Ubi jalar yang ndeso manfaat premium, di Austria sekilo Rp.33.000

857 Views

Ayo pemirsa.. kapan terakhir kali makan ubi jalar? Maklum ya jaman sekarang dah canggih kadang-kadang selerapun ikut canggih juga, termasuk soal makanan. Makanan Barat yang merajai tanah air cepat diterima, selain keliatan elit juga biar kekinian gitu ya. Tapi di Barat sendiri malah berusaha ndeso seperti di kampung halaman. Termasuk ubi jalar, uwh jangan remehkan dia. Di sini ubi jalar masuk jajaran elit produk supermarket yang jadi incaran emak-emak sebagai salah satu pertimbangan stok dapur.

Ubi jalar yang ane temui di sini berkulit agak pink tapi isinya berwarna orange. Ga masalah warnanya apa, yang penting ubi! 😊Ane seneng banget nemu ubi jalar ini. Selain mengingatkan akan kampung halaman, ubi jalar termasuk makanan yang enak dan bermanfaat untuk kesehatan. Saat ane perlihatkan ubi jalar ini ke suami, beliau tanya ane tau ga ma benda ini, terus cara mengolahnya gimana. Suami kira ane ga tau ma ubi jalar sama kayak beliau. Trus ubinya disamain kayak jahe, cukup beli seruas dua ruas 😊 Beliau ambil satu yang sebesar telapak tangan, ane tambah lagi sebuah. Suami bilang, ok kita coba ini, tapi ane ga pernah memakannya, ini yang pertama kali. Tapi ane ngingatin kalo beliau pernah makan ubi jalar ini. ‘Waktu di Indonesia, chips (keripik) yang dimakan selain banana ya ini, hayo.. ingat ga‘ 😊

Ubi jalar ini diimpor dari negara tetangga Spanyol, harganya ternyata standar, ga murah ga mahal-mahal amat. Sekilonya  1,99 Euro atau kalo dirupiahin berkisar Rp.33.000. Waduh, sekalian aja ma ubi-ubian yang lain ada ga ya, kayak ubi kayu atau singkong, ubi talas.. mudah-mudahan ke depannya ada yang impor lagi buat pembendaharaan stok di sini ya. Atau suatu saat ubi-ubi bisa tumbuh dan berkembang di bumi Eropa ini. Ane berharap banget.. semoga aja. Hmm.. terlalu ga nih 😊

Aaaa, jadi penasaran nih ma si cantik satu ini. Yuk kita berkenalan ma ubi jalar ini. Ubi jalar (Ipomoea batatas L) atau dalam bahasa Inggrisnya sweet potato, dalam bahasa Jerman adalah süßkartoffeln, ubi rambat atau ketela rambat atau yang populer biasa disebut ketela aja adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang sering dimanfaatkannya adalah akarnya yang membentuk umbi yang merupakan simpanan energi bagi tanaman tersebut, dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di Afrika, ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting.

Ubi jalar berasal dari Amerika Selatan. Ubi jalar menyebar ke seluruh dunia, terutama negara-negara beriklim tropika pada abad ke-16. Orang-orang Spanyol menyebarkan ubi jalar ke kawasan Asia, terutama Filipina, Jepang dan Indonesia.

Ubi jalar ada bermacam-macam jenis dan warna, ada yang putih, krem, orange, pink, kebiruan, ungu dan merah. Warna kulit tidak selalu sama dengan warna ubinya. Warna ubi jalar ini dipengaruhi oleh kandungan karotenoid yang ada pada ubi jalar ini. Karotenoid adalah pigmen alami tumbuhan yang menghasilkan warna merah, kuning, orange dan hijau tua pada buah dan sayuran. Warna-warna terlihat pada buah dan sayuran disebabkan oleh adanya ikatan rangkap dua terkonyugasi dari karotenoid yang menyerap cahaya. Semakin banyak ikatan ganda terkonyugasi, maka makin pekat warna pada karotenoid yang mengarah pada warna merah. Buah dan sayuran yang berwarna orange memiliki memiliki kandungan beta karoten yang tinggi.

