, apa kandungan gizinya serta manfaatnya buat kesehatan serta efek sampingnya, yuk kita cari tau sama-sama ­čśŐ

Kismis adalah anggur yang dikeringkan dan dapat dimakan langsung atau digunakan dalam masakan. Kismis sangat manis karena memiliki konsentrasi gula yang tinggi, dan jika disimpan lama, gula tersebut akan terkristalisasi di dalamnya. Proses ini dapat menyebabkan kismis menjadi kasar, walaupun tidak berpengaruh bagi penggunaannya. Dekristalisasi kismis dapat dilakukan dengan merendam dalam cairan (alkohol, sari buah, atau air mendidih) sebentar untuk melarutkan gula.

Dalam keadaan segar, anggur sangat baik dikonsumsi karena mengandung banyak anti oksidan. Tetapi dalam keadaan kering seperti dibuat kismis begini, tentu kandungannya berkurang ya. Airnya juga berkurang hingga tidak lagi berfungsi untuk menghidrasi tubuh. Kismis memiliki banyak kalori yang berasal dari gula dibanding buah anggur segar.

Zabib, yang berasal dari bahasa Arab untuk menyebut kismis, merupakan buah kismis yang kering. Sementara nama kismis dalam bahasa Indonesia berasal dari kata “kishmish” di bahasa Hindi, Urdu, dan Persia.

Sultana adalah nama anggur tanpa biji berwarna hijau . Sebutan lain bagi anggur sultana adalah sultanina, oval-fruited kishmish, lady de coverly (Inggris), dan thompson seedless (Amerika Serikat). Warnanya hijau pucat, bentuknya lonjong, dan tanpa biji.

Anggur ini berasal dari Turki. Selain Turki, produsen terbesar lainnya adalah Australia. Di California, Amerika Serikat, sultana adalah jenis anggur yang paling banyak ditanam. Hal ini dikarenakan kegunaannya yang beragam. Selain dapat dikonsumsi sebagai buah segar, anggur sultana juga dapat diolah menjadi kismis dan wine.

Untuk membuat kismis sultana, anggur sultana dicelupkan dalam larutan yang terbuat dari air, natrium karbonat dan minyak sayur. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses pengeringannya. Warnanya menjadi kuning keemasan. Bentuknya lebih kecil dan lebih empuk dari kismis biasa dan rasanya lebih manis.

Kismis sultana berbeda dengan kismis biasa. Kismis yang berwarna hitam berasal dari anggur hijau yang memiliki biji. Proses pengeringannya alami, sehingga membutuhkan waktu lebih lama dan menghasilkan warna coklat kehitaman. Kismis biasa ukurannya lebih besar dari kismis sultana.

Kegunaan kismis sultana sama dengan kismis biasa. Bisa dimakan begitu saja sebagai cemilan atau dicampurkan dalam sereal untuk sarapan pagi. Bisa juga sebagai hiasan kue atau kue kering.

Nah, sekarang yuk kita simak kandungan gizi kismis ini

Kismis jumlah 100 g

Air 14,9 g
Energi 302 kal
Protein 3,39 g
Lemak total 0,46 g
Karbohidrat 79,52 g
Serat 4 g
Gula 59,19 g
Sodium 12 mg
Kalium 746 mg
Vitamin C 3,2 mg
Riboflavin 0,19 mg
Niasin 1,412 mg
Folat 3 mkg
Vitamin K 3,5 mkg
Vitamin E 0,12 mkg
Kalsium 50 mg
Magnesium  32 mg
Fosfor 115 mg
Zat besi 1,9 mg
Zink 0,32 mg
Tembaga 0,363 mg
Mangan 0,308 mg
Selenium 0,7 mkg

Selain itu kismis mengandung juga sejumlah vitamin A dan mineral boron serta fitonutrein lainnya. Wah.. lumayan ya kandungan gizinya. Pastinya banyak dong manfaatnya untuk kesehatan. Yuk, kita simak antara lain manfaatnya untuk kesehatan :

Memberikan tambahan energi
Kismis kaya akan fruktosa dan glukosa serta banyak mengandung energi. Kismis merupakan bagian diet yang ideal untuk atlet atau binaragawan yang membutuhkan makanan yang dapat meningkatkan energi. Baik juga untuk menambah berat badan.
Selenium dan fosfor dalam kismis juga bermanfaat untuk memfasilitasi penyerapan nutrisi lainnya dan protein dalam tubuh yang dapat meningkatkan energi secara keseluruhan.

