Kacang hijau1kg Rp.159.000 di Austria, obat kolesterol dan diabetes

957 Views

Kacang hijau adalah sejenis palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi.

Bagian paling bernilai ekonomis adalah bijinya. Biji kacang hijau direbus hingga lunak dan dimakan sebagai bubur atau dimakan langsung.  Kacang hijau kalo direbus cukup lama akan pecah dan pati yang terkandung di dalam bijinya akan keluar dan mengental menjadi semacam bubur.

Bubur kacang hijau ini ternyata penganan yang manis cantik nikmat asli Indonesia lho. Wah, pantes suami ane yang orang dari belahan dunia lain ga tau yang namanya bubur ini. Jangankan bubur, kacang hijau aja beliau ga tau. Saat ane bilang mau cari kacang hijau untuk dibikin bubur, beliau tanya bubur itu seperti apa, gimana cara bikinnya, cara makannya. Hmmm..

Biji matang kacang hijau  yang digerus dijadikan isi onde-onde, bakpau dan gandasturi. Nah, kalo di kampung halaman ane bakpau ini namanya mohok 😊 Kalo emak ane suka bikin kumbu, nama lain gandasturi yaitu isi kacang hijau yang dihaluskan ditambah sedikit gula dan digoreng dengan kulit tepung beras tipis aja hingga isiannya nampak bernas 😊

Kecambah kacang hijau menjadi sayuran yang umum dipakai di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara, dikenal sebagai tauge. Tepung biji kacang hijau, yang disebut di pasaran sebagai tepung hunkue, digunakan dalam pembuatan kue-kue dan cenderung membentuk gel. Nah, lagi-lagi kalo di kampung halaman ane dibikin semacam agar, ntar dimakan dengan kuahnya atau saosnya yang terbuat dari campuran santan, gula merah dan daging durian yang dimasak. Hmmm, yummy. Ga kalah endeuss emak ane bikin penganan dari tepung hunkue ini dengan cara direbus membentuk gel atau agar, setelah padat dipotong-potong dan dimasukin ke freezer kulkas. Taraaa.. jadilah es krim manis dingin-dingin manja😊Tepung ini juga dapat diolah menjadi mie yang dikenal sebagai soun.

Kalo belanja di supermarket langganan ane, Hofer Markt, Penny, Billa ataupun di Adesse Markt, yang namanya kacang hijau itu langka banget. Yang ada malah kacang yang fisiknya sama seperti kacang hijau kecil mungil tapi berwarna merah, ada bintik hitam ditengah😊Tapi bukan kacang merah yang kidney beans itu ya.. Kalo kacang merah yang bernama kidney beans ini meskipun ada juga termasuk langka di sini.

Nah, saat kita belanja di Reformstark Martin Markt di kota Linz, baru deh ketemu kacang hijau. berdampingan dengan kacang-kacangan lainnya. Dikemas plastik per 500 g, kacang hijau ini dihargai 4,69 Euro atau kalo dirupiahin sekitar Rp.79.000, jadi sekilonya  berkisar Rp.159.000. Oh, pantes aja kecambah di Austria mahal, karena bahan bakunya aja dah segini harganya 😊Tapi ini bagi orang Indonesia yang memiliki kacang hijau berlimpah dan asli produk lokal ya, kalo bagi orang Austria harga segini normal karena disamping nilai rupiah kita yang kebanting parah ma Euro juga ketersediaan kacang hijaunya yang terbatas 😊

Ok, sekarang kita liat yuk profil kacang hijau ini

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Fabales
Famili : Fabaceae
Genus : Vigna
Spesies : V. radiata

Selanjutnya kita liat yuk kandungan gizinya

Kandungan gizi

Kacang hijau
Jumlah per 100 g

Kalori (kcal) 347
Jumlah lemak 1,2 g
Lemak jenuh 0,3 g
Lemak tak jenuh ganda 0,4 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,2 g
Kolesterol 0 g
Natrium 15 mg
Kalium 1246 mg
Jumlah karbohidrat 63 g
Serat pangan 16 g
Gula 7 g
Protein 24 g
Vitamin A 114 IU
Vitamin B6 0,4 mg
Vitamin C 4,8 mg
Kalisum 132 mg
Zat besi 6,7 mg
Magnesium 189 mg
Selain itu kacang hijau juga mengandung sejumlah vitamin B kompleks seperti vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), niasin, asam amino, vitamin E dan K, mineral fosfor, tembaga, mangan  dan silikon.

Sekarang yuk kita bahas kandungan gizi yang penting yang terdapat pada kacang hijau antara lain:

Vitamin A

Kandungan vitamin A pada kacang hijau bersifat anti oksidan untuk membantu menurunkan kolesterol, mengobati penyakit jantung serta kanker. Vitamin A juga terkenal dapat mencegah penuaan dini seperti kulit keriput, kusam, garis-garis halus , bintik-bintik gelap serta kulit kering.

Vitamin C

Vitamin C yang dimiliki oleh kacang hijau bisa membantu mengobati luka dan mencegah penyakit kanker. Sifat anti oksidan dari vitamin C ini juga bisa membantuk mengurang resiko berbagai penyakit.

Vitamin K

Vitamin K diperlukan tubuh untuk mempercepat sistem pertumbuhan, merangsang pembekuan darah setiap kali ada luka atau cedera untuk mencegah kehilangan darah lebih banyak dan meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh yang akan membantu meningkatkan kekuatan serta kepadatan tulang.

Mangan

Mangan yang terdapat pada kacang hijau berguna untuk mengurangi tanda-tanda osteoporosis serta membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Serat

Kandungan serat yang banyak terdapat dalam kacang hijau bisa membantu memperlancar proses pencernaan sehingga dapat mengatasi masalah sembelit, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, mengatur kandungan gula darah untk penderita diabetes. Dengan kandungan serat yang tinggi ini, kacang hijau merupakan pilihan yang tepat dalam menu diet

Silikon

Kacang hijau juga terkenal memiliki kandungan silikon sehat yang diperlukan oleh tubuh yaitu membantu meningkatkan kesehatan jaringan ikat serta kekuatan tulang

Sumber protein

Kacang hijau merupakan sumber protein nabati yang memiliki asam amino yang lengkap.

Rendah karbohidrat

Kandungan rendah karbohidrat dalam kacang hijau sangat baik untuk program diet serta pembentukan tubuh atau muscle building.

Lemak sehat

Asam lemak esensial yang terdapat pada kacang hijau yaitu omega 3 (0,9 mg/100 g) dan omega 6 (119 mg/100 g). Omega 3 adalah asam lemak yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Nah, banyak sekali ya kandungan gizi. Tentunya kandungan gizi ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan seperti yang telah dibahas ini. Kita simak sama-sama lagi lebih mendalam yuk antara lain manfaatnya antara lain :

Mengatasi anemia

Kandungan zat besi pada kacang hijau merupakan yang tertinggi di antara jenis kacang-kacangan yang lain sangat bermanfaat untuk mengatasi anemia yaitu kurang darah.

Menjaga berat badan

Kacang hijau bermanfaat untuk yang sedang dalam masa diet karena kandungan serat yang tinggi tapi rendah kalori dan rendah lemak yang terdapat pada kacang hijau ini. Serat ini membuat kita merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar hingga dapat menjaga berat badan tetap stabil.

Untuk ibu hamil serta janin.

Kandungan protein dalam kacang hijau sangat bermanfaat untuk perkembangan sel. Kandungan  vitamin B1, B2, asam folat, karbohidrat, lemak tak jenuh, kalsium dan fosfor juga baik untuk kesehatan ibu dan janin. Zat besi yang dimiliki kacang hijau membantu meningkatkan kesuburan. Ibu yang sepanjang kehamilan rajin menkonsumsi kacang hijau umumnya memiliki bayi dengan rambut lebat.
Kandungan asam folatnya juga dibutuhkan untuk ibu hamil, untuk melindungi bayi dari masalah cacat tabung syaraf.
Kacang hijau menyediakan sekitar 10% dari kebutuhan asam folat dan 6% zat besi dari kebutuhan hariannya.

Makanan Pendamping ASI

Makanan Pendamping ASI atau MP-ASI umumnya diberikan pada bayi berumur 6 bulan. Makanan yang paling dianjurkan adalah kacang hijau. Kandungan vitamin B kompleks yang terdapat dalam kacang hijau membuat perkembangan bayi lebih optimal.

Mengurangi kolesterol

Konsumsi kacang hijau yang teratur dapat mengurangi kandungan kolesterol yang ada pada tubuh karena kandungan seratnya yang tinggi dan mudah larut, kandungan kalori yang rendah serta adanya kandungan lemak tak jenuhnya.

Diabetes

Kacang hijau yang memiliki indeks glikemik rendah dapat menyebabkan kadar gula menjadi normal, sangat baik dikonsumsi penderita diabetes.

Mengurang keluhan pasca Menopause

Kacang hijau mengandung nutrisi isoflavon, yang merupakan kelompok fitoestrogen yang bersifat estogenik alami. Mengkonsumsi kacang hijau sejumlah 90 mg fitoestrogen sehari akan membantu wanita yang sedang mengalami transisi menopause sehingga mencegah osteoporosis dengan cara merangsang pembentukan tulang.

Mengurangi resiko kanker

Kacang hijau mengandung klorofil yang tinggi yang mampu memblokir efek karsinogenik yang menyebabkan kanker, biasanya terdapat pada masakan(daging, ikan) yang dipanggang cenderung hangus

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat dalam kacang hijau dapat menyerap lemak sehingga tidak menjadi plak dalam pembuluh darah yang menjadi penyebab penyakit jantung serta stroke. Kacang hijau juga kaya akan senyawa flavonoid, yaitu anti oksidan polifenol yang umum terdapat dalam buah-buahan dan sayur mayur. Senyawa ini memiliki sifat anti inflamasi yang mencegah pembekuan darah di arteri dan vena dan aktivitas trombotik

Memperkuat tulang

Mineral kalsium dan fosfor yang terkandung dalam kacang hijau penting untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, membantu perkembangan tulang dan gigi pada anak-anak dan mencegah osteoporosis pada orang dewasa. Kandungan silikon serta vitamin K yang tinggi juga baik untuk kesehatan tulang. Silikon penting dalam regenerasi tulang dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Vitamin K penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dengan mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium.
Satu cangkir kacang hijau memberikan 14,4 mikrogram vitamin K (hampir 20% dari kebutuhan harian) serta 4% kalsium.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan gizi yang tinggi pada kacang hijau dapat menjaga kesehatan kulit, menghilangkan bekas cacar dan jerawat serta melembutkan kulit dan mengambil sel kulit mati. Kacang hijau yang dibuat sebagai lulur menjadikan kulit terlihat lebih putih, bersih dan halus

Membantu meningkatkan penyerapan nutrisi

Kacang hijau yang dibuat kecambah memiliki kandungan enzim-enzim aktif dan vitamin B1 untuk meningkatkan penyerapan nutrisi pada sistem metabolisme tubuh serta membantu kondisi tubuh.

Mencegah serangan radikal bebas

Kandungan anti oksidan yang tinggi pada kacang hijau membantu tubuh untuk mencegah serangan radikal bebas sehingga dapat melindungi tubuh dari resiko terserang penyakit.

Untuk kesehatan mata

Vitamin A yang tinggi pada kacang hijau membantu mengatasi masalah yang berkaitan dengan mata, seperti mata lemah dan pandangan kabur. Kandungan lutein dan zeaxanthin mencegah stress pada kerja bagian dalam mata. Rebus kacang hijau dan meminum airnya membantu kesehatan mata.

Menyehatkan rambut

Mengkonsumsi kacang hijau atau air rebusannya secara teratur dapat memberikan nutrisi rambut dari dalam, membantu menormalkan hormon yang mengatur perkembangan pada rambut karena kandungan zink didalamnya, sehingga dapat mengatasi permasalahan rambut seperti rambut rontok.

Nah, banyak sekali manfaatnya ya. Meski banyak manfaat, mengkonsumsinya jangan berlebihan ya. Karena yang berlebihan itu selalu ga baik buat kesehatan. Kacang hijau emang ga punya efek samping yang beresiko buat kesehatan, tapi kacang hijau mengandung asam  oksalat, yaitu zat alami yang juga ditemukan pada jenis tanaman serta hewan tertentu. Saat  terakumulasi dalam cairan tubuh akan mengakibatkan komplikasi kesehatan, seperti  mengkristal sebagai oksalat atau batu di saluran kemih. Oksalat juga dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh. Jadi mohon perhatian untuk yang bermasalah dengan ginjal dan empedu serta memiliki riwayat batu di dalam saluran kemih agar tidak mengkonsumsinya berlebihan ya..

Agar nutrisi kacang hijau juga tetap terjaga baik, perhatikan proses memasaknya. Setiap 100 g porsi kacang hijau mentah memiliki sekitar jumlah yang sama dari protein, vitamin B, vitamin A dan E, Namun setelah melalui proses perebusan, kacang hijau kehilangan 30% kalium, besi dan magnesium serta 20% kandungan vitamin C. Jadi sebaiknya perebusan kacang hijau tidak memakan waktu yang terlalu lama.

Ok deh, selamat menikmati kacang hijau olahannya ya dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.

 

Bir cevap yazın