Hunting zaitun, buah surga ibuprofen alami, sampai ke Turki

2.176 Views

Zaitun, siapa yang ga kenal. Namanya selalu disebut orang bahkan diabadikan di dalam kitab suci umat Islam, Al-quran seperti di Q.S An-Nuur ayat 35, Q.S Al-An’am ayat 99 serta pada sebuah hadist. Buahnya disebutkan dalam hadist sebagai salah satu buah surga yang diturunkan Allah ke bumi. Ya, memang buah surga karena memang banyak manfaatnya untuk kebaikan umat manusia, terutama di bidang kesehatan.

Masih ada yang ga kenal ma buah zaitun? Kalo namanya ane yakin pasti kenal ya.. Tapi kalo wujud aslinya yang masih segar alami langsung dari pohonnya belum tentu ada yang kenal. Kita biasanya tahu buah zaitun yang sudah dalam bentuk kemasan atau dalam bentuk minyak untuk memasak. Ini aja ga terlalu familiar, karena selain produknya yang terbatas juga lebih mahal dibandingkan minyak yang biasa emak-emak pake untuk memasak yang berlimpah di Indonesia. Emak-emak tropis kebanyakan memasak kan dengan minyak sayur ya.. jarang pake minyak zaitun

Kalo di Timur Tengah dan Eropa masakannya memang kebanyakan pake minyak zaitun karena kebalikannyam emang produknya berlimpah di sana. Masak nasi pake minyak zaitun, bikin salad pake minyak zaitun, numis, goreng, lalap semua serba minyak zaitun. Sarapan aja pake buah zaitun,nah lho coba😊 Terbukti saat ane bersama suami ke Turki, sarapan pake buah zaitun. Ini adalah saat dimana pertama kali ane lihat sarapan pake buah zaitun 🙂

Nah kalo untuk kecantikan  emak-emak pasti tahu ya produk yang memanfaatkan zaitun, mulai dari body lotion, pelembab wajah, bibir, rambut hingga sabun mandi

Kalo liat buah aslinya dari pohon pernah ga? Pasti langsung jatuh cinta dan segera pengen memetiknya dan menkonsumsinya dengan penuh perasaan, seperti ane :). Bagaimana ga meleleh hati ngeliat buah-buah zaitun ungu biru kemerah-merahan dan ranum menggelayut manja di pohonnya seakan menyapa, petik kita dong 😊 Pertama kali liatnya juga ane langsung nafsu mau memakan buah zaitun ini langsung dari pohonnya. Kalo ga dicegah ma suami mungkin dah abis tuh buah zaitun berpindah ke perut ane 😊 Lho kenapa?

Boleh sih kalo mau mengkonsumsinya langsung, tapi jangan bayangin rasanya seperti anggur manis manjah gitu ya.. Rasanya ternyata agak pahit, sepet, getir dan pedas, kalo yang alergian bisa jontor bibir 😊 Ini karena keberadaan senyawa fenolik tirosol seperti oleuropein dan oleocanthal pada buah zaitun yang bertanggung jawab terhadap rasa pahit dan pedas

Buahnya kecil berupa buah batu (drupe), panjangnya 1-2,5 cm dengan biji memiliki endosperma. Buahnya berukuran lebih kurus dan kecil pada tanaman liar daripada buah hasil pembudidayaan.

Nah, saat ane ke Turki, kita dengan mudah menemui zaitun dimana-mana, dari pohonnya yang tumbuh di sepanjang jalan, kebon orang sampai halaman rumah, buahnya sampai produknya yaitu minyak zaitun. Kita jalan-jalan ke kebon zaitunnya di daerah perbatasan provinsi Manisa. Kita hunting zaitun, keliling kebon dan memetik buahnya, asli baru pertama kali ini ane liat buah zaitun yang segar ranum dan pohon-pohonnya dari yang rendah berumur muda sampai tinggi dan tua umurnya. Berember-ember ane menikmati cantiknya buah zaitun segar, dari yang masih hijau sampai yang ungu tua. Wow.. seru ya 🙂

Nah, begitu juga saat ke supermarket di Austria, baik supermarket punya orang Austria asli ataupun Austria keturunan, seperti supermarket Turki, kita mudah menemui buah zaitun dan turunannya. tapi sayangnya kalo di supermarket buah zaitunnya dah dalam bentuk kemasan, ga ada yang segar. Lha iyalah ya.. Sama seperti misalkan kita ga menemui buah kurma segar tapi adanya yang sudah diolah dalam bentuk kemasan 🙂 Nah, biasanya yang muda yang berwarna hijau lebih murah dibandingkan yang tua berwarna hitam.