Melancarkan pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam kismis bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit.

Menjaga kondisi keasaman pada lambung
Kismis sangat baik dikonsumsi untuk yang memiliki gejala asam lambung, untuk mencegah kenaikan asam lambung sehingga menjaga kondisi asam lambung tetap stabil dan normal.

Mencegah gejala anemia
Kismis mengandung zat besi yang berguna untuk mencegah gejala anemia, dimana tubuh mengalami kekurangan darah. Gejala anemia antara lain mudah lelah, lemas, tidak bersemangat dalam beraktivitas, mudah terserang berbagai macam penyakit dan kurang optimalnya fungsi organ.

Memperlancar peredaran darah
Zat besi dalam kismis juga berguna untuk memperlancar peredaran darah sehingga suplai darah dan oksigen dapat optimal ke organ-organ tubuh dan mencegah penyumbatan pembuluh darah

Menangkal radikal bebas
Kandungan anti oksidaan yang tinggi dalam kismis dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit

Menjaga kesehatan kulit
Kandungan anti oksidan, vitamin C serta nutrisi lainnya dalam kismis bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Menjaga kesehatan tulang
Vitamin K dan kalsium yang terkandung dalam kismis bermanfaat menjaga kesehatan tulang antara lain membantu mencegah berbagai macam gangguan kesehatan tulang. Kismis juga mengandung mikronutrein boron yang sangat penting utnuk pembentukan tulang ynag tepat dan penyerapan kalsium yang efektif.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kismis mengandung anti oksidan, asam oleanolik dan vitamin C yang sangat baik untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada di gigi dan mulut.

Baik untuk kesehatan mata
Kandungan vitamin A yang terdapat pada kismis dapat mencegah gangguan yang menyerang mata karena kekurangan vitamin A antara lain rabun dan katarak

Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan antioksidan, vitamin C dan beberapa vitamin lain dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kita tidak mudah diserang penyakit dan gangguan kesehatan lainnya

Pencegahan kanker
Kismis memiliki anti oksidan yang tinggi yaitu polifenol yang berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan tumor dan kanker.

Wow, banyak sekali manfaatnya ya untuk kesehatan kita. Meski demikian, ga bosan-bosannya ane beritahu kalo mengkonsumsi apapun jangan sampai berlebihan. Karena yang berlebihan itu selalu tidak baik untuk kesehatan. Begitu juga dengan kismis. Meskipun hampir tanpa efek samping, konsumsilah kismis secukupnya saja. Perlu diperhatikan hal-hal berikut ini ya :

Kismis mengandung kalori yang cukup tinggi yang dapat meningkatkan berat badan secara cepat dan dapat mengakibatkan obesitas, jika mengkonsumsinya berlebihan.
Kismis juga memiliki kadar trigliserida yang tinggi karena kandungan fruktosa. Trigliserida adalh produk sampingan dari tubuh metabolisme fruktosa. Kadar trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan diabetes, penyakit jantung koroner dan kanker hati.
Karena kandungan gulanya yang tinggi, anak kecil terutama dibawah dua tahun lebih baik ga mengkonsumsinya. Manisnya kismis ini bisa menyebabkan tersedak pada anak-anak. Kismis juga mudah lengket di gigi yang dapat menyebabkan masalah gigi pada anak-anak.

Nah, bagaimana pemirsa. Sangat menyenangkan mengkonsumsi si kecil manis ini kan ya, senangnya dobel karena rasanya yang bikin lidah bergoyang juga manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan ­čśŐ

Bir cevap yaz─▒n