Ane seneng semua jenis ubi jalar, mo diapain aja, digoreng, direbus, dikukus, dipanggang, dibakar, dibikin keripik, dibikin kue kayak kelepon, dikolak, disayur 😊

Tapi ada yang bikin nagih dan super lezat yaitu ubi Cilembu. Ane tau pertama kali ini saat adek ipar bawa oleh-oleh mudik dari tanah Jawa 😊 Ubi Cilembu merupakan salah satu produk pertanian unggulan bagi Pemerintah kabupaten Sumedang. Daerah penghasil ubi Cilembu adalah Cilembu, Cadas, Pangeran dan Sumedang. Ubi Cilembu berkulit gading, berurat dan panjang, sedangkan getahnya akan meleleh seperti madu ketika dipanggang. Ubi ini sangat manis dan pulen, berbeda dengan ubi kebanyakan. Rasa manis dari ubi Cilembu akan lebih terasa apabila dibakar dalam open, terutama apabila ubi mentah telah disimpan lebih dari satu minggu. Wah mantap 😊

Ane mengolahnya dengan sepraktis-praktisnya ala ane. Cukup digoreng tipis ma tepung. Eh, ternyata suami doyan, alhamdulillah 😊Iya, emang enak, empuk garing manis dikit gitu, tanpa tambahan gula lagi.. Pemirsa juga bisa mengolahnya sesuai selera. Tapi kalo mau nutrisinya tetap terjaga baiknya memasaknya yang praktis dan ga membutuhkan waktu lama dan berulang-ulang ya..

Nah, sekarang kita liat yuk klasifikasi ilmiah ubi jalar.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Solanales
Famili : Convolvulaceae
Genus : Ipomoea
Spesies : I. batatas

Ok, sekarang kita simak yuk kandungan gizi apa aja yang terdapat pada ubi jalar ini.

Kandungan gizi ubi jalar per 100 gr adalah

Kalori (kcal) 85

Jumlah lemak 0,1 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g

Kolesterol 0 g

Natrium 55 mg

Kalium 337 mg

Jumlah karbohidrat 20 g
Serat pangan 3 g
Gula 4,2 g

Protein 1,6 g

Vitamin A 14187 IU
Vitamin B6 0,2 mg
Vitamin C 2,4 mg

Kalsium 30 mg
Magnesium 25 mg
Zat besi 2,4 mg

Dibandingkan dengan bahan makanan pokok lainnya, ubi jalar biasa memiliki kandungan senyawa pembentuk vitamin A tertinggi, yaitu mencapai 14187 IU per 100 g porsi atau mencapai 89% kebutuhan harian. Wow super 😊Beta karoten adalah salah satu senyawa pembentuk vitamin A.

Ubi jalar memberikan kebutuhan harian 37% vitamin C, 16% dari vitamin B6, 10% asam pantotenat, 15% kalium dan 28% mangan.  Selain yang telah disebutkan di atas, ubi jalar juga mengandung sejumlah fosfor, seng, vitamin E, thiamin, riboflavin dan asam folat. Ubi jalar merupakan sumber beta karoten dan antioksidan. Semakin pekat warna ubi jalar, semakin banyak kandungan antioksidannya.

Nah, diliat dari kandungan gizi ubi jalar ternyata lumayan banyak ya.. dan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan juga. Sekarang yuk kita liat beberapa diantaranya manfaat ubi jalar untuk kesehatan:

Sumber energi
Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam ubi jalar bermanfaat sebagai sumber energi.

Program diet
Ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah (17) , lebih rendah dari kentang, sehingga bagus untuk diet diabetes dan diet penyakit lain yang perlu memonitor kadar gula. Nah, emak-emakpun cocok nih untuk menjaga berat badan. Agar indeks glikemik ubi jalar ini tetap terjaga rendah, cara memasak yang baik adalah dengan merebus atau mengukusnya.

Menjaga suasana hati
Kandungan vitamin B6 yang tinggi dapat menjaga suasana hati atau mencegah perubahan suasana hati secara drastis hingga meringankan depresi. Coba aja ngemil ubi jalar yang manis lembut manja endeuss ini dan rasakan pengaruhnya, emang bikin adem hati kan 😊

Menjaga kesehatan kulit
Ubi jalar mengandung vitamin E yang tinggi, sangat baik untuk kesehatan kulit. Ubi jalar terutama yang berwarna orange kaya akan komponen anti aging atau anti penuaan, antioksidan dan betakaroten, yang disimpan di lapisan lemak kulit kita, sehingga berfungsi melindungi kulit dari kerusakan karena sinar UV matahari.

Menyehatkan Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi pada ubi jalar membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik sehingga dapat mencegah sembelit dan penimbunan asam. Ubi jalar juga mudah dicerna sehingga baik untuk lambung dan usus halus.

Menjaga kesehatan mata
Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan segmen luar fotoreseptor memburuk, merusak penglihatan normal. Memperbaiki kekurangan vitamin A dengan makanan yang tinggi beta karoten akan mengembalikan kemampuan penglihatan. Ubi jalar mengandung vitamin A yang cukup tinggi begitu juga vitamin C dan vitamin E yang turut mendukung kesehatan mata dan mencegah kerusakan degeneratif.

Mengatasi peradangan
Ubi jalar mengandung anti imflamasi dan kandungan lainnya seperti beta karoten, vitamin C dan magnesium yang efektif untuk menyembuhkan peradangan baik yang internal maupun eksternal. Ubi jalar menimbulkan efek yang nyaman di lambung dan usus halus hingga mengurangi rasa sakit dan peradangan karena adanya vitamin B kompleks, vitamin C, serat, serta kalsium dan kalium. Kolin yang terdapat dalam ubi jalar juga bermanfaat untuk membantu tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Kolin juga membantu mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak dan mengurangi peradangan.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Vitamin C yang tinggi dan beta karoten, antioksidan serta nutrisi lainnya seperti vitamin B kompleks, besi dan fosfor pada uji jalar mampu meningkatkan kekebalan tubuh kita hingga tidak mudah diserang penyakit

Mempengaruhi kesuburan
Zat besi yang terdapat pada ubi jalar sangat baik untuk kesuburan wanita, begitu juga vitamin A yang  dikonsumsi sebagai beta karoten tapi kemudian dikonversi menjadi vitamin A di dalam tubuh, juga penting selama kehamilan dan menyusui untuk sintesa hormon. Ada kepercayaan dalam masyarakat juga kalo mau anak kembar makan ubi jalar yang rajin dan teratur. Temen ane termasuk salah satunya, punya anak lima malah, dua diantaranya kembar 😊

Mengurangi tekanan darah
Mempertahankan asupan natrium yang rendah dan meningkatkan asupan kalium sama pentingnya untuk menurunkan tekanan darah. Komposisi natrium dan kalium yang ada dalam ubi jalar bermanfaat untuk tekanan darah.

Selain itu ubi jalar juga sangat baik untuk kesehatan pembuluh darah vena dan arteri,menghentikan ketergantungan pada rokok dan minuman. Kandungan beta karoten yang tinggi serta fosfor sangat baik untuk kesehatan kardivaskular.

Nah, banyak sekali manfaatnya ya. Ga ada salahnya menjadikan ubi jalar sebagai cemilan kita ataupun teman selingan pengganti nasi ataupun kentang. Orang barat aja tergila-gila ma ubi jalar, kita kok yang dianugrahi berlimpah ubi jalar di tanah air ogah. Ga la ya 😊

Bir cevap yazın