Sebotolnya isi 720 g dihargai 2,99 Euro atau Rp.50.000. Ada juga sebotolnya 4,49 Euro atau Rp.75.000. Kalo yang sedang berwarna coklat krem 700 g seharga 6,49 Euro atau sekitar Rp.108.000. Kalo yang hitam kemasan botol 200 g seharga 1,99 Euro atau Rp.33.000, jadi kalo sekilo kira-kira Rp.165.000.

Ada juga dalam bentuk kemasan plastik yang bervariasi harganya tergantuk produk dan beratnya

Ok, kita kenalan dulu ya ma zaitun ini.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Lamiales
Famili : Oleaceae
Genus : Olea
Spesies : O. europaea

Deskripsi

Zaitun adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Zaitun mulai berbuah saat berumur 5 tahun dan usianya dapat mencapai ratusan tahun, sehingga yang tadinya tanaman perdu menjadi pohon besar.  Saat ane liburan di Turki dan main ke kebon zaitunnya, ane menemukan juga pohon zaitun yang dah berumur ratusan tahun ini.

Nah bagaimana proses zaitun hingga sampai ke konsumen dalam bentuk yang berbeda? Kita simak cara pengolahannya yuk..

Pengolahan

Zaitun dipanen saat masih hijau sampai sudah berwarna ungu. Buah zaitun hitam dalam kaleng mungkin mengandung bahan kimia ( Biasanya Fero Sulfat) yang menjadikannya berwarna hitam secara buatan. Nah, kalo ane kemaren bawa oleh-oleh zaitun warna hitam yang juga dah diawetkan langsung dari kebonnya. Ga tanggung-tanggung ada seember kemasan lebih dari 5 kg. Wow.. Banyak memang, biar puas mengkonsumsinya kali 🙂 Aapalgi suami memang penggemar berat buah zaitun

Kalo langsung dari kebun, mudah-mudahan sih aman mengkonsumsinya karena alami, ga dikasih bahan macam-macam, seperti bahan kimia, pewarna atau pengawet.

Kalo yang hijau ane liat cara bikinnya, buah zaitun yang masih hijau muda hanya direndam dalam toples kaca ma air garam, tiap hari air rendamannya diganti. Terserah mau dipake kapan, mau satu minggu ataupun dua minggu dari perendaman ok aja.

Oh ternyata begitu ya.

Eh, ngomong-ngomong emang benar banyak banget manfaatnya. Ga hanya sebagai cemilan yang asik juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Yang paling sering dimanfaatkan dari zaitun ini adalah buahnya. Sebelumya yuk kita cek kandungan gizi buah zaitun ini

Kandungan gizi

Zaitun
Jumlah per 100 g
Kalori (kcal) 115
Jumlah lemak 11 g
Lemak jenuh 1,4 g
Lemak tak jenuh ganda 0,9 g
Lemak tak jenuh tunggal 8 g
Kolesterol 0 g
Natrium 735 g
Kalium 8 g
Jumlah karbohidrat 6 g
Serat pangan 3,2 g
Gula 0 g
Protein 0,8 g
Vitamin A 403 IU
Vitamin C 0,9 g
Kalsium 88 g
Zat besi 3,3 g
Magnesium 4 mg

Selain yang disebutkan di atas, terdapat juga vitamin E, vitamin K dan mineral tembaga. Buah dan hasil ekstraknya yaitu minyak zaitun juga mengandung asam lemak dan fitonutrein yang baik untuk kesehatan dan kecantikan diantaranya:
Flavonol (quercetin, kaemferol)
Asam linoleat (omega-6) dan linolenat (omega-3) pada rasio 8.1 yang direkomendasikan.
Asam oleat
Asam palmitoleat
Flavon (apigenin, luteolin)
Fenol sederhana (tirosol , oleocanthal dan hidroksitirosol)
Terpenes (ligstrosida, oleoropein, asam elenoat, asam oleanolat, demetileuropein, eritrodiol, uvaol) dan lain-lain.

