Jus dan smoothie ala Austria, dengan jahe, kunyit, lidah buaya, cabe dan lada hitam

1.472 Views

Yang bener nih.. Ya, kenapa ga. Orang Barat tau rempah-rempah warisan nenek moyang kita ini bermanfaat banget buat kesehatan. Kalo pemirsa bosan  minum air putih, jus dan smoothie layak dicoba. Kenapa harus minum air putih? Jadi pengen tau, penting ga sih? Ada ga dari kita yang tiba-tiba merasa sakit kepala, denyut nadi meningkat, tekanan darah anjlok atau badan terasa 5 L, letih, lesu, lelah, lemah dan lemas? Penyebabnya bisa jadi hal sepele seperti kurang minum atau kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Tubuh kekurangan cairan bisa juga menyebabkan daya ingat dan konsentrasi menurun bahkan sulit buang air besar. Hhhh.. jadi ingat iklan Aqua. Tapi emang benar kok .. Jadi jangan anggap remeh kekurangan cairan ya😊

Sekitar 55-75% tubuh kita adalah cairan. Di dalam tubuh terdapat darah dan banyak sel yang lain, sel-sel otot dan organ tubuh seperti paru-paru, otak dan jantung. Fungsi utama air adalah membawa zat nutrisi seperti karbohidrat, vitamin dan mineral serta oksigen ke dalam sel tubuh. Air juga adalah pelarut, pelumas, pengendali suhu dan penyedia garam mineral. Tapi jangan asal minum ya. Kualitas air minum harus memenuhi standar kesehatan untuk mencegah masuknya bakteri dan mikroba berbahaya. Air layak minum adalah air yang sudah dimasak dalam suhu 100°C atau yang sudah melalui metode penyinaran seperti pada air minum kemasan.

Selain air minum, kita juga bisa mengkonsumsi cairan lain seperti jus dan smoothie. Apalagi yang ga suka makan buah dan sayur ya.. padahal dah jelas buah dan sayur banyak manfaatnya. Jadi gimana dong buat yang ga suka buah dan sayur ini? Kasihan ntar kurang nutrisi 😊 Nah, agar tetap dapat manfaatnya, harus dipaksa tuh makan buah dan sayur. Cara yang manis manja juga praktis ga perlu tenaga besar ya dengan di jus atau dismoothie ini. Rugi lho kalo ga mengkonsumsi buah dan sayur. Ibarat pepatah, orang dah sampai planet Mars, kita masih jalan di tempat aja 😊

Nah, waktu kita cuci mata ke pusat perbelanjaan Pluscity di Linz, ane ketemu bar jus dan smoothie o’mellis, bar tempat menjual jus dan buah asli milik orang Austria. Mantapnya, mereka juga menambahkan bahan-bahan alami yang tentunya ga asing buat kita orang Indonesia, seperti jahe, kunyit, lidah buaya, cabe dan lada hitam. Nah lho baru tau, bule doyan juga yang beginian, jus dan smoothie dicampur bahan-bahan peninggalan nenek moyang kita. Kirain hanya doyan alkohol aja 😊

Tapi ngomong-ngomong apa sih jus dan smoothie itu? Sama aja atau beda ya? Yuk kita simak bersama-sama.

Jus adalah cairan murni yang dihasilkan dari proses pemerasan buah/ sayur. Sedangkan smoothie adalah bubur buah/ sayur dengan tekstur lebih kental dari jus. Tapi masih aja kita sering keliru menyebutkan kedua minuman sehat ini. Termasuk ane awalnya juga ga tau 😊Kadang-kadang keduanya sama aja disebut jus, sepintas juga fisiknya rada-rada sama, serta sama-sama bermanfaat untuk kesehatan.

