Manisan Raspberry termahal 2,5 juta rupiah sekilo di Austria

482 Views

Pada edisi sebelumnya ane telah menuliskan tentang buah raspberry. Kali ini ane tertarik untuk menuliskan buah cantik, unik dan menggemaskan ini lagi. Maklum ya, yang cantik itu selalu ga membosankan untuk dibicarakan. Jadi kisahnya ane laporan nih ke pemirsa ­čśŐ

Ini semua karena oleh-oleh dari jalan-jalan ke Linz kemarin. Nemu buah raspberry beku kering di toko Reformstark Martin, kompleks Pluscity shopping center. Awalnya hanya sekedar liat-liat aja, syukur-syukur ketemu tepung tapioka dambaan ane. Tapi yang dicari ga ketemu, yang ada malah barisan kacang-kacangan, keping kelapa yaitu coconutflake sama kayak cornflake tapi dari daging kelapa, sirup murni dari buah-bauhan, chips buah-buahan seperti pisang kesukaan suami ane, apel dan cranberry dan ini dia.. raspberry yang beku dan kering, dalam bahasa Jermannya gefriergetrocknete himbeeren. Kita sebut aja chips atau manisan ya? ­čśŐ

Ada yang istimewa sama raspberry ini? Semuanya yang ada di toko ini istimewa kok, tapi yang bikin lebih istimewa adalah harganya yang fantastis ­čśŐKemasan isi 100 g dihargai 14,99 Euro atau sekitar Rp.254.800, kalo sekilo seharga 149,90 Euro atau sekitar Rp.2.548.000. Ane pake kurs terkini 1 Euro Rp.17.000. Sungguh, ini yang pertama kali ane liat manisan yang termahal dalam hidup ane, nemu di Eropa ­čśŐBandingin ma buah segarnya yang harga sekilo lebih kurang seharga 100 g manisan beku kering raspberry ini.

Bagaimana pemirsa, tertarik ga? Apalagi ya, raspberry ini emang kaya nutrisi dan kaya manfaat, terutama untuk kesehatan. Untuk jiwa dah jelas ya, buah ini bikin suasana hati ceria dan bahagia. Gimana ga, ranum dan harum gitu, rasanya juga unik khas manis manis asem manja dikit ­čśŐ

Ane ulang lagi sekilas profil raspberry ini ya.

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaaan : Plantae
Keluarga : Rosaceae
Marga : Rubus
Subgenus : Idaeobatus
Jenis : R. idaeus

Sekarang yuk kita liat kandungan gizinya

Kandungan gizi raspberry jumlah per 100 g

Kalori (kcal) 52
Jumlah lemak 0,7 g
Lemak jenuh 0 g
Lemak tak jenuh ganda 0,4 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,1 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 1 mg
Kalium 151 mg
Jumlah karbohidrat 12 g
Serat pangan 7 g
Gula 4,4 g
Protein 1,2 g
Vitamin A 33 IU
Vitamin B6 0,1 mg
Vitamin C 26,6 mg
Kalsium 25 mg
Zat besi 0,7 mg
Magnesium 22 mg
Raspberry juga mengandung vitamin K, asam folat, vitamin E dan mangan serta sejumlah kecil tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, fosfor, seng dan tembaga. Raspberry juga mengandung antioksidan alfa dan beta karoten, lutein, zeaxanthin dan kolin serta sumber polifenol yang kuat seperti antosianin, flavonol dan ellagitannin.

Nah, diliat dari kandungan gizinya yang lumayan banyak tentu buah yang bernama binomial Rubus idaeus ini banyak manfaatnya ya, tidak hanya sebagai cemilan yang menggugah selera tetapi juga manfaatnya untuk kesehatan. Sekarang yuk kita liat manfaatnya antara lain:

Menjaga kesehatan mata

Raspberry merupakan buah yang mengandung antosianin yang bisa membantu mempertajam penglihatan terutama disaat malam hari, meningkatkan sirkulasi di kapiler retina sehingga bisa mengurangi resiko retinopti pada penderita diabetes dan juga bisa memberikan perlindungan pada degenerasi makula.
Degenerasi makula adalah kondisi medis yang berkaitan dengan usia yang mempengaruhi penglihatan. Hal ini menyebabkan kehilangan penglihatan di titik tengah dari bidang visual akibat kerusakan retina.

Mengurangi resiko serangan jantung

Kandungan asam ellagic di dalam buah ini bisa membantu mengurangi serangan jantung karena asam ini akan menghilangkan kolesterol jahat dan mengurangi tekanan darah tinggi. Asam ellagic adalah komponen fitonutrein raspberi dengan zat penting seperti kaemferol, quercetin dan molekul berbasis cyanidin yang disebut cyanidin-3-rutinosida dan cyanidin-3-glucosylrutinoside. Asam salisilat yang terdapat dalam raspberry juga bisa membantu aterosklerosis dan penyakit jantung.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan antioksidan dan vitamin A dan vitamin C  yang tinggi serta vitamin E pada raspberry sangat baik untuk membuat kulit lebih bersinar dan kencang, memperbaiki sel kulit, mengurangi radikal bebas yang ada di dalam tubuh, sehingga bisa terhindar dari penuaan dini seperti keriput dan bintik-bintik coklat hitam di wajah.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Raspberry yang kaya akan antioksidan tidak hanya untuk menjaga kesehatan kulit tetapi juga memperkuat sistem kekebalan tubuh hingga tidak mudah terserang penyakit.

Menjaga kadar gula darah

Meskipun buah ini terbilang manis dengan kandungan gula 4,4 g dalam 100 g buah raspberry, tetapi buah ini sangat efektif digunakan sebagai pengendali gula darah. Ini karena adanya zat adinopekten yang berasal dari keton yang berguna untuk mengontrol gula darah, sehingga sangat baik untuk pasien penderita diabetes tipe 2.
Adanya indeks glikemik yang rendah juga sangat baik untuk penderita diabetes. Indeks glikemik ini bisa menghasilkan karbohidrat yang secara perlahan memecah dan memperlambat pelepasan gula dalam darah juga menyebabkan rendahnya permintaan insulin dari tubuh.

Membantu proses metabolisme

Buah raspberry kaya akan serat yang akan memperlambat pencernaan sehingga kita merasakan kenyang lebih lama. Sementara kandungan mangan yang ada pada buah ini akan membantu membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Sehingga selain membantu proses metabolisme buah ini sekaligus bisa menjaga berat tubuh kita.

Melawan kanker

Buah raspberry memiliki zat fitonutrein yang dipercaya mengurangi peradangan dan mengubah perkembangan dan juga reproduksi sel-sel kanker. Beberapa kandungan fitonutrein seperti ellagitannins bisa mengurangi jumlah sel kanker.

Mencegah kerusakan hati

Kandungan dari keton raspberry akan membakar lemak yang ada di hati. Buah ini bisa mencegah terjadinya kerusakan sel dan hati dan membantu mencegah pembentukan plak yang ada di dinding jantung yang bisa menyebabkan kanker hati.

Mendetoksifikasi tubuh

Raspberry merupakan detoks alami untuk tubuh. Kandungan antioksidannya yang tinggi berguna untuk membantu pembuangan zat tubuh yang tidak diinginkan, terutama dari polusi dan makanan.

Wow.. mantap ya. Buah yang dibuat dalam bentuk beku kering ini ga terlalu pengaruh dalam pengurangan nutrisinya. Paling kadar airnya yang berkurang ya. Jadi kalo pemirsa jalan-jalan ke Austria, recommanded banget nih untuk mencicipi manisan termahal ini, biar ga penasaran ­čśŐ

Bir cevap yaz─▒n