Satu kg strawberry, buah dengan biji diluar, Rp.85.000 di Austria

650 Views

Pada edisi sebelumnya ane dah bahas keluarga berry, yaitu rapsberry.┬á Sekarang ane akan coba bahas tentang strawberry. Kebetulan buah ini selalu ada di supermarket Austria, ane jadi ada bahan untuk tulisan ane ding­čśŐ Kalo di kampung halaman buah ini jarang ada, kalo pun ada kadangkala fisiknya kurang menarik, mana mungil lagi. Sedih liatnya­čśë Mungkin karena perjalanan panjang melintasi lautan ya jadi buahnya ikut capek juga. Biasanya sih emak-emak yang suka bikin kue mesan buah ini di toko terkenal dulu biar ga keabisan stok dan mendapat strawberry yang segar. Maklumlah namanya juga buah cantik dan aromanya menarik ya, selalu jadi rebutan (dicari-cari maksudnya­čśŐ)

Buah strawberry memiliki aroma dan rasa yang khas dengan tampilan yang cantik merah merekah. Rasa buahnya manis campur asam, bisa bikin ngembang pipi ga karu-karuan ­čśŐ Tapi tetap nikmat karena buah ini emang bikin kita bergairah dan mampu mengubah suasana hati dari yang sebelumnya galau tanpa sebab pasti dan stress menjadi penuh semangat dan percaya diri ­čśŐCocok tuh buat yang hobi galau dan alay..

Di Austria ane ga susah menemukannya di supermarket. Meski mungkin lagi ga musim, tetap wajib diadakan di supermarket. Kita tinggal pilih mau yang kecil mungil ataupun jumbo, dari kemasan setengah kilo sampai 1 kilogram. Biasanya sih buah ini diimpor dari negara tetangga Spanyol. Kalo musim-musim sebelumnya selalu nemu strawberry yang mini, kali ini kita nemu yang ukuran jumbo, ga tanggung-tanggung pake kemasan yang 1 kg. Biar puas sekalian ya ­čśŐ Sekilonya dibandrol 4,99 Euro atau sekitar Rp.85.000. Ane pake kurs saat ini 1 Euro sama dengan Rp.17.000 lebih. Harga ini masih mending ya dibanding kalo kita beli anggota keluarga berry lainnya yaitu raspberry yang mencapai Rp.265.000 perkilonya­čśŐ

Suami ane doyan banget buah ini. Dimakan mentah-mentah gitu aja­čśŐ Kalo ane doyan juga tapi asemnya itu kadang ga nahan­čśŐ Biar tetap asik mengkonsumsinya tanpa takut kehilangan asupan gizi, buah yang terkenal dengan simbol cinta karena rasanya yang manis asem sesuai dengan cinta itu sendiri yang kadang manis asem mengharu biru, ane ancurin pake sendok dan dicampur dengan sesama buah merah lainnya yaitu raspberry dan rote ribisel. Ditambah air dan gula sedikit, diminum saat dingin. Waduh, mantap rasanya. Apalagi disantap ma emak-emak yang lagi ngidam ­čśŐ

Ok deh, sekarang kita kenalan dulu yuk ma buah yang satu ini. Strawberry atau tepatnya strawberry kebun (juga dikenal dengan nama arbei, dari bahasa Belanda aardbei, kalo bahasa Jermannya Erdbeer, tambah en menjadi erdbeeren untuk jamak atau banyak) adalah sebuah varietas strawberry yang paling banyak dikenal di dunia. Seperti spesies lain  dalam genus Fragaria (strawberry), buah ini berada dalam keluarga Rosaceae.

Secara umum buah ini bukanlah buah, melainkan buah palsu, artinya daging buahnya tidak berasal dari ovari tanaman (achenium) tetapi dari bagian bawah hyphanthium yang berbentuk mangkok, tempat ovari tanaman itu berada. Kalo kebanyakan biji buah berada dalam daging buah, maka strawberry lain sendiri, bijinya tersebar merata pada permukaan buah.

Buah strawberry berwarna hijau keputihan ketika sedang berkembang, dan pada kebanyakan spesies berubah menjadi merah ketika masak. Namanya berasal dari bahasa Inggris kuno streaberige yang merupakan gabungan streaw atau ÔÇśstrawÔÇś dan berige atau ÔÇśberryÔÇś. ┬áKonon kabarnya nama strawberry ini diambil dari sebutan anak-anak di Inggris pada abad ke-19. Letak buah strawberry yang selalu┬á berada pada ujung batang tanaman yang panjang seperti sedotan (straw) dan mereka menjualnya dengan nama straw berry, jadi strawberry berarti buah berry yang berada pada straw/ sedotan.┬á Tapi yang paling terkenal adalah karena cara menanamnya dengan menaburkan bijinya diatas tanah (strewn).