Kata smoothie emang ga sepopuler jus, mungkin karena katanya yang berbau asing kali ya 😊 Jus aja baru populer di tanah air kita sejak awal tahun 1990 dan semakin populer hingga  akhirnya dah ga asing dengan kehidupan kita sehari-hari. Mudah dibikin, mudah ditemui apalagi bagi yang suka jajan di luar seperti di warung-warung, cafe-cafe dan resto 😊

Untuk menghasilkan cairan murni/ sari buah atau sayur, kita tinggal memerasnya secara langsung atau menggunakan juicer extractor. Kalo untuk smoothie, semua bahan dimasukkan dalam blender kemudian diproses sampai halus. Hasilnya tekstur kental, creamy dan membuat perut kenyang.

Jus memiliki kandungan serat rendah sehingga lebih cepat diolah oleh tubuh untuk kemudian mengalirkannya melalui aliran darah. Ini sangat bermanfaat banget untuk sistem kekebalan tubuh karena langsung diterima sel-sel tubuh tanpa proses penyaringan. Adanya vitamin dan mineral dalam jus ini juga berguna untuk nutrisi penyembuhan alami. Jadi kalo mau memperoleh nutrisi, vitamin dan mineral yang dapat diserap langsung oleh sel-sel tubuh, jus adalah pilihan yang tepat.

Lebih lengkapnya yuk kita simak manfaat jus ini, antara lain :

1.Mengandung enzim yang penting untuk sistem saluran pencernaan dan sistem penyerapan gizi yang terkandung dalam makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.
2. Kaya akan kandungan kalium dan sedikit natrium untuk mencegah kanker, mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan pembuluh darah jantung.
3. Kandungan karoten dari jus buah dan sayur yang berwarna kuning, ungu, merah dan hijau dan vitamin C juga E berfungsi sebagai anti oksidan yang melawan pertumbuhan sel kanker dan menangkal serangan radikal bebas, yang bisa berasal dari asap rokok, polusi, bahan kimia dan sinar matahari yang merusak.
4, Adanya kandungan flavonoid di dalam buah dan sayur bermanfaat untuk mencegah zat penyebab kanker dan bersifat anti virus, anti bakteri, anti alergi dan sebagainya
5. .Jus segar dapat menyerap protein, karbohidrat dan asam lemak essensial, vitamin dan mineral dengan mudah.
6. Jus segar sebagai bagian dari diet seimbang membantu mengontrol kadar gula. Kalo kita tetap dengan jus yang diperas dan tidak dikemas, kita terhindar dari banyak gula tambahan.
7. Alternatif minuman bernutrisi dan lebih sehat karena tanpa tambahan gula dan pengawet.
8. Pengganti cairan juga untuk meningkatkan asupan cairan serta sebagai lawan dehidrasi karena efek kopi, soda atau alkohol.

Tapi perlu diingat ya pemirsa, jus tidak mengganti makanan, bukan salah satu alternatif sehat untuk makanan sehat ataupun cocok sebagai pengganti asupan makanan utama. Jus yang dalam bahasa Jermannya adalah saft  hanya menyediakan jumlah protein yang sederhana aja. Misalnya kita bikin jus jeruk, atau jus seperti yang sedang ane konsumsi ini 100% dari jeruk asli, yang ada protein dalam jus jeruk ga cukup untuk memenuhi asupan harian kita akan protein, begitu juga misalnya jus kangkung atau seledri aja😊

Minum jus adalah alternatif bagi pemirsa yang ga suka buah-buahan dan sayur-sayuran, sehingga makan buah ataupun sayur menjadi praktis. Dengan mencampur sayur ke dalam buah di dalam blender, maka rasa sayur akan termanipulasi oleh buah-buahan yang umumnya memiliki rasa dan aroma yang dominan enaknya dibanding sayuran.

Dalam jus hanya terdapat sari buah/ sayur karena kita ga ambil ampasnya, padahal masih banyak lho serat diampasnya tersebut. Jus mengurangi jumlah serat yang terkandung di dalam buah/sayur. Serat masih sangat dibutuhkan untuk membantu pencernaan. Karena jus adalah minuman, bukan makanan maka kita masih akan merasa lapar 😊

Jus juga ga bisa disimpan terlalu lama karena akan kehilangan nutrisinya. Jadi sebaiknya dibuat segar dan diminum sesegera mungkin atau ga lebih dari satu jam setelah dibuat.

Nah, kalo smoothie lebih kompleks. Smoothie kaya akan serat tak larut. Berguna untuk membersihkan kotoran pada sistem pencernaaan hingga kita bisa terhindar dari masalah susah buang air besar. Teksturnya juga kental dan creamy karena memang berasal dari bahan-bahan yang dihaluskan sehingga lebih mengenyangkan perut. Baik banget untuk menurunkan berat badan karena sifatnya yang membuat perut kenyang dan lapar lebih lama. Jadi kalo mau minuman sehat pengganti asupan makanan padat yang kaya akan serat, lemak sehat dan vitamin, maka smoothie menjadi pilihan kita.

Akan tetapi mengkonsumsi smoothie juga tidak boleh berlebihan karena memicu penimbunan lemak, apalagi kalo ada tambahan es krim dan mengkonsumsinya sesudah sarapan. Maksud hati diet mau menurunkan berat badan, yang ada malah menambah berat badan 😊

Agar ga bosan, kita bisa menikmati keduanya secara bergantian, mencoba aneka resep untuk mulai menjalani pola hidup sehat. Boleh liat resep di o‘mellis juga tuh, mantap kan atau kalo lagi liburan ke Austria, coba nikmati minuman menyehatkan dan menyegarkan ini. Jus dan smoothie di o’mellis ini dibikin dari buah segar dan masak lho, sehingga sangat manis dan lezat, ga perlu pake gula meski hanya sedikit. Karena pada dasarnya buah segar dan masak itu emang dah mengandung gula alami dan juga kalori 😊

Bahan-bahannya antara lain buah-buahan dan sayur mayur asli dari padang rumput dan perkebunan Austria seperti apel, wortel, seledri, bit, pir, ceri, sroberi, raspberry, anggur dan bayam (ini adalah istilah mbah google untuk spinach). Jus dan smoothie ini ada yang dibikin segar maupun keluaran pabrik yang dah dikemas. Krim pertama di perusahaan keluarga ini adalah jeruk, kiwi dan pisang. Yang dibikin segar sama seperti yang kita bikin di rumah, tanpa pengawet atau ga diawetkan dengan pemanasan dan pasterurisasi. Iyalah, kalo dipanaskan bisa membunuh vitamin dan zat gizi yang terdapat pada jus dan smoothie ini, jadi lebih difokuskan dengan diblender, di cangkir dan mulut kita 😊

Slogannya, itu o’mellis, itu minuman cepat saji, bukan makanan cepat saji. Mereka ga merahasiakan kok resep-resepnya, semua terpampang jelas di dinding bar jus dan smoothie mereka. Bahkan kalo kita ga suka ma resepnya, kita bisa request jus atau smoothie yang kita suka dan inginkan. Kalo tertarik bisa dicoba tuh di rumah. Tapi jangan kaget ya kalo ada nemu resep dengan garam, cabe dan lada hitam.. mungkin bagi orang Barat yang begini ini lebih eksotik kali ya 😊

Harganya bervariasi dari ukuran cangkir yang S, M sampai L.  Hmm, seperti ukuran baju aja ya. Dari harga 2,69 Euro per cangkir atau setara dengan Rp. 45.000 sampai dengan harga 5,29 Euro atau Rp.90.000. Nah, kalo mau ditambah lidah buaya atau jahe kena biaya lagi nih berkisar 0,5 Euro atau Rp.8500 sampai ke 2 Euro atau Rp. 34.000. Wow..

Ok, sekarang kita liat yuk jenis dan jus apa aja yang mereka bikin di sini. Nama-namanya sebagian dah ane terjemahkan ke bahasa Indonesia, biar lebih nyaman bacanya 😊Untuk buah smoothie ada bermacam-macam, mereka ga mensmoothienya per buah, tapi campuran beberapa buah lengkap dengan nama-nama minumannya, antara lain :

Buah Smoothie
Ibiza
Smoothie multivitamin
Saint Tropez
Pepaya, grapefruit, wortel, nanas
Koh Samui
Pisang, coco, nanas, jeruk
Bora Bora
Buah gairah (mungkin maksudnya yang bikin hangat tubuh ya 😊), mangga, nanas, lemon, jeruk
Honolulu
Nanas, mangga, pisang, kiwi, jeruk, bayam (spinach, bayamnya orang luar, ga sama seperti bayamnya Indonesia. Bayam dan spinach ini masih satu keluarga, tapi lain jenis)

Nah sekarang ke smoothie susu
Ratu Berry
Raspberry, pisang, coklat terang atau gelap, susu, es krim
Schok’Oh, Nyonya
Stroberi, pisang, coklat terang atau gelap, susu, es
Raja Kelapa
Pisang, susu, coco, es krim
Sir Cara Mel
Pisang, susu, karamel, es krim
Tuan Schok, oh
Pisang, susu, coklat tua, es krim

Kalo smoothie yogurt beku, ini dia variannya :
Acai manis
Acai, berry mix, apel, yogurt beku rendah lemak
Heartbreaker
Mangga, markisa, jeruk, yogurt beku rendah lemak
50 Shades of Brown
Biscuit speculoos, pisang, susu, karamel, chai, yogurt beku
Selamat Menggoda
Raspberry, pisang, jeruk, yogurt beku rendah lemak

Makanan super smoothie
Pesona beruntung
Muesli, pisang, santan, susu, coklat mentah, sirup maple, es krim
Sportskanone
Seledri, mentimun, bayam, peterseli, apel, lemon, mint, biji chia, es krim
Ratu kecantikan
Rami, muesli, campuran berry, pisang, acai, jeruk, apel, es krim
Pembangkit tenaga listrik
Mentimun, bayam, alpukat, mint, apel, protein rami, maca, es krim
Master of Chi
Alpukat, nanas, apel, jahe, mint, garam cabe, jelai/wheatgrass, es krim
Miss World
Protein vanila, campuran berry, pisang, susu, es krim
Tuan Universe
Muesli, protein vanila, pisang, susu, es krim

Smoothie hijau
Rumput Hopper
Wheatgrass, apel
Burung Purba
Selada burung, markisa, pisang, jahe, pir, kunyit, lada hitam, es krim
Green Garden Detox
Zucchini, lemon, apel, pir, peterseli, jahe, es krim
Energi Hijau
Nanas, selada burung, lemon, mint, apel, es krim
Lili liar
lidah buaya, pir, peterseli, kiwi, apel, seledri, bayam, es krim
Pembersih tubuh
Mentimun, nanas, peterseli, mint, jeruk, es krim

Smoothie khusus anda
Di sini mereka mencampur buah dan sayur segar sesuai selera kita

Nah, sekarang untuk jusnya ada bermacam-macam juga, dari murni sampai ke campuran

Jus

100% jeruk bali
100% apel
100% wortel
100% orange

Campuran jus
Panas dan sehat
Wortel, apel, jeruk, lemon, kunyit, lada hitam
Anti flu
Apel, jeruk, lemon, jahe
Wake Up Call
Wortel, apel, bit, jahe, seledri
Detoks ane
Mentimun, apel, seledri, garam cabe, mint
Terbakar
Bit, apel, jahe, garam cabe
Don Vito
Apel, wortel, orange

Perusahaan ini sekarang ada 11 cabang di seluruh Austria, kebanyakan berada di kota Wina, sisanya di Vosendorf, Linz dan Salzburg.

Nah, gimana pemirsa.. merasa tertarik dengan jus dan smoothie ini? Silakan mencoba dan dapatkan manfaatnya ya. Yang jelas kita jangan sampai kekurangan cairan, ga cantik dong jadinya, nyusahin orang akhirnya kalo dah sakit, apalagi sakit yang lebay begini hanya gara-gara kurang minum 😊 Hadeuh.. ga la ya. Minum sangat penting. Kalo belum mau jus dan smoothie, minum air putih aja pun dah cukup. Tapi kalo mau manfaat lebih, ya itu tadi, konsumsilah buah-buahan dan sayuran segar. Ok deh pemirsa..

Bir cevap yazın