Bolehkah wanita muslimah memakai gelang kaki?

3.767 Views

Membaca Al Qur-an dan memaknai artinya selalu menarik perhatian ane. Termasuk juga surat An-Nur ayat 31 sebagai berikut “..Dan janganlah mereka (kaum wanita) menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.“ Sesuatu yang dihentakkan oleh kaki pada ayat ini adalah gelang kaki, membuat ane berpikir gimana perasaan muslimah yang memakainya ya. Apakah mereka membaca dan tahu ada firman Allah ini. Sebenarnya bolehkah memakai gelang kaki ini? Apa hukum memakai gelang kaki bagi seorang muslimah ya. Yuk kita cari tau

Pertama-tama tentang wanitanya dulu. Wanita diciptakan Allah dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Untuk menutupi kekurangannya, wanita berusaha berhias agar terlihat cantik, atau mendingan dikitlah istilah emak-emak now. Berhias diri atau tabarruj dalam Islam diperbolehkan, asal tidak berlebihan. Untuk menunjang berhias ria, wanita seringkali memakai perhiasan atau aksesoris.

Perhiasan siapa yang ga tau. Perhiasan apapun itu, imitasi ga imitasi yang namanya kaum hawa emang dah fitrah pasti doyan banget ya, termasuk ane😊 Apalagi kalo dibikin asli dari emas. Biasanya kita tau perhiasan ini dibikin menjadi anting-anting, kalung, cincin dan gelang. Perhiasan selalu ada dari jaman dulu sampai sekarang, ga lekang ma waktu.

Ternyata ga hanya kaum hawa aja yang doyan, yang punya piaraan pun ga luput dipercantik, seperti kucing kesayangan, dari kucing kampung sampai kucing Angora 😊 Si kucing menjelma menjadi cantik, makin imut-imut dan menggemaskan. Biar kalung imitasi yang dipake juga ga masalah. Nah, ini yang namanya orang, mempercantiknya lebih-lebih dari kucing. Ga cukup kalung di leher dan gelang di tangan, pergelangan kaki ga luput digelangin juga. Ini maksudnya apa? Biar makin cantik? Biar orang liat ‘wah kekinian bingits‘ 😊 begitu? Atau.. hai.. liatin kita dong! Nih kelebihan stok perhiasan. Ga ada tempat lagi mau taruh di mana perhiasan kita.. Pamer ya.. Merasa hebat dan cantiklah, iya dilihat dari Monas 😊

Hmm.. Atau ini adalah korban India mania. Canel TV tanah air yang gencar membombardir pemirsa dengan film dan segala pernak pernik termasuk tangis Bombay yang berbau India turut mengharubiru pemirsanya. Biar berasa menghayati, diikutilah mode para artisnya termasuk gelang di kaki. Makin terinspirasi dan terkesima melihat idolanya menari dan berlari ke sana dan kemari, yang biasanya diikuti cowoknya, ga lupa dengan hentakan kaki yang bikin  gemerincing gelang membuat para cowok makin histeris. Nah, yang begini ini budaya negaranya mbak Kareena Kapoor. Mereka mah selalu tergila-gila perhiasan, jangankan di kaki, hidung pun ditusuk ma anting-anting dan gelang, untung aja hidungnya lancip, lha kalo orang Indonesia punya hidung standar, apa ga jadi nyesek tuh? Mau ngikutin budaya mereka?

Atau kembali ke jaman jahiliyah yang mana wanita-wanita pada saat itu memakai gelang kaki, kalo berjalan gelang kakinya ga berbunyi, maka mereka akan  memukulkan kakinya ke tanah dengan tujuan biar perhiasan yang mereka pakai berbunyi dan dilihat kaum laki-laki.

Ada-ada aja tingkah polah kaum hawa jaman sekarang, ga ABG, ga emak-emak, ga nenek-nenek, ga jaminan usia kalo mau keliatan ngetrend apa aja dilakukan. Ga tau apa ane yang udik dan ga kekinian ya, atau malah mereka yang hantam kromo.

Ane ga ngiri sih, hanya gemes aja lihat wanita yang pake gelang di kaki😊 Ga apa-apa ya namanya juga hak masing-masing. Tapi kalo bikin ribet dan susah apalagi dengan tujuan tertentu seperti pamer dan niru budaya India atau jaman jahiliyah ya jangan dipaksakan toh. Jaman canggih gini kok mau aja kembali ke jaman jahiliyah 😊

Sebenarnya apa ya hukumnya wanita memakai gelang kaki? Menurut para ulama, hukumnya adalah diperbolehkan, tetapi tetap ada batasannya. Wanita diperbolehkan memakai gelang kaki tetapi dilarang untuk menghentakkan kaki mereka di hadapan laki-laki yang bukan mahromnya ( mahrom dalam Islam), seperti yang dilakukan wanita-wanita jahiliyah itu. Allah SWT telah menegaskan bahwa meskipun auratnya sudah ditutup namun jika berusaha ditampakkan dengan berbagai cara termasuk dengan menghentakkan kaki supaya gemerincing perhiasannya terdengar, hal itu sama saja dengan membuka aurat. Apalagi yang nyata-nyata diperlihatkan ya, ga pake kaos kaki seperti yang dilakukan beberapa wanita muslimah! Benar-benar salah kaprah.

Berdandan boleh, menjadi cantik juga ga mengapa. Tapi sekali lagi jangan berlebihan. Cantik ga harus tampil maksimal, liat-liat sikon juga kali ya. Apalagi dengan status sebagai muslimah, alangkah lebih bijaksananya kalo kita bisa memaknai setiap apa yang kita lakukan. Jangan hanya ikut-ikutan saja, apalagi ngikutin gaya kaum lain. Ikuti yang baik, jauhi yang buruk. Buat yang terlanjur pake gelang kaki, kalo dirasa bikin susah dan lebih-lebih buat pamer, bertobat pada Allah lebih mulia, menjadikan kita InsyaAllah amin pribadi yang beruntung. Dan yang paling penting adalah iman dan ketaatan kepada Allah.

 

Bir cevap yazın