Nah, lumayan kaya kan kandungan gizi dari buah zaitun. Dengan fakta ini tentunya buah zaitun banyak manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan ya. Tapi sebelumnya yuk kita liat fakta menarik tentang zaitun ini

Fakta buah zaitun

Minyaknya memiliki rasa yang berbeda  dari minyak lainnya yang berasal dari ekstraksi kacang-kacangan dan biji-bijian. Minyak zaitun diperoleh dari buah zaitun yang mengandung banyak antioksidan, fitosterol dan vitamin yang berasal dari tanaman.
Minyak zaitun terkenal sebagai salah satu minyak yang paling sehat karena kandungan lemak jenuhnya yang sedikit dan juga berumur/ tahan lama.
Minyak tinggi kalori terutama berasal dari lemaknya. Namun sangat kaya akan asam lemak tunggal tak jenuh seperti asam oleat dan asam palmitoleat yang membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.
Minyak zaitun banyak mengandung antioksidan alami yang paling kuat yaitu oleocanthal, oleuropein dan turunannya hidroksitirosol. Bersama dengan vitamin E dan karotenoid dapat melawan kanker, peradangan, diabetes dan penyakit degeneratif lainnya.
Oleocanthal memiliki ibuprofen (NSAID) seperti aktivitas anti inflamasi.
Sebagai sumber nabati, kandungan sterol tanamannya terutama ß-sitosterol sangat tinggi. Ini baik untuk diet rendah lemak jenuh dan kolesterol, sehingga bermanfaat untuk menghambat penyerapan kolesterol dalam usus dan akhirnya mengurangi resiko penyakit jantung.
Sebagai sumber vitamin K yang sangat baik
Kaya akan vitamin E

Wow.. seru ya 😊

Nah seperti kita ketahui kalo zaitun banyak sekali manfaatnya baik di bidang kuliner hingga kesehatan dan kecantika, baik dalam bentuk buahnya maupun yang telah mengalami pemerasan untuk diambil minyaknya. Sekarang kita simak yuk penggunaan dari buah ajaib dari surga ini

Penggunaan

Kuliner

Biasanya buah zaitun hijau yang dah direndam ini dikonsumsi bersama teman makan pagi lainnya. Atau bisa sebagai cemilan aja kalo tahan 😊 Buah yang berwarna hijau ini agak getir dan berasa asin sedikit. Kalo yang ini ane masih sanggup mengkonsumsinya 5 sampai 6 biji, nah kalo yang berwarna hitam ane nyerah, cukup 2 aja 😊

Pertama kali liatnya asli nafsu banget pengen memakannya, sama seperti buah masak yang dipohonnya, ane kira pertama rasa anggur 😊 Nah kalo yang hitam mengkilat legit ini, seperti kurma nampaknya nih. Eh, saat dimakan ternyata getir dan berasa pahit juga, malah lebih parah dari yang warna hijau. Suami yang emang doyan banget ma buah zaitun maklum liat ekspresi ane, suami bilang, ya udah, hari ini satu, besok-besok 2 sampai 3 biji, lama-lama banyakan dikit. Nanti juga terbiasa. Rugi lho kalo ga mengkonsumsinya, banyak manfaatnya untuk kesehatan soalnya

Makanya kita rutin membelinya. Tapi tetap saja ane jarang mengkonsumsinya 🙂

Minyaknya digunakan untuk memasak yang mudah dan cepat seperti menumis. Untuk campuran salad, minyak zaitun diteteskan pada sayuran segar

Nah, sekarang yuk kita simak manfaatnya  untuk kesehatan dan kecantikan ya

Kesehatan dan kecantikan

Menjaga kesehatan kulit
Buah zaitun dan minyaknya dapat menjaga kelembaban kulit karena adanya kandungan vitamin E dan asam linoleat, serta ditambah adanya kandungan vitamin C yang dapat mencegah penuaan dini seperti munculnya kerutan dan keriput serta flek-flek hitam di wajah. Adanya kandungan polifenol yang berkhasiat sebagai antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dan kulit dari serangan radikal bebas yang berasal dari sinar UV dan polusi udara menyebabkan kerusakan sel.
Buah zaitun dan minyaknya juga dapat mengatasi jerawat yang membandel dengan membuang penumpukan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih. Adanya kandungan oleuropein juga berguna untuk melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat. Vitamin E dalam minyak zaitun berguna untuk menggantikan sel-sel kulit mati dengan membentuk sel-sel yang baru hingga akan menghilangkan noda jerawat, kulit menjadi semakin bersih, mulus dan putih bersinar.

Menjaga tekanan darah
Kandungan kalium dan asam oleat dalam buah zaitun dapat meningkatkan elastisitas arteri dan pembuluh darah hingga terhindar dari pecahnya pembuluh darah karena kuatnya tekanan darah. Minyak ini juga bermanfaat untuk meningkatkan lemak/kolesterol baik HDL (High Density Lipoprotein) dan menurunkan lemak/kolesterol jahat LDL (Low Density Lipiprotein). Lemak jahat dapat menimbulkan plak-plak di pembuluh darah yang akan memicu penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan terjadinya tekanan darah tinggi.

Mencegah sel-sel kanker
Kandungan karotenoid yaitu lutein berkhasiat antioksidan untuk menangkal kerusakan sel-sel kulit dan tubuh termasuk sel-sel kanker.
Minyak zaitun mengandung polifenol yang berkhasiat antioksidan untuk mencegah sel-sel kanker
Senyawa hidrokortisol pada minyak zaitun berfungsi menghambat sel-sel abnormal, mutasi DNA atau sel kanker
Pada minyak zaitun terdapat squalene yaitu cairan eter organik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Kandungan vitamin C berkhasiat sebagai antioksidan berguna untuk menghambat radikal bebas  penyebab sel-sel kanker.
Dalam buah dan minyak zaitun terdapat asam oleat berguna untuk mencegah kanker payudara, asam oleanolat, uavol dan eritrodiol juga berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.
Minyak zaitun mengandung antosianin yang berkhasiat anti inflamasi dan antioksidan untuk menurunkan resiko kanker dan maslinat yang berkhasiat untuk mematikan sel-sel kanker di usus besar.

Menurunkan kolesterol
Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada minyak zaitun berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kolesterol baik (HDL) dalam darah, menghindari tumpukan kolesterol pada jantung dan pembuluh darah.

Mengurangi resiko diabetes
Buah dan minyak zaitun mengandung senyawa hidrokortisol yang bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah, squalene sebagai bahan produksi insulin dan kalium untuk mengubah glukosa menjadi energi.

Menyehatkan pencernaan
Buah zaitun memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun dan gas penyebab masalah pencernaan. Adanya serat dalam buah zaitun dapat mengikat semua sisa makanan dalam organ pencernaan dengan baik sehingga dapat mengatasi sembelit dan menyehatkan pencernaan.

Membantu dalam mengobati anemia
Tinnginya kandungan zat besi pada buah zaitun dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan mengikat oksigen dalam darah sehingga kita menjadi lebih sehat.

Meredakan rasa nyeri
Buah zaitun dapat bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri akibat peradangan dan faktor penyebab lainnya, karena adanya senyawa fenolik oleocanthal yang memiliki ibuprofen seperti aktivitas anti inflamasi dan membantu merilekskan sistem syaraf
Makanya, buahzaitun juga bisa dikatakan sebagai ibuprofen alami 🙂

Kesehatan bibir
Minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin K dapat mengurangi bahkan menghilangkan bibir hitam secara alami, yaitu dengan mengolesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari. Selain itu bibir terhindar dari kering dan pecah-pecah hingga bibirpun menjadi merah alami.

Menyehatkan rambut
Kandungan nutrisi yang ada pada minyak zaitun seperti vitamin E bermanfaat untuk memelihara kesehatan rambut, merangsang pertumbuhan rambut hingga rambut semakin tebal dan bersinar

Serta banyak lagi manfaatnya. Nah, pantas ya kalo zaitun ini disebutkan dalam kitab suci umat Islam, Al quran dan juga sebuah hadist sebagai tanaman dari surga yang diberkahi karena banyak sekali manfaatnya untuk umat manusia.

Ibnu Umar ra berkata, Rasulullah SAW bersabda “Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya karena sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkahi Allah“ (HR Al Baihaqi dan Ibnu Majah)

MasyaAllah, Alhamdulillah. Meskipun aman, tetapi jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya ya. Karena yang berlebihan itu selalu tidak baik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menkonsumsi buah zaitun

Perhatian untuk beberapa orang dengan kondisi seperti di bawah ini

Ibu hamil dan menyusui
Mengkonsumsi olahannya yaitu minyak zaitun harus berhati-hati

Penderita diabetes
Ini karena zaitun dapat menurunkan gula darah.
Jadi sebaiknya konsultasi dulu ke dokter kalo mengkonsumsi zaitun yang disertai obat medis.

Mereka yang akan menjalani operasi
Bagi penderita diabetes yang akan menjalani operasi tidak dianjurkan mengkonsumsi ini setidaknya sehari sebelum menjalani operasi.

Nah, demikian info dari ane. Selamat menikmati buah zaitun dan atau olahannya dan dapatkan manfaat super darinya 😊

Bir cevap yazın