Jadwal waktu sholat di Austria menjelang berakhirnya musim dingin

988 Views

Waktu cepat sekali berlalu. Rasanya baru aja kemarin ane nemu musim panas dengan jadwal waktu sholat yang bikin ane terkaget-kaget, maklum baru nemu yang begini kali pertama dalam idup ane. Saat itu waktu sholat subuh dimulai pukul 4 kurang, pagi-pagi buta banget, trus maghribnya yang pukul 9 lewat malam dan isyanya setengah 11 malam.

Begitu juga saat ane dan suami balik dari dolan-dolan di Turki lewat jalan darat, kita mampir di POM bensin yang ada supermarket buat beristirahat sejenak. Ane tanya ma mbak kasir pukul berapa sekarang, soalnya di jam hp ane masih pukul 5 tapi hari dah gelap banget. Ternyata emang benar sama waktunya. Dan ternyata lagi kita memasuki musim dingin yang mana waktu dikurangi menjadi 1 jam (-1). Jadi jam dinding di rumah musti diakurin lagi.

Jadwal sholat di musim dingin juga berubah,  saat musim panas kemudian musim gugur waktunya berkejaran kadang sampai loncat 2-3 jam. Saat subuh di musim panas pukul 4 kurang, memasuki musim gugur berangsur-angsur melambat hingga mencapai puncaknya pukul 6 pagi di musim dingin 😊 Suami bilang ini biasa di Eropa karena posisinya di bumi. Beda dibandingkan Indonesia yang stabil ga berubah banyak karena terletak di daerah khatulistiwa.

Nah sekarang awal bulan Maret musim dingin akan segera berlalu. Masih ada sisa-sisa salju, kadang-kadang datang tapi ga lama. Sinar matahari mulai lebih sering hadir saat ini tapi tetap masih aja dingin kalo kita keluar ruangan. Ane nekat saat mo shopping ga pake jaket mengira sinar matahari cukup menghangatkan suasana. Tetapi yang terjadi malah ane yang menggigil kedinginan. Ya iyalah.. Eropa dilawan 😊

Mungkin pemirsa bertanya-tanya ya gimana ane tau jadwal sholat di negara non muslim ini. Apalagi di sini ga ada masjid, yang muslimnya hanya ane dan suami. Kangen azan itu dah pasti, setidaknya ada suara kokok ayam jantan kek pertanda subuh. Ga ada sama sekali. Mengheningkan cipta 😉

Untungnya zaman sekarang dah canggih ya. Tinggal pasang aplikasi jadwal sholat aja di hp. Maka setiap waktu sholat tiba, azan berkumandang dari hp ane. Bahkan hp berbunyi mengingatkan saat 45 menit menjelang azan tiba. Jadi kita bisa bersiap-siap sebelumnya. Tapi tetap tidak bisa menggantikan azan yang asli dari masjid. Tapi sekali lagi harus alhamdulillah, paling ga azan di hp mewakili panggilan untuk azan ini. Apapun itu, ga ada masjid, ga ada suara azan dari masjid bukan halangan untuk kita tidak beribadah kepada Allah ya..

Oya, masang aplikasinya mudah kok. Ini terutama untuk teman-teman muslim yang kebetulan lagi ada di Eropa ya atau bahkan menetap di negeri keju ini yang butuh jadwal waktu sholat.  Kalo ane menggunakan  aplikasi Islam Pro via internet. Untungnya meski kita lagi ga di area internet, suara azan tetap berkumandang kok dari hp, kecuali suara hpnya dimatiin.

Menjelang musim semi ini jadwal sholat berubah perlahan-lahan. Saat ini waktunya hampir sama seperti di Indonesia. Azan subuh berkumandang pukul 5 kurang dan terbit matahari setengah 7 pagi. Bayangin sebelumnya azan subuh pukul 6 dan terbit matahari pukul 8 pagi 😊 Bahkan suatu hari pernah ane kecele karena dah rutinitas yakin sholat subuh besok dimulai pukul 05. 30. Saat itu suara hp ane pada posisi ‘silent‘.  Ane lupa mengubahnya. Jadilah ane sholat Fajri dulu sebelum sholat subuh. Tapi azan yang ditunggu-tunggu kok ga datang juga ya. Saat ane liat hp ane, ya Allah ternyata azan subuh dimulai 10 menit lebih cepat dari kemarin 😊 Suami berusaha menenangkan ane kalo hal ini biasa terjadi di Eropa. Tapi tetap selanjutnya wanti-wanti jangan sampai kecolongan lagi.

Nah yang agak membedakan jadwal sholat dengan Indonesia adalah saat zuhur pada pukul 12.23. Kalo jadwal sholat zuhur ga banyak beda waktunya dibandingkan jadwal sholat lainnya seperti sholat asar dan maghrib bahkan isya. Jadwal sholat zuhur berkisar antara pukul 12 kurang sampai dengan pukul 1 siang.

Kalo sholat asar saat ini pukul 15.19 dan tiap hari jadwalnya berubah beberapa menit. Jadwal waktu sholat asar memiliki perbedaan waktu yang banyak seperti saat asar beberapa bulan yang lalu di musim dingin, jadwal sholat asar pukul 2 siang bahkan di musim panas kemarin pukul 19.00 😊Jadi kalo di Indonesia dah gelap di sini masih terang benderang.

Jadwal sholat maghrib juga ga beda jauh dengan Indonesia saat ini pukul 17.55, sebelumnya di musim dingin beberapa minggu yang lalu maghrib masih pukul 16.30. Beda jauh banget ya. Saat di Indonesia jam segini masih terang benderang, di tempat kita dah gelap gulita 😊

Begitu juga jadwal sholat Isya ga beda jauh dengan Indonesia. Saat ini dimulai pukul 19.15. Bayangin beberapa minggu sebelumnya waktu Isya dimulai pukul setengah 6. Beberapa hari ke depan jadwalnya juga akan maju bahkan bisa ampir pukul 8 malam. Nah tapi saat musim semi benar-benar telah tiba pada 20 an Maret maka waktupun akan ditambah satu jam.

Hmm.. ini bukan peraturan dari ane ya, tapi peraturan Eropa.  Setiap tahun waktu musim panas dimulai pada Minggu dinihari terakhir di bulan Maret dan berakhir pada minggu dinihari terakhir di bulan Oktober. Sebenarnya diantara rentang ini ada musim semi dulu di bulan Maret sampai dengan benar-benar musim panas pada bulan Juni sampai dengan Agustus, kemudian musim gugur pada September sampai dengan Nopember. Diikuti musim dingin yang dimulai pada Desember.

Sebenarnya waktu musim dingin itu adalah ril, sedangkan waktu musim panas itu adalah rekayasa. Penerapan waktu musim panas itu motivasinya adalah untuk menghemat energi dan uang.

Jadi nanti akhir Maret waktu di sini dengan Indonesia bagian barat (WIB) akan berbeda waktu menjadi 5 jam kembali, tidak lagi 6 jam. Kalo di Turki tetap tidak mengalami perubahan waktu seperti di Eropa. Beda waktu kita di Austria dengan di Turki menjadi 1 jam kembali.

Bagaimana dengan jadwal sholat ya, terganggu ga dengan adanya sistem seperti ini. Yang jelas waktu sholat diliat berdasarkan perubahan alam ya. Alhamdulillah selama ane di sini ga ada kendala berarti. Seperti kata kawan ane, yang penting dinikmati dan disyukuri. Semoga dimanapun kita berada selalu diberikan kemudahan dalam beribadah. InsyaAllah, amin. So, no excuse for sholat 😊

Bir cevap yazın