Beberapa spesies Lepidoptera mengambil sumber makanannya dari tumbuhan strawberry, menjadikan spesies ini hama utama tanaman strawberry.

Buah ini dipercaya berasal dari benua Amerika, yaitu Chile. Bentuknya yang menarik langsung memikat hati dan menyebar cepat ke daratan Eropa dan Asia. Buah ini masuk pertama kali ke Indonesia pada masa pertengahan tahun 90-an. Tanaman ini suka tumbuh di daratan tinggi dan berhawa dingin, jadi kalo di Indonesia biasanya dibudidayakan di daerah Puncak. Hmm, pantesan kalo di kampung halaman ane buah ini agak cerewet tumbuhnya ­čśŐ

Sekarang kita liat yuk klasifikasi ilmiahnya

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Rosales
Famili : Rosaceae
Subfamili : Rosoideae
Genus : Fragaria
Spesies : F. x ananassa

Sekalian juga kita liat yuk kandungan gizinya

Kandungan gizi
Strawberry kebun
Jumlah per 100 g
Kalori (kcal) 32
Jumlah lemak 0,3 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0,2 g
Lemak tak jenuh tunggal 0 g
Kolesterol 0 g
Natrium 1 mg
Kalium 153 mg
Jumlah karbohidrat 8 g
Serat pangan 2 g
Gula 4,9 g
Protein 0,7 g
Vitamin A 12 IU
Vitamin C 58,8 mg
Kalsium 16 mg
Magnesium 13 mg
Zat besi 0,4 mg

Selain yang disebutkan di atas, strawberry juga mengandung sejumlah vitamin B seperti asam folat dan mineral fosfor dan selenium. Senyawa-senyawa fitokimia yang penting juga terdapat dalam strawberry seperti asam ellagik, kuersetin, kaempferol, asam fenolat dan antosianin serta antioksidan.

Strawberry tidak hanya nikmat dikonsumsi langsung yang segar manis manis asem manja dan sebagai penghias minuman atau cake biar nampak cantik dan elegan ataupun berupa olahannya seperti es krim rasa strawberry, minuman penyegar, jus, sirup, selai untuk toping roti untuk sarapan, tetapi juga dinikmati sebagai obat alami untuk kesehatan dan kecantikan tanpa efek samping ­čśŐEkstraknya digunakan dalam produk kecantikan keluaran pabrik terkenal, seperti untuk kulit dan rambut, tapi kita bisa bikin sendiri kok. Karena aromanya yang menyegarkan disukai anak-anak, maka pabrik obatpun ga mau kalah memanfaatkan buah ini dengan menambahkannya pada obat sirup.

Dilihat dari kandungan gizinya yang super, tentu strawberry sangat bermanfaat ya, ga hanya untuk konsumsi yang asik  untuk kesehatan aja tetapi juga untuk kecantikan. Sekarang yuk kita simak beberapa manfaatnya antara lain:

Menjaga suasana hati
Bagi yang suka uring-uringan atau bahasa alaynya galau tanpa batas, mengkonsumsi buah strawberry sangat baik untuk menghilangkan kebiasaan ga baik ini, membuat lebih rileks karena buah ini  dapat membantu melepaskan hormon serotonin yang mempengaruhi suasana hati.

Untuk ibu hamil
Satu gelas strawberry atau 8 buah strawberry mengandung 30 mikrogram asam folat. Jumlah ini setara dengan 7,5% kebutuhan asam folat harian untuk ibu hamil, yaitu 400 mikrogram. Asam folat ini penting untuk mencegah cacat tabung syaraf pada janin.

Menjaga kesehatan mata
Kandungan antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid yang terkandung dalam strawberry dapat menjaga kesehatan mata, menangkal radikal bebas yang berhubungan dengan penyakit mata terkait usia seperti katarak dan degenerasi makula. Strawberry juga dapat mengurangi kantung mata yaitu bengkak dan lingkaran di bawah mata dengan cara meletakkan irisan strawberry di bawah mata selama 10 menit.

Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Serat yang tinggi namun rendah kalori yang terkandung dalam strawberry sangat bermanfaat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Anti inflamasi
Strawberry mengandung senyawa kimia alami fenol yang bermanfaat dalam melawan gangguan inflamasi seperti osteoarthritis, asma dan aterosklerosis dengan cara menghambat enzim Cyclooxygenase (COX), cara yang sama seperti aspirin dan ibuprofen lakukan. Namun tidak memberikan efek samping yang tidak diinginkan seperti pendarahan pada usus.

Anti kanker
Kombinasi antioksidan dan sifat anti inflamasi seperti vitamin C dan vitamin A dan E serta folat dan flavonoid yang terkandung dalam strawberry dapat membantu melawan berbagai bentuk kanker. Senyawa asam ellagik dan kuersetin yang ada dalam strawberry juga  dapat menghambat pertumbuhan kanker.

Menjaga sistem kekebalan tubuh
Vitamin C yang tinggi dalam strawberry bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit.

Menjaga kesehatan tulang
Nutrisi yang terkandung dalam strawberry seperti kalsium, vitamin K dan magnesium sangat penting untuk kesehatan tulang. Begitu juga dengan mangan yang baik untuk tulang, membantu membangun dan menjaga struktur tulang.

Mencegah hipertensi
Strawberry banyak mengandung kalium dengan natrium yang rendah baik untuk mengatur tekanan darah tetap stabil. Satu gelas strawberry atau 8 buah strawberry  mengandung 270 mg kalium, yang merupakan salah satu mineral yang disarankan ada dalam menu makanan bagi orang yang ingin menurunkan tekanan darah.

Memutihkan gigi
Strawberry dipercaya sebagai salah satu buah yang dapat memutihkan gigi, karena kandungan asam malatnya yang berperan dalam mengikis dan menghilangkan noda pada permukaan gigi. Dengan mengunyahnya setiap hari dapat membantu menyehatkan mulut seperti memutihkan gigi, menghilangkan bau mulut dan membuat nafas menjadi lebih segar.

Alergi dan asma

Efek anti inflamasi dari kuercetin yang terkandung dalam strawberry dapat membantu meringankan gejala alergi seperti hidung meler, mata berair dan gatal-gatal. Kasus asma terjadi lebih rendah dengan asupan nutrisi tertentu, seperti vitamin C.

Menjaga kesehatan jantung
Strawberry yang kaya akan kandungan gizinya seperti serat, folat,vitamin B, antioksidan yaitu vitamin C dan flavonoid serta lemak yang rendah bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dan memperkuat otot jantung sehingga membantu fungsi jantung menjadi lebih baik.

Menjaga fungsi otak
Antioksidan seperti vitamin C dan fitokimia dalam strawberry dapat menjaga dan meningkatkan fungsi otak yang terkait umur. Kandungan yodium yang kaya juga membantu menjaga fungsi otak dan sitem syaraf.

Mengatur kadar gula
Strawberry memiliki indeks glikemik yang rendah dan tinggi serat, bermanfaat untuk membantu mengatur kadar gula darah agar tetap stabil. Studi menunjukkan makan sekitar 37 buah strawberry dalam sehari, secara signifikan dapat mengurangi komplikasi diabetes seperti penyakit ginjal dan neuropati. Kandungan fisetin dan flavonoid yang terdapat dalam strawberry mendukung kelangsungan hidup neuron tumbuh bersamaan dengan pencegahan komplikasi kedua ginjal.

Mengatasi stroke
Antioksidan kuersetin, kaempferol dan antosianin  dalam strwaberry membantu mengurangi pembekuan darah yang berbahaya terkait stroke. Kalium juga dapat menurunkan resiko stroke.

Kesehatan kulit
Strawberry yang kaya vitamin C, antioksidan, eksfolian dan asam salisilat berguna untuk kesehatan kulit seperti membersihkan kulit dengan jalan mengangkat kotoran, melembutkan kulit sehingga dapat menghilangkan kerut, memperbaiki jaringan yang terlibat dalam pembuatan kolagen dan memberi perlindungan terhadap polusi. Asam salisilat menghilangkan sel-sel mati dari wajah dan mengencangkan pori-pori sehingga dapat membersihkan jerawat. Asam ellagic merupakan antioksidan  yang menghilangkan kerusakan kulit dan mempertahankan keremajaan kulit.

Nah, banyak sekali ya manfaatnya. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, konsumsilah buahnya dalam keadaan segar. Meski buah ini manis manis asem manja dan nikmat, jangan berlebihan mengkonsumsinya ya. Karena yang berlebihan itu selalu tidak baik. Perhatian untuk yang menggunakan obat medis beta bloker. Beta bloker merupakan jenis obat yang paling sering diresepkan bagi penderita penyakit jantung yang berfungsi untuk meningkatkan kadar kalium dalam darah. Nah, karena strawberry mengandung kalium yang lumayan tinggi, maka penderita disarankan untuk berkonsultasi dulu ke dokter atau tenaga medis bila mau mengkonsumsi buah ini. Atau boleh mengkonsumsinya tapi dalam batas yang wajar, jangan sampai kebablasan ya. Begitu juga yang bermasalah dengan ginjal karena kandungan kalium yang berlebihan tidak baik.

Kandungan dan manfaat strawberry ini ane ambil dari berbagai sumber juga dari kehidupan sehari-hari. Selamat menikmati strawberry dan dapatkan manfaat dahsyat dari buah cantik ini ­čśŐ

Bir cevap yaz